Akhirnya Ujian Nasional tingkat SMA selesai nih, sudahkah kamu memiliki tujuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi?

Yuk, intip berbagai jenis perguruan tinggi di Indonesia sebagai referensi ketika kamu menentukan pilihan.

Jangan lupa, ikuti quiznya ya… Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Bingung Memilih Perguruan Tinggi? Yuk Ikuti Quiznya dan Cari Tahu Jawabannya

Masa putih abu segera berlalu, waktunya mengencangkan sabuk dan siap berlari mengejar mimpi dengan lanjut studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Gak heran, kalo saat ini kamu masih bingung dengan berbagai pilihan, mulai dari memilih jenis perguruan tingginya sampai ke jurusannya.

Sebelum mengulas satu per satu beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang bisa jadi referensi kamu dalam menentukan pilihan, biar tambah seru mending kita main quiz dulu yuk!

Untuk memulai quiz, silahkan klik “start the quiz” dan klik jawaban yang sesuai dengan yang kamu ketahui, kemudian terakhir klik “SUBMIT”. Selamat bermain!

 

Nah, quiz nya kan udah diisi. So, kita lanjut bahasannya tentang jenis perguruan tinggi di Indonesia. Berdasarkan sistem pendidikan nasional ada 5 jenis atau bentuk perguruan tinggi di Indonesia.

Mau tau apa aja? Yuk kita bahas!

 

Mengenal 5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Setiap perguruan tinggi di Indonesia memiliki perbedaannya masing-masing. So, buat kamu yang masih galau dalam memilih, lebih baik simak dulu penjelasan berikut ini supaya tidak salah langkah.

 

#1 Universitas

Melansir laman Idntimes.com (Rabu, 12/6/2019), perguruan tinggi ber-title universitas adalah perguruan tinggi yang memiliki berbagai rumpun keilmuan

yang diselenggarakan dalam sejumlah fakultas.

Investasi Jangka Pendek Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Jika Ingin Jadi Asisten Dosen di Kampus]

 

Pendidikan yang tersedia di kampus adalah pendidikan akademik (terfokus pada pengembangan ilmu atau peneliti/ilmuwan), dan pendidikan profesi (terfokus pada gelar keahlian khusus di bidang pekerjaannya), serta pendidikan vokasi (terfokus pada keahlian bidang terapan/kerja).

Sehingga di universitas bisa dikatakan sebagai bentuk perguruan tinggi yang paling lengkap karena memiliki beragam program studi atau jurusan yang digolongkan dalam banyak fakultas sesuai rumpunnya.

Contohnya, dalam satu kampus ada Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Hukum, dan lain-lain.

Nah di dalam fakultas tersebut, ada lagi nih jurusannya, misalnya Fakultas Teknik mengadakan jurusan teknik sipil, teknik masin, teknik elektro. Fakultas Ilmu Komunikasi, membuka jurusan Kehumasan, Jurnalistik, dan Broadcasting.

Umumnya di universitas ini banyak diminati calon mahasiswa yang ingin menjadi peneliti, atau yang ingin mengincar gelar akademik berkelanjutan (S1, S2, S3) sarjana, magister, doktor, atau menjadi seorang guru besar (profesor).

 

#2 Institut

Berbeda dengan universitas, Institut adalah perguruan tinggi yang hanya menampung sejumlah rumpun ilmu tertentu. Biasanya sesuai dengan nama kampusnya sehingga fakultasnya tidak seberagam universitas.

Namun persamaannya, Institut juga perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik, pendidikan vokasi dan juga profesi dalam sekelompok disiplin ilmu yang sejenis.

Institut juga memiliki sejumlah fakultas yang menyelenggarakan program studi atau jurusan tersendiri.

Bisnis Kreatif Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Catat!! 10+ Kiat Jitu Menjadi Mahasiswa Baru yang Berhasil di Kampus]

 

Misalnya, Institut Kesenian Jakarta, yang terdapat Fakultas Seni Rupa & Desain, Fakultas pertunjukan, Fakultas film & televisi. Misalnya, Fakultas Seni Pertunjukan di IKJ menyelenggarakan jurusan Seni Teater, Seni Tari, Seni Musik, Etnomusikologi.

 

#3 Sekolah Tinggi (ST)

Pendidikan akademik, pendidikan vokasi, dan profesi juga ada di perguruan tinggi berbentuk Sekolah Tinggi (ST). Hanya saja ST mengadakan hanya satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Jadi satu kampus Sekolah Tinggi sama halnya dengan satu fakultas. Tidak seperti universitas dan institut yang memiliki beberapa fakultas dan jurusan.

Buat kamu yang ingin menjadi seorang spesialis atau ahli di bidang tertentu. Nampaknya ST cocok nih, mengingat hal ini sejalan dengan kurikulum pembelajarannya.

Sebagai contoh, STEI (Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia) yang menyajikan program studi atau jurusan di bidang-bidang ekonomi saja, yakni akutansi, manajemen, dan manajemen perdagangan.

 

#4 Politeknik

Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dan pendidikan profesi dalam berbagai bidang pengetahuan khusus.

Investasi Jangka Pendek Mahasiswa 02 Mahasiswa 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Praktikan Cara Menjadi Pemimpin Sukses Hebat Di Kampus!]

 

Politeknik biasa disamakan dengan Institut Teknologi, karena hanya menyelenggarakan bidang atau disiplin ilmu teknik (terapan).

Perbedaannya dengan jenis perguruan tinggi lainnya, politeknik ini tidak mengadakan program akademik (keilmuan) atau sarjana bekelanjutan.

Politeknik cenderung bertujuan untuk mencetak tenaga-tenaga yang siap kerja sesuai keterampilan atau bidang yang diambilnya.

So, masa perkuliahannya pun relatif singkat dan lebih banyak praktik dibanding teori. Lulusan politeknik memiliki gelar atau level pendidikan D-III dan D-IV atau biasa disebut dengan sarjana terapan.

 

#5 Akademi

Perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu tertentu disebut dengan Akademi.

Perguruan tinggi ini, merupakan kampus yang paling sempit wilayah bidang ilmunya dibanding universitas, institut, sekolah tinggi, dan politeknik.

Umumnya, akademi diselenggarakan oleh instansi-instansi, misalnya Akademi Keperawatan Jayakarta (Akpe Jayakarta) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. 

Selain itu, perguruan tinggi akademi biasanya hanya menyediakan paling sedikit 1 program (jurusan).

Pendidikan vokasi yang diselenggarakan akademik adalah (D-I, D-II,D-III) yang berorientasi pada pencetakan tenaga kerja.

Hanya saja, akademi tidak menyediakan pendidikan profesi (D-IV), dan hanya menyediakan program studi terapan dalam satu cabang bidang (umumnya sesuai nama kampusnya).

Bisnis Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 15 Cara Jitu Mahasiswa Meningkatkan Semangat Belajar di Kampus]

 

Itulah 5 jenis perguruan tinggi di Indonesia. Mulai ada pencerahan kan? Oh iya, buat para orang tua yang mungkin ikutan galau memberikan masukan untuk anak-anaknya, semoga dengan artikel ini bisa membantu ya.

Selain menentukan pilihan perguruan tinggi, jangan lupa untuk mempersiapkan dana pendidikannya. Kalo bingung, bisa kok mempelajari lewat ebook Dana Pendidikan Anak dari Finansialku di bawah ini dan tentunya GRATIS..

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Atau kalo mau konsultasi langsung juga boleh ke beberapa Financial Planner (CFP) melalui Aplikasi Finansialku.

Kamu juga bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk mendapat potongan Rp50.000 saat upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium tahunan. Ayo tunggu apalagi, sebelum terlambat upgrade Aplikasinya sekarang juga!

 

Tetapkan Tujuan dan Pilihan dengan Tepat

Saatnya kamu menetapkan tujuan hidup, dan coba untuk berpikir jangka panjang.

Tanya pada hati, apa yang menjadi mimpi dan cita-cita kamu? Jangan karena tuntutan kanan kiri lalu kamu pun tergesa-gesa dalam menentukan tujuan dan pilihan.

Semua perguruan tinggi pada dasarnya baik karena berupaya mencerdaskan setiap orang yang menimba ilmu di dalamnya.

Namun, keberhasilan studi di perguruan tinggi kembali pada diri masing-masing. Utamakan kesungguhan dan nikmati setiap prosesnya. Semangat!!!

 

Apakah artikel ini telah menambah referensi kamu dalam memilih perguruan tinggi?

Oh iya, mungkin diluar sana masih banyak yang bingung menentukan pilihan. So, jangan ragu untuk bagikan informasi ini ke teman-teman lainnya ya. Terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Istopped. 13 April 2018. Sudah Tahu? Ini Perbedaan 5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia. Idntimes.com – https://bit.ly/2ZqaxaZ

 

Sumber Gambar:

  • Perguruan Tinggi – http://bit.ly/2RuI7de