Do It Yourself: Cara Membuat Amplop Lebaran dan Cara Mengelola Isi Amplopnya

Bagaimana cara membuat sendiri amplop lebaran yang unik? Bagaimana pula cara mengelola isi amplop lebaran? Kali ini Finansialku akan membahas cara membuat amplop lebaran dan cara mengelola isi amplopnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tradisi Salam Tempel Lebaran

Salam tempel atau memberikan angpao memang merupakan tradisi lebaran di Indonesia yang sangat lekat dengan umat Islam di segala penjuru Nusantara. Baik masyarakat desa maupun kota rata-rata memiliki kebiasaan serupa yakni dengan membagikan sebagian uang pada kerabat. Umumnya objek pemberian uang saku tersebut adalah anak-anak dari keluarga, rekan, atau tetangga yang bertemu saat silaturrahim Lebaran.

 

Amplop Lebaran

Salah satu hal yang paling penting saat melaksanakan tradisi salam tempel adalah penggunaan amplop Lebaran. Amplop Lebaran dipilih karena lebih sopan daripada jika uang saku diberikan tanpa amplop. Selain itu, adakalanya amplop juga mengurangi kesenjangan dari segi jumlah, misalnya jika seseorang memberikan lebih atau kurang dari orang lain.

 

Cara Membuat Amplop Lebaran

Amplop Lebaran tidak hanya bisa dibeli secara instan. Dengan kreativitas, Anda pun bisa membuat amplop Lebaran yang unik dan anti mainstream. Selain itu, beberapa jenis amplop juga sangat mudah dan tentunya lebih murah dibuat karena bahan-bahannya dapat diperoleh dari kertas bekas. Apa saja cara dan variasi polanya? Berikut ulasan tentang cara membuat amplop Lebaran.

 

Cara 1: Amplop Kertas Lipat Berpola Persegi

Cara membuat amplop kertas ini, pertama-tama lipat diagonal kertas lipat yang berbentuk persegi. Lalu, lipat kembali menjadi dua bagian. Bentuk heksagon, lalu segitiga. Jika sudah rapi, Anda tinggal menyatukan setiap titik sudut hingga membentuk amplop seperti biasa.

Do It Yourself Cara Membuat Amplop Lebaran dan Cara Mengelola Isi Amplopnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul]

 

Cara 2: Amplop Bekas Peta Berpola Persegi Panjang

Buku atlas bekas atau peta yang tidak terpakai bisa digunakan juga sebagai amplop yang unik. Pertama, buat pola terlebih dahulu dari bentuk persegi panjang. Lipat amplop mirip seperti pigora, agar bentuknya tidak melulu seperti amplop. Setelah itu, tambahkan karton atau sejenisnya sehingga amplop unik yang mirip pigora dari bahan peta bekas siap digunakan.

Do It Yourself Cara Membuat Amplop Lebaran dan Cara Mengelola Isi Amplopnya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sehat Keuangan Sebelum Lebaran? Ikuti 8 Tips Ini]

 

Cara 3: Amplop Kertas Kado Berpola Lingkaran

Amplop yang satu ini juga tidak berbentuk seperti amplop pada umumnya. Anda tinggal memotong bentuk-bentuk lingkaran dengan cetakan berupa gelas atau mangkok. Tergantung dari ukurannya. Lalu, satukan kertas lingkaran empat-empat. Lipat bagian tengah diameter lingkaran dengan rapi. Lalu, voila! Amplop bentuk persegi yang menyerupai saku bisa digunakan sebagai wadah uang.

Do It Yourself Cara Membuat Amplop Lebaran dan Cara Mengelola Isi Amplopnya 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Gunakan Imajinasi Anda untuk Menjadi Kaya]

 

Cara 4: Amplop Kertas Doily Berpola Lingkaran

Salah satu bahan amplop yang satu ini memang sangat unik. Kertas doily biasa digunakan pada acara-acara pesta karena desainnya yang elegan. Namun, siapa sangka Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat angpao. Caranya cukup mudah. Lipat kertas dari pola lingkaran menjadi seperempat. Lalu lipat juga di bagian lain hingga mencapai empat penjuru. Setelah itu satukan bagian-bagian tepi dengan lem.

Do It Yourself Cara Membuat Amplop Lebaran dan Cara Mengelola Isi Amplopnya 05 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Orang Sukses di Abad 21]

 

Cara 5: Amplop Kertas Bekas Buku Berkonsep Vintage

Punya banyak buku yang tidak digunakan? Nah, cara yang satu ini sangat ampuh dalam memanfaatkan buku bekas untuk menghemat biaya amplop Lebaran. Caranya cukup mudah. Lipat bagian atas amplop menjadi runcing, lalu lipat juga bagian lainnya seperti amplop. Lem di garis tepi sehingga lebih mudah dalam menyatukannya. Tambahkan pita warna pastel agar kesan vintage lebih terasa.

Do It Yourself Cara Membuat Amplop Lebaran dan Cara Mengelola Isi Amplopnya 06 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kreativitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karier]

 

Cara 6: Amplop Kertas Kado Berpola Love Sign

Bentuk hati rupanya juga sangat mudah dibuat amplop dengan gaya unik. Pertama, buat pola bentuk hati terlebih dahulu. Lalu, buat pola kedua yaitu persegi panjang dalam bentuk hati yang sudah dipotong. Lipat seluruh bagian mengikuti garis pola. Setelah itu, tinggal rapikan dengan mengelem seluruh bagian pinggirnya. Tambahkan renda atau pita agar lebih manis dilihat.

Do It Yourself Cara Membuat Amplop Lebaran dan Cara Mengelola Isi Amplopnya 07 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Mengelola Keuangan dengan Amplop Anggaran Masih Efektif di Tahun 2017?]

 

Cara Mengelola Isi Amplop Lebaran

Setelah mengetahui cara-cara membuat amplop Lebaran sendiri, tentunya perlu juga diketahui tentang cara mengelola isi amplop Lebaran. Hal terpenting yang harus dianggarkan adalah zakat. Setelah itu, cukupi kebutuhan gizi selama berpuasa. Jangan sampai karena terlalu hemat Anda dan keluarga malah jatuh sakit. Selalu makan yang penting saja dan batasi budget angpao secukupnya. Tidak perlu berlebihan agar terkesan mewah.

 

Kepada siapa saja Anda akan membagikan amplop Lebaran yang dibuat? Bagaimana dengan pengelolaannya? Jelaskan jawaban Anda dengan mendiskusikan bersama keluarga yang juga memiliki tradisi salam temple saat lebaran, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Disfira Ika. 11 April 2016. Stok Amplop Abis? Yuk, Bikin Sendiri 11 Kreasi Amplop yang Unik dan Catchy. Hipwee.com – https://goo.gl/8p4I2d
  • Rica Rici. 04 Juli 2016. DIY membuat sendiri berbagai amplop unik dan sederhana. Club.iyaa.com – https://goo.gl/NLuRC9
  • Neneng Pratiwi. 11 Juli 2016. 8 Tips Super Hemat di Bulan Ramadan. Biar Tetap Bisa Ngamplopin Keponakan Pas Lebaran! Hipwee.com – https://goo.gl/iJZhkY
  • Futuready Team. 20 Juni 2016. Simak 4 Cara Cerdas Manfaatkan Angpao Lebaran! Futuready.com – https://goo.gl/Taah7U

 

Sumber Gambar:

  • Amplop Lebaran – https://goo.gl/wNMymC
  • Pola Persegi – https://goo.gl/kBU7Z9
  • Pola Persegi Panjang – https://goo.gl/wUCP61
  • Kertas Kado Pola Lingkaran – https://goo.gl/zDrSfR
  • Kertas Doily – https://goo.gl/oh1Mpy
  • Kertas Bekas Buku – https://goo.gl/0oFajn
  • Pola Love Sign – https://goo.gl/W5TZpx

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download