Momen paling populer dalam investasi Bitcoin ini adalah pada akhir tahun 2017 dimana harga mata uang virtual melonjak tinggi.

Namun, apakah kalian sebagai investor Bitcoin sejauh ini masih belum dapat cuan juga meskipun secara tren mengalami peningkatan? Padahal orang lain bisa untung tapi kok kalian tidak untung juga ya?

Yuk, cari tahu kesalahan investor Bitcoin pemula di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu mata uang virtual atau cryptocurrency yang telah diperdagangkan di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Bahkan investasi Bitcoin semakin digandrungi banyak orang karena harganya yang diperkirakan terus naik.

Momen paling populer dalam investasi mata uang virtual ini adalah pada akhir tahun 2017 dimana harganya baik Bitcoin maupun Altcoin melonjak tinggi.

Namun, apakah kalian sebagai investor Bitcoin sejauh ini masih belum dapat cuan juga meskipun secara tren mengalami peningkatan? Padahal, melihat orang lain untung tapi kok kalian tidak untung juga ya?

Bisa jadi kalian masih melakukan beberapa kesalahan saat menjadi investor Bitcoin pemula.

 

5 Kesalahan Investasi Bitcoin yang Dialami Pemula

Permasalahan yang muncul saat investasi Bitcoin kerap terjadi lantaran kurangnya pemahaman mendasar, baik dari segi investasinya mau pun pengetahuan dari produk mata uang digitalnya sendiri.

Selain itu, pengetahuan akan teori serta teknik mendasar juga menghadapkan investor pada kerugian dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Oleh sebab itu, Finansialku merangkum beberapa kesalahan umum yang perlu diperhatikan dalam investor Bitcoin pemula, agar kalian bisa terhindar dari kerugian.

 

#1 Mencampur Budget Investasi dengan Tabungan

Sebelum mempelajari soal investasi mata uang dan aset kripto, sangat penting untuk kalian memperhatikan hal-hal mendasar dalam mengelola keuangan.

Cash flow serta pengaturan keuangan yang sehat merupakan langkah awal sebelum terjun ke dalam aktivitas investasi. Kalian juga paling tidak sudah memiliki dana darurat ya.

Jauh sebelum kalian memulai perjalanan dalam aktivitas jual/beli, kondisi keuangan harus berada di tahap aman.

Lebih baik lagi, kalian tidak memiliki tanggung jawab atas beberapa kewajiban transaksional seperti utang serta tagihan lainnya.

Lebih khusus lagi, kalian perlu memilah antara tabungan dan keperluan trading. Hal ini menjadi penting mengingat investasi mata uang digital merupakan aktivitas dengan risiko tinggi.

Bitcoin – Mata Uang atau Komoditas Cek Jawabannya Di Sini! 03 Bitcoin 2 - Finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Pahami Teknik Dasar Trading Bitcoin Agar Anda Sukses]

 

#2 ‎Tidak Up to Date dengan Berita Terkait Bitcoin

Berita update merupakan sumber yang dapat dijadikan panduan kalian untuk memprediksi pergerakan harga Bitcoin ke depannya.

Kalian dapat mengetahui berita tentang Bitcoin maupun cryptocurrency lainnya dengan mengikuti artikel-artikel yang membahas seputar Bitcoin.

Pastikan kalian tetap ter-update dengan setiap perkembangan dan harga dari koin-koin yang dipilih. Kalian dapat memantau sosial media dan blog serta bergabung di channel komunitas seperti Telegram/Discord.

Bergabung dengan komunitas mata uang kripto akan membantumu mendapatkan dukungan gratis dari trader dan investor yang berpengalaman.

Selain itu, biasanya kalian akan mendapatkan peringatan tentang penipuan secara gratis. Mereka yang tidak tahu-menahu tentang informasi terhangat di dunia kripto, akan mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang terukur.

 

#3 Tidak Mempelajari Cara Membaca Trading Chart

Sebelum nyemplung didunia investasi Bitcoin, tentunya kalian harus paham medannya. Perlu untuk terlebih dahulu mengetahui pasar crypto tempat kalian melakukan penjualan dan pembelian.

Selain itu, kalian perlu untuk memahami grafik terlebih dahulu serta mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan transaksi.

Nah, ketika kalian sudah mulai memahami dinamika dasar mengenai supply dan demand maka kalian bisa mulai untuk membaca trading chart atau yang lebih sering dikenal dengan technical analysis crypto.

Teknikal analisis merupakan teknik yang akan membantumu memprediksi masa depan cryptocurrency dengan menganalisa data pasar. Dengan membaca chart maka akan sangat membantu dalam mempertahankan portfolio investasimu

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#4 Memilih Platform Exchange yang Kurang Tepat

Kesalahan ini sebenarnya tergolong sederhana. Akan tetapi, ternyata masih banyak orang yang mengalaminya.

Investor Bitcoin, khususnya di Indonesia, ternyata masih banyak yang tidak memperhatikan biaya transaksi serta regulasi dari platform exchange yang dipilih.

Padahal, platform tersebut menawarkan biaya transaksi yang sangat besar, lho.

Dengan biaya transaksi yang tinggi tentunya investor memiliki profit margin yang rendah. Sebagai investor, tentunya kalian menginginkan profit margin yang tinggi.

Maka dari itu, termasuk hal yang vital untuk kalian bisa menggunakan platform dengan biaya transaksi paling rendah.

Selain itu, banyak sekali perusahaan pengembang aset kripto di Indonesia yang tidak semuanya memiliki sertifikasi dari pemerintah atau internasional, alias abal-abal.

Perusahaan-perusahaan tersebut tentu saja rentan dengan modus penipuan. Kalian perlu untuk hati-hati yaaa.

 

#5 Memberi Alamat Crypto Wallet yang Salah

Ini merupakan kesalahan investor pemula yang cukup sering terjadi. Investor pemula cenderung kurang sabar saat membeli Bitcoin dan tidak memeriksa kembali alamat crypto wallet yang mereka miliki.

Konsekuensinya, dengan menggunakan alamat e-wallet yang salah tentunya Bitcoin akan terkirim ke orang lain. Salah-salah, jika alamat wallet yang kalian masukkan tidak ada, Bitcoin tersebut akan lenyap seutuhnya!

Yang menyedihkan, tidak ada cara yang dapat dilakukan ketika crypto yang sudah lenyap atau terkirim ke orang lain.

Itulah kesalahan investor Bitcoin pemula saat melakukan investasi Bitcoin maupun aset crypto lainnya.

 

Alokasikan Dana Investasi Bitcoin

Yang paling penting, alokasikan dana investasi kalian dari gaji atau uang jajan yang kalian miliki. Jangan sekali-kali menggunakan dana di luar investasi terutama dana untuk pembayaran kewajiban ya.

Hal ini sangat berguna bagi kalian agar ahli mengalokasikan dana dan menghindari kebangkrutan.

Ingat, investor yang handal bukan hanya mereka yang selalu mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, juga handal dalam mengalokasikan dana yang mereka miliki.

 

Apa kalian peminat investasi Bitcoin? Terapkan hal-hal di atas ya sebelum memutuskan untuk bergabung dengan investasi ini.

Kalian bisa simak berita-berita mengenai bitcoin di website Finansialku dengan klik di sini.

Jangan lupa bagikan informasi bermanfaat ini pada rekan-rekanmu, khususnya sesama peminat bitcoin! Thank you…

 

Sumber Referensi:

  • Pintu Kemana Saja. 11 Juni 2020. Kesalahan Investasi Bitcoin Pemula. Pintu.co.id – https://bit.ly/3fkrKKq