Apa saja yang dibutuhkan oleh UMKM selain modal usaha ? Kali ini Finansialku.com akan membahas 3 hal penting yang dibutuhkan oleh UMKM selain modal usaha. Jika Anda pemilik bisnis UMKM, Anda perlu tahu hal-hal penting ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

3 Hal Penting yang Harus Dimiliki oleh Pemilik Bisnis UMKM

Pemerintah Indonesia, adalah salah satu pihak yang rajin mengembangkan jumlah wirausaha di Indonesia. Pemerintah gencar memberikan kemudahan dalam pendanaan, salah satunya program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Seperti yang Anda ketahui, setiap bisnis pasti butuh modal usaha kan? Saat ini Anda sebagai pemilik bisnis UMKM, dapat mengakses permodalan berupa KUR dengan bunga yang kompetitif. (sekitar 9% tahun 2016).

UMKM Tidak Hanya Butuh Modal Usaha, Tetapi Juga ... - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 90+ Mindset yang Membuat Orang Susah Jadi Pengusaha]

 

Menurut Anda, apakah pendanaan KUR dengan bunga rendah adalah solusi untuk bisnis Anda?

Ternyata setelah dicek lebih lanjut, Pendanaan KUR adalah hal penting yang dibutuhkan oleh pemilik bisnis UMKM. Selain butuh modal usaha, pemilik bisnis UMKM juga memerlukan 3 hal lainnya, yaitu:

 

Butuh Bantuan Pemasaran Produk

Selain butuh modal usaha, pemilik bisnis UMKM perlu bantuan pemerintah atau pihak swasta untuk memasarkan produk dan layanan mereka. Di era yang serba online, pemilik bisnis UMKM dapat menggunakan toko-toko gratis seperti Tokopedia dan BukaLapak.com untuk memasarkan produk mereka.

[Baca Juga: 3 Kunci Sukses Berbisnis Online]

 

Selain itu pemerintah perlu membantu mengadakan seminar atau pelatihan mengenai pemasaran. Peranan ini juga bisa dibantu oleh pihak swasta, dengan mengadakan pelatihan mengenai pemasaran tradisional, pemasaran online dan teknik penjualan. Selain bantuan mengenai ilmu pengetahuan, pemilik bisnis UMKM juga perlu bantuan untuk memasarkan produknya ke pasar global. Setidaknya barang-barang mereka dapat terjangkau oleh pasar Asia Tenggara. Ingat sekarang kan sudah zamannya MEA – Masyarakat Ekonomi ASEAN, masa barang-barang Indonesia tidak beredar ke luar negeri?

 

Butuh Bantuan Mengelola Keuangan Bisnis

Pemasaran yang bagus tentu saja awal yang bagus untuk perusahaan, karena bisnis akan memiliki nafas untuk berkembang. Nah uang yang sudah kekumpul dari penjualan-penjualan tersebut, seharusnya dikelola dengan baik. Pada titik ini pemilik bisnis UMKM perlu mengetahui cara mengelola keuangan bisnis dengan baik.

[Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Bisnis Terancam Bangkrut]

 

Sebagai perencana keuangan independen, Finansialku.com menyarankan agar pemilik bisnis untuk mengelola keuangan bisnisnya dengan baik. Satu hal yang pasti adalah pisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Bisnis ya bisnis, jangan dicampur adukan dengan keuangan pribadi. Jika Anda memiliki waktu cukup banyak, pelajarilah cara membuat laporan keuangan, cara mengelola arus kas, cara memanfaatkan aset dan kredit.

 

Butuh Bantuan Legal / Izin / Hukum

Pemasaran yang hebat dan pengelolaan keuangan yang disiplin adalah hal yang luar biasa. Permasalahan akan timbul jika ada masalah legal, hukum atau perizinan. Disini pemerintah dan/atau pihak swasta perlu bekerja sama memberikan pengetahuan mengenai legal, izin dan hukum. Contoh mulai dari badan hukum, izin usaha, perpajakan dan lain sebagainya.

 

Jadi Selain Butuh Modal Usaha, Pemilik Bisnis Juga Perlu Pelengkapnya

Seperti yang dijelaskan di atas, ternyata memulai bisnis itu tidak gampang. Ada saja masalah yang terjadi mulai dari modal usaha, pemasaran, mengelola keuangan dan masalah hukum. Nah itulah serunya dan asiknya berbisnis. Risiko bisnis selalu ada, tetapi risiko ada tidak untuk dihindari. Risiko ada untuk dikelola. Jadi Apakah Anda sudah siap mengelola risiko dan mulai berbisnis?

 

Menurut Anda, mana yang paling penting dari 4 hal yang disebutkan di atas ( butuh modal usaha, pemasaran, mengelola keuangan dan masalah legal ) ? Kenapa? 

 

Sumber Gambar

  • SME – https://goo.gl/R9CRPi

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku