Definisi Bitcoin Adalah

Bitcoin adalah sebuah alat pembayaran yang mudah dan dapat digunakan di seluruh dunia dan lintas benua.

Mata uang bitcoin tidak dikenal dalam sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah. Lalu mengapa dewasa ini bitcoin sangat digemari?

 

Hacker Ransomware WannaCry Meminta Bitcoin

Beberapa waktu lalu, dunia digemparkan dengan serangan Malware Ransomware WannaCry yang menyerang komputer dengan sistem operasi Windows.

Dilansir dari sumber Liputan6.com, Malware Ransomware WannaCry telah menyerang lebih dari 300 ribu komputer di seluruh dunia dengan cara mengenkripsi data, sehingga data tersebut tidak dapat diakses oleh pemiliknya.

Alih-alih meminta tebusan uang tunai atau logam mulia, Hacker Ransomware WannaCry meminta tebusan dalam bentuk bitcoin, senilai US$600 atau setara dengan Rp7,9 juta.

Definisi Bitcoin Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dibalik Alasan Mengapa Hacker Ransomware WannaCry Meminta Bitcoin, Mana yang Lebih Mahal: Bitcoin atau Emas?]

 

Muncul pertanyaan: Mengapa bitcoin? Mengapa bukan uang tunai atau logam mulia? Apa itu bitcoin dan apa kelebihannya?

Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, Finansialku akan menjabarkan seluk beluk bitcoin dan apa kelebihannya dibandingkan uang tunai atau logam mulia dan alat tular lainnya.

 

Definisi Bitcoin Adalah

Bitcoin adalah sebuah alat pembayaran yang diciptakan oleh sekelompok programmer yang mengatasnamakan dirinya sebagai Satoshi Nakamoto pada tahun 2009.

Disebut-sebut sebagai digital currency pertama di dunia.

Bitcoin menjadi crypto currency yang sistem pertukarannya tidak dikelola oleh operator manapun, melainkan dilakukan dengan sistem peer-to-peer alias dilakukan langsung antar individual tanpa perantara.

Mata uang bitcoin tidak tercantum sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah dan seluruh pertukarannya terekam dalam sebuah distributed ledger yang disebut blockchain.

Infografis Penggunaan Bitcoin di Indonesia serta Prediksi Harga Bitcoin pada Akhir Tahun 2017 02 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Penggunaan Bitcoin di Indonesia serta Prediksi Harga Bitcoin pada Akhir Tahun 2017]

 

Bitcoin kerap digunakan untuk transaksi pribadi yang bersifat tanpa nama (anonymous transactions) sehingga bisa digunakan untuk transaksi ilegal, seperti jual beli obat-obatan terlarang.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Cambridge University tahun 2017, terdapat 2,9 hingga 5,8 juta pengguna crypto currency, dimana mayoritasnya menggunakan bitcoin.

Pada tanggal 1 Agustus 2017 bitcoin dipecah menjadi dua jenis digital currencies, yaitu Bitcoin Classic (BTC) dan Bitcoin Cash (BCH).

 

Cara Kerja Bitcoin

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2009, bitcoin tidak memiliki bentuk fisik atau denominasi fisik. Bitcoin hanya ada sebagai informasi di dalam jaringan komputer yang saling terkoneksi. 

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, seluruh transaksi bitcoin terekam dalam blockchain sehingga untuk membuat Bitcoin, seseorang harus membuat blok dalam jaringan tersebut.

Setiap blok dibuat secara cryptographic dengan cara mengikat tenaga komputer pengguna yang kemudian ditambahkan ke blockchain, membuat pengguna memperolehnya dengan menjalankan jaringan.

Infografis Penggunaan Bitcoin di Indonesia serta Prediksi Harga Bitcoin pada Akhir Tahun 2017 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Bitcoin di Indonesia menurut Bank Indonesia]

 

Batas pembuatan bitcoin tertanam dalam sistemnya dan jumlah maksimumnya adalah di bawah 21 juta bitcoin. Saat ini sudah beredar 15 juta bitcoin dengan nilai melebihi US$4.000.

Beberapa orang menganggap bitcoin sebagai sebuah investasi, berharap nilainya akan terus naik.

Anda juga bisa membeli bitcoin dalam marketplace yang menyediakan Bitcoin Exchange. Sebagai contoh, tempat pertukaran bitcoin terbesar adalah Mt. Gox.

Bitcoin kemudian bisa ditransfer kepada pengguna lain menggunakan aplikasi smartphone atau dengan komputer. Layaknya mentransfer uang secara digital.

Bitcoin akan tersimpan dalam digital wallet, yang tersedia di komputer pengguna. Digital wallet ini layaknya akun bank virtual yang memungkinkan pengguna menyimpan, mengirim dan menerima, serta menggunakan bitcoin untuk jual beli.

 

Gratis Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Apa yang Mempengaruhi Harga Bitcoin?

Harga bitcoin selalu berfluktuasi layaknya logam mulia atau saham, sejak dikenal khalayak ramai pada tahun 2013. Banyak yang bertanya-tanya apa yang menyebabkan fluktuasi harga bitcoin ini.

Harga bitcoin cenderung naik, namun sempat terjun menjadi sangat rendah karena jatuhnya tempat pertukaran bitcoin terbesar, yaitu Mt. Gox.

Setelah itu, harga bitcoin perlahan-lahan merangkak naik karena permintaannya yang semakin meningkat.

Mengingat banyak ahli keuangan yang beranggapan bahwa bitcoin kini sedang memulai era kejayaannya.

Definisi Bitcoin Adalah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bijak Investasi Bitcoin?]

 

Dari grafik tersebut Anda bisa melihat bahwa harga bitcoin cenderung naik meskipun kerap berfluktuasi. Karena kecenderungan atau tren inilah, para ahli keuangan merasa bitcoin akan terus berkembang ke depannya.

Berdasarkan data yang diperoleh Finansialku per Mei 2017 melalui situs pencarian Google, harga 1 bitcoin mencapai Rp27.929.867.

Dibalik_Alasan_Mengapa_Hacker_Ransomware (3)

[Baca Juga: Bitcoin? Apa Manfaat dan Kegunaannya? Ketahui Informasi Selengkapnya!]

 

Kelebihan Bitcoin Adalah

Lalu mengapa banyak orang kerap mengidolakan bitcoin ketimbang alat tukar lainnya?

Apa kelebihannya dibandingkan dengan uang tunai, logam mulia, dan lain-lain?

 

#1 Alat Tukar yang Mudah

Arti mudah disini bukan berarti mudah dibuat atau diperoleh, namun mudah ditransaksikan.

Artinya, Anda dapat dengan mudah membelanjakan bitcoin.

Mengapa demikian? Karena bitcoin sangat populer di kalangan pengguna internet dan diterima sebagai mata uang digital. 

 

#2 Bersifat Anonim

Walaupun seluruh transaksinya terekam dalam blockchain, nama pembeli dan penjual bitcoin tidak pernah bisa diketahui oleh siapa pun. Yang bisa diketahui hanyalah wallet ID nya saja.

 

#3 Sulit Dilacak

Karena sifat transaksinya yang rahasia dan anonim, kini bitcoin adalah salah satu alat tukar yang sulit dilacak sirkulasinya.

Oleh karena itulah, banyak yang memanfaatkan alat tukar yang satu ini untuk jual beli ilegal.

 

Gratis Download Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#4 Jumlahnya Terbatas

Seperti telah dikemukakan sebelumnya, setelah mencapai 21 juta bitcoin, maka tidak akan ada lagi bitcoin yang akan di generated. Dengan supply yang terbatas, maka jelas bahwa akan muncul kelangkaan dalam alat tukar digital ini.

Dengan adanya kelangkaan, maka harga bitcoin diramalkan akan terus naik, mengingat banyaknya demand (permintaan) dengan supply (penawaran) yang terbatas.

 

Apa Sebaiknya Saya juga Berinvestasi dalam Bitcoin?

Selain bersifat desentralisasi, bitcoin juga bebas dari biaya transaksi atau fee lainnya. Berbeda dengan kebanyakan jenis investasi lainnya yang disertai embel-embel biaya ini itu.

Selama 7 tahun terakhir, harga bitcoin sudah naik sebesar 35.500 kali lipat dan kecenderungan pada beberapa tahun terakhir adalah naik turun cenderung naik.

Anda bisa memutuskan apakah ingin berinvestasi bitcoin atau tidak menimbang beberapa kelebihan dan informasi yang diperoleh dari artikel ini.

 

Jika masih ragu, konsultasikan masalah keuangan Anda kepada konsultan keuangan seperti Finansialku. Anda akan memperoleh solusi keuangan yang solutif dengan seluruh fakta-fakta keuangan yang ada.

Anda dapat menghubungi Finansialku sekarang juga dengan download aplikasi Finansialku terlebih dahulu atau berikan pertanyaan pada kolom di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai Bitcoin dan kelebihannya dibandingkan alat tukar lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Cara McGoogan dan James Titcomb. 1 September 2017. Technology: What is Bitcoin, How Does It Work And What Affects Its Price? Telegraph.co.uk – https://goo.gl/ZXkNWa
  • CNN Tech. What is Bitcoin? Money.cnn.com – https://goo.gl/yDcm75

 

Sumber Gambar:

  • Grafik – https://goo.gl/ZXkNWa
  • Definisi Bitcoin – https://goo.gl/G2dZFz
  • Bitcoin Adalah – https://goo.gl/7Q5D8M

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30-an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By | 2017-12-13T07:45:47+00:00 September 28th, 2017|Categories: Istilah Keuangan|Tags: , , |2 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

2 Comments

  1. Septian Web 3 February 2018 at 20:23 - Reply

    Bitcoin memang menggiurkan, infonya sangat bermanfaat min

    • Finansialku
      Finansialku 4 February 2018 at 06:59 - Reply

      Hi Pak
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment