Menjadi single moms tentunya tidak mudah, Anda perlu menjadi orangtua mandiri yang mengatur berbagai aspek, termasuk aspek finansial. Kemudian bagaimanakah manajemen keuangan dalam mengatur keuangan bagi single moms? Mari kita lihat dan ketahui manajemen keuangan untuk single moms agar sejahtera.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Manajemen Keuangan untuk Single Moms

Menjadi single moms seringkali bukanlah sebuah pilihan. Anda diwajibkan menjadi single moms dalam waktu singkat dan diharapkan menjadi single moms yang mandiri, termasuk dalam aspek keuangan. Melalui artikel ini, Finansialku akan membantu Anda untuk mempelajari dan mengetahui manajemen keuangan untuk single moms agar sejahtera.

 

#1 Tentukan Kondisi Keuangan Anda Saat Ini

Sebagai single moms, Anda perlu mengatur keuangan sehingga seluruh kebutuhan keluarga terpenuhi. Langkah pertama yang dapat Anda tempuh adalah menentukan kondisi keuangan Anda terlebih dahulu. Hitung seluruh tagihan, tabungan, dan ketahuilah bagaimana kondisi keuangan Anda saat ini. Dengan demikian, Anda dapat mulai mengatur keuangan Anda tanpa kesulitan.

Ketahui Manajemen Keuangan untuk Single Moms agar Sejahtera 02 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Single Parent Mengatur Keuangan Keluarga: Harta Gono Gini dan/atau Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa]

 

#2 Lunasi Utang Bersama

Prinsip dari single moms adalah keuangan yang mandiri. Anda sebaiknya membereskan dan melunasi utang yang Anda miliki bersama suami terlebih dahulu, dan menghindari utang bersama ke depannya.

Jika Anda masih memiliki kartu kredit bersama atau akun telepon bersama, maka jalan yang terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menutup akun tersebut dan membuat akun masing-masing agar keuangan tidak lagi tercampur.

 

#3 Mencari Penghasilan Sendiri

Selain melunasi utang bersama, kini Anda juga menjadi seorang pribadi mandiri yang harus mencari penghasilan sendiri. Anda tidak dapat lagi mengandalkan pasangan Anda untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda.

Anda dapat memulainya dengan mencari berbagai pekerjaan atau jika Anda memiliki anak, Anda dapat mencari pekerjaan sambilan yang dapat dilakukan di rumah, seperti contohnya membuka jasa catering atau kue kering.

5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan) 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

#4 Lunasi Utang Pribadi

Selain utang bersama, terdapat kemungkinan Anda juga memiliki utang pribadi. Agar tidak membebankan anak atau diri Anda sendiri di masa depan, mulailah menyelesaikan utang-utang Anda dan melunasinya.

Pelunasan utang sebaiknya dilakukan mulai dari utang dengan bunga yang tertinggi terlebih dahulu agar Anda dapat menghemat lebih banyak di kemudian hari.

Tips kedua adalah bayarlah lebih dari pembayaran minimum jika memungkinkan pada satu utang yang Anda utamakan, dan bayarlah secukupnya pada utang-utang lainnya. Jika Anda fokus terhadap satu utang terlebih dahulu, Anda akan lebih cepat menyelesaikan pelunasan utang-utang tersebut.

 

#5 Buatlah Anggaran Bulanan

Setelah Anda mengetahui kondisi keuangan Anda sekarang dan mulai melunasi utang-utang, Anda dapat memulai kehidupan keuangan yang lebih baik untuk menghindari munculnya utang baru. Caranya adalah dengan membuat anggaran bulanan yang sesuai dengan penghasilan Anda.

Merencanakan keuangan merupakan tugas yang berat bagi beberapa orang, namun Anda dapat meminta bantuan profesional seperti perencana keuangan Finansialku untuk membantu Anda mengatur keuangan Anda.

 

#6 Tentukan Target Keuangan Anda

Anda perlu bertanya pada diri Anda sendiri, apakah Anda membutuhkan pekerjaan dengan penghasilan lebih? Apakah Anda perlu mencari pendidikan lebih? Apakah Anda perlu mencari tempat tinggal yang lebih murah biayanya? Apakah Anda memerlukan bantuan untuk mengurus anak?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menunjukkan target keuangan Anda. Anda akan mengetahui seberapa besar uang yang Anda butuhkan untuk menjalani hidup dalam jangka panjang, dan Anda perlu mencari solusi untuk mencapai target keuangan tersebut.

Kehidupan saat Suami Meninggal Bukan Akhir dari Segalanya - Finansialku

[Baca Juga: Kehidupan saat Suami Meninggal Bukan Akhir dari Segalanya]

 

#7 Tentukan Net Worth Anda

Net worth dapat dihitung dengan mengurangi jumlah yang Anda miliki dengan jumlah utang Anda. Akumulasikan seluruh kepemilikan Anda dimulai dari tabungan, deposito, investasi, rumah, dan kendaraan bermotor dan kurangi dengan total utang Anda. Dengan demikian Anda akan mengetahui seberapa banyak yang sebaiknya Anda tabung mulai dari sekarang.

 

#8 Berhemat Lebih

Tidak ada salahnya jika Anda menjadi lebih hemat mulai dari hal terkecil sekalipun. Kini Anda adalah single moms, Anda bertanggung jawab atas diri sendiri dan anak-anak Anda. Dengan demikian, akan muncul beberapa tuntutan seperti harus berhemat lebih.

 

#9 Mempelajari Dasar-Dasar Keuangan

Menjadi mandiri juga berarti Anda perlu pengetahuan lebih untuk menjamin kelangsungan keuangan Anda. Sebaiknya Anda membekali diri dengan mempelajari beberapa dasar-dasar dan prinsip keuangan.

Di era informasi yang semakin maju, tentunya tidak sulit mencari bahan pembelajaran, Anda dapat mencarinya di internet seperti e-books, blog, atau bahkan aplikasi perencana keuangan seperti Finansialku.

Ini Manfaat Menyimpan Dana Darurat di Deposito ketika Suku Bunga Meningkat 2 - Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Dana Darurat Keluarga]

 

#10 Jadwalkan Pengecekan Keuangan Anda

Untuk mengetahui kondisi keuangan Anda secara teratur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda membuat jadwal untuk mengecek kondisi keuangan Anda secara berkala.

Dengan demikian Anda dapat menentukan bagaimana kondisi keuangan Anda dan apa yang sebaiknya dilakukan selanjutnya untuk menanganinya. Lakukan secara rutin agar menghindari kesalahan finansial yang sudah terlanjur membengkak.

 

Jadilah Single Moms Mandiri

Mungkin memang sulit untuk memulainya, terlebih jika Anda terpaksa menjadi single moms dalam waktu yang singkat. Namun demi kesejahteraan dan kebahagiaan hidup Anda, penting untuk mulai belajar menjadi mandiri dan menghapuskan ketergantungan terhadap pasangan.

Jadilah single moms yang mandiri, bahkan dari segi keuangan dan Anda akan menjalani hidup yang bahkan lebih baik daripada kehidupan Anda saat berkeluarga dulu.

 

Apakah Anda mengetahui manajemen keuangan untuk single moms agar sejahtera lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jennifer Wolf. 22 Agustus 2016. Money Management 101 for Single Parents Going it Alone. Thespruce.com – https://goo.gl/c2QwwO

 

Sumber Gambar:

  • Single Moms – https://goo.gl/jiruVj dan https://goo.gl/reiE2u

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang