Biarkan kisah artistik dan kata-kata mutiara Leonardo da Vinci memberikan angin segar sambil menemani waktu Anda yang berharga melalui rubrik berikut ini.

Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Leonardo da Vinci, sang Manusia Renaissance

Leonardo da Vinci adalah anak dari seorang notaris berusia 25 tahun, Ser Piero, dan seorang gadis petani, Caterina. Ia lahir pada tanggal 15 April 1452, di Vinci, Italia. Ser Piero mengambil hak asuh atas dirinya tak lama setelah kelahirannya.

Leonardo da Vinci adalah seorang pelukis, pematung, arsitek, penemu, insinyur militer, dan juru gambar. Ia dikenal sebagai “Manusia Renaissance.”

Dengan pikiran yang ingin tahu akan banyak hal dan kecerdasan yang tajam, Leonardo da Vinci mempelajari hukum ilmu pengetahuan dan alam, yang sangat menginformasikan pekerjaannya.

Kata Kata Mutiara Leonardo Da Vinci 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Gaya Kepemimpinan Situasional Dibutuhkan oleh Seorang Pemimpin?]

 

Idenya yang hebat dengan jiwa seniman melalui setiap karyanya yang cemerlang membuatnya sebagai sebuah cahaya di tengah era Renaissance Italia.

Meskipun da Vinci terkenal karena kemampuan artistiknya, ia bukanlah seniman yang produktif dan menghasilkan banyak lukisan. Salah satu alasannya adalah bahwa minatnya sangat bervariasi. Karya Leonardo da Vinci yang paling terkenal termasuk “Manusia Vitruvian,” “Perjamuan Terakhir” dan “Mona Lisa.”

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Masa Sekolah Leonardo da Vinci

Leonardo da Vinci merasakan pendidikan formal lebih dari sekadar pengetahuan tentang membaca dasar, menulis dan matematika. Bakat artistiknya terlihat sejak usia dini.

Sekitar usia 14 tahun, Leonardo da Vinci memulai masa magangnya yang panjang dengan artis terkenal Andrea del Verrocchio di Florence.

Dia belajar berbagai keterampilan teknis termasuk pengerjaan logam, seni kulit, pertukangan, menggambar, melukis dan mematung. Karyanya yang paling awal yang diketahui adalah sebuah gambar lanskap di lembah Arno, dimana sketsanya dibuat pada tahun 1473.

Kata Kata Mutiara Leonardo Da Vinci 03 - Finansialku

[Baca Juga: Prinsip 4D dari Brian Tracy Tentang Kebebasan Keuangan]

 

Pada usia 20 tahun, Leonardo da Vinci memenuhi syarat untuk keanggotaan sebagai seniman utama di Guild of Saint Luke Florence dan mendirikan workshop-nya (galeri seni) sendiri. Namun, ia terus berkolaborasi dengan gurunya selama lima tahun berikutnya.

Diperkirakan bahwa Andrea del Verrocchio (guru Leonardo da Vinci) menyelesaikan karya lukisan “Pembaptisan Kristus” sekitar tahun 1475 dengan bantuan muridnya, yang melukis bagian latar belakang dan malaikat muda memegang jubah Yesus.

Menurut Life of the Most Excellent Painters, Buku “Sculptors and Architects”, yang ditulis sekitar tahun 1550 oleh seniman Giorgio Vasari, diceritakan bahwa Verrocchio begitu rendah hati oleh mengagumi bakat dari muridnya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Seniman Muda Berbakat Leonardo da Vinci

Pada 1478, setelah meninggalkan studio gurunya Andrea del Verrocchio, Leonardo da Vinci menerima komisi independen pertamanya untuk sebuah altar dan tinggal di sebuah kapel di dalam Palazzo Vecchio di Florence.

Tiga tahun kemudian biarawan Augustinian dari San Donato menugaskannya untuk melukis “Adoration of Magi.” Namun, ia berencana untuk meninggalkan kota dan kedua komisi tersebut tanpa menyelesaikannya tugas lukisannya itu.

Pada tahun 1482, pemimpin Florentine Lorenzo de ‘Medici menugaskan Leonardo da Vinci untuk menciptakan kecapi dari bahan perak dan membawanya sebagai isyarat perdamaian kepada Ludovico Sforza.

Setelah melakukan permintaan tersebut, Leonardo da Vinci melobi Ludovico Sforza untuk sebuah pekerjaan yang sangat berguna dalam bidang militer melalui sebuah surat permintaan.

Dengan menggunakan pikirannya yang brilian, Leonardo da Vinci membuat sketsa mesin perang seperti kereta perang dengan pisau sabit yang dipasang di setiap sisinya, sebuah tank berlapis baja yang didorong oleh dua orang yang sedang mengayunkan sebuah poros dan bahkan sebuah panah besar yang membutuhkan pasukan kecil untuk mengoperasikannya.

Ludovico Sforza membawa da Vinci ke Milan untuk masa jabatan selama 17 tahun. Sepanjang  masa jabatannya di Milan, Leonardo da Vinci ditugaskan untuk mengerjakan berbagai proyek artistik, termasuk Lukisan “The Last Supper.”

 

Karya Leonardo da Vinci – Manusia Vitruvian

Seni dan sains berpotongan sempurna dalam sketsa da Vinci dari “Vitruvian Man,” yang digambar pada tahun 1490. Lukisannya ini menggambarkan sosok laki-laki dalam dua posisi yang dilapis dengan tangan dan kakinya terpisah di dalam persegi dan lingkaran.

Sketsa menggambarkan studi Leonardo tentang proporsi serta keinginannya untuk menghubungkan manusia dengan alam.

 

Karya Leonardo da Vinci – The Last Supper

Sekitar tahun 1495, Ludovico Sforza, bangsawan Milan, menugasi Leonardo da Vinci untuk melukis “Perjamuan Terakhir” di dinding belakang ruang makan di dalam biara Santa Maria delle Grazie di Milan.

Mahakarya yang memakan waktu sekitar tiga tahun untuk diselesaikan itu menangkap drama saat ketika Yesus memberi tahu Dua Belas Rasul berkumpul untuk makan malam Perjamuan Paskah bahwa salah satu dari mereka akan segera mengkhianatinya.

Lukisan “The Last Supper” tersebut mengalami kerusakan cepat dan tinta yang mengelupas dikarenakan Leonardo da Vinci tidak melukis pada media gips segar melainkan pada media tempera dan minyak di gips kering.

Namun lukisannya distabilkan dengan metode konservasi yang modern.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Karya Leonardo da Vinci – Mona Lisa

Pada tahun 1503, Leonardo da Vinci mulai mengerjakan sebuah lukisan yang hingga kini menjadi yang paling sensasional dan yang paling terkenal. Selain itu, lukisan ini bisa dibilang lukisan paling terkenal di dunia, yakni “Mona Lisa.”

Kekhasan dari lukisannya dicirikan oleh senyum misterius wanita itu dalam setengah potret, yang berasal dari teknik sfumato Leonardo da Vinci.

Daya tarik lukisan “Mona Lisa” lainnya adalah misteri seputar identitas dari wanita di dalam lukisan tersebut. Ada yang beranggapan, lukisan itu adalah Putri Isabella dari Napoli.

Yang lainnya mengatakan bahwa lukisan itu seorang pelacur yang tidak disebutkan namanya, dan ada pula yang mengatakan itu adalah ibu Leonardo da Vinci.

Bahkan ada juga spekulasi yang mengatakan bahwa lukisan itu bukan perempuan sama sekali, tetapi salah satu murid dari Leonardo da Vinci yang bernama Salai yang mengenakan pakaian wanita.

Kata Kata Mutiara Leonardo Da Vinci 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Johnny Andrean Pendiri J.CO Donuts, BreadTalk dan Johnny Andrean Salon]

 

Namun berdasarkan laporan dari seorang penulis biografi, “Mona Lisa” adalah gambaran Lisa del Giocondo, istri seorang pedagang sutra Florentine yang kaya. Nama asli lukisan itu adalah “La Gioconda”

Beberapa sejarawan seni percaya bahwa saudagar menugaskan Leonardo da Vinci untuk melukis lukisan itu untuk merayakan kelahiran yang tertunda dari anak berikutnya dari pasangan itu, yang berarti bahwa sosok wanita dalam lukisan tersebut mungkin sedang hamil.

Hari ini, “Mona Lisa” menggantung di Museum Louvre di Paris, Perancis, diamankan di balik kaca anti peluru dan dianggap sebagai harta nasional tak ternilai yang dilihat oleh jutaan pengunjung setiap tahun.

 

Karya Leonardo da Vinci – Battle of Anghiari

Pada tahun 1503, Leonardo da Vinci juga mulai mengerjakan “Battle of Anghiari,” sebuah mural yang ditugaskan oleh dewan di Palazzo Vecchio. Ukuran dari lukisan ini akan menjadi dua kali lebih besar daripada lukisan sebelumnya “The Last Supper.”

 

Karya Pahatan Leonardo da Vinci

Ludovico Sforza juga menugaskan Leonardo da Vinci untuk membuat karya pahatan berupa patung kuda dari bahan perunggu yang dinaiki oleh ayahnya, seorang pendiri dinasti keluarga Francesco Sforza. Patung pahatan itu setinggi 16 kaki.

Dengan bantuan para siswanya di galeri seni milikinya, Leonardo da Vinci mengerjakan proyek tersebut selama lebih dari belasan tahun.

Proyek itu sempat ditangguhkan ketika perang dengan Perancis karena negara membutuhkan perunggu untuk digunakan sebagai meriam untuk keperluan berperang. Setelah pasukan Perancis menyerbu Milan pada 1499, Leonardo da Vinci meninggalkan kota bersama dengan para bangsawan dan keluarga Sforza.

Ironisnya, Gian Giacomo Trivulzio, pemimpin pasukan Perancis yang menaklukkan Ludovico pada tahun 1499 mengikuti jejak musuhnya dan menugaskan Leonardo da Vinci untuk memahat patung pahatan dirinya yang menunggangi kuda dengan ukuran patung yang besar.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Kata-kata Mutiara Leonardo da Vinci yang Penuh Makna

Simak kata-kata mutiara Leonardo da Vinci berikut ini:

 

#1 “A beautiful body perishes, but a work of art dies not.”

“Tubuh yang indah bisa musnah, tetapi karya seni tidak akan bisa mati.”

 

#2 “Art is never finished, only abandoned.”

“Seni tidak pernah terselesaikan, hanya ditinggalkan.”

 

#3 “Experience does not err. Only your judgements err by expecting from her what is not in her power.”

“Pengalaman tidak salah. Hanya penilaian Anda yang salah dengan mengharapkan darinya apa yang tidak ada dalam kekuasaannya.”

 

#4 “I have been impressed with the urgency of doing. Knowing is not enough; we must apply. Being willing is not enough; we must do.”

“Saya terkesan dengan kecepatan dalam melakukan sesuatu. Mengetahui saja tidaklah cukup; kita harus mengaplikasikan. Bersedia tidaklah cukup, kita harus melakukan.”

 

#5 “It is easier to resist at the beginning than at the end.”

“Lebih mudah melawan pada awalnya daripada pada akhirnya.”

 

#6 “Life well spent is long.”

“Menghabiskan hidup dengan baik itu terasa panjang.”

 

#7 “Once you have tasted the taste of sky, you will forever look up.”

“Setelah Anda merasakan cita rasa setinggi langit, Anda akan selamanya ketagihan.”

 

#8 “Simplicity is the ultimate sophistication.”

“Kesederhanaan adalah kecanggihan tertinggi.”

 

#9 “The painter has the Universe in his mind and hands.”

“Pelukis memiliki semesta di pikiran dan tangannya.”

 

#10 Wisdom is the daughter of experience.”

“Kebijaksanaan adalah anak dari pengalaman.”

 

Bagaimana Kualitas Pemimpin Supaya Menjadi Seorang Pemimpin yang Hebat 02 - Karyawan Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

#11 “A painter should begin every canvas with a wash of black, because all things in nature are dark except where exposed by the light.”

“Pelukis harus memulai setiap kanvas dengan sapuan warna hitam, karena semua benda di alam berwarna gelap kecuali di tempat yang terkena cahaya.”

 

#12 “As a well spent day brings happy sleep, so life well used brings happy death.”

“Sebagaimana hari yang dihabiskan dengan baik membawa tidur yang bahagia, demikian juga hidup yang digunakan dengan baik membawa kematian yang bahagia.”

 

#13 “He who is fixed to a star does not change his mind.”

“Dia yang sudah memiliki pendirian tidak akan mengubah pikirannya.”

 

#14 “I love those who can smile in trouble, who can gather strength from distress, and grow brave by reflection. It’s the business of little minds to shrink, but they whose heart is firm, and whose conscience approves their conduct, will pursue their principles unto death.”

“Saya suka mereka yang bisa tersenyum dalam kesulitan, yang bisa mengumpulkan kekuatan dari situasi sulit, dan tumbuh berani dengan refleksi diri. Itu adalah mengenai pola pikir, tetapi mereka yang hatinya teguh, dan yang hati nuraninya menyetujui perilaku mereka, akan mengejar prinsip mereka sampai mati.”

 

#15 “Just as a well-filled day brings blessed sleep, so a well-employed life brings a blessed death.”

“Sama seperti hari yang terisi penuh membawa tidur yang diberkati, demikian juga kehidupan yang bekerja dengan baik membawa kematian yang diberkati.”

 

#16 “Life without love, is no life at all.”

“Hidup tanpa cinta, sama sekali bukan kehidupan.”

 

#17 “One can have no smaller or greater mastery than mastery of oneself.”

“Seseorang tidak dapat memiliki penguasaan yang lebih kecil atau lebih besar daripada penguasaan diri sendiri.”

 

#18 “Study without desire spoils the memory, and it retains nothing that it takes in.”

“Belajar tanpa keinginan menggunakan memori, maka tidak akan ada yang bisa dipertahankan.”

 

#19 “There are three classes of people: those who see, those who see when they are shown, those who do not see.”

“Ada tiga tipe orang: mereka yang melihat, mereka yang melihat ketika mereka diberi petunjuk, mereka yang tidak melihat.”

 

#20 “You can have no dominion greater or less than that over yourself.”

“Anda tidak dapat memiliki kekuasaan yang lebih besar atau kurang dari itu terhadap diri Anda sendiri.”

 

Motivasi-Kerja-Karyawan-01-Finansialku

[Baca Juga: Ingat Kembali! Ini Tips dan Trik Mengembangkan Bisnis Startup Anda!]

 

#21 “A wave is never found alone, but is mingled with the other waves.”

“Gelombang tidak pernah ditemukan sendirian, tetapi bercampur dengan ombak lainnya.”

 

#22 “As you cannot do what you want, want what you can do.”

“Karena Anda tidak dapat melakukan apa yang Anda inginkan, inginkan apa yang dapat Anda lakukan.”

 

#23 “He who thinks little errs much.”

“Banyak orang yang berpikir sedikit keliru.”

 

#24 “In time and with water, everything changes.”

“Pada waktunya dan dengan air, semuanya berubah.”

 

#25 “Learning is the only thing the mind never exhausts, never fears, and never regrets.”

“Belajar adalah satu-satunya hal yang tidak pernah dilupakan oleh pikiran, tidak pernah ditakuti, dan tidak pernah disesali.”

 

#26 “Make your work to be in keeping with your purpose.”

“Buat pekerjaan Anda sesuai dengan tujuan Anda.”

 

#27 “Painting is poetry that is seen rather than felt, and poetry is painting that is felt rather than seen.”

“Lukisan adalah puisi yang dilihat daripada dirasakan, dan puisi adalah lukisan yang dirasakan daripada dilihat.”

 

#28 “Tears come from the heart and not from the brain.”

“Air mata datang dari hati dan bukan dari otak.”

 

#29 “There is no object so large but that at a great distance from the eye it does not appear smaller than a smaller object near.”

“Tidak ada objek yang begitu besar tetapi pada jarak yang sangat jauh dari mata, objek itu tidak tampak lebih kecil dari objek yang lebih kecil yang ada di dekat.”

 

#30 “You do ill if you praise, but worse if you censure, what you do not understand.”

“Anda sakit jika Anda memuji, tetapi lebih buruk lagi jika Anda mencela apa yang Anda tidak mengerti.”

 

Karyawan Finansialku

[Baca Juga: Gunakan Facebook Sebagai Salah Satu Cara Mengembangkan Bisnis E-Commerce]

 

#31 “A well-spent day brings happy sleep.”

“Sehari yang dihabiskan dengan baik membawa tidur yang bahagia.”

 

#32 “Beyond a doubt truth bears the same relation to falsehood as light to darkness.”

“Di luar keraguan, kebenaran mengandung hubungan yang sama dengan kepalsuan sebagai cahaya menuju kegelapan.”

 

#33 “He who truly knows has no occasion to shout.”

“Dia yang benar-benar tahu tidak memiliki kesempatan untuk berteriak.”

 

#34 “Iron rusts from disuse, stagnant water loses its purity, and in cold weather becomes frozen; even so does inaction sap the vigors of the mind.”

“Besi berkarat karena tidak digunakan, air yang tergenang kehilangan kemurniannya, dan dalam cuaca dingin menjadi beku; demikian pula dengan lemanpabab dari pikiran kita.”

 

#35 “Learning never exhausts the mind.”

“Belajar tidak pernah menguras pikiran.”

 

#36 “Nothing can be loved or hated unless it is first understood.”

“Tidak ada yang bisa dicintai atau dibenci kecuali jika dipahami sejak pertama kali.”

 

#37 “Poor is the pupil who does not surpass his master.”

“Miskin adalah murid yang tidak melampaui tuannya.”

 

#38 “The knowledge of all things is possible.”

“Pengetahuan tentang segala hal adalah sebuah kemungkinan.”

 

#39 “When once you have tasted flight, you will forever walk the earth with your eyes turned skyward, for there you have been, and there you will always long to return.”

“Ketika Anda merasakan penerbangan, Anda akan selamanya berjalan di bumi dengan mata Anda menengadah ke langit, karena di sana Anda berada, dan di sana Anda akan selalu ingin untuk kembali.”

 

#40 “All our knowledge has its origin in our perceptions.”

“Semua pengetahuan kita berasal dari persepsi kita.”

 

Para HRD 8 Alasan Pentingnya Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan di Perusahaan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

 

#41 “Every action needs to be prompted by a motive.”

“Setiap tindakan harus didorong oleh sebuah maksud.”

 

#42 “I have always felt it is my destiny to build a machine that would allow man to fly.”

“Saya selalu merasa ini adalah takdir saya untuk membangun mesin yang akan memungkinkan manusia untuk terbang.”

 

#43 “It had long since come to my attention that people of accomplishment rarely sat back and let things happen to them. They went out and happened to things.”

“Sudah lama sejak saya menyadari bahwa orang-orang yang berprestasi jarang duduk kembali dan membiarkan hal-hal terjadi pada mereka. Mereka keluar dan terjadi h banyak hal.”

 

#44 “Life is pretty simple: You do some stuff. Most fails. Some works. You do more of what works. If it works big, others quickly copy it. Then you do something else. The trick is the doing something else.”

“Hidup itu sangat sederhana: Anda melakukan beberapa hal. Sebagian besar mengalami kegagalan. Beberapa hal berhasil dilakukan. Anda melakukan lebih dari apa yang berhasil. Jika itu berhasil, yang lain dengan cepat menyalinnya. Maka Anda melakukan sesuatu yang lain. Triknya adalah melakukan sesuatu yang lain.”

 

#45 “Obstacles cannot crush me; every obstacle yields to stern resolve.”

“Hambatan tidak bisa menghancurkanku; setiap hambatan menghasilkan penyelesaian yang tidak mudah.”

 

#46 “Realize that everything connects to everything else.”

“Sadarilah bahwa semuanya terhubung dengan yang lainnya.”

 

#47 “The noblest pleasure is the joy of understanding.”

“Kesenangan paling mulia adalah sukacita dari pengertian.”

 

#48 “Why does the eye see more clearly when asleep than the imagination when awake?”

“Mengapa mata melihat lebih jelas ketika tertidur dibandingkan imajinasi ketika bangun?”

 

Belajar Kata Kata Mutiara Leonardo da Vinci

Kata kata mutiara Leonardo da Vinci memberikan pembelajaran baru bagi kehidupan Anda. Setiap kalimat demi kalimat dapat Anda pahami sehingga Anda dapat belajar lebih lagi untuk mengubah hidup Anda menjadi orang yang lebih baik.

Semoga artikel ini memberikan pandangan dan wawasan yang baru bagi hidup Anda, terima kasih!

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Dan Western. 48 Beautiful Leonardo da Vinci Quotes. Wealthygorilla.com – https://goo.gl/3WbwYN
  • Biography. 10 April 2018. Leonardo da Vinci Biography. Biography.com – https://goo.gl/Rf9Y4f
  • BBC. Leonardo da Vinci. Bbc.co.uk – https://goo.gl/aNW6ps
  • Admin. Da Vinci – The Renaissance Man. Mos.org – https://goo.gl/34gjz6

 

Sumber Gambar:

  • Kata Kata Mutiara Leonardo da Vinci 01 – https://goo.gl/qC4Ctt
  • Kata Kata Mutiara Leonardo da Vinci 02 – https://goo.gl/4E4NMG
  • Kata Kata Mutiara Leonardo da Vinci 03 – https://goo.gl/YH59vP
  • Kata Kata Mutiara Leonardo da Vinci 04 – https://goo.gl/LC1fff