Bagaimana cara mengatasi stress di tempat kerja? Simak rubrik berikut ini yang akan memberikan cara praktis dan jurus yang jitu menghadapi stres di tempat kerja.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finanasialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Stres Merenggut Kedamaian Hidup

Stres di tempat kerja adalah sebuah masalah yang serius. Menurut sebuah survei dari American Psychological Association, lebih dari sepertiga pekerja Amerika mengalami stres kerja yang kronis.

Tentu ini bukan masalah yang sepele karena merugikan bisnis-bisnis Amerika miliaran dolar per tahun yang berdampak pada jam kerja yang hilang dan pada tagihan medis.

Terlebih lagi dampak terbesar dari stres bisa menimbulkan konsekuensi serius bagi kualitas hidup kita, tidak hanya di kantor, tetapi juga di tempat lain.

Cara Hadapi Stres 02 Stres - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Johnny Andrean Pendiri J.CO Donuts, BreadTalk dan Johnny Andrean Salon]

 

Jadi bagaimana kita dapat menghadapi dampak stres atas pekerjaan yang dapat merenggut kedamaian hidup kita, walaupun di satu sisi kita pun perlu bekerja untuk menghidupi diri kita sendiri?

 

Semua Orang Pasti Mengalami Stres

Pernahkah Anda menemukan diri Anda dalam situasi di mana daftar tugas Anda tampaknya tak berujung, tenggat waktu cepat mendekat dan Anda menemukan diri Anda mengatakan “Eek! Saya merasa stres!”

Tetapi apakah sebenarnya stres itu, dan bagaimana pengaruhnya terhadap kita?

Cara Hadapi Stres 03 Stres di Tempat Kerja - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Motivator kelas dunia, Zig Ziglar pernah berkata:

Fear has two meaning; ‘Forget Everything and Run’ or ‘Face Everything and Rise.’ The choice is yours.

Ketakutan memiliki dua makna; “Lupakan Semuanya Dan Lari” atau “Hadapi Semua dan Lanjutkan.” Pilihannya ada di tangan Anda.

 

Tak Selamanya Stres Itu Buruk

Pertama, mari kita menyanggah satu mitos dimana stres tidak selalu merupakan hal yang buruk. Tanpa kemampuan brilian untuk merasakan stres, manusia tidak akan selamat.

Manusia zaman purba yang menjadi nenek moyang kita juga mengalami stres. Dengan adanya kondisi stres, ini mengingatkan mereka akan bahaya potensial yang datang seperti harimau bertaring tajam yang akan menerkam mereka.

Stres sebetulnya merupakan sebuah respon fisik. Ketika stres timbul, tubuh kita akan berpikir bahwa penyerangan sedang datang, dan respon tubuh beralih ke mode melawan atau lari dengan cara melepaskan campuran hormon dan bahan kimia kompleks seperti adrenalin, kortisol dan norepinefrin untuk mempersiapkan tubuh untuk berbagai tindakan fisik.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Ini menyebabkan sejumlah reaksi, dari darah yang dialihkan ke otot untuk mematikan fungsi-fungsi tubuh yang tidak perlu seperti pencernaan.

Melalui pelepasan hormon-hormon seperti adrenalin, kortisol dan norepinefrin, manusia purba memperoleh aliran energi yang mempersiapkannya untuk melawan harimau atau melarikan diri.

Jantung berdegup kencang, sensasi nafas cepat adalah adrenalin yang memberikan dorongan energi dan memungkinkan tubuh untuk memfokuskan perhatiannya sehingga tubuh dapat dengan cepat menanggapi situasi yang terjadi.

Cara Hadapi Stres 04 Jantung Berdegup - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

Stres dengan laporan keuangan yang tidak teratur dan kacau balau?

Pisahkan laporan keuangan pribadi dan keuangan bisnis Anda dengan Aplikasi Jurnal Keuangan Pribadi & Bisnis dari Finansialku yang dapat memudahkan Anda dalam pencatatannya.

 

Kenali Mode Fight & Flight dalam Kinerja Stres

Di dunia modern, mode fight or flight tetap dapat membantu kita bertahan dalam situasi berbahaya, seperti bereaksi dengan cepat ketika seseorang yang berlari di depan mobil kita dengan menginjak rem.

Tantangannya adalah ketika tubuh kita mengalami stres dalam situasi yang tidak pantas.

Ketika aliran darah hanya menuju ke otot yang paling penting yang dibutuhkan untuk melawan atau melarikan diri, fungsi otak diminimalkan.

Ini dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk berpikir lurus.

Jika kita tetap dalam keadaan stres untuk waktu yang lama, maka hal ini dapat merugikan kesehatan kita. Hasil dari peningkatan kadar kortisol dapat berupa peningkatan gula dan tingkat tekanan darah, dan penurunan libido.

Cara Hadapi Stres 05 Berpikir - Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

Ketika tubuh Anda mengalami stres, kita mungkin merasa gelisah dan agresif terhadap orang lain. Ini bisa terjadi karena reaksi alami tubuh kita adalah fight atau bertarung.

Ini bisa menjadi reaksi yang membantu untuk mengusir “pemangsa”. Tetapi dalam situasi yang tidak perlu, itu dapat secara negatif mempengaruhi hubungan dan merusak reputasi Anda.

Sebagian dari kita menghindari stres, melepaskan diri dari situasi dan bukannya menanggulanginya.

Ini bisa menjadi pertanda naluri bertahan hidup “flight atau terbang”, dimana hal ini adalah sebuah fungsi yang dapat menyelamatkan hidup kita jika kita menemukan diri kita berada di lingkungan yang berbahaya.

Namun, dalam kehidupan sehari-hari, naluri alami ini dapat menyebabkan situasi stres yang meningkat, dan meningkatkan tingkat stres kita ketika kita menyadari bahwa keadaan stres itu tidak akan pergi dan kita harus menghadapinya.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Jurus Jitu Menghadapi Stres di Tempat Kerja

Lakukan beberapa hal di bawah ini ketika Anda mendapati diri sedang stres di tempat kerja.

 

#1 Bersyukur

Stres pun ternyata memiliki dampak positif dalam hidup kita. Jika kita tidak memiliki rasa stres tentu hidup kita akan merasa aman-aman saja dan tidak ada kemauan dalam diri kita untuk keluar dari zona nyaman.

Seperti penjelasan sebelumnya ketika manusia purba berhadapan dengan harimau bertaring tajam yang membuatnya stres.

Dengan adanya stres, ia memiliki pilihan untuk lari menyelamatkan diri atau berusaha menghadapi harimau bertaring tajam itu dalam sebuah pertarungan.

Cara Hadapi Stres 06 Bersyukur - Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Oleh sebab itu, jangan salahkan 100 persen terhadap stres yang timbul dalam pikiran kita.

Menurut psikolog Robert Emmons, rasa syukur akan membangkitkan sistem kekebalan psikologis Anda sehingga kebal terhadap masalah kecil atau besar.

Bersyukur adalah cara pertama untuk menekan rasa stres.

 

#2 Atur Pernapasan

Pernahkah Anda merasa gugup ketika akan presentasi? Ini sebetulnya salah satu contoh Anda sedang mengalami stres.

Atur pernapasan Anda dengan cara menghirup sedalam-dalamnya oksigen melalui hidung, lalu tahanlah napas selama 2 hingga 3 detik kemudian lepaskan perlahan dengan menghembuskannya melalui mulut.

Lakukan hal ini selama beberapa kali hingga pikiran Anda mulai tenang dan degup jantung Anda kembali normal.

Cara ini bisa Anda lakukan untuk menekan rasa stres yang timbul.

 

#3 Buat Skala Prioritas

Seringkali rasa stres itu timbul oleh karena kesalahan kita sendiri.

Salah satu contohnya ketika deadline atau tenggat waktu yang semakin mendekat namun pekerjaan belum juga selesai.

Permasalahannya adalah apakah kita sudah bekerja dengan membuat skala prioritas atau seringkali menyepelekan tugas sehingga tidak mengatur waktu dengan baik.

Alhasil, ketika deadline atau tenggat waktu sudah dekat, kita menjadi stres sendiri dan mulai kewalahan.

Salah satu cara jitu untuk menghindari stres dari awal secara preventif adalah dengan membuat skala prioritas.

Atur waktu Anda dengan setiap pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Jangan menunda apa yang harus dan wajib Anda kerjakan agar tidak kalang kabut ketika tenggat waktu sudah mendekat.

 

#4 Olahraga

Banyak yang menyarankan bahwa olahraga sangat baik untuk mengatur kadar stres dalam tubuh. Ini memang salah satu cara terbaik ketika kita menghadapi stres. Selain dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tingkat stres pun akan menurun.

Cara Hadapi Stres 07 Olahraga - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

#5 Kurangi Makanan yang Tidak Sehat

Minuman beralkohol, obat-obatan yang tidak perlu dan juga kafein yang terlalu tinggi sebetulnya malah membuat tingkat stres semakin meningkat.

Hindari semua kategori makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut. Sebagai gantinya, berikan tubuh berbagai asupan bergizi, perbanyak makan sayuran dan buah-buahan dan juga air putih.

 

#6 Miliki Komunitas yang Positif

Komunitas yang positif akan membawa kita kepada kesehatan mental. Ketika Anda sedang stres, cobalah untuk bertemu atau berkumpul dengan teman-teman dekat Anda.

Curhat dengan sahabat, anggota keluarga atau pasangan akan membuat rasa stres menurun.

Tak selamanya dalam sesi curhat, teman bicara Anda dapat memberikan solusi yang jitu dalam memecahkan masalah. Namun, dengan mencurahkan isi hati, tingkat stres dalam diri Anda akan menurun.

Selain itu, hubungan Anda dengan teman dekat, sahabat atau pasangan akan lebih baik dan saling mengenal lebih jauh lagi satu dengan lainnya.

Cara Hadapi Stres 08 Komunitas - Finansialku

[Baca Juga: Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif]

 

#7 Ambil Waktu Istirahat

Inilah salah satu gunanya waktu cuti dalam setahun, selain digunakan untuk saat-saat genting, mengambil waktu cuti kerja bisa memberikan Anda waktu berlibur dan melepaskan kepenatan dan rutinitas sejenak.

Gunakan kesempatan ini untuk mengembalikan kondisi Anda.

 

Pentingnya Manajemen Stres

Manajemen stres dapat membantu untuk menghapus atau mengubah sumber stres, terlebih lagi mengubah cara Anda melihat peristiwa yang menegangkan serta menurunkan dampak stres yang mungkin ada pada tubuh Anda.

 

Setiap orang tentu pernah mengalami stres, entah itu di tempat kerja, di sekolah, dalam karier, dalam keluarga dan juga hubungan pertemanan atau dengan rekan kerja.

Bagikan pengalaman Anda saat menghadapi stres melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Siapa tahu tips yang Anda berikan mampu membuat orang lain merasa lebih baik dan menurunkan tingkat stres mereka.

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Monica Wafford. 18 November 2012. 6 Simple Solutions for Getting Rid of Stress. Entrepreneur.com – https://goo.gl/YViuLH
  • Laurie Erdman. 20 April 2015. What to Do When Your Job Is Seriously Stressing You Out. Greatist.com- https://goo.gl/5GC9Ee
  • Jenna Goudreau. 20 Maret 2013. 12 Ways to Eliminate Stress at WorkForbes.com – https://goo.gl/fkUVGc
  • Admin. 17 Tips Mengatasi Stress Dalam Hidup dan di Tempat Kerja. Akuinginsukses.com – https://goo.gl/6N8UpN
  • Mia Chitra Dinisari. 7 April 2017. 10 Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja. Lifestyle.bisnis.com – https://goo.gl/kBtnMH
  • Herman Yudiono. 7 Cara Mudah Menghilangkan Stres di Tempat Kerja. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/8ScssH
  • Stress Management Society. What is Stress? Stress.org.uk- https://goo.gl/8AGfLq
  • Christian Nordqvist. 28 November 2017. Why Stress Happens and How to Manage It. Medicalnewstoday.com – https://goo.gl/GYzkaX

 

Sumber Gambar:

  • Hadapi Stres – https://goo.gl/mHbaHu
  • Stres – https://goo.gl/v1Bsb4
  • Stres di Tempat Kerja – https://goo.gl/uRkCR3
  • Jantung Berdegup – https://goo.gl/rDSwi4
  • Berpikir – https://goo.gl/9bNzPf
  • Bersyukur – https://goo.gl/JHwEoW
  • Olahraga – https://goo.gl/EaKMVX
  • Komunitas – https://goo.gl/v3NJ2T
Summary
Jurus Jitu dan Ampuh Menghadapi Stres di Tempat Kerja
Article Name
Jurus Jitu dan Ampuh Menghadapi Stres di Tempat Kerja
Description
Bagaimana cara mengatasi stress di tempat kerja? Simak rubrik berikut ini yang memberikan jurus yang jitu menghadapi stres di tempat kerja.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo