Tahukah Anda bahwa saat ini ada yang namanya investasi properti online? Apa saja kelebihan dan kekurangan investasi ini?

Yuk, simak pembahasan Finansialku dalam artikel berikut. Selamat membaca!

 

Mengenal Investasi Properti Online

Anda tentu tidak asing dengan istilah investasi. Sederhananya, investasi merupakan upaya penanaman modal atau dana dari satu pihak ke pihak lainnya untuk memperoleh keuntungan (return) di masa depan.

Jika kita rujuk menurut OJK, investasi diartikan sebagai penanaman modal, biasanya dengan jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham dan surat berharga untuk mendapat keuntungan.

Menariknya, kini hadir bentuk baru investasi yang memudahkan banyak orang untuk mulai menanam modal, yakni investasi online.

 

Investasi online merupakan semua kegiatan dalam hal finansial yang diharapkan mendatangkan profit dengan media atau berbasis internet. Salah satu instrumen investasi online yang bayak dilirik adalah investasi properti online.

Investasi properti online dapat diakses siapa saja, seperti perorangan, kelompok, bahkan lembaga atau perusahaan. Dalam dunia investasi properti online mata uang yang digunakan adalah mata uang elektronik (e-money).

[Baca Juga: Pertimbangkan 9 Hal Ini Sebelum Investasi Properti]

 

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Properti Online

Anda bisa memilih jenis investasi online yang paling sesuai. Namun, yang harus disadari adalah tiap investasi memiliki plus minus-nya masing-masing.

 

Kelebihan Investasi Properti Online

Berikut beberapa kelebihan investasi online:

  • Memiliki harga yang transparan karena terlihat langsung dari aplikasi.
  • Memungkinkan Anda melakukan transaksi dengan harga terbaik. Hal ini karena update harga dilakukan berkala dengan pemberitahuan yang dikirimkan ke perangkat Anda.
  • Minimum investasi terjangkau karena pembelian properti dilakukan bersama-sama.
  • Nyaman dipakai berkat kemudahan aksesnya.
  • Pemantauan lebih mudah.

[Baca Juga: Cari Tahu Keuntungan dan Risiko Investasi Properti]

 

Kekurangan Investasi Online

Berikut beberapa kekurangan investasi properti online:

  • Investasi properti merupakan investasi untuk jangka panjang. Artinya, Anda akan merasakan keuntungan maksimal jika mengendapkannya selama beberapa tahun.
  • Tidak likuid karena butuh waktu yang lama untuk mendapat hasil yang sesuai.
  • Kekhawatiran tersandung investasi bodong jika tidak selektif memilih platform yang tepat.
  • Hanya cocok untuk kalangan tertentu.

 

Investasi Properti Online, Cara Baru Peroleh Cuan dari Perangkat

Sebetulnya, investasi properti online serupa dengan investasi konvensional. Keduanya dibedakan dengan media yang digunakan, yakni luring (offline) dan daring (online).

 

Jenis-jenis Investasi  Properti Online

Tak hanya investasi dengan metode konvensional, investasi properti online merupakan salah satu bentuk investasi yang patut Anda coba.

Banyak orang beranggapan bahwa investasi properti online hanya bisa dilakukan dengan membeli atau menyewakan bangunan. Padahal, nyatanya lebih dari itu.

Berikut beragam jenis investasi properti online yang patut Anda coba:

 

Membeli Saham Pengembang Properti

Anda bisa membeli saham pengembang properti alih-alih membeli produk properti mereka. Pengembang-pengembang seperti Ciputra, Sinar Mas Land, Pakuwon, hingga Triniti Land merupakan beberapa perusahaan yang dapat Anda pilih.

Karena nilainya fluktuatif, Anda yang masih awam disarankan untuk terlebih dahulu belajar mengenai prinsip, sistem, dan cara kerja investasi saham kepada manajer investasi.

[Baca juga: Risk And Reward yang Mungkin Terjadi dalam Investasi Saham]

Ketika berinvestasi saham, pastikan Anda mengerti dan telah membaca segala risiko dan prospek yang ada. Anda juga sebaiknya paham bahwa harga saham properti tidak selalu baik, kadang naik kadang turun.

Ada baiknya jika investasi ini dijadikan investasi jangka panjang untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Tapi, bagi Sobat Finansialku yang ingin membeli produk properti dari perusahaan di atas, bisa juga Anda lakukan sebagai investasi.

Tapi sebelum itu, dengarkan audiobook Finansialku di bawah ini agar menambah wawasan Anda dalam investasi properti.banner -investasi property asset atau liabilitas (1)

 

Obligasi Properti

Obligasi properti juga termasuk investasi properti online. Investasi obligasi properti merupakan salah satu investasi properti yang aman karena perusahaan yang merilisnya umumnya bagian dari pemerintah.

Ketika membeli obligasi, investor akan mendapat bunga tetap sebesar 11,5 persen per tahun yang dibayarkan 3 bulan sekali.

 

Dana Investasi Real Estate

DIRE, atau dikenal dengan Dana Investasi Real Estate merupakan investasi yang dihimpun dari dana masyarakat. Selanjutnya, dana yang terkumpul diinvestasikan dalam bentuk beragam, seperti lahan, bangunan, rumah, serta properti lainnya.

Sistem DIRE mewajibkan 80% investasi di sektor properti, dimana 50% diantaranya harus berbentuk properti. Jenis investasi properti ini sulit dijumpai lantaran hanya dipasarkan pada investor institusi.

 

Efek Bangunan Aset

Kamu bisa mengikuti investasi properti online berbentuk efek yang diterbitkan oleh Kontrak Investasi Kolektif (KIK). Efek Bangunan Aset berbentuk seperti tagihan yang muncul dari surat berharga komersial.

Jenis investasi ini aman Anda ikuti karena dijamin oleh pemerintah. Salah satu lembaga EBA terpercaya saat ini adalah Saran Multigriya Finansial (SMF) yang menawarkan EBA untuk investor institusi.

 

Crowdfunding

Investasi properti online terakhir yang dapat Anda pilih adalah crowdfunding. Sederhananya, crowdfunding merupakan cara membeli properti secara online dengan sistem patungan.

[Baca Juga: Investasi Properti Patungan Aman Gak Sih? Cari Tahu di Sini!]

Sistem investasi ini merupakan cara yang umum ditemui di Indonesia. Selain caranya yang mudah, crowdfunding lebih terjangkau karena tidak memerlukan modal miliaran.

Namun, karena maraknya penggunaan serta banyaknya perusahaan yang menawarkan layanan ini, Anda harus ekstra hati-hati ketika ingin berinvestasi.

Pastikan perusahaan yang dipilih memiliki izin resmi OJK. Sebab, crowdfunding memiliki risiko penipuan yang cukup tinggi jika tidak selektif memilih platform yang tepat.

Ini Kelebihan dan Kekurangan Investasi Properti Online - 02 - Finansialku

Sumber: digitaloceanspaces.com – https://bit.ly/370N8Cz

 

 

Cara Investasi Properti Online dengan Modal Tidak Terlalu Besar

Cara investasi properti online dengan modal paling kecil bisa Anda lakukan dengan sistem crowdfunding. Metode ini mengumpulkan dana dari beberapa pihak alias patungan untuk membeli suatu properti.

Dengan begitu, Anda tidak membeli satu properti secara utuh.

 

Cara Kerja Crowdfunding

Anda ingin membeli properti senilai Rp 7 miliar. Tapi, saat ini Anda hanya punya uang Rp 70 juta. dengan menggunakan skema crowdfunding, Anda dapat membeli properti tersebut.

Mudahnya, Anda membeli properti namun hanya memiliki sebagian dari total kepemilikannya. Skema ini mirip dengan pemegang saham di perusahaan. Nantinya, imbalan diberikan dalam bentuk dividen (setelah dibagi dengan pemilik lain).

[Baca Juga: Investasi Properti Online: Cara Kerja Bisnis Properti Online]

 

Mekanisme Crowdfunding

Skema crowdfunding sudah marak di luar negeri. Sementara, di Indonesia baru beberapa tahun belakangan diaplikasikan. Cara investasinya juga mudah, kok.

Berikut langkah singkat investasi properti online dengan sistem crowdfunding:

  1. Masuk situs resminya dan lakukan pendaftaran.
  2. Pilih properti yang ingin Anda beli.
  3. Masukkan jumlah dana yang ingin Anda alokasikan untuk investasi.
  4. Tunggu hingga dana pembelian terkumpul dari pihak lain.
  5. Setelah semua dana terkumpul, Anda akan diundang untuk rapat umum pemegang saham (RUPS). Dalam acara tersebut, akan dijelaskan mengenai imbal hasil yang akan diperoleh.

Crowdfunding memberikan kemudahan dimana Anda tidak perlu memikirkan perizinan, pencarian tenant, dan perintilan lainnya.

Semua keperluan diurus oleh perusahaan yang menaungi Anda yang berperan sebagai fasilitator. Saat ini baru ada 2 perusahaan equity crowdfunding yang diberi izin dan diawasi OJK.

 

Jika Sobat Finansialku ingin mengetahui cara investasi properti lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan Financial Planner Finansialku.

Yuk download aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store sekarang! Nikmati konsultasi dan cek kesehatan keuangan dengan akses premium gratis selama 30 hari. 

Jika Anda merasa terbantu dengan aplikasi Finansialku premium, silakan gunakan kode voucher WEBTAHUNAN saat melakukan upgrade aplikasi premium dan dapatkan diskon langsung Rp 50 ribu.

 

Itulah ulasan mengenai investasi properti online. Anda bisa memilih platform investasi yang menawarkan keuntungan yang wajar. Sebab, sangat mencurigakan jika perusahaan menawarkan return fantastis dengan janji “untung besar”.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada rekan-rekan dan saudara-saudaramu ya. Agar semakin membuka wawasan mereka mengenai dunia investasi. Selamat mencoba!

 

Editor: Maria Christianti

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 Desember 2017. Investasi Online, Jenis-jenis Investasi, Tujuan, dan Manfaatnya. Academicindonesia.com – https://bit.ly/3Bke0LZ
  • Amelia Putri. 31 Desember 2019. Liburan Jangan Boros! Lebih Baik Coba Investasi Online Yuk. Popmama.com – https://bit.ly/2UShapr
  • Mario Teuku. 21 Agustus 2020. Investasi Properti Online Terpercaya dengan Modal Terjangkau. Yukbisniskos.com – https://bit.ly/2TlNikO
  • Shafira Chairunnisa. 18 February 2021. 5 Jenis Investasi Properti Online Yang Mudah Dilakukan Dengan Keuntungan Melimpah. Tertarik Ikutan?co – https://bit.ly/3BfsvR4
  • Yogarta Awawa. 21 Desember 2020. Panduan Investasi Online Terbaik: Dari Jenis, Cara, dan Tips. Qoala.app – https://bit.ly/3iuU4NS

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3iSAuv1