Juni 2020 pemerintah akan hapus jabatan eselon III-V. Bagaimana nasib para pejabat di eselon itu?

Agar lebih jelas, yuk simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pemerintah Hapus Jabatan Eselon III-V

Pemerintah akan menghapus jabatan eselon III-V mulai tahun depan lebih tepatnya Juni 2020.

Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo menekan Surat Edaran Nomor 393 Tahun 2019 mengenai langkah strategis dan konkret penyederhanaan birokrasi.

Jabatan struktural pemerintahan akan mulai disederhanakan menjadi 2 level untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah, dan profesional dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja pemerintah kepada publik.

Besar Gajian Setelah Pensiun Bagi PNS Pegawai Negeri Sipil - Finansialku

[Baca Juga: Tujuh Tahap Penerimaan CPNS 2019 Beserta Gajinya]

 

Mengutip laman resmi Sekretariat Kabinet, surat edaran itu berisi sembilan langkah strategis dan konkret untuk menyederhanakan birokrasi. 

Dikutip dari situs tersebut pada Selasa (19/11) menyatakan:

“Kesembilan langkah itu dimulai dengan mengintensifkan unit kerja eselon III, IV dan V yang dapat disederhanakan dan dialihkan jabatan strukturalnya sesuai peta jabatan di masing-masing instansi.”

 

Kemudian, dilakukan pemetaan jabatan pada unit kerja yang terdampak peralihan, sekaligus mengidentifikasi kesetaraan jabatan-jabatan struktural tersebut dengan jabatan fungsional yang akan diduduki.

“Selain itu, memetakan jabatan fungsional yang dibutuhkan untuk menampung peralihan pejabat struktural eselon III, IV, dan V yang terdampak akibat kebijakan penyederhanaan birokrasi.”

 

Selanjutnya, perlu dilakukan penyelarasan kebutuhan anggaran terkait besaran penghasilan pada jabatan yang terdampak oleh kebijakan penyederhanaan birokrasi pemerintahan.

Tidak semua eselon III, IV, dan V dapat serta merta dialihkan ke jabatan fungsional. Tertulis dalam SE, penyederhanaan birokrasi bagi jabatan struktural dikecualikan bagi yang memenuhi tiga kriteria.

Ketiga kriteria tersebut yakni memiliki tugas dan fungsi sebagai Kepala Satuan Kerja dengan kewenangan dan tanggung jawab dalam penggunaan anggaran atau pengguna barang/jasa.

Kemudian perampingan birokrasi juga dikecualikan bagi yang memiliki tugas dan fungsi yang berkaitan dengan kewenangan/otoritas, legalisasi, pengesahan, persetujuan dokumen, atau kewenangan kewilayahan.

Gaji Pensiunan PNS 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Cara Mendaftar CPNS Melalui SSCN.BKN.go.id]

 

Jika benar pemerintah akan menghapus jabatan eselon III-V, bagaimana masa depan mereka? Bagaimana dengan masa pensiun mereka?

Apapun kejadian yang akan terjadi, hal penting yang harus dilakukan yaitu PERENCANAAN KEUANGAN, baik untuk Dana Darurat maupun Dana Pensiun. Pakai saja Aplikasi Finansialku untuk merencanakan keuangannya.

 

Penting juga untuk mengetahui bagaimana cara merencanakan keuangan. Cara sederhana yaitu membaca dan download ebook Finansialku berikut ini:

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana Nasib Pejabat Eselon?

Kendati dikabarkan akan dihapuskannya jabatan eselon III-V, Tjahjo memastikan tidak akan memecat pejabat yang dulu duduk di eselon III-V.

Menurutnya, ia hanya akan mengalihkan para pejabat yang duduk di sana ke posisi struktural lainnya.

Setelah diketahui posisi fungsional bagi para pejabat eselon III-V, maka pekerjaan rumah selanjutnya yakni menyesuaikan anggaran untuk menggaji para pejabat yang digeser tersebut.

Jangan sampai gajinya malah mengalami penurunan. Pekerjaan rumah lainnya yang perlu dituntaskan yaitu masing-masing Kementerian dan instansi harus melakukan sosialisasi mengenai perubahan posisi tersebut.

Di dalam surat edaran itu, juga tertulis tenggat waktu bagi masing-masing Kementerian atau instansi untuk membuat pemetaan posisi eselon III-V yang terdampak kebijakan tersebut. Kemudian, diputuskan di posisi fungsional mana mereka bisa ditempatkan.

Tapera Tabungan Perumahan Rakyat PNS Finansialku

[Baca Juga: Aturan Baru Persiapan Pensiun Bagi PNS Juga Pegawai Swasta]

 

Isi surat edaran itu menyatakan: 

“Hasil identifikasi dan pemetaan jabatan sudah harus disampaikan kepada Menpan RB dalam bentuk softcopy paling lambat pada minggu keempat di bulan Desember 2019.”

 

Lalu, proses implementasi ditargetkan paling lambat pada minggu keempat bulan Juni 2020. Sedangkan, mengenai tata aturan pengalihan jabatan struktural eselon III-V menjadi jabatan fungsional, nantinya akan diatur lebih lanjut melalui Peraturan Menteri PANRB.

Pimpinan instansi juga diharapkan melakukan seluruh proses yang tercantum dalam SE secara profesional, bersih dari praktik KKN, serta menghindari konflik kepentingan dengan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian, sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang baik, dan berpedoman pada ketentuan perundang-undangan.

 

Bagaimana pendapat Anda terkait artikel ini? Berikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa untuk membagikan artikel Finansialku kepada teman-teman Anda. Semoga mereka mendapatkan manfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Chandra Gian Asmara. 19 November 2019.Mulai Juni 2020 Jabatan Eselon III-V PNS Hilang. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2XsXp52
  • Giri Hartono. 18 November 2019. Jabatan Eselon di Kementerian Mulai Dihapus pada Juni 2020. Okezone.com – https://bit.ly/37jcOta

 

Sumber Gambar:

  • Jabatan Eselon III-V – https://bit.ly/35vRFKP