Ingin tau lebih banyak mengenai kepemimpinan strategis? Mari simak artikel berikut ini, agar informasi yang Anda peroleh semakin lengkap.

Selamat membaca, dan semoga terinspirasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Gaya Kepemimpinan Strategis dan Fungsinya dalam Organisasi

Kepemimpinan strategis adalah istilah yang digunakan untuk pemimpin yang memiliki visi, memiliki kemampuan untuk mengantisipasi, mempertahankan fleksibilitas, serta mampu memberi kuasa kepada orang lain.

Dengan tujuan untuk menciptakan sebuah perubahan strategis yang diperlukan.

Pemimpin strategis juga memiliki kemampuan dalam mengekspresikan atau menyampaikan visi yang dimiliki kepada organisasi atau orang-orang yang dipimpin.

Dengan harapan agar orang-orang tersebut juga akhirnya memiliki visi yang sama dengan pemimpinnya.

Karakter yang seperti ini juga membuat pemimpin strategis disebut sebagai pemimpin yang multi fungsi.

Karena mampu melakukan pengelolaan dengan melalui orang lain, serta sekaligus memberikan bantuan kepada perusahaan atau organisasi dalam menghadapi perubahan yang berkembang.

Pemimpin-pemimpin strategis merupakan seorang pemikir sekaligus seorang eksekutor yang cakap.

Gaya Kepemimpinan Kofi Annan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan]

 

Karena mereka mampu membuat strategi atau taktik dari visi organisasi, dengan tujuan untuk mencapai tujuan utama dari organisasi tersebut.

Mereka juga memiliki keahlian dalam memberdayakan setiap sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, agar proses untuk mencapai tujuan tersebut bisa berjalan dengan semaksimal mungkin.

Untuk SDM yang dimiliki oleh organisasi, mereka akan memberikan motivasi dan se-bisa mungkin membujuk agar mau bekerja sama.

Dari penjelasan tersebut, singkatnya pemimpin strategis memiliki sebuah misi untuk membawa organisasi yang dipimpinnya ke arah yang telah ditetapkan, dengan memaksimalkan usaha-usaha yang telah direncanakan.

Tentu saja untuk menjadi pemimpin yang strategis bukanlah hal yang mudah, karena pemimpin dituntut agar memiliki kemampuan dalam memahami organisasi-nya dengan baik.

Melihat potensi yang dimiliki oleh organisasi, serta mampu membuat gambaran yang jelas tentang masa depan organisasi yang ingin dicapai bersama.

Ketahui 5 Fungsi dan Pengertian Manajemen Kepemimpinan 04 Pengorganisasian - Finansialku

[Baca Juga: Tiru Kepemimpinan Scott Morrison Ini, Biar Jadi Good Leader!]

 

Pemimpin juga perlu memiliki kemampuan dalam menciptakan struktur organisasi dengan baik, dengan perhitungan-perhitungan yang matang.

Dengan demikian, ia perlu memiliki daya cipta, perencanaan yang matang, serta persepsi dalam membantu mewujudkan tujuan-tujuannya.

Pemimpin strategis juga memiliki cara yang unik dalam mempengaruhi karyawan-karyawan-nya, yaitu dengan memanfaatkan sistem pemberian penghargaan sehingga semangat karyawan untuk lebih aktif dan produktif.

Bukan dengan me-intimidasi atau melakukan paksaan sebagaimana yang sering dilakukan oleh pemimpin lain.

Mereka berusaha untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh bawahannya, dengan tujuan agar bawahan tersebut kelak mampu memiliki kemampuan yang mumpuni untuk melakukan hal yang serupa dengan apa yang ia lakukan.

Hal ini membuat para bawahannya pun ikut memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa menjadi pemimpin yang berkualitas.

Nah… kepemimpinan yang strategis ini, tidak hanya berlaku untuk pemimpin-pemimpin tertinggi dalam sebuah organisasi, tetapi juga untuk pemimpin-pemimpin di bagian yang lebih kecil.

Dengan begitu, sangat mungkin jika dalam satu perusahaan saja terdapat dua atau lebih pemimpin strategis.

 

Kelebihan Pemimpin Strategis

Dari penjelasan tentang karakteristik pemimpin strategis, kita bisa melihat bahwa ia memiliki peranan dan fungsi yang sangat menentukan, dan bahkan dengan gaya kepemimpinan-nya ia mampu membawa organisasi kearah yang baik.

Namun tentu bukan hanya visi itu saja yang dapat membuat pemimpin strategis mencapai kesuksesan, tetapi juga ditopang oleh kelebihan yang ia miliki, seperti yang dijelaskan berikut ini.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#1 Cerdas Secara Emosional

Pemimpin dengan gaya strategis memiliki kecerdasan secara emosional, sehingga mampu posisi-kan dirinya dengan baik dalam organisasi yang ia pimpin.

Pemimpin memiliki kemampuan dalam membangun empati serta keterlibatan dengan baik sehingga keberadaannya menjadi lebih efektif.

Pemimpin seperti ini juga kerap menghindari memberlakukan sistem hukuman kepada karyawan, tetapi sebaliknya malah memupuk semangat mereka dengan menjanjikan penghargaan.

Dengan begitu, karyawan akan memiliki moral yang baik.

 

#2 Memiliki Komitmen

Tentu untuk menjadi pemimpin yang sukses tidak cukup hanya dengan memiliki visi atau pun memiliki strategi yang cemerlang saja.

Yang terpenting adalah komitmen dari pemimpin tersebut dalam mencapai tujuannya, serta berjalan sesuai dengan strategi yang telah dirancang.

Sebab visi dan strategi tersebut akan menjadi sesuatu yang sia-sia saja apabila tidak dibarengi dengan komitmen dan konsistensi.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

#3 Kreatif

Pemimpin strategis juga memiliki pemikiran yang kreatif.

Baik dalam menyusun organisasi, mengambil keputusan, menjawab bagaimana organisasi bisa menambah pemasukan, apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan organisasi, serta langkah yang bisa diambil.

Hal ini sesuai dengan karakternya yang selalu berusaha untuk membangun sumber daya, meningkatkan kemampuan dan membentuk para bawahannya.

 

#4 Dapat Memaksimalkan Kemampuannya

Setiap orang pastinya memiliki kemampuan yang unik, namun tidak semua dapat me-maksimal kan nya dengan baik.

Nah… salah satu kelebihan yang dimiliki oleh pemimpin strategis ialah mereka mampu menemukan potensi yang ada dalam dirinya maupun para bawahan, dan memaksimalkan kemampuan tersebut demi terwujudnya impian organisasi.

 

Pemimpin yang Berkualitas

Dari pembahasan kita kali ini, kita bisa menilai bahwa pemimpin dengan gaya kepemimpinan strategis ada pemimpin-pemimpin yang berkualitas, dan mampu memberi dampak yang besar bagi organisasi-nya.

Mungkin Anda adalah orang yang seorang pemimpin strategis dalam organisasi Anda.

Tapi apakah Anda yakin bahwa Anda adalah seorang yang mampu menyehatkan keuangan pribadi Anda sendiri?

Oleh karena itu coba tonton playlist Finansialku berikut ini.

 

SEHATKAH UANGKU?

Penasaran?? Wajib Tonton Video Playlist Berikut! GRATIS!!

Video Finansialku 4

Tonton Sekarang

 

Apa saja yang sudah Anda lakukan bagi organisasi sehingga Anda layak disebut sebagai pemimpin yang berkualitas, atau kepemimpinan Anda adalah kepemimpinan strategis?

Silakan share di kolom komentar ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 11 Maret 2020. Pemimpin Strategis. Cerdasco.com – https://bit.ly/3kwVTtD
  • Mhycan Almira. Kepemimpinan Strategis. Academia.edu – https://bit.ly/2XOrXQh
  • Prachi Juneja. Strategic Leadership – Definition and Qualities of a Strategic Leader. Managementstudyguide.com – https://bit.ly/31CzGSx