Buat jadi karyawan luar biasa itu enggak susah loh, jika Anda mau untuk coba 8 hal penting yang mengubah Anda dari yang biasa menjadi luar biasa.

Simak artikel Finansialku berikut ini untuk tahu caranya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Karyawan Biasa Jadi Luar Biasa

Perlakuan istimewa dari perusahaan tidak akan kita dapatkan jika kita bekerja seadanya atau biasa-biasa saja.

Agar kita mendapatkan perlakuan yang luar biasa, maka kita pun perlu lebih dahulu menunjukkan performa kerja yang luar biasa. Bagaimana menjadi karyawan yang luar biasa?

 

#1 Get Productive

Karyawan yang biasa adalah karyawan yang berkontribusi bagi perusahaan. Sudah biasa jika kita bekerja sesuai dengan seberapa banyak kita digaji.

Hal yang luar biasa adalah apabila kita mampu memberikan kontribusi lebih dari yang atasan/perusahaan harapkan.

Jadilah produktif! Semakin Anda banyak berkontribusi, semakin luar biasa pula Anda di mata atasan.

 

8 Hal Penting yang Buat Anda Jadi Karyawan Luar Biasa - 02 Finansialku

[Baca Juga: Para HR : Literasi Keuangan di Tempat Kerja Menjadikan Karyawan Lebih Produktif dan Sehat Secara Keuangan]

 

#2 Say No to No

Kecuali Anda memang pernah mencoba melakukan suatu pekerjaan tertentu dan ternyata hasilnya tidak maksimal atau bahkan gagal total, sebaiknya hindari menolak pekerjaan yang atasan berikan kepada Anda.

Jika masalahnya adalah ketiadaan waktu, Anda tentu bisa membicarakannya kepada atasan sehingga dapat menyusun prioritas.

Keberanian mencoba dan kemauan untuk belajar sesuatu yang baru, itulah yang membuat Anda terlihat sebagai karyawan luar biasa di mata atasan.

 

#3 Work Earlier

Karena terlambat adalah hal yang buruk, maka rasanya masuk kerja tidak terlambat sudah menjadi hal yang biasa.

Bagaimana agar luar biasa? Datanglah lebih cepat dan mulailah kegiatan profesional Anda lebih awal dibanding rekan-rekan kerja yang lain.

Masuk kantor lebih awal dan bekerja, bukan bersantai adalah cara terbaik untuk menunjukkan komitmen Anda kepada perusahaan.

 

#4 Great Ideas

Apabila karyawan biasa hanyalah seorang doer, yang melakukan segala sesuatu sesuai instruksi dan enggan terlibat mengembangkan perusahaan, maka Anda seharusnya menjadi seorang THINKER untuk menjadi luar biasa.

Memberikan ide-ide yang membangun adalah tanda Anda mampu mengaplikasikan kemampuan yang selama ini Anda dapatkan/miliki untuk memajukan perusahaan.

Karyawan Bahagia Bisa Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: 30+ Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan]

 

Donald Trump meyakini, banyak tren di masyarakat berasal dari pemikiran-pemikiran sederhana tetapi kreatif. Dan inovasi adalah senjata utama setiap karyawan sukses.

 

#5 Improved Skills

Kemampuan yang Anda miliki sekarang mungkin saja sudah cukup untuk Anda dapat mengerjakan setiap jobdesk Anda dengan baik. Namun sekali lagi, itu biasa!

Jika Anda ingin menjadi luar biasa, maka jangan pernah berhenti untuk meningkatkan keterampilan Anda.

Peningkatan keterampilan ini tidak harus selalu pada area yang menjadi keahlian Anda, namun bisa juga di bidang lain yang masih berhubungan dengan bidang usaha perusahaan tempat Anda bekerja.

 

#6 Accept the Difference

Di dalam lingkungan pekerjaan kita akan dipertemukan dengan berbagai orang dan karakter.

Lifehack.org melansir, banyak hal yang membuat seorang pegawai bisa seketika jatuh. Itu sangat tergantung pada kebiasaan mereka ketika sedang bekerja. Salah satunya, terlalu sibuk mengurus urusan orang lain.

Tak hanya itu, membuang energi untuk membenci orang lain juga dapat menjadi salah satu faktor pemicu kegagalan lainnya.

Kenali Metode Penilaian Kinerja Karyawan yang Efektif dan Efisien 03 Karyawan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Perbedaan Gaya Parenting Milenial dengan Generasi Sebelumnya]

 

Berdasarkan sejumlah penelitian, para pegawai yang selalu menganggap dirinya lebih baik dari orang lain justru akan mudah tersandung dan jatuh.

Selain itu, bersikap selalu ingin tahu juga merupakan kebiasaan buruk yang dapat menjadi bumerang dan berdampak negatif bagi diri sendiri.

Oleh karena itu menerima perbedaan dan dapat membangun hubungan dengan rekan kerja akan dapat membuat Anda menjadi karyawan yang luar biasa.

 

#7 Reading

Dengan kesibukan di tempat kerja, tak sedikit karyawan perusahaan yang malas mendapatkan pelajaran maupun wawasan baru dari membaca.

Entah itu buku, surat kabar, majalah ataupun jurnal-jurnal ilmiah. Banyak yang menganggap, hobi lain lebih menarik untuk dilakukan.

Bill Gates tidak pernah meninggalkan kebiasaan lamanya yaitu membaca. Dia selalu berusaha menuntaskan satu buku dalam satu pekan, meskipun disibukkan dengan berbagai aktivitas.

Ketahui Dulu Tips Memulai Pekerjaan Baru 02 Karyawan - Finansialku

 [Baca Juga: Sering Diabaikan, Ini Cara Menjadi Pengusaha Sukses Dunia!]

 

The Journal of Psychosomatic Research (1992) menunjukkan selain olahraga, membaca juga salah satu cara paling efektif untuk meredakan stres.

Peneliti menemukan bahwa orang yang melakukan kegiatan yang melatih kognitif seperti membaca memiliki risiko kepikunan 30 persen lebih rendah.

Sementara orang tidak melakukan kegiatan yang melatih kognitif seperti membaca memiliki risiko terkena masalah otak hingga 50 persen.

 

#8 Coaching

Seorang karyawan mendapatkan nasihat, arahan, dan training dari manajer, hal itu sudah biasa. Yang luar biasa adalah apabila seorang karyawan itu ternyata bisa melakukan apa yang seharusnya seorang manajer lakukan yakni coaching.

Beberapa orang enggan berbagi ilmu atau pengetahuan kepada rekan dengan alasan takut tersaingi, padahal sikap ini justru menambah nilai tambah untuknya.

 

Yuk Mulai Lakukan Dari Sekarang

Nah, 8 hal penting di atas semoga dapat membantu Anda untuk menjadi karyawan luar biasa di tempat Anda kerja saat ini.

Membahas mengenai karyawan luar biasa, maka akan membuat Anda siap mengambil kendali dari hidup dan masa depan yang tidak biasa terutama dalam mengatur keuangan Anda.

Jika Anda merasa belum mumpuni dalam mengatur keuangan Anda, tidak perlu khawatir Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku yang dapat Anda download pada link berikut ini.

 

Siapkah Anda untuk mencoba hal penting di atas? Ajak orang-orang terdekat Anda untuk berani berubah dari karyawan biasa menjadi luar biasa dengan membagikan informasi penting di atas. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Budi Safa’at. 2016. 99 Perbedaan Kebiasaan Pengusaha vs Karyawan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Devayanti Pardi. 7 Hal Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Karyawan Luar Biasa, Mau Mencoba?. Koinworks.com – https://bit.ly/2uhy0AN
  • Amanda Minuk. 1 Mei 2018. How To Be The Best Dams Employee. Bmeaningfull.com – https://bit.ly/36jY63f

 

Sumber Gambar:

  • 8 Hal Penting yang Buat Anda Menjadi Karyawan Luar Biasa – https://bit.ly/2GasHWn
  • Karyawan – https://bit.ly/2REcQ7Z