Bagaimana tips ampuh agar keuangan usai mudik Lebaran Anda tetap sejahtera? Mudik Lebaran memang membutuhkan dana yang besar. Mulai dari biaya mudik, baju baru, oleh-oleh, hingga biaya untuk berbagi kepada saudara dan kerabat di kampung halaman nanti. Oleh karena itu, Anda perlu membuat rencana penggunaan uang THR agar seusai mudik Lebaran, kondisi keuangan Anda tetap sejahtera.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Agar Keuangan Usai Mudik Lebaran Tetap Sejahtera

Bagaimana caranya agar keuangan usai mudik Lebaran Anda tetap sejahtera? Finansialku akan memberikan tips ampuh ini untuk Anda.

 

#1 Buat Rencana Pengeluaran

Mudik Lebaran merupakan salah satu momen Anda berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. Saat itu juga, mudik Lebaran seringkali menjadi waktu bagi Anda dan keluarga untuk menikmati liburan dengan berkunjung ke berbagai tempat rekreasi yang berada di sekitar kampung halaman.

Dengan banyaknya rencana liburan yang Anda susun, tentu saja ini juga berarti akan adanya pengeluaran yang cukup besar. Apabila tidak direncanakan dengan baik, bukan mustahil setelah mudik Lebaran Anda justru memiliki utang. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum mudik Lebaran, Anda membuat rencana pengeluaran yang detail agar Anda dapat memperkirakan apa saja dan berapa biaya yang harus Anda keluarkan selama mudik Lebaran.

 

#2 Pisahkan Sebagian Dana THR

Saat mendapatkan dana THR, biasanya kita akan lebih mudah tergoda untuk menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan mudik dan Lebaran. Oleh karena itu, sebelum menggunakan dana THR, ada baiknya Anda menyisihkan sebagiannya untuk dana penting terlebih dahulu seperti zakat.

[Slide] Berapa Tunjangan Hari Raya Keagamaan Menurut Permenaker No 6 Tahun 2016 HRD Wajib Tahu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Kenali Hak Tunjangan Hari Raya (THR) Pekerja]

 

Selanjutnya Anda dapat menyisihkan sekitar 20% dana THR Anda sebagai dana cadangan pasca mudik Lebaran. Dana ini akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan harian Anda setelah Lebaran, atau dapat Anda gunakan sebagai dana investasi.

 

#3 Jangan Gunakan Gaji Anda

Gaji Anda telah memiliki posnya sendiri, khususnya untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan Anda. Oleh karena itu, jangan tergoda untuk menggunakan gaji Anda untuk kebutuhan mudik Lebaran atau hal-hal yang berkaitan dengan itu. Sebab, Anda telah memiliki dana THR yang dapat Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Selain itu, sebaiknya Anda juga mengurangi pengeluaran Anda untuk hangout atau belanja agar ketika mudik Lebaran telah usai, Anda masih memiliki cadangan dana yang dapat Anda tabung.

 

#4 Minimalkan Penggunaan Uang Tunai

Salah satu cara berhemat saat Anda berada di kampung halaman adalah dengan meminimalkan penggunaan uang tunai. Selain aman dan praktis, tidak membawa uang tunai saat mudik Lebaran juga akan membuat Anda merasa malas untuk berbelanja karena harus mencari mesin tarik tunai terlebih dahulu. Cara ini cukup efektif untuk membantu Anda lebih hemat dan disiplin terhadap pengeluaran Anda.

 

#5 Jangan Habiskan Dana THR Anda

Menjelang Lebaran, godaan untuk berbelanja biasanya akan cenderung meningkat. Apalagi jika dana THR Anda sudah turun. Meskipun dana THR memang ditujukan untuk membeli berbagai kebutuhan mudik Lebaran, namun jangan menghabiskan seluruh dana THR yang Anda miliki. Menyimpan beberapa uang THR sebagai dana cadangan rasanya akan lebih bijak bagi Anda dan keluarga. Hal ini akan sangat membantu Anda apabila setelah mudik Lebaran usai anda mengalami hal-hal di luar perkiraan Anda seperti sakit atau masalah keuangan lainnya.

5 Resolusi Lebaran 2017 Cara Tepat Gunakan Uang THR saat Lebaran 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Resolusi Lebaran 2017: Cara Tepat Gunakan Uang THR saat Lebaran]

 

#6 Memesan Tiket Dari Jauh-jauh Hari

Memesan tiket dari jauh-jauh hari merupakan salah satu cara yang dapat membantu Anda menekan pengeluaran Anda. Dengan memesan tiket dari jauh-jauh hari, Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda mesti rajin memeriksa dan membandingkan harga promosi yang ditawarkan satu maskapai dengan maskapai lainnya.

 

#7 Disiplin

Setelah merencanakan pengeluaran Anda untuk Lebaran dan mudik Lebaran, maka Anda harus disiplin dengan rencana anggaran yang Anda buat tersebut. Jangan tergoda untuk menggunakan dana yang Anda miliki untuk membeli sesuatu di luar anggaran atau melebihi anggaran yang telah Anda rencanakan.

Merencanakan dengan baik apa saja yang akan Anda lakukan di kampung halaman seperti makan, rekreasi, membeli oleh-oleh, dan lainnya dapat membantu Anda membuat anggaran dengan lebih rasional sehingga membantu Anda lebih mudah untuk disiplin terhadap anggaran yang Anda buat.

 

#8 Susun Ulang Rencana Keuangan Anda

Setelah Anda melakukan berbagai kegiatan saat mudik Lebaran dan pengeluaran yang akan Anda perlukan, kini saatnya menyusun ulang rencana keuangan Anda. Dalam melakukan penyusunan ulang rencana keuangan, Anda harus menyadari bahwa kebutuhan harus lebih Anda dahulukan dibandingkan dengan keinginan. Oleh karena itu, pada saat ini Anda perlu mengutamakan untuk membeli sesuatu yang benar-benar Anda perlukan.

Slide Perencanaan Keuangan Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Kebutuhan seperti makan dan pembayaran tagihan perlu Anda dahulukan dibandingkan dengan membeli barang yang kurang penting. Dengan menyusun ulang rencana keuangan Anda dan lebih selektif dalam mengeluarkan dana, sedikit demi sedikit Anda akan dapat menutup tabungan yang sempat terpakai saat mudik Lebaran.

 

#9 Jangan Lupa Untuk Menikmati Mudik Lebaran Anda

Meskipun menghemat pengeluaran adalah hal yang perlu Anda perhatikan selama mudik Lebaran, namun jangan sampai Anda lupa menikmati momen-momen yang ada selama mudik Lebaran. Ingatlah bahwa mudik Lebaran adalah momen yang hanya Anda lakukan satu kali dalam satu tahun. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk dapat membuat mudik Lebaran Anda bersama keluarga menjadi momen yang menyenangkan. Persiapkan mudik Lebaran Anda dengan baik. Salah satunya adalah menjaga kondisi fisik Anda dengan menjaga pola makan dan istirahat Anda dengan baik.

 

Keuangan Tetap Sejahtera

Tips yang telah dijelaskan adalah tips yang dapat Anda lakukan dan pertimbangkan agar keuangan usai mudik Lebaran tetap sehat dan sejahtera. Mulailah dari diri Anda agar Anda dapat menjadi contoh bagi orang lain di sekitar Anda.

 

Bagaimana persiapan Anda untuk melakukan mudik Lebaran? Bagikan pengalaman Anda dalam menyiapkan perjalanan mudik Lebaran di kolom komentar. Dan sebarkan artikel ini kepada kerabat Anda agar mereka dapat mempersiapkan mudik Lebaran mereka dengan lebih baik.

 

Sumber Referensi:

  • Tifanny. 1 Juli 2016. Habis Lebaran Terbitlah Utang? Hindari dengan 5 Tips Mujarab Ini. Duitpintar.com – https://goo.gl/cUQzaZ
  • Admin. 10 Juli 2016. Lakukan Hal Ini Agar Tidak bangkrut Usai Mudik Lebaran. Cermati.com – https://goo.gl/idfSah

 

Sumber Gambar:

  • Family – https://goo.gl/drjyt6 dan https://goo.gl/LYOfJy

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana