Bukan hanya perlindungan untuk diri Anda dan keluarga, Anda juga perlu memiliki asuransi untuk properti atau rumah. Yuk kenali jenis-jenis asuransi rumah dan asuransi rumah terbaik di Indonesia!

Pada artikel kali ini, Finansialku akan memberikan informasi mengenai jenis asuransi rumah yang ada di Indonesia beserta perlindungan yang ditawarkan oleh produk asuransi tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Rumah

Musibah dapat terjadi pada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan sedini mungkin untuk melindungi Anda dari kerugian finansial.

Semakin cepat Anda mempersiapkan hal ini, semakin siap Anda jika musibah tiba-tiba terjadi.

Salah satu persiapan yang dapat Anda miliki adalah asuransi rumah.

Desain Rumah Kolonial Belanda 06 Halaman Luas - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Rumah Diasuransikan? Inilah Cara Mudah Memilih Asuransi Rumah Terbaik]

 

Asuransi rumah adalah sebuah asuransi di mana sebagai pemilik polis, Anda berhak mendapatkan uang pertanggungan atas risiko yang terjadi pada rumah Anda.

Sebagai penggantinya, Anda wajib membayar premi asuransi.

Tergantung pada jenis asuransinya, terdapat beberapa asuransi yang memberikan perlindungan tidak hanya pada bangunan, tetapi juga isi bangunan. Asuransi rumah sendiri juga dapat dibagi menjadi asuransi rumah tinggal dan asuransi rumah kantor atau bisnis.

 

Asuransi Rumah Tinggal

Asuransi rumah tinggal dibagi menjadi 2 jenis, dan untuk masing-masing jenis, Anda dapat memilih asuransi dengan jaminan pokok atau ditambah dengan jaminan perluasan.

Masing-masing asuransi ini memiliki premi yang berbeda. Semakin besar uang pertanggungan, semakin besar pula premi yang harus Anda bayar.

Berikut adalah 2 jenis asuransi rumah yang ada di Indonesia:

 

#1 Asuransi Rumah Kebakaran

Sesuai dengan namanya, asuransi rumah kebakaran adalah sebuah asuransi rumah tinggal yang memberikan perlindungan atas risiko kebakaran. Beberapa risiko yang tercakup di dalam asuransi rumah kebakaran adalah:

  • Kebakaran akibat ketidaksengajaan, menjalarnya api, hubungan arus pendek
  • Kebakaran akibat tersambar petir
  • Kebakaran karena ledakan
  • Kerusakan karena asap

 

Asuransi ini tidak hanya menjamin bangunan rumah, tetapi juga harta benda yang berada di dalam rumah. Tentu, perlindungan yang diberikan harus disesuaikan dengan perjanjian awal.

 

#2 Asuransi Rumah All Risk

Berbeda dengan asuransi rumah kebakaran, asuransi rumah all risk memberikan tertanggung perlindungan menyeluruh.

Beberapa risiko yang ditanggung oleh asuransi rumah all risk adalah:

  • Kriminalitas: Hal ini termasuk dengan pencurian, kerusakan akibat perbuatan jahat, pembongkaran dengan paksa atau kekerasan
  • Jaminan kerusakan harta benda yang dilakukan oleh pihak ketiga. Pihak ketiga di sini merupakan anggota non-keluarga
  • Kerusakan rumah akibat tertabrak kendaraan (kendaraan bukan milik pribadi)
  • Kerusakan rumah akibat bencana alam

 

Asuransi rumah all risk memberikan beberapa perlindungan tambahan seperti biaya pemadam kebakaran apabila rumah mengalami kebakaran, biaya uang sewa rumah selama masa perbaikan, biaya pembersihan puing-puing, dan biaya profesional seperti biaya arsitek, surveyor, konsultan dan manajemen bangunan.

Tidak hanya memberikan perlindungan atas properti, asuransi rumah all risk juga memberikan perlindungan atas pemilik polis atau pihak tertanggung.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Asuransi rumah jenis all risk juga memberikan perlindungan atas kecelakaan diri akibat kebakaran dan/atau akibat kecelakaan di mana pun, kapan pun dan akibat apapun.

Perlindungan yang didapatkan oleh tertanggung adalah biaya pengobatan sebagai pengganti biaya medis, serta santunan atas kematian atau cacat tetap keseluruhan.

 

Cara Kerja Asuransi Rumah Tinggal

Di bawah ini adalah salah satu contoh cara kerja asuransi rumah tinggal.

Contoh:

  • Luas bangunan: 200 meter persegi
  • Biaya pembangunan kembali: Rp4 juta per meter persegi
  • Aset yang terdaftar: Rp200 juta

 

Dari keterangan di atas, nilai pertanggungan dapat dihitung dengan cara menjumlahkan biaya pembangunan kembali dan harga aset yang terdaftar.

Maka, nilai pertanggungan = Rp200 juta + (Rp4 juta x 200 meter persegi) = Rp1 miliar

 

Setelah mengetahui nilai pertanggungan, Anda dapat menghitung premi yang harus dibayar dengan mengetahui rasio premi asuransi (rasio ini disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan).

Contoh:

  • Rasio premi asuransi: 0,15%

 

Maka, premi asuransi = 0,15% x Rp1 miliar = Rp1,5 juta per tahun

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Asuransi Rumah Kantor (Properti Bisnis)

Bangunan yang dicakup di dalam asuransi ini berbeda dengan asuransi rumah tinggal.

Pada asuransi ini, hanya properti yang berhubungan dengan bisnis yang dapat termasuk ke dalamnya, misalnya kantor, gudang, pabrik, toko, rukan atau ruko dan sebagainya.

Memilih Asuransi Rumah 03 Rumah - Finansialku

[Baca Juga: Apa itu Asuransi Rumah Tinggal dan Bagaimana Cara Kerjanya?]

 

Untuk properti industri seperti yang disebutkan di atas, pada umumnya menggunakan asuransi industrial all risk, sedangkan untuk properti non-industri seperti kantor, rumah sakit dan sekolah menggunakan asuransi properti all risk.

Sesuai dengan namanya, kedua asuransi tersebut melindungi objek properti secara menyeluruh.

Beberapa risiko yang dilindungi adalah:

  • Kerusuhan, huru-hara, pemogokkan.
  • Kerusakan akibat bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, banjir, angin topan, longsor dan badai.
  • Kriminalitas yang menyebabkan kerusakan.

 

Pemilik polis pun memiliki pilihan untuk memperluas perlindungan tidak hanya pada bangunan bisnis mereka, tetapi juga untuk barang-barang di dalamnya seperti mesin, inventaris perusahaan dan lainnya.

 

Jumlah Premi untuk Asuransi Rumah

Seperti yang telah disebutkan di atas, premi untuk asuransi rumah bergantung pada jumlah uang pertanggungan yang diberikan. Semakin besar uang pertanggungan yang dijanjikan, semakin besar pula premi yang harus dibayarkan.

Selain itu, jumlah premi juga bergantung pada tingkat risiko, semakin tinggi risiko yang dilindungi, semakin tinggi pula jumlah premi yang harus dibayar.

Risiko tinggi ini dapat dilihat dari lini bisnis, misalnya pabrik korek api yang memiliki risiko kerusakan lebih tinggi dibandingkan pabrik kain.

Mengenal Jenis Asuransi Rumah Terbaik yang Berlaku di Indonesia 02 Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Rumah dan Bencana Banjir]

 

Penentu tinggi rendahnya premi yang ketiga adalah kualitas bangunan, yang dibagi menjadi 3 kelas, yaitu:

  • Kelas 1: Bangunan yang memiliki sifat tahan api
  • Kelas 2: Bangunan yang relatif tahan api
  • Kelas 3: Bangunan yang rentan terkena api

 

Bangunan yang memiliki kualitas kelas 1, akan mempunyai premi yang lebih rendah dibandingkan kelas lainnya, dan yang termahal adalah bangunan kelas 3.

 

Pahami Jenisnya, Maksimalkan Keuntungannya

Jika Anda memutuskan untuk membeli asuransi properti atau rumah, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih asuransi mana yang Anda butuhkan.

Selanjutnya, pilih pertanggungan sesuai dengan kemampuan Anda. Setelah Anda membeli asuransi tersebut, pahami polis dengan benar.

Ketahui apa batasan dan ketentuan untuk melakukan klaim asuransi. Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan perlindungan yang diberikan oleh produk asuransi pilihan Anda.

Jangan lupa akan peribahasa “sedia payung sebelum hujan’, semakin dini Anda melakukan persiapan, maka semakin kecil kerugian yang nantinya Anda rasakan.

 

Apakah Anda pernah mengenal salah satu asuransi rumah di atas? Sudahkah Anda memiliki asuransi rumah untuk memberikan perlindungan finansial?

Berikan jawaban dan pengalaman Anda di kolom komentar di bawah ini dan bagikan artikel ini agar dapat lebih berguna.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 18 Februari 2015. Asuransi Properti di Indonesia: Kenali Jenisnya, Pahami Pentingnya. Moneysmart.id – https://goo.gl/gXQTqR
  • Cakiel. Mengenal Jenis Asuransi Rumah dan Cara Kerjanya. Zonkeu.com – https://goo.gl/5pFMUW

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Rumah – https://goo.gl/1wYDsR
  • Pabrik Korek Api – https://goo.gl/vZTcYu
Summary
Mengenal Jenis Asuransi Rumah Terbaik yang Berlaku di Indonesia
Article Name
Mengenal Jenis Asuransi Rumah Terbaik yang Berlaku di Indonesia
Description
Bukan hanya perlindungan untuk Anda dan keluarga, Anda juga perlu memiliki asuransi untuk properti atau rumah. Kenali jenis asuransi rumah
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo