Bagaimana Anda menghadapi perubahan global yang dapat memengaruhi bisnis Anda?

Ayo kenali 4 faktor pemicu bisnis yang berhasil melalui artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bisnis yang Berhasil Ala Tony Robbins

“Leaders anticipate change while the losers are left reacting to it.” – Tony Robbins

“Para pemimpin mengantisipasi perubahan sedangkan para pecundang bereaksi pada perubahan itu sendiri.”

 

Kalimat di atas diucapkan oleh Tony Robbins dari pengalamannya sebagai pemilik lusinan perusahaan.

Perubahan adalah satu-satunya yang bersifat konstan alias akan terus terjadi. Tahukah Anda bahwa teknologi layaknya seorang personal trainer atau pelatih gym yang senantiasa menekan tombol “tambah kecepatan” pada mesin treadmill kita.

Dengan demikian kita perlu menambah kecepatan kita untuk mengelola bisnis yang kita jalankan, jika tidak, maka sebaliknya, kita akan jauh tertinggal di belakang.

7 Faktor Pemicu Bisnis 02 Bisnis 2 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Melepaskan dari Kebiasaan Judi untuk Anak Muda, Sebelum Terlambat!]

 

Bukan hanya kecepatan, bahkan dunia bisnis juga mengalami percepatan karena teknologi yang semakin berkembang pesat. Inovasi dan terobosan baru bermunculan dengan berbagai ide hebat yang saling berkompetisi untuk merajai dunia bisnis.

Hasil inovasi seseorang yang kini digunakan secara massal, misalnya, sosial media sebut saja Facebook, kini digunakan hampir seluruh antero bumi untuk menghasilkan berbagai inovasi baru lagi dan mengembangkan bisnis di segala lini yang inovatif.

Jika Anda adalah pebisnis yang sedang menghadapi persaingan bisnis dan perubahan ekonomi global yang tak menentu, bagaimana caranya agar Anda dan usaha bisnis Anda tetap berdiri dan tidak goyah di tengah kondisi tersebut?

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Antisipasi Adalah Kekuatan

Para pemimpin perusahaan layaknya pemain catur yang menciptakan strategi jitu untuk mampu membayangkan masa depan perusahaan yang ia jalankan.

Tidak hanya menciptakan tindakan dan kebijakan untuk menginovasi sebuah tren atau produk baru tetapi juga mengantisipasi setiap tantangan yang datang tak menentu.

Sebuah fakta menyebutkan bahwa 96% dari bisnis yang telah dibangun ternyata hilang alias bangkrut dalam waktu 10 tahun.

Setidaknya hanya 4% yang bertahan, namun bukan berarti bisnis tersebut mendapatkan keuntungan, tetapi mereka hanya mampu bertahan saja dan tetap berdiri.

Akan selalu ada tantangan dalam dunia bisnis dalam perkembangannya. Oleh sebab itu, kita harus bisa berpikir untuk menjadi pemain catur, bukan budak catur yang diatur.

Anda-lah yang menciptakan setiap gerakan, setiap inovasi dan tentu saja antisipasi untuk mengatasi perubahan global.

Ini dia pemicu bisnis yang mampu membuat bisnis Anda berhasil dan menjadi batu loncatan bagi kesuksesan Anda.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#1 Kita Bisa Melakukannya

Ini adalah sebuah pemicu yang mampu mendorong para pemimpin untuk menyadari bahwa mereka memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri dalam membangun bisnis dan menciptakan inovasi baru.

Pemicu ini datang dari dalam diri dengan keyakinan untuk sukses. Semua orang kini sudah tahu tentang pakaian olahraga dan segala perlengkapan olahraga bermerek Adidas.

Keberhasilannya tidak lepas dari sebuah keyakinan untuk bisa berhasil. Dialah Adolf “Adi” Dasler, pendiri Adidas yang berasal dari sebuah kota kecil dekat Nuremberg, Jerman.

Adolf Dassler sang perancang sepatu atletik itu memiliki daya kinerja tinggi dan mampu melihat kebutuhan para atlet.

Adidas berkembang dari tahun 1950, dan sempat mengalami masa sulit hingga hampir bangkut karena kematian Adolf Dessler di tahun 1978. Keadaan tersebut membuat perusahaan ini menjadi hilang arah dan memiliki banyak pesaing seperti Nike dan Puma.

7 Faktor Pemicu Bisnis 03 Bisnis 3 - Finansialku

[Baca Juga: Mewaspadai 3 Masalah Psikologis yang Dapat Merusak Aktivitas Trading Anda dan Diri Anda]

 

Adidas mulai bangkit kembali ketika René Jäggi, karyawan pemasaran dari Duracel yang membawa dua orang mantan manajer Nike masuk dalam tim strategis Adidas dan menjadi sebuah tim yang handal

Adidas mulai memfokuskan diri pada inovasi dan performa dari kualitas produk mereka. Adidas juga bekerja sama dengan para atlet untuk memasarkan produk sehingga penjualan mereka pun meningkat.

Kini sepatu Adidas sudah mendunia dengan ciri khas bahan yang ringan dan sangat direkomendasikan untuk atlet dan juga para penggemar olahraga.

Adidas kembali bangkit dan menjadi salah satu merk yang unggul, hal ini dikarenakan tim mereka memiliki keyakinan bahwa mereka mampu untuk melakukannya dengan kemampuan yang mereka miliki.

Anda pun bisa unggul dalam bisnis Anda, salah satunya dengan memisahkan pencatatan keuangan pribadi dengan bisnis Anda.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#2 Kita Punya Mimpi

Beberapa perusahaan memang benar-benar ada untuk mengubah dunia, walaupun setidaknya mereka menjadi bagian dari sebuah perubahan itu sendiri.

Demikian juga Starbucks, perusahaan kedai kopi yang menjadi bagian dari perubahan dunia dimana Howard Schultz, sang pendiri memang membayangkan Starbucks adalah sebuah tempat bagi para kreator dan pembuat inovasi.

Howard Schultz menginginkan Starbucks bukan sebagai kedai kopi biasa, tetapi menjadi sebuah tempat berkumpul dan ruang berkreasi dengan ide baru dengan dorongan dari aroma kopi yang khas.

Sang pemilik Starbucks ingin mewujudkan mimpi sebuah kedai kopi yang hangat dan ramah dengan para pengunjung serta berkomitmen pada nilai-nilai perusahaan untuk berbagi inspirasi kepada orang lain.

Starbucks hingga saat ini masih berusaha untuk mewujudkan setiap cita-cita perusahaan yang mereka impikan.

Starbucks membuat berbagai inovasi baru seperti memberikan banyak promo melalui berbagai macam edisi seasonal dan juga promo menggunakan tumbler yang mereka sukai. Sehingga Starbucks juga dapat menjalin kedekatan dengan para pelanggan

Anda pun bisa mewujudkan mimpi dari setiap cita-cita bisnis Anda seperti Starbucks. Mulailah dengan memiliki mimpi dan lakukan langkah nyata untuk mewujudkannya

7 Faktor Pemicu Bisnis 04 Bisnis 4 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga dan Membuat Perencanaan Keuangan?]

 

#3 Ancaman = Peluang

Panik ketika mendapat masalah, tentu akan memicu kita untuk bereaksi tanpa berpikir panjang dan langsung memilih pilihan-pilihan di depan mata.

Secara psikologis kita cenderung seringkali memilih untuk mengikuti arus yang dilalui banyak orang, tanpa berpikir ulang.

Tak banyak pemimpin yang mampu melihat ancaman dari cara pandang yang lebih positif. Bagi banyak orang, ancaman selalu diidentifikasikan sebagai sesuatu yang harus dihindari.

Mereka memiliki cara mereka sendiri, namun ketika ancaman itu tak terhindarkan, apa yang ada di pikiran Anda sebagai seorang pemimpin?

Hal ini terjadi pada sebuah perusahaan di Meksiko.

Pada akhir 1980-an, perusahaan pemasok bangunan yang berada di Meksiko bernama CEMEX harus menghadapi ancaman strategis baru dimana prospek North America Free Trade Agreement (NAFTA) akan menghapus pembatasan komersial antara Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Banyak pemimpin memandangnya sebagai ancaman yang memberikan kemungkinan bagi persaingan global diantara para pemasok baru yang memasuki pasar Meksiko dan merambah bisnis yang selama ini dilakoni oleh CEMEX.

Melihat dari kacamatanya, sang CEO, Lorenzo Zambrano menganggap hal ini sebagai peluang dimana ia harus merubah strategi dan menyesuaikannya dengan keadaan yang akan terjadi.

Perusahaan memfokuskan kembali bisnisnya di sekitar kemampuan dan kekuatan mereka serta menciptakan berbagai inovasi baru menjelang kebijakan baru tersebut.

Pada saat NAFTA mulai berlaku pada tahun 1994, CEMEX telah menjadi salah satu dari segelintir pemain global dalam industri ini, dan satu-satunya dari negara berkembang.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#4 Selalu Ada Kesempatan

Keputusan atau langkah yang diambil bukan berarti merupakan langkah terbaik karena tidak ada yang tahu tentang kondisi di lapangan dan menebak seperti apa masa depan bukanlah persoalan yang mudah.

Setiap pebisnis tidak akan asing dengan kegagalan. Bahkan mereka menjadikan kegagalan sebagai sahabat yang memberikan pembelajaran yang berharga.

Kegagalan pada hal-hal yang kecil biasanya tidak terlalu menyita pikiran bukan? Namun bagaimana dengan kegagalan yang harus mempertaruhkan uang jutaan atau miliaran, apalagi jika kurs mata uang menggunakan kurs dolar.

Frustasi, stres dan tak jarang para pebisnis yang gulung tikar dan didapati bunuh diri karena kerugian besar-besaran yang dialami.

728x90 - Apartemen
300x250 Kotak - Apartemen

 

Kondisi gagal hingga jutaan dolar ternyata pernah dialami oleh Perusahaan Lego. Perusahaan mainan yang mendunia ini pernah mengalami lana negatif hingga 30 persen dan kehilangan satu juta dolar dalam satu hari.

Jika Anda menjadi pemimpin perusahaan, tentu Anda tidak akan bisa tidur.

Melihat hal ini para petinggi perusahaan mengubah arah strategi.

Dibawah pimpinan CEO baru, Jorgen Vig Knudstorp, mereka membuat serangkaian keputusan cepat, memilih produk mana yang perlu dievaluasi untuk diberhentikan, bertukar pikiran bagaimana memperbaiki kelemahan operasional, termasuk hal-hal rinci seperti biaya resin dan lokasi pusat distribusi yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

Mereka membangun kembali logistik perusahaan dan kemampuan memasok barang kebutuhan produksi, memanfaatkan pengalaman industri elektronik, dan akhirnya mengalihkan sebagian produksi ke Flextronics, pemasok yang berbasis di Singapura untuk sektor itu.

Masa sulit telah mereka hadapi dengan memanfaatkan kesempatan yang ada agar tidak kehilangan identitas perusahaan sebagai pembuat mainan yang inovatif, mengedukasi dan berciri khas bagi anak-anak di dunia.

Alhasil, dengan keteguhan, keuletan dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada membuahkan hasil terbaik.

Pada tahun 2006, Perusahaan Lego dikenal dengan reputasi penjualan terkuat dan sangat menguntungkan untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun sebelumnya.

Selama satu dekade berikutnya, Lego terus mengasah keunggulannya dan membangun sebuah merek mainan yang disukai tidak hanya oleh anak-anak, tetapi juga para pecinta mainan lainnya.

 

Apa yang menjadi faktor pemicu bisnis Anda agar tetap on-track bahkan mengalami peningkatan? Bagikan pengalaman berharga Anda pada kolom di bawah ini.

Bagikan artikel ini pada rekan bisnis Anda dan orang lain di sekitar Anda.

Jika Anda mengalami masalah dalam perencanaan keuangan pribadi, keluarga atau bisnis, Anda juga dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tony Robbins. The 7 Triggers of Business. Tonyrobbins.com – https://goo.gl/w199dX
  • Admin. 14 Desember 2014. Pulling the Triggers That Pull Companies. Strategy-business.com – https://goo.gl/jsVSHW

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis 1 – https://goo.gl/jZjTXp
  • Bisnis 2 – https://goo.gl/g6VZ1n
  • Bisnis 3 – https://goo.gl/cChC9J
  • Bisnis 4 – https://goo.gl/Uapjr7