Apa yang paling dirindukan dari suasana Lebaran? Mudik, ketupat, opor ayam, baju baru, takbiran, ada banyak hal yang dapat diidentikkan dengan suasana Lebaran. Tapi apakah tradisi khas Lebaran di Indonesia? Adakah perbedaan tradisi unik Lebaran di seluruh dunia? Melalui artikel ini, Finansialku akan membahas tradisi khas Lebaran di Indonesia dan tradisi unik Lebaran di seluruh dunia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tradisi Lebaran di Indonesia

Momen Lebaran adalah momen yang paling dinanti oleh umat Islam, khususnya di Indonesia. Setelah menjalani ibadah puasa, menahan haus dan lapar selama satu bulan, umat Islam merayakan hari kemenangan bersama. Ada banyak hal yang biasanya umat Islam Indonesia lakukan ketika hari raya tiba. Beberapa hal tersebut bahkan sangat dirindukan oleh anak bangsa yang tinggal dalam perantauan di negeri seberang. Berikut beberapa tradisi khas Lebaran di Indonesia yang Finansialku rangkum.

Tradisi Khas Lebaran di Indonesia dan Tradisi Unik Lebaran di Seluruh Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Manfaat Asuransi Perjalanan dan Cara Mengurus Klaimnya]

 

#1 Mudik

Mudik merupakan hal yang wajib bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia. Bagi mereka yang pergi merantau untuk mencari nafkah, momen Lebaran merupakan momen setahun sekali yang dapat dimanfaatkan sebagai momen berkumpul bersama keluarga. Bahkan menjadi momen yang wajib dilaksanakan. Oleh karena itu, hampir setiap tahun tiket layanan transportasi terjual habis, meskipun harganya meningkat jauh dibandingkan dengan harga normal. Sebagian orang yang memilih menggunakan transportasi pribadi juga menyebabkan arus mudik menjadi begitu padat dan ramai. Namun seluruh pengorbanan ini sepadan dengan pertemuan dengan sanak famili di kampung halamannya masing-masing.

 

#2 Halal bi Halal

Halal bi halal atau tradisi silaturrahim menjadi hal yang tak dapat terpisahkan dari momen Hari Raya Lebaran. Pertemuan fisik, jabat tangan sambil saling memaafkan memberikan suasana yang tak dapat digantikan oleh kemajuan teknologi. Momen ini menjadi momen yang tak dapat dipisahkan karena merupakan esensi dari Lebaran itu sendiri.

 

#3 Takbir dan Bedug

Tabuhan bedug yang diiringi dengan kumandang takbir merupakan ciri khas dari suasana Lebaran. Suara takbir dan tabuhan bedug dalam irama yang khas bergema dari hampir seluruh masjid di Indonesia, bahkan seringkali arak-arakan takbir keliling turut memeriahkan malam kemenangan ini dan terus bergema hingga menjelang waktu sholat hari raya.

Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi 08 - Finansialku

[Baca Juga: Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi]

 

#4 Ketupat

Lebaran dan ketupat merupakan pasangan yang tak terpisahkan. Hampir di setiap rumah biasanya terhidang ketupat yang disajikan bersama opor, rendang, ataupun semur sesuai dengan selera masing-masing keluarga.

 

#5 THR

THR atau Tunjangan Hari Raya merupakan hal yang semakin menyempurnakan kebahagiaan Lebaran. Selain THR yang diberikan perusahaan pada karyawannya, THR juga biasanya dibagikan oleh orang dewasa yang telah bekerja kepada anak-anak.

 

#6 Baju Baru

Baju baru menjadi lambang akan diri yang baru di hari Lebaran ini. Biasanya, pusat perbelanjaan akan ramai dipadati pengunjung yang mencari baju Lebaran. Namun tradisi ini tidak berarti baju baru menjadi hal yang harus dimiliki hingga wajib dipaksakan ada. Sesuaikan pula pembelian baju baru dengan kebutuhan dan keadaan finansial Anda.

Mengajarkan Anak tentang Keuangan Berdasarkan Kelompok Usia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengajarkan Anak tentang Keuangan Berdasarkan Kelompok Usia]

 

Tradisi Unik Lebaran di Seluruh Dunia

Selain Indonesia, beberapa negara juga memiliki tradisi unik pada hari Lebaran. Di Arab Saudi misalnya, perayaan hari raya seringkali diisi dengan kesenian berupa pagelaran tari, pembacaan puisi, parade musik, tarian dan sebagainya. Selain itu, setelah Sholat Ied biasanya mereka akan menikmati santapan Lebaran yaitu daging domba dengan nasi dan sayuran tradisional. Sedangkan di Turki, Hari Lebaran adalah hari bertukar manisan oleh karena itu Lebaran bagi orang Turki disebut juga sebagai Seker Bayram atau Festival Gula.

Malaysia memiliki tradisi yang mirip dengan di Indonesia. Orang Malaysia juga menyajikan ketupat sebagai makanan khas Lebaran. Di samping itu, mereka juga memiliki tradisi mudik setiap menjelang Lebaran untuk berkumpul dengan keluarga dan saling bermaaf-maafan.

Di China, hari Lebaran merupakan hari istimewa yang diisi dengan mengunjungi makam leluhurnya. Para pria menggunakan jas khas dan kopiah putih, sedangkan para wanita memakai baju hangat dan kerudung.

Tradisi Lebaran di Afrika Selatan dimulai sejak hari terakhir Bulan Ramadhan. Mereka berkumpul di Green Point, Cape Town dan berbuka bersama kerabat yang dilanjutkan dengan pengumuman datangnya Hari Lebaran.

Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang]

 

Di negara minoritas seperti Amerika Serikat, umat muslim tersebar dalam jarak yang berjauhan. Oleh karena itu, pengumuman Lebaran di Amerika Serikat dilakukan dengan mengirimkan telepon atau email. Melaksanakan Sholat Ied merupakan hal yang penting disana. Umat Islam yang umumnya adalah imigran dari berbagai negara berkumpul dan melaksanakan Sholat Ied bersama dengan pakaian yang berwarna-warni sesuai kebiasaan di negaranya masing-masing.

 

Momen Lebaran Juga Dirasakan oleh Umat Lain

Tradisi Lebaran tidak hanya dirasakan oleh umat Islam saja namun juga umat lainnya terutama di Indonesia. Budaya mudik dan makanan khas Lebaran menjadi suatu keharusan ketika memasuki Lebaran. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia yang cukup toleran dengan perbedaan agama, ras, suku dan bahasa. Setiap momen hari raya terutama Lebaran dapat menjadi satu momen untuk saling bertoleransi dan bersosialisasi dengan lingkungan.

 

Apa kenangan Anda yang paling berkesan selama hari Lebaran? Jawablah di kolom komentar dan bagikan informasi yang tertera di atas kepada rekan dan kenalan untuk bernostalgia tentang tradisi khas Lebaran di Indonesia bersama, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rina Hasir. 26 Agustus 2013. Tradisi Unik Lebaran di 10 Negara. Tempo.co.id -https://goo.gl/FeSfRK
  • Rizki Abadi.  6 Juli 2016. 11 Tradisi Khas Lebaran di Indonesia. Cermati.com – https://goo.gl/DTw6sv
  • Andi Rosita Dewi. 19 Juli 2015. 7 Tradisi unik Lebaran di berbagai negara. Brilio.net – https://goo.gl/OYsGKD

 

Sumber Gambar:

  • Angpao Lebaran – https://goo.gl/xAtjXu
  • Salaman – https://goo.gl/W0u0cB

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com