Apa saja resolusi Lebaran 2017? Bagaimana cara tepat gunakan uang THR saat Lebaran? Menjelang Lebaran, tentu saja Anda dipenuhi dengan berbagai rencana untuk Anda ataupun keluarga di hari Lebaran nanti. Namun tentu saja, Anda perlu menyiapkan rencana dengan matang agar rencana yang Anda siapkan dan anggaran yang Anda miliki dapat sejalan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

5 Resolusi Lebaran 2017 yang Harus Mulai Anda Persiapkan

Sebelum Lebaran datang, sebaiknya Anda mulai merencanakan dengan baik alokasi uang THR dan pengeluaran Anda di hari Lebaran nanti. Hal ini untuk meminimalkan kemungkinan membengkaknya anggaran Anda di hari Lebaran. Sebab meskipun Anda mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), namun bila tidak direncanakan dengan baik, bukan tidak mungkin Uang THR yang Anda dapatkan tidak dapat mencukupi kebutuhan Lebaran Anda atau bahkan membuat Anda mengalami defisit pengeluaran.

5 Resolusi Lebaran 2017 Cara Tepat Gunakan Uang THR saat Lebaran 02 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Kenali Hak Tunjangan Hari Raya (THR) Pekerja]

 

Tentu saja Anda tidak ingin setelah Lebaran Anda pengeluaran Anda menjadi defisit. Oleh karena itu, menyusun resolusi Lebaran menjadi hal yang perlu Anda lakukan. Bahkan sebelum uang THR Anda turun, agar Anda tidak tergoda untuk segera menghabiskan dan uang THR yang Anda dapatkan. Berikut ini merupakan beberapa resolusi Lebaran 2017 yang dapat Anda jadikan referensi dalam menggunakan dana THR yang Anda dapatkan dan dapat mulai Anda persiapkan sejak sekarang:

 

#1 Kurangi Belanja yang Tidak Perlu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi belanja yang tidak perlu. Jangan tergoda dengan beragam promo atau membeli barang-barang yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Untuk menahan diri dari belanja yang tidak Anda perlukan, Anda perlu membuat skala prioritas. Buat daftar barang-barang yang benar-benar Anda perlukan dan jangan membeli barang-barang yang berada di luar daftar prioritas Anda.

Begini Cara Bijak Memakai Uang THR agar Sejahtera 02 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Bijak Memakai Uang THR agar Sejahtera]

 

Selain itu, Anda juga dapat mengurangi biaya yang Anda keluarkan, misalnya dengan mengurangi belanja baju baru. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan koleksi baju Anda yang masih bagus dan menggunakannya dengan kombinasi yang berbeda untuk dipakai di hari raya. Hal ini tentu saja akan mengurangi cukup banyak biaya yang Anda keluarkan di Lebaran nanti.

 

#2 Bayar Zakat: Zakat Fitrah, Zakat Profesi

Zakat adalah kewajiban Anda sebagai Muslim. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membayar zakat Anda, baik zakat fitrah ataupun zakat profesi. Sebaiknya, Anda segera membayarkan zakat Anda begitu uang THR Anda turun atau ketika uang Anda mencukupi untuk membayar zakat Anda dan keluarga. Dengan bersegera membayar zakat, Anda dapat terhindar dari kemungkinan dana zakat Anda terpakai untuk kebutuhan lainnya. Di samping itu, membayar zakat lebih cepat juga membuat Anda merasa lebih lega ketika mengeluarkan dana untuk kebutuhan lainnya. Anda dapat mengalokasikan sekitar 10% uang THR Anda untuk kebutuhan membayar zakat.

 

#3 Berbagi ke Sesama: Bagi Buku atau Bagi THR?

Momen Lebaran merupakan momen berbagi kebahagiaan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memanfaatkan momen Lebaran ini sebagai momen berbagi ke sesama. Untuk itu, Anda perlu menyediakan anggaran khusus sekitar 10% uang THR Anda untuk dana berbagi ke sesama.

Hampir pada setiap Lebaran ada tradisi berbagi uang THR kepada anak-anak kecil, baik saudara ataupun tetangga. Hal ini tentu saja merupakan hal yang baik. Namun, jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, Anda dapat mengganti kebiasaan berbagi uang ini dengan membagikan buku kepada anak-anak. Selain bermanfaat, berbagi buku ini juga dapat mendorong minat baca pada anak-anak.

Do It Yourself Cara Membuat Amplop Lebaran dan Cara Mengelola Isi Amplopnya Cover - Finansialku

[Baca Juga: Do It Yourself: Cara Membuat Amplop Lebaran dan Cara Mengelola Isi Amplopnya]

 

Selain itu, apabila buku yang Anda bagikan tersebut Anda beli dari berbagai promo dan diskon buku, hal ini juga dapat menurunkan anggaran yang Anda keluarkan untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama. Jika Anda mendatangi berbagai bookfair dan diskon di toko buku, akan ada banyak buku yang dijual dengan harga murah bahkan kurang dari Rp50 ribu.

 

#4 THR untuk Tabungan Haji atau Umroh

Tunjangan Hari Raya dapat Anda anggap sebagai dana yang Anda dapatkan secara cuma-cuma. Oleh karena itu, alih-alih menggunakan dana THR untuk sesuatu yang kurang bermanfaat, ada baiknya Anda mendistribusikan dan tersebut ke berbagai pos investasi, salah satunya dengan memanfaatkan sebagian dana THR ini sebagai dana tabungan Haji dan Umrah. Untuk dana tabungan Anda dapat mengalokasikan sekitar 10% dari dana tabungan Anda.

Gaji Rp3 Juta Ingin Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Ini Caranya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp3 Juta Ingin Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Ini Caranya!]

 

Dengan semakin panjangnya antrian untuk berangkat haji, ada baiknya Anda mulai menyiapkan dana tabungan Haji mulai dari sekarang. Saat ini, ada banyak tabungan Haji yang setoran pertamanya cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp50 ribu hingga Rp500 ribu. Anda dapat menyesuaikan dana tabungan Haji yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

 

#5 Miliki Anggaran Mudik Libur Lebaran 2017

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, momen Lebaran tentu saja merupakan momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Mudik ke kampung halaman tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar dibandingkan dengan tiket yang dijual di hari biasa. Untuk itu, ada baiknya Anda menyisihkan sebagian dana THR Anda sebagai anggaran mudik Lebaran.

Selain itu, jangan lupa pula untuk menyiapkan dana untuk oleh-oleh yang akan dibawa ke kampung halaman dan hal-hal pendukung lainnya.

 

Resolusi Lebaran: Siapkan dengan Sebaik-baiknya

Dalam membuat resolusi Lebaran, Anda diharapkan untuk memiliki anggaran yang dapat memenuhi kebutuhan Anda saat Lebaran tiba. Persiapkan resolusi Lebaran Anda dengan sebaik-baiknya agar Anda tidak mengalami defisit keuangan. Setelah itu, Anda akan siap menyambut hari raya Idul Fitri dengan sejahtera.

 

Itulah beberapa resolusi Lebaran yang dapat Anda terapkan untuk Lebaran tahun ini. Bagaimana resolusi yang Anda persiapkan untuk Lebaran tahun 2017 ini? Tuliskan resolusi Anda untuk hari Lebaran nati di kolom komentar dan bagikan artikel ini kepada teman dan keluarga Anda agar mereka sebagai referensi bagi mereka untuk turut menyiapkan resolusi Lebaran 2017 nanti.

 

Sumber Referensi:

  • Vita Masli. 18 Juli 2015. Resolusi Lebaran: Cermat Mengelola Pemasukan Untuk Lebaran Yang Lebih Ceria. Vitamasli.com – https://goo.gl/EusWLD
  • Rizka. 22 Juli 2015. Resolusi Lebaran Cermat dan Hemat. https://goo.gl/v2b7tr

 

Sumber Gambar:

  • Asian Family – https://goo.gl/EbAq8w
  • Wanita Indonesia – https://goo.gl/HKB5YI

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana