Apa manfaat manajemen keuangan bisnis UMKM? Mendapatkan keuntungan besar setiap bulan tentu menjadi impian setiap pengusaha. Dalam menjalankan suatu bisnis, uang adalah ujung tombak perusahaan.

Oleh sebab itu, pengelolaan uang yang bijak menjadi hal yang sangat penting demi kelangsungan perusahaan. Jika uang tidak diatur dengan cermat, maka pemasukan dan pengeluaran akan rancu.

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis, pastikan Anda memiliki manajemen keuangan yang tepat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Manajemen Keuangan Bisnis UMKM

Perspektif manajemen usaha kecil relatif sedikit berbeda dari manajemen usaha skala besar. Perbedaannya:

Pada perusahaan besar (sudah mapan), antara fungsi dan tugas manajer telah dipilih sesuai strategi dan struktur organisasi.

Pada usaha kecil (sumber daya sangat terbatas), fungsi dan tugas manajer berbaur menjadi satu karena memang belum diperlukan manajer. Manajer pada usaha kecil seringkali juga merupakan pendiri atau pemilik.

Apa Saja yang Perlu Diketahui tentang Manajemen Keuangan Bisnis UMKM Apa Manfaatnya untuk Pemilik Bisnis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis UMKM: Masih Ribet Membuat Pembukuan Sederhana? Lupakan Saja, Ini Solusi untuk Anda]

 

Manajemen keuangan adalah suatu proses dalam pengaturan aktivitas atau kegiatan keuangan dalam suatu organisasi, termasuk kegiatan perencanaan, analisis dan pengendalian terhadap kegiatan keuangan.

Manajemen keuangan dapat diartikan pula sebagai seluruh aktivitas atau kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan upaya untuk mendapatkan dana perusahaan dengan meminimalkan biaya serta upaya penggunaan dan pengalokasian dana tersebut secara efisien dalam memaksimalkan nilai perusahaan. 

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Kegiatan keuangan tidak saja berlangsung pada bagian atau fungsi keuangan saja, melainkan pada bidang/fungsi perusahaan lainnya (personalia, operasi dan produksi, pemasaran, dan lain sebagainya).

Namun, pada bidang keuangan, kegiatan keuangan lebih bersifat strategis.

Berikut ini kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh bagian keuangan:

 

Kegiatan Pendanaan/Pembelanjaan

Bagian keuangan akan memikirkan bagaimana cara dan dari mana organisasi/perusahaan memperoleh dana.

 

Kegiatan Investasi

Bagian keuangan akan memikirkan bidang-bidang investasi mana yang menurut perusahaan paling menguntungkan untuk menanamkan uangnya (sumber daya) yang terkumpul dalam perusahaan.

 

Kegiatan Kebijakan Dividen

Keuntungan dari kegiatan investasi, akan dipertimbangkan oleh bagian keuangan.

Apakah semua dibagikan kepada pemilik sebagai dividen atau ditahan semuanya guna membiayai pertumbuhan dan perkembangan perusahaan atau sebagai dibagi sebagai dividen dan sebagiannya ditahan.

Para Pebisnis UMKM Masih Ribet Membuat Pembukuan Sederhana Lupakan Saja, Ini Solusi untuk Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal KUR, Pilihan Kredit untuk Pendanaan Bisnis UMKM]

 

Untuk mengefektifkan berbagai fungsi dalam pengelolaan keuangan terdapat tugas administrasi yang perlu dilaksanakan oleh pelaku UMKM.

Ketertiban pencatatan administrasi juga bermanfaat sebagai alat perencanaan pengembangan usaha.

Kegiatan yang perlu dilaksanakan oleh UMKM adalah sebagai berikut:

 

#1 Administrasi Piutang

Administrasi piutang merupakan catatan yang penting sebagai informasi internal dan eksternal.

  • Informasi eksternal piutang dapat dijadikan agunan kepada pemberi pinjaman untuk mengatasi masalah keuangan jangka pendek.
  • Informasi internal piutang dapat digunakan untuk perencanaan dan evaluasi/pengendalian.

 

#2 Administrasi Utang

Utang merupakan kewajiban perusahaan kepada pihak eksternal. Pencatatan utang perusahaan sama pentingnya dengan piutang.

Laporan tentang posisi utang akan memberikan peringatan kepada pelaku usaha untuk melakukan berbagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan munculnya kesulitan keuangan UMKM membayarkan kembali utangnya.

 

#3 Administrasi Persediaan

Persediaan merupakan kekayaan perusahaan. Persediaan memiliki peran yang strategis baik usaha yang bergerak di bidang perdagangan maupun manufaktur.

Administrasi yang dilakukan secara tepat waktu sangat membantu pemilik usaha mengambil keputusan kapan harus membeli kembali atau menjaga agar tidak kehabisan persediaan.

 

#4 Administrasi Aset Tetap

Aset tetap berpotensi menjadi modal, dengan syarat data tentang aset yang dimiliki perusahaan tercatat dengan tertib dalam administrasi aset.

Pencatatan atas aset tetap berfungsi untuk menunjukkan kapan barang tersebut dibeli, menentukan tingkat penyusutan dan mulai berlakunya serta waktu berakhirnya.

Para Pebisnis UMKM Masih Ribet Membuat Pembukuan Sederhana Lupakan Saja, Ini Solusi untuk Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 50 Gaya Kepemimpinan yang Harus Dimiliki Setiap Pebisnis UMKM]

 

#5 Administrasi Kas

Jumlah kas lazimnya tidak besar dan ketersediaannya secukupnya. Hal ini untuk mendukung kegiatan operasional sehari-hari saja. Uang tunai di dalam kas perlu dijaga jumlah maksimalnya yakni sebesar kebutuhan operasional.

Pencatatan uang kas sangat berguna dalam memberikan informasi tentang berapa jumlah uang kas yang masuk dan yang keluar sehingga menjaga keseimbangan antara penerimaan dan pengeluaran.

 

#6 Administrasi Penggajian

Administrasi penggajian merupakan bagian dari manajemen personalia.

Administrasi penggajian juga sebagai dasar dalam perhitungan pajak. Manfaat lainnya untuk menjaga keseimbangan antara perubahan yang terjadi di lingkungan perusahaan sehubungan dengan kinerja karyawan.

 

#7 Administrasi Lainnya

Administrasi lainnya mencakup administrasi surat masuk, surat keluar, pencatatan tentang berbagai kebijakan perusahaan, administrasi sewa menyewa aset, kerja sama serta kegiatan langsung yang dilakukan oleh perusahaan.

Pelajaran Kepemimpinan dari BossMan untuk Pebisnis UMKM - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran Kepemimpinan dari BossMan untuk Pebisnis UMKM]

 

Pelaku usaha harus memperlakukan seluruh kegiatan administrasi dan pencatatan sebagai sumber informasi internal. Hal ini dilakukan dalam peningkatan kegiatan usaha yang semakin diperlukan kolaborasi dengan pihak eksternal lainnya.

Sedangkan pihak eksternal akan percaya kepada kita jika berbagai informasi yang mereka perlukan dapat segera diberikan.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Manfaat Manajemen Keuangan untuk Pemilik Bisnis

Tujuan manajemen keuangan identik dengan tujuan perusahaan.

Sasaran yang ingin dicapai oleh manajer keuangan yaitu bertujuan memaksimumkan nilai perusahaan. Dengan kata lain, bidang keuangan bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran para pemegang saham.

Tujuan jangka panjang pemilik perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan. Peningkatan nilai perusahaan tentunya berbeda dengan peningkatan laba perusahaan yang berorientasi jangka pendek.

50 Gaya Kepemimpinan yang Harus Dimiliki Setiap Pebisnis UMKM - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: UMKM Tidak Hanya Butuh Modal Usaha, Tetapi Juga …]

 

Sebagai contoh:

Pak Indra mempunyai dana Rp100 juta. Dana tersebut dipakai untuk membuka dua usaha coffee shop masing-masing Rp50 juta. Penempatan usaha tersebut berbeda satu dengan yang lainnya.

Usaha A ada pada lingkungan kampus, pemerintahan dan sekolah dengan lalu lintas lancar sehingga mudah terjangkau dengan parkir luas. Usaha B terletak di kompleks perumahan yang cukup ramai dan cukup elite.

Harga jual kopi di usaha A Rp25.000 sedangkan harga jual kopi di usaha B Rp45.000. Setahun kemudian usaha coffee shop A ditawar seharga Rp75 juta sedangkan yang B tetap Rp50 juta.

Dengan demikian, Pak Indra akan merasa lebih menguntungkan memiliki usaha A, walau coffee shop di usaha B menawarkan tarif yang lebih tinggi.

 

Dengan demikian tujuan perusahaan adalah untuk meningkatkan kemakmuran para pemiliknya, bukan sekedar meraih laba akuntansi tahunan yang bersifat jangka pendek.

 

Manajemen Keuangan Perlu Dipelajari

Manfaat yang bisa diharapkan dari mempelajari manajemen keuangan adalah pengelolaan keuangan lebih terencana dan terkendali. Akibat dan konsekuensi yang ditimbulkan dapat dijelaskan secara logis.

Selain itu juga, ada dasar penjelasan teoritis dalam manajemen keuangan. Hal ini dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena yang telah terjadi dalam bidang keuangan.

 

Silakan beri komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tim kami akan membantu Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Eugene F. Brigham and Joel F Houston. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat
  • Admin. 6 Maret 2017. 5 Fungsi Manajemen Keuangan dalam Suatu bisnis. Sleekr.co – https://goo.gl/N833k6
  • Admin. 1 Februari 2017. Manajemen Keuangan Pengertian, Fungsi, Tujuan Manajemen Keuangan. Ekoonomi.com – https://goo.gl/QHCNCG
  • Admin. 10 Prinsip dalam Manajemen Keuangan. Rocketmanajemen.com – https://goo.gl/ZfDR3D

 

Sumber Gambar:

  • Manajemen Keuangan Bisnis – https://goo.gl/4Wbsbv
  • Manajemen Keuangan – https://goo.gl/hJcDbk

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang