Ketahui sepak terjang kepemimpinan Kevin Aluwi dalam meneruskan estafet kepemimpinan Gojek. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kepemimpinan Kevin Aluwi, Boss Penerus Gojek

Sudah tak asing kan dengan Aplikasi Gojek dengan fitur layanan antar jemput hingga layanan pijat dan antar barang yang menjadi salah satu andalan Gojek? Aplikasi yang sangat berguna bukan?

Selain Aplikasi gojek, Anda perlu tahu aplikasi lainnya yang sangat berguna dalam membangun kehidupan finansial dan masa depan keuangan lebih baik, yaitu Aplikasi Finansialku.

Salah satu fitur hebat dari Aplikasi Finansialku, yaitu Anda bisa mengecek kesehatan finansial. Coba cek pada video berikut ini:

 

Kevin Aluwi, Boss Penerus Gojek

Tentu sudah menjadi konsumsi publik dimana CEO Gojek, Nadiem Makarim tengah mendapatkan amanah dari Presiden untuk mengabdi kepada negara sebagai Menteri Pendidikan & Kebudayaan Indonesia.

Lantas, siapakah sosok yang menggantikan peran CEO alias nahkoda dari Gojek, sebuah perusahaan yang kini digadang-gadang sebagai perusahaan decacorn dengan nilai diatas US$10 miliar?

Tak disangka, ternyata nama Kevin Aluwi yang sebelumnya menjabat sebagai co-founder Gojek dan Andre Soelistya yang sebelumnya menjabat sebagai President Gojek, kini diberi kuasa penuh untuk menjadi co-CEO menggantikan sang Mendikbud, Nadiem Makarim, suami dari Franka Franklin.

Kedua petinggi gojek ini akan berbagi tanggung jawab dalam mengemban perkembangan perusahaan yang bakal jadi raksasa ini.

Mengenal Kepemimpinan Kevin Aluwi, Boss Penerus Gojek 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi]

 

Menurut sejarah awal berdirinya, Kevin Aluwi yang merupakan lulusan mahasiswa University of Southern California – Marshall School of Business ini memang menjadi sosok dibalik berdirinya Gojek, bersama rekannya Nadiem Makarim pada tahun 2010 silam.

Dalam tubuh gojek sendiri, Kevin Aluwi yang pernah menjadi analis di Salem Patners LLC berkontribusi penuh dalam menjalankan peran strategis dengan mengadopsi business intelligence data ekosistem Gojek hingga mengembangkan inovasi produk dan pertumbuhan Gojek.

 

Profil Kevin Aluwi Sang Co-CEO Gojek

Sebelum resmi menjadi boss baru Gojek, Kevin Aluwi sebelumnya menjabat sebagai CFO atau Chief Financial Officer sekaligus Co-Founder Gojek.

Dilansir dari majalah Forbes, Kevin Aluwi masuk dalam daftar “Forbes 30 Under 30 Asia”, sebuah daftar anak muda yang dinilai sebagai pemimpin muda yang menjanjikan, wiraswastawan yang berbakat ataupun game changer.

Pria kelahiran Jakarta, 1 September 1986 ini sejak kecil memang sudah menyibukkan diri di ibu kota dan mengenyam pendidikan dari SMA Tirta Marta yang terletak di Pondok Indah.

Setelah lulus dari bangku SMA, Kevin Aluwi melanjutkan studinya ke luar negeri, yaitu di University of Southern California mengambil bidang finansial, meski ia sendiri mengaku tidak tertarik untuk memiliki karier di bidang keuangan.

Menurutnya, ia lebih berminat dengan hal-hal yang berkaitan dengan industri teknologi.

Setelah lulus di bangku kuliah, pria berbintang virgo ini sempat bekerja bekerja di negeri Mapan Sam, Amerika Serikat sekitar 1,5 tahun lamanya sebelum akhirnya ia kembali ke Tanah Air dan mengabdi pada sebuah perusahaan inkubator startup, Merah Putih.

Mengenal Kepemimpinan Kevin Aluwi, Boss Penerus Gojek 03 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan]

 

Sebelum menjadi CFO di perusahaan Gojek, Kevin Aluwi juga sempat bekerja di Zalora.

Pertemuan pertama Nadiem Makarim dengan Kevin Aluwi sebelum bekerja sama dalam membangun gojek berawal ketika mereka bersama-sama bekerja di Zalora.

Pada satu titik di tahun 2014, mereka sepakat untuk fokus pada usaha pengembangan Gojek dan mereka, Nadiem Makarim bersama Kevin Aluwi terjun langsung di dalamnya sehingga Gojek berhasil melesat dalam waktu singkat sebagai media pemberi pelayanan transportasi masyarakat yang pada awalnya dimulai di Ibukota Jakarta.

Ketika Aplikasi Gojek diluncurkan, dalam waktu yang relatif cepat mulai terlihat para driver Gojek “berkeliaran: di jalanan ibukota hingga membuat jumlah driver Gojek di tahun 2015 berhasil menembus angka 200 ribu orang.

Saat menjadi CFO di Gojek, Kevin Aluwi tidak hanya menyelesaikan tugasnya dalam bidang keuangan, tetapi ia juga banyak berurusan langsung dengan para investor, termasuk membangun tim online marketing, tim data dan tim analisis.

Selain itu, ia juga bekerja sama dengan Nadiem Makarin dalam menyusun strategi perusahaan berdasarkan data yang telah dianalisis.

 

Perkembangan Gojek di bawah Kepemimpinan Kevin Aluwi

Dilansir dari Gatra.com, Nadiem Makarim dalam surat perpisahannya dengan Gojek mengaku percaya dan optimis bahwa Kevin Aluwi dan Andre Soelistya mampu membawa Gojek lebih baik dengan kemampuan mereka dalam hal teknis, eksekusi, integritas dan komitmen.

Dalam rilisnya 23 Oktober lalu, di bawah kepemimpinan Andre dan Kevin, Gojek menyatakan telah tumbuh pesat dengan memproses tak kurang dari 2 miliar transaksi per tahun.

Dalam kepemimpinannya, Gojek melakukan fund raising atau proses pengumpulan dana yang membuat perusahaan global papan atas menaruh perhatian pada Gojek, seperti Google, Sequoia, Tencent, Mitsubishi, hingga Temasek dan Astra International sebagai salah satu investor lokal.

VP Corporate Affair Gojek Michael Reza Say menyatakan bahwa pendanaan Seri F terakhir juga disebut berhasil mengumpulkan dana lebih dari US$2 miliar.

Mengenal Kepemimpinan Kevin Aluwi, Boss Penerus Gojek 04 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Struktur Organisasi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional?]

 

Selain itu, dalam mengembangkan sayapnya, Gojek berhasil melakukan ekspansi yang ditandai dengan peluncuran layanan di Singapura, Thailand dan juga Vietnam.

Gojek sendiri mengaku sebagai aplikasi on-demand yang paling banyak digunakan di Tanah Air, seperti misalnya layanan pesan-antar makanan dan pembayarannya yang telah menggantikan layanan transportasi.

Dalam pengembangan layanannya, Gojek di bawah pimpinan Kevin Alwi, salah satu dari Co-CEO berencana akan bekerja sama dengan RedDoorz, sebuah program yang merekomendasikan kuliner lokal dan pilihan pijat on-demand profesional bagi wisatawan yang bermalam di 100 properti RedDoorz di sembilan kota di Indonesia selama enam bulan mendatang berdasarkan informasi yang dilansir dari Gatra.com.

Dengan melakukan kerja sama ini, diharapkan akan menjadi salah satu langkah konkret dalam meningkatkan pendapatan mitra yang tergabung dalam ekosistem Gojek.

Program RedDoorz dengan Go-Food dan Go-Massage yang akan segera diluncurkan ini merupakan langkah terbaru yang memberikan nilai lebih kepada para pelanggan menurut penjelasan dari Cluster Head East Indonesia Property Management Division RedDoorz Mohammad Bayu Prakosa.

Menurutnya, pengalaman berlibur tidak melulu tentang pengalaman menginap yang berkesan, tetapi mendapatkan pengalaman yang lengkap mulai dari mempelajari kultur hingga mencoba kuliner di suatu daerah.

 

Fakta Unik Kevin Aluwi Boss Gojek

Sebagai salah satu dari petinggi Gojek, berikut ini berbagai fakta unik dari Kevin Aluwi yang dapat Anda ketahui dari sosok cerdas dibalik berkembangnya Gojek hingga menjadi perusahaan bervaluasi lebih dari US$10 miliar.

 

#1 Sudah Tak Single Lagi

Pria kelahiran 1 September 1986 yang kini tengah berusia 33 tahun ini ternyata sudah tak single lagi alias sudah berkeluarga.

Kevin Aluwi menikah tahun lalu dan sering liburan ke luar negeri dengan istrinya, Felicia Kawilarang.

Sang istri pun ternyata bukan wanita sembarangan, dimana Felicia Kawilarang menjabat sebagai Vice President of Halodoc, sebuah platform yang memberikan layanan informasi mengenai gaya hidup dan kesehatan.

Mengenal Kepemimpinan Kevin Aluwi, Boss Penerus Gojek 05 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

Tahukah Anda bahwa setelah menikah, mereka sering bepergian keluar negeri dan kerap memposting momen mesra melalui akun media sosial milik sang istri, Felicia.

Membahas soal liburan, apakah Anda sudah rencanakan liburan akhir tahun ini? Jangan lupa rencana dana liburan Anda dengan Aplikasi Finansialku yang dapat Anda unduh melalui Google Play Store.

 

#2 Jejak Karier yang Mengagumkan

Pria yang suka bermain game Dota dan Counter Strike ini ternyata alumnus dari University of Southern California- Marshall School of Business di Amerika Serikat dan berhasil membawa gelar Bachelor of Corporate Finance, Entrepreneurship and International Relations.

Setelah lulus dari universitas bergengsi luar negeri tersebut, Kevin Aluwi sempat bekerja di Amerika Serikat selama 1,5 tahun di Salem Partners LLC dan kemudian kembali ke Tanah Air pada tahun 2012.

Di perusahaan Salem Partners LLC tersebut, Kevin Aluwi berperan sebagai analis.

Mengenal Kepemimpinan Kevin Aluwi, Boss Penerus Gojek 06 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia]

 

Kembali ke Tanah Air, Kevin Aluwi pernah bekerja di startup Merah Putih yang merupakan anak cabang dari Perusahaan Djarum.

Kemudian ia berkarier di Zalora menduduki kursi jabatan sebagai Head of Business Intelligence sebelum akhirnya berkomitmen bersama Nadiem Makarim untuk memperkuat Gojek hingga menjadi perusahaan bernilai decacorn. 

 

#3 Tak Terlalu Eksis di Media Sosial

Jika Anda mengunjungi akun Instagram Kevin Aluwi, tentu Anda tidak akan banyak menemukan foto-foto tentangnya karena Kevin Aluwi tidak terlalu eksis dalam media sosial.

Pria tampan yang menjadi bagian dalam perkembangan Gojek ini memang tidak suka memposting foto-fotonya di media sosial.

Terlihat dalam postingannya di Instagram milikinya hanya berjumlah 6 saja.

Jika ingin melihat foto-foto Kevin Aluwi, biasanya netizen akan mengakses akun Instagram milik sang istri, Felicia Kawilarang.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika Anda membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Roy Franedya. 21 Oktober 2019. Kenalkan Kevin Aluwi, Bos Baru Gojek Penerus Nadiem Makarim. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/32fzHKe
  • Donald Banjarnahor. 21 Oktober 2019. Kevin Aluwi & Andre Soelistyo, Bos Baru Gojek Suksesor Nadiem. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/36vl7l8
  • Farika Maula. 24 Oktober 2019. Kevin Aluwi termasuk salah satu pendiri Gojek. Brilio.net – https://bit.ly/2JNRFNw
  • Gatra. 20 Oktober 2019. Sepeningal Nadiem, Gojek Fokus ke Program Dua Pemimpin Baru. Gatra.com – https://bit.ly/32i0l5v
  • Melia Istighfaroh. 23 Oktober 2019. 7 Fakta Kevin Aluwi – CEO Baru Gojek yang Gantikan Nadiem Makarim, Sempat Kerja di Zalora. Tribunnewswiki.com – https://bit.ly/2CbkPlH
  • Rahma Imanina Hasfi. 25 Oktober 2019. Nggak Kalah Mengagumkan, Ini Sederet Fakta Kevin Aluwi Bos Baru GoJek yang Gantikan Nadiem Makarim, Muda & Pintar Berbisnis. Suar.grid.id – https://bit.ly/2WDQW6M
  • Yoeni Syafitri Sekar Ayoe. 24 Oktober 2019. Gantikan Nadiem Makarim, 5 Fakta Unik Kevin Aluwi Bos Baru Gojek. Matamata.com – https://bit.ly/2C6dUdx

 

Sumber Gambar:

  • Kepemimpinan Kevin Aluwi 01 – https://bit.ly/2CjxnYh
  • Kepemimpinan Kevin Aluwi 02 – https://bit.ly/2WWLBId
  • Kepemimpinan Kevin Aluwi 03 – https://bit.ly/34AxPNW
  • Kepemimpinan Kevin Aluwi 04 – https://bit.ly/2PXzjxo
  • Kepemimpinan Kevin Aluwi 05 – https://bit.ly/2ri3iGi
  • Kepemimpinan Kevin Aluwi 06 – https://bit.ly/34CjVdU