Memiliki karakteristik pemimpin yang baik tidaklah mudah! Sebagai pemimpin, Anda akan dituntut memiliki sifat dan pribadi yang kuat!

Sudahkah Anda memilikinya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Para Pemimpin Dunia yang Baik!

Ada banyak para pemimpin dunia yang telah berhasil membawa perubahan dan mendapat pengakuan dunia.

Pertama-tama bukan tentang prestasi dan pengakuan yang menjadi fokus kita, melainkan seorang pemimpin dapat membuat seseorang mau mengikuti dirinya, mengikuti arahannya, mendukung nilai-nilai yang dibawanya dan pada akhirnya memimpin banyak orang dan menginspirasi.

Mahatma Gandhi, Nelson Mandela, Abraham Lincoln, Mother Teresa dan puluhan nama lainnya yang tak dapat ditentang oleh siapapun mengenai seberapa kuat mereka menggerakkan hati dan tenaga para pendukungnya untuk turut mengambil andil dalam gerakan dan idealisme mereka.

Mahatma Gandhi memulai sebuah gerakan Ahinsa atau perjuangan non-kekerasan.

Melalui pembangkangan sipil dan aksi boikot barang asing, Gandhi menunjukkan konsistensi perlawanan terhadap Inggris guna mencapai tujuan kemerdekaan India tanpa merugikan satu jiwa.

Abraham Lincoln dianggap sebagai salah satu pemimpin terbaik sepanjang masa. Dia memimpin saat Amerika Serikat melewati perang saudara.

Dia membawa Amerika terbebas dari perbudakan dan memperkuat pemerintah nasional serta modernisasi perekonomian negara.

27 Kata-kata Mutiara Abraham Lincoln, Pejuang Amerika! (1)

[Baca Juga: 3 Tips Kepemimpinan Dalam Mempercepat Kesuksesan Anda]

 

Nelson Mandela seseorang yang mendengarkan orang lain dan menolak untuk melihat orang-orang yang memiliki pendapat berbeda sebagai musuh.

Beliau seorang pria kulit hitam yang menjadi teladan bagi orang kulit putih, komunis, pemimpin bisnis, Calvinis, dan Muslim.

Ia menunjukkan rasa hormat yang sama untuk para musisi dan presiden, raja dan penjaga penjara. Beliau menjadi presiden pertama Afrika Selatan setelah menolak dan membongkar sistem apartheid.

Mother Teresa menjadi sebuah teladan bagi setiap orang untuk meraih visi dan memperjuangkannya. Beliau tidak ragu-ragu dengan apa yang ia perjuangkan.

Beliau dikritik atas pilihan yang dibuat olehnya, namun tujuan hidupnya adalah untuk selalu berpegang teguh pada keyakinannya dan menyelesaikan pekerjaan yang telah dimulainya.

 

9 Karakteristik Pemimpin yang Baik

Keadilan, kesetaraan, persamaan hak, kebebasan dan rasa peduli akan sesama rupanya menjadi kegelisahan yang muncul dari dalam diri seseorang yang membentuk karakter yang teruji.

Karakter seperti apakah yang menjadi kekuatan utama para pemimpin dunia?

 

#1 Jujur dan Transparan 

Tidak heran mengapa orangtua selalu menginginkan anak-anaknya menjadi pribadi yang jujur sedari mereka kecil. Ternyata, sikap jujur bukan hanya sikap yang terpuji, namun juga menjadi kualitas hebat bagi seorang pemimpin. 

Ketika kita menjadi seorang pemimpin, itu berarti kita mengemban kepercayaan dari para karyawan atau orang-orang yang dipimpin, tenaga kerja bahkan masyarakat.

Dan, kepercayaan adalah dasar dari setiap hubungan. Apabila seorang pemimpin jujur secara terbuka dan bersikap transparan, maka ini akan menumbuhkan benih kepercayaan dan komitmen dari para karyawan kepada Anda. 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

#2 Bersikap Rendah Hati dan Tidak Sombong

Beberapa label negatif cenderung melekat pada pemimpin yang dianggap angkuh dan sombong. Terlebih lagi mereka memiliki jabatan yang tinggi di perusahaan atau di masyarakat.

Tidak ada yang bisa mengubah label negatif ini, kecuali diri Anda sendiri sebagai pemimpin. 

12 Sifat Pemimpin yang Bisa Bikin Usaha Sukses 05

[Baca Juga: Banyak Gaya Kepemimpinan di Dunia, Anda Tipe yang Mana?]

 

Menjadi seorang pemimpin memang memiliki otoritas, namun bukan berarti Anda dapat memandang rendah orang lain.

Jadilah pemimpin yang berbeda, rendah hati dan tidak sombong. Rangkul semua karyawan dan anak buah dari semua latar belakang yang berbeda. 

 

#3 Perlakukan Setiap Orang dengan Bermartabat dan Rasa Hormat

Anggota tim dan semua karyawan adalah manusia yang sama seperti Anda. Mereka tidak lebih rendah dari Anda dan Anda tidak lebih tinggi dari mereka.

Martabat dan rasa hormat saling terkait.

Kita perlu menegaskan diri kita untuk memperlakukan semua orang dengan martabat yang tinggi, tanpa mengurangi harga diri mereka sedikitpun. 

 

#4 Visioner

Pemimpin yang baik harus memiliki tujuan dan mengkomunikasikannya dengan jelas.

Para karyawan atau setiap orang yang dipimpinnya harus mengerti mengapa visi tersebut sangat baik untuk mereka dan mengapa mereka sangat penting untuk mencapainya.

Jadikan visi itu baik, dapat dicapai, dan yang terpenting, dipahami oleh semua orang.

 

#5 Mengejar Visi dan Melakukan Misi Bersama-sama

Setelah semua orang paham mengapa visi yang kita miliki sangatlah penting untuk diraih, kejar visi tersebut dengan melakukan tindakan-tindakan nyata, dan bukan hanya tim yang bersusah payah akan hal ini.

Kita sebagai pemimpin juga harus bekerja keras. Jadikan ini sebagai usaha bersama, bukan perorangan.

12 Sifat Pemimpin yang Bisa Bikin Usaha Sukses 04

[Baca Juga: 5 Prinsip Kepemimpinan Dalam Islam yang Bisa Kamu Tiru]

 

#6 Terapkan Etos Kerja yang Diharapkan dari Karyawan 

Layaknya seorang anak kecil yang tidak akan mendengar perkataan orangtuanya, sampai orangtuanya memberikan contoh dengan mempraktikkan hal tersebut di depan anaknya.

Karyawan juga akan memiliki etos kerja yang kuat, jika kita sebagai pemimpin memberikan contoh yang sama. 

 

#7 Berintegritas Tinggi

Integritas berarti melakukan apa yang benar bahkan ketika tidak ada yang melihatnya.

Nah, kita perlu menilai apa yang karyawan lakukan saat kita tidak bersama mereka. Itulah sebenar-benarnya sikap dari mereka.

Namun, apabila kita bertindak tanpa integritas, maka karyawan akan ‘pura-pura’ bersikap benar di depan kita. 

 

#8 Tidak Takut  Mengerjakan Hal-hal Sulit

Terbiasa untuk mengerjakan hal-hal yang sulit dan tidak menunda-nunda hanya karena itu sulit dan berat. Sikap bawahan Anda adalah cerminan dari diri Anda sendiri.

Apabila pemimpinnya berani dan kuat untuk menyelesaikan hal yang tersulit terlebih dahulu, maka mereka juga akan memiliki mental keberanian yang sama. 

 

#9 Pendengar yang Baik dan Tulus

Pendengar yang baik adalah mereka yang bukan mendengar untuk sekedar merespon, tetapi mendengar untuk memahami. Tidak banyak orang yang dapat menjadi pendengar yang baik.

Saat kita mendengarkan orang lain, serap dan pahami semua yang dikatakan oleh mereka, termasuk bagaimana mereka mengatakannya. Pahami komunikasi mereka secara holistik, termasuk nuansa emosional.

Ketika Anda melakukannya, maka mereka akan mengetahui bahwa Anda benar-benar peduli terhadap mereka.  

 

Pemimpin yang Baik Akan…

Menjadi pemimpin bukan sekedar mengendarai setiap orang yang dipimpinnya untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Pemimpin yang baik akan membimbing, bersabar dan turut terjun menarik beban bersama dan menjadikan itu keberhasilan bersama. Sudahkah Anda siap memimpin?

Coba lihat kisah kepemimpinan yang menarik dari salah satu tokoh ini. Cek videonya berikut:

 

Pelajaran apa yang bisa Anda dapatkan setelah membaca artikel ini hingga selesai? Silakan beri komentar dan pendapat Anda pada kolom berikut ini!

 

Sumber Referensi:

  • STUDiLMU Editor. 20 Kriteria Pemimpin yang Baik. Studilmu.com – https://bit.ly/2Qzu5I0
  • Deutsche Welle. 19 Juli 2018. Opini: Nelson Mandela di Dalam Diri Kita Semua. Matamatapolitik.com – https://bit.ly/2xiIrpn

 

Sumber Gambar:

  • Karakteristik Pemimpin yang Baik – https://bit.ly/34DIRTX