Bitcoin: Menguntungkan atau Tidak? Beberapa Pendapat tentang Bitcoin

Pendapat tentang Bitcoin: “Bitcoin itu belum jelas bentuknya, apalagi legalitasnya, mana bisa bawa untung?”

Banyak pendapat tentang Bitcoin yang bersifat negatif. Lalu mengapa dewasa ini Bitcoin sangat digemari? Tentunya karena sebagian justru berpendapat sebaliknya.

Nah, mari kita lihat yuk beberapa pendapat positif dan negatif soal Bitcoin.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengapa Bitcoin?

Beberapa waktu lalu, dunia pernah digemparkan dengan serangan malware Ransomware WannaCry yang menyerang komputer dengan sistem operasi Windows.

Dilansir dari sumber Liputan6.com, malware Ransomware WannaCry telah menyerang lebih dari 300 ribu komputer di seluruh dunia dengan cara mengenkripsi data, sehingga data tersebut tidak dapat diakses oleh pemiliknya.

Alih-alih meminta tebusan uang tunai atau logam mulia, Hacker Ransomware WannaCry meminta tebusan dalam bentuk Bitcoin, senilai US$600 atau setara dengan Rp7,9 juta.

Dibalik_Alasan_Mengapa_Hacker_Ransomware (2)

[Baca Juga: Dibalik Alasan Mengapa Hacker Ransomware WannaCry Meminta Bitcoin, Mana yang Lebih Mahal: Bitcoin atau Emas?]

 

Muncul pertanyaan: Mengapa Bitcoin? Mengapa bukan uang tunai atau logam mulia?

Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, Finansialku akan menjabarkan seluk beluk Bitcoin dan berbagai pendapat di luar sana yang meliputinya:

 

Pengalaman Unik Pengguna Bitcoin

Bitcoin merupakan sebuah alat pembayaran yang diciptakan oleh sekelompok programmer yang mengatasnamakan dirinya sebagai Satoshi Nakamoto pada tahun 2009.

Disebut-sebut sebagai digital currency pertama di dunia, Bitcoin menjadi cryptocurrency yang sistem pertukarannya tidak dikelola oleh operator manapun, melainkan dilakukan dengan sistem peer-to-peer alias dilakukan langsung antar individu tanpa perantara.

Karena keunikannya yang lain daripada mata uang lainnya, maka Bitcoin pun menghasilkan banyak pengalaman unik bagi para user dan trader-nya.

Ingin tahu ceritanya? Mari kita simak bersama:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Terkenal dan Kaya karena Bitcoin Address

Seorang mahasiswa memperoleh sekitar 260 juta rupiah karena membawa poster Bitcoin Address-nya ke sebuah acara kampus.

Bitcoin Address merupakan serentetan huruf dan angka yang menjadi alamat akun Bitcoin Anda.

Hal ini bisa terjadi karena pada awalnya poster tersebut terliput oleh sebuah channel TV yakni ESPN.

Pendapat tentang Bitcoin 02 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Penggunaan Bitcoin di Indonesia serta Prediksi Harga Bitcoin pada Akhir Tahun 2017]

 

Foto tersebut tersebar ke seluruh dunia melalui siaran TV, kemudian bermunculan donasi dari berbagai komunitas yang langsung diterimanya dalam waktu singkat.

 

#2 Keliling Dunia Menggunakan Bitcoin

Seorang programmer muda asal Luxembourg bernama Felix Weis juga memiliki kisah menarik atas pengalamannya bersama Bitcoin. Beliau mengungkapkan bahwa dirinya mulai mengenal Bitcoin sejak tahun 2012 dan mempelajarinya dalam kurun waktu yang cukup lama.

Setelah berhasil mempelajari tentang Bitcoin, dirinya melakukan perjalanan hanya dengan berbekal Bitcoin saja. Alhasil, Weis berhasil keliling dunia selama 365 hari lho!

Dirinya murni hanya menggunakan Bitcoin untuk membayar makanan, akomodasi, dan seluruh biaya transportasi yang dimulai dari Berlin ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#3 Untung Puluhan Ribu Kali Lipat karena Bitcoin

Ada juga pria asal Norwegia yang menjadi kaya karena kepercayaannya akan Bitcoin. Berawal dari modal yang hanya senilai US$27 (Rp378 ribu) saja, dirinya memutuskan untuk membeli Bitcoin.

Siapa sangka harga Bitcoin terus meningkat secara pesat, sehingga pada akhirnya ia memperoleh hasil sebesar US$886.000 (Rp12,4 miliar), puluhan ribu kali dari modal investasi awalnya.

Luar biasa bukan?

 

Topik Kelam tentang Bitcoin

Dibalik kesuksesan, pasti ada isu atau rumor yang beredar. Demikian halnya dengan Bitcoin, yang berhasil menggemparkan dunia mata uang digital dan menimbulkan banyak rumor beredar tentangnya.

Sayangnya, rumor ini tidak selalu positif, karena ada juga pihak-pihak yang menilainya cara negatif. Tidak lepas juga penilaian dari kaum awam yang biasanya tidak memiliki dasar yang jelas.

Teknik-Trading-Bitcoin-agar-Selalu-Untung-1-Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Penggunaan Bitcoin di Indonesia serta Prediksi Harga Bitcoin pada Akhir Tahun 2017]

 

Memang betul mata uang Bitcoin memiliki beberapa kelemahan, misalnya saja tidak tercantum sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah dan seluruh pertukarannya terekam dalam sebuah distributed ledger yang disebut blockchain.

Oleh karena itu, Bitcoin kerap digunakan untuk transaksi pribadi yang bersifat tanpa nama (anonymous transactions) sehingga bisa digunakan untuk transaksi illegal, seperti jual beli obat-obatan terlarang.

Nah, hal-hal seperti inilah yang dimanfaatkan mereka yang ber-anti empati terhadap Bitcoin untuk menyebarkan rumor negatif.

Pendapat negatif ini juga semakin diperkuat dengan adanya beberapa kasus yang memang menjadi masa kelam dalam perkembangan Bitcoin. Beberapa contoh kasus kelam tersebut adalah sebagai berikut:

 

#1 Bangkrutnya MTGox

Anda yang sudah lama berkutat di dunia cryptocurrency tentunya pernah mendengar berita mengenai bangkrutnya MTGox yang menyebabkan kerugian bagi para pengguna Bitcoin?

Pemberitaan semacam inilah yang bisa memicu penurunan harga Bitcoin sehingga muncul kerugian di pihak para pengguna Bitcoin.

 

#2 Pembobolan Bitcoin Exchange Bitfinex

Kasus kedua yang menggemparkan dunia Bitcoin yakni peristiwa buruk yang menimpa Bitcoin Exchange Bitfinex. Bitcoin exchange di Hong Kong itu dibobol hacker hingga menimbulkan kerugian miliaran rupiah.

Kasus ini menjadi tolok ukur untuk menebak pergerakan harga Bitcoin, namun pada saat itu mengakibatkan anjloknya nilai tukar Bitcoin secara drastis.

Untungnya hal ini juga menjadi salah satu pelajaran bagi bitcoin exchange lain untuk segera meningkatkan sistem keamanannya agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Alhasil hingga kini manfaat Bitcoin tetap bisa dinikmati oleh para penggunanya.

Harganya Semakin Meningkat, Bank Indonesia Larang Penggunaan Bitcoin 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bitcoin? Apa Manfaat dan Kegunaannya? Ketahui Informasi Selengkapnya!]

 

Sebenarnya, sebagai seorang user atau trader Bitcoin, Anda tidak perlu takut akan pendapat atau rumor negatif soal Bitcoin. Jika Anda sudah betul-betul memahami soal Bitcoin, tentunya Anda menyadari potensinya dengan baik.

Sebagai contoh, saat Anda menggunakan Bitcoin dalam pengiriman uang, Anda tahu bahwa ini lebih murah dan efisien. Tidak adanya biaya administrasi tinggi layaknya perbankan tentu menjadi kelebihannya.

Selain itu kini sudah ada teknologi yang melindungi Anda dari kecurangan yang mungkin dilakukan pihak ketiga sehingga Anda bisa yakin transaksi Anda aman.

Jangan pikirkan rumor negatif tentang Bitcoin, karena meskipun bisa mempengaruhi harga jual belinya, umumnya tidak berlangsung lama. Biasanya beberapa hari kemudian harga Bitcoin akan kembali normal.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jadi, saat mendengar rumor negatif tentang Bitcoin, Finansialku menyarankan agar Anda:

  1. Tidak langsung terpengaruh (tidak tergesa-gesa menjual Bitcoin saat harganya rendah)
  2. Menggali informasi lebih dalam akan peristiwa yang diisukan
  3. Segera memanfaatkan momen tersebut jika benar terjadi dengan membeli Bitcoin karena umumnya harganya hanya jatuh sesaat
  4. Menjual kembali Bitcoin saat harganya kembali naik
  5. Menikmati profit dari kasus negatif tersebut

 

Pendapat Positif tentang Bitcoin

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Cambridge University tahun 2017, terdapat 2,9 juta hingga 5,8 juta pengguna cryptocurrency, dimana mayoritasnya menggunakan bitcoin.

Artinya, di samping pemberitaan dan rumor buruk tentang Bitcoin yang beredar, ada saja pengguna yang justru mengagumi keunikannya dan menikmati keuntungan darinya.

Mengapa banyak orang kerap mengidolakan Bitcoin ketimbang alat tukar lainnya? Apa kelebihannya dibandingkan dengan uang tunai, logam mulia, dan lain-lain?

Bitcoin Apa Manfaat dan Kegunaannya Ketahui Informasi Selengkapnya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Haramkan Penggunaan Bitcoin, BI Akan Buat Mata Uang Pesaing]

 

Adapun beberapa kelebihan Bitcoin adalah sebagai berikut:

 

Alat Tukar yang Mudah

Arti mudah disini bukan berarti mudah dibuat atau diperoleh, namun mudah ditransaksikan. Artinya, Anda dapat dengan mudah membelanjakan Bitcoin.

Mengapa demikian? Karena Bitcoin sangat populer di kalangan pengguna internet dan diterima sebagai mata uang digital. 

 

Bersifat Anonim

Walaupun seluruh transaksinya terekam dalam blockchain, nama pembeli dan penjual Bitcoin tidak pernah bisa diketahui oleh siapa pun. Yang bisa diketahui hanyalah wallet ID-nya saja.

 

Jumlahnya Terbatas

Seperti telah Anda ketahui, setelah mencapai 21 juta Bitcoin, maka tidak akan ada lagi Bitcoin yang akan di generated. Dengan supply yang terbatas, maka jelas bahwa akan muncul kelangkaan dalam alat tukar digital ini.

Dengan adanya kelangkaan, maka harga Bitcoin diramalkan akan terus naik, mengingat banyaknya demand atau permintaan dengan supply yang terbatas.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Melihat banyaknya kelebihan Bitcoin tentu mengarah pada beberapa penggemar mata uang digital yang satu ini. Terbukti dari beberapa pendapat positif tentangnya.

Penasaran? Mari kita simak beberapa contoh pendapat positif tentang Bitcoin yang beredar:

 

#1 David Marcus (CEO Paypal 2012-2014)

“Saya sangat suka Bitcoin. Saya memiliki Bitcoin. Ini adalah suatu tempat menyimpan investasi, suatu bentuk akuntansi yang terbuka. Ini adalah tempat yang bagus untuk menempatkan aset, terutama di tempat-tempat seperti Argentina dengan inflasi mencapai 40%, dimana US$1 saat ini bernilai 60 sen dalam setahun, dan mata uang pemerintah tidak mempunyai nilai mata uang yang kuat. Ini juga merupakan sarana investasi yang baik jika Anda memiliki selera untuk risiko. Tapi Bitcoin tidak akan benar-benar menjadi mata uang sampai nilai naik turunnya melambat.”

 

Bagaimana Cara Membangun Sebuah Monopoli yang Berhasil Ala Peter Thiel, CEO PayPal 05 - Finansialku

[Baca Juga: Lagi! BI Ancam Akan Menindak Pelaku Usaha Pengguna Mata Uang Digital Bitcoin]

 

#2 Eric Schmidt (CEO Google 2001-2011)

“Bitcoin adalah prestasi yang luar biasa dari kriptografi, sebuah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang tidak dapat diduplikasi di dunia digital memiliki nilai yang sangat besar.”

 

#3 Bill Gates (Pendiri Microsoft)

“Bitcoin adalah pencapaian teknologi yang luar biasa.”

 

#4 Jim Rickards (Pengacara, Ekonom, dan Investor)

“Emas adalah cara yang bagus untuk melestarikan kekayaan, tetapi sulit untuk bergerak. Anda memerlukan beberapa jenis alternatif dan Bitcoin sangat cocok untuk itu. Saya tidak terkejut melihat itu terjadi.”

 

Apa Sebaiknya Saya juga Berinvestasi dalam Bitcoin?

Melihat pembahasan di atas, kesimpulannya adalah selalu ada pendapat positif dan negatif dari segala hal. Terlebih tentang Bitcoin yang memang berhasil menggemparkan dunia.

Jadi, kami sarankan Anda selalu melihat sisi positif dan negatifnya sebelum memutuskan sesuatu, namun jangan terlepas dari fakta yang ada. Faktanya selama 7 tahun terakhir, harga Bitcoin sudah naik sebesar 35.500 kali lipat dan kecenderungan pada beberapa tahun terakhir adalah naik turun cenderung naik.

Anda bisa memutuskan apakah ingin berinvestasi Bitcoin atau tidak menimbang beberapa kelebihan dan kekurangannya yang diperoleh dari artikel ini.

Jika masih ragu, konsultasikan masalah keuangan Anda kepada konsultan keuangan seperti Finansialku. Anda akan memperoleh solusi keuangan yang solutif dengan seluruh fakta-fakta keuangan yang ada.

Anda dapat menghubungi Finansialku sekarang juga dengan kontak sebagai berikut:

Anda dapat menghubungi kami melalui formulir online, telepon (022 – 2056 5890) atau email (Solusi@Finansialku.com).

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai beberapa pendapat tentang Bitcoin lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Oscar Darmawan dan Sintha Rosse. 2017. Bitcoin, Trading for Z generation.
  • CNN Tech. What is Bitcoin?. Money.cnn.com – https://goo.gl/bE9QAq

 

Sumber Gambar:

  • Pendapat tentang Bitcoin 01 – https://goo.gl/jFxYRY
  • Pendapat tentang Bitcoin 02 – https://goo.gl/ZxhHKM
Summary
Bitcoin: Menguntungkan atau Tidak? Beberapa Pendapat tentang Bitcoin
Article Name
Bitcoin: Menguntungkan atau Tidak? Beberapa Pendapat tentang Bitcoin
Description
Pendapat tentang Bitcoin: “Bitcoin itu belum jelas bentuknya, apalagi legalitasnya, mana bisa bawa untung?” Banyak pendapat tentang Bitcoin.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By | 2018-05-16T14:54:56+00:00 May 16th, 2018|Categories: Bitcoin, Investasi|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment