Apakah kamu berinvestasi di deposito? Sudahkah kamu mengetahui jenis deposito keren yang bisa kamu miliki?

Yuk ketahui jenis deposito keren yang bisa kamu miliki.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Jenis Deposito

Salah satu pilihan instrumen investasi yang paling aman adalah deposito bank. Hal ini dikarenakan deposito bank dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Jadi, dalam keadaan krisis sekalipun, uang kamu tetap aman deh. Menarik kan?

Jadi deposito bank ini bisa dijadikan salah satu pilihan bagi investor dengan kategori risk averse alias menghindari risiko gitu guys. Apakah kamu salah satunya? Jika ya, kamu bisa coba deposito bank ya.

Deposito Berjangka 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Tingkat Suku Bunga Deposito Perbankan Terbaik Untuk Investasi?]

 

Oh ya, hal yang menarik lainnya dari deposito bank adalah dapat memberikan keuntungan yang stabil setiap bulannya dari bunga deposito yang ditawarkan.

Jadi, tidak heran jika sampai sekarang masih banyak orang yang memilih deposito untuk mengamankan sekaligus mengembangkan kekayaan mereka.

Walaupun keuntungan deposito tidak seberapa jika dibandingkan dengan investasi saham atau reksa dana. Namun, keunggulannya adalah risiko yang terdapat dalam bank deposito tidak sebesar saham ataupun reksa dana.

Terdapat beberapa jenis dalam bank deposito. Oleh karena itu, sebelum berinvestasi di deposito bank, yuk kenali dahulu jenis-jenis deposito bank.

 

3 Jenis Deposito Keren

Kali ini rubrik finansialku akan berbagi jenis-jenis deposito yang perlu kamu ketahui sebelum berinvestasi deposito. Berikut 3 jenis deposito keren.

 

#1 Deposito Berjangka

Deposito berjangka merupakan deposito yang paling umum di pasaran. Deposito berjangka adalah jenis simpanan bank yang disimpan dalam jangka waktu tertentu dengan bunga diatas bunga tabungan.

Biasanya deposito berjangka memiliki berbagai jangka waktu penyimpanan. Ada yang 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, bahkan hingga 24 bulan.

Deposito berjangka tersedia baik untuk individu maupun untuk bisnis. Jadi kalau kamu mau mencoba investasi di deposito berjangka ini bisa ya guys.

Strategi Investasi Deposito 2019 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tanya Jawab Tentang Deposito Berjangka di Indonesia]

 

Oh ya, bunga deposito yang kamu dapatkan setiap bulannya dapat langsung disetorkan ke rekening tabungan kamu atau dimasukkan ke jumlah deposito itu.

Dengan demikian, maka bunga deposito kamu bisa meningkat tiap bulannya atau dikenal juga dengan istilah progresif.

 

#2 Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito merupakan jenis deposito yang diterbitkan atas unjuk atau tidak perlu mencantumkan nama pada sertifikatnya.

Oleh karena itu maka bank menawarkan keunggulan dari sertifikat deposito ini yaitu dapat dipindahtangankan dengan mudah.

Dari karakteristik yang mudah dipindahtangankan tersebut maka siapapun bisa mencairkan dana yang ada pada sertifikat deposito tersebut jika orang tersebut dapat menunjukkan sertifikatnya.

Dengan begitu, maka kamu bisa membuat sertifikat deposito ini untuk dijadikan hadiah atau warisan.

Di sisi lain, terdapat kelemahan dari karakteristik sertifikat deposito tersebut. Hal ini dikarenakan sertifikat deposito tersebut mengandung risiko dan bisa saja hilang di tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, sertifikat deposito ini harus dijaga dengan baik sehingga tidak sampai berpindah tangan ke orang yang tidak diinginkan.

Sertifikat Deposito ini mungkin masih terdengar asing di beberapa kalangan. Hal ini dikarenakan, sertifikat deposito tenggelam dibawah deposito berjangka.

Menempatkan dana di sertifikat deposito dapat kamu jadikan pilihan alternatif untuk memaksimalkan dan mengamankan kekayaan kamu.

 

#3 Deposito on Call

Deposito on call merupakan deposito dengan jangka waktu yang sangat singkat lho. Bahkan kamu bisa investasi deposito on call hanya selama 3 hari.

Beda banget kan dengan deposito berjangka pada umumnya yang menawarkan jangka waktu yang berbulan-bulan.

Jangka waktu deposito ini memang sangat singkat, hanya minimal 3 hari dan maksimal 30 hari. Jadi, jika kamu memang mau berinvestasi untuk jangka yang sangat pendek maka deposito on call bisa kamu jadikan pilihan ya.

Deposito 6 Bulan untuk Bayar SPP 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Strategi Investasi Deposito 2019 Supaya Makin Untung]

 

Namun, sayangnya terdapat kelemahan pada jenis deposito yang satu ini. Setoran awal yang ditawarkan cukup besar guys.

Kamu harus menyetor minimal Rp100 juta untuk membuka deposito ini. Bahkan ada yang mensyaratkan setoran awal dengan minimal Rp2 miliar lho guys. Sangat besar kan?

Deposito on call ini tersedia untuk individu maupun perusahaan. Selain itu, deposito on call ini bisa ditemukan tidak hanya di bank umum saja melainkan di bank Syariah juga.

Jika kamu memang berminat untuk berinvestasi di deposito on call ini, tentunya jangan lupa untuk mempersiapkan modal yang cukup besar tersebut ya guys.

Perbedaan deposito berjangka dengan sertifikat deposito adalah cara perhitungan bunganya. Bunga deposito berjangka akan diterima pada saat jatuh tempo. Sedangkan bunga sertifikat deposito akan diterima di muka.

 

7 Hal Yang Perlu Diketahui dari Deposito Bank

Terdapat beberapa informasi juga yang perlu kamu ketahui sebelum berinvestasi di deposito bank ya guys. Berikut 7 hal yang perlu diketahui dari deposito bank.

 

#1 Bunga Deposito Berjangka

Pada umumnya, bunga untuk deposito berjangka yang ditawarkan oleh bank-bank di Indonesia berkisar antara 4% hingga 7% per tahunnya.

Bunga sertifikat deposito mulai dari 3% hingga 5%. Sedangkan untuk bunga deposito on call besarnya sekitar 3%.

 

#2 Jangka Waktu Deposito

Untuk deposito berjangka, jangka waktu depositonya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, sampai 24 bulan sama halnya dengan sertifikat deposito.

Sementara deposito on call jangka waktunya minimal 3 hari dan maksimal 30 hari saja.

 

#3 Sistem Perpanjang Otomatis

Pada deposito terdapat sistem perpanjang otomatis atau dikenal dengan nama Automatic Roll Over (ARO). Dengan sistem tersebut, maka secara otomatis deposito kamu akan diperpanjang selama dana di deposito tersebut belum dicairkan.

 

#4 Dana Deposito Dijamin Oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

Kamu tidak perlu kuatir jika kamu berinvestasi di deposito karena dana deposito kamu dijamin oleh LPS.

Namun, terdapat syarat untuk jaminan tersebut yaitu bunga deposito bank yang diterima tidak lebih dari 6,75% untuk bank umum dan 9.25% untuk BPR (Bank Perkreditan Rakyat).

 

#5 Deposito Bank Dikenakan Pajak

Perlu kamu ketahui bahwa deposito juga dikenakan pajak. Besar pajaknya adalah 20% per tahun dari bunga deposito.

 

#6 Rumus Untuk Mengetahui Bunga yang Diterima

Terdapat rumus untuk mengetahui besaran bunga yang diterima setiap bulannya. Kamu dapat menggunakan rumus berikut.

Bunga Deposito Bank:

Bunga x dana pokok deposito x 30 hari x 80% (dikurang 20% karena pajak) : 365 hari

 

#7 Dampak Negatif dari Mencairkan Deposito Sebelum Waktunya

Terdapat dampak negatif jika kamu mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Dampak tersebut adalah kamu akan dikenakan penalti atau denda sekitar 0,5% dari dana deposito.

Selain itu, kamu juga akan kehilangan bunga yang akan diterima ketika deposito jatuh tempo.

 

Memiliki Deposito yang Keren

Setelah mengetahui berbagai jenis deposito yang keren, tentunya sekarang kamu sudah dapat memilih deposito mana yang akan kamu pilih. Setiap jenis deposito memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Pilihlah deposito yang paling cocok dengan kamu. Dengan begitu, maka kamu dapat merasakan keuntungan dari investasi deposito. Selamat berinvestasi!

Eittsss, Sebelum berinvestasi ada baiknya kamu merencanakan keuanganmu dengan matang terlebih dahulu, kamu bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, jenis deposito yang mana yang paling tertarik bagi kamu? Yuk berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia.

Semoga artikel ini bermanfaat ya guys. Kamu juga bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu. Thank you guys!

 

Sumber Referensi:

  • Boby. 29 November 2018. Bunga 7 Persen dan Tenor 3 Hari, Ini Jenis Deposito yang Menguntungkan. Moneysmart.id – https://bit.ly/2ZkNOhn

 

Sumber Gambar:

  • Deposito – http://bit.ly/2voGsvr