Investor pemula! Kalau kamu belum gabung ke komunitas saham atau grup belajar saham mana pun, baca artikel ini sekarang!

Karena lewat artikel ini, Finansialku akan memberitahumu tentang keuntungan komunitas saham buat investor pemula.

 

Summary

  • Dengan mengikuti komunitas, selain kita bisa mendapat banyak wawasan, kita juga bisa belajar bersama mentor dan rekan-rekan dalam komunitas.
  • Kita bisa bergabung dengan grup atau komunitas saham secara gratis dan biasanya memanfaatkan platform media sosial yang bisa kita akses secara online.

 

Keuntungan Ikut Komunitas Saham

Kemajuan teknologi, meski pada poin tertentu, memberikan dampak negatif, seperti budaya flexing yang kadang bikin kita pusing, karena kita seolah-olah dipaksa untuk berlomba-lomba untuk jadi yang paling keren.

Tapi di balik sisi gelap itu, ada juga sisi positif yang bisa dimanfaatkan untuk kesuksesan kita di masa depan.

Salah satu di antaranya adalah investasi, yang terpapar teknologi, membuatnya menjadi sesuatu yang tidak lagi eksklusif, tapi bisa diakses oleh semua kalangan.

Ini yang kemudian membuat jumlah investor meningkat cukup signifikan.

[Baca Juga: 4 Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Pemegang Saham]

 

Untuk kamu para investor pemula, banyak yang menyarankan untuk ikut komunitas saham atau grup belajar saham.

Tapi, apakah kamu tahu keuntungan mengikuti komunitas saham atau grup belajar saham ini?

Maryadi Santana, CFP, QWP, salah satu perencana keuangan dari Finansialku mengatakan, ada tiga keuntungan ikut komunitas saham, yaitu:

 

#1 Dapat Banyak Wawasan

Keuntungan ikut komunitas investasi yang pertama adalah, kamu bisa punya kesempatan untuk dapat banyak insight dan ilmu dari berbagai macam tokoh.

 

#2 Belajar Gratis Bareng Mentor

Keuntungan ikut komunitas investasi yang kedua, adalah kamu bisa belajar dengan intens, sehingga progresmu jauh lebih cepat dibandingkan investor yang tidak ikut grup belajar saham.

Hal ini bisa terjadi karena kamu bisa belajar langsung dengan para mentor dari berbagai latar belakang pengalaman.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bimbingan khusus dari para mentor dan ahli tersebut, yang biasanya bisa didapatkan secara cuma-cuma.

[Baca Juga: Mengenal Perbedaan Forex dan Saham, Mana yang Lebih Untung?]

 

#3 Merasakan Suka Duka Bersama

Kadang, ada beberapa orang yang merasa sangat terpuruk ketika mengalami kegagalan, karena dirasakan sendiri. Rasanya, tidak ada orang yang bisa berempati pada dia.

Beda ceritanya ketika kita tergabung dengan komunitas saham atau grup belajar saham.

Kita tidak akan pernah merasa sendirian, dan bisa menikmati segala jerih payah bersama teman-teman lain yang tergabung.

Ketika loss pun, akan ada teman-teman yang bakal membantu kita untuk bangkit dan melakukan evaluasi agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama.

 

Daftar Komunitas Saham

Nah, setelah mengetahui keuntungan komunitas saham, maka kini saatnya kita mengetahui daftar komunitas saham yang bisa kamu ikuti.

Sebelum itu, kamu tentu harus mengetahui terlebih dahulu tentang investasi saham, secara mendasar sehingga kamu punya bekal sebelum berdiskusi dengan investor pemula lainnya.

Kamu bisa terlebih dulu membaca ebook dari Finansialku yang bisa diunduh gratis dengan menekan tombol di bawah ini!

Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - HP
Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - PC

 

Nah, berikut ini adalah beberapa daftar komunitas saham dan grup belajar saham yang bisa kamu ikuti!

 

#1 Investor Saham Pemula (ISP)

Komunitas saham yang pertama adalah Investor Saham Pemula, yang merupakan komunitas saham terbesar di Indonesia, dan telah tersebar di 28 kota.

Investor Saham Pemula merupakan salah satu grup belajar saham yang cocok untuk dijadikan tempat berbagi pengetahuan dan pengalaman sesama investor pemula.

 

#2 Sekolah Pasar Modal

Sekolah Pasar Modal adalah grup belajar saham yang didirikan oleh BEI, di mana kehadirannya memungkinkan kamu untuk mendapatkan wawasan terkait saham dari ahlinya langsung.

[Baca Juga: Dividen Saham: Pengertian, Jenis, Perhitungan, dan Studi Kasus]

 

#3 Stockbit

Stockbit hadir dan menjadi salah satu komunitas investasi yang masif di Indonesia.

Stockbit menjadi wadah buat investor dan trader untuk berbagi informasi, ide, dan berita terkait saham dan keuangan secara langsung.

Stockbit menghadirkan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya, salah satunya adalah stream, yang berisi grafik saham, data keuangan, dan ide-ide terkait investasi yang bisa dimanfaatkan oleh anggotanya.

Kamu juga bisa simak video ini untuk melengkapi belajar saham.

 

#4 Syariah Saham

Syariah Saham, merupakan laman resmi dari Himpunan Investor Saham Syariah (HISSAH), salah satu grup belajar investasi di Facebook yang berdiri sejak 2014.

HISSAH merupakan salah satu forum diskusi investor khusus saham-saham yang masuk dalam perhitungan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan/atau Jakarta Islamic Index (JII).

 

#5 Alpha Trading Group

Alpha Trading Group (ALPHATRADER) adalah salah satu komunitas online trading saham yang menggunakan Technical Analysis sebagai dasar pemilihan saham.

Komunitas ini didirikan oleh Aswin Lukman, salah satu trader saham aktif yang berpengalaman sebagai trainer pelatihan investasi sejak tahun 2008 silam.

Berbicara sedikit soal trading, jika kamu tertarik untuk mendapatkan keuntungan lewat trading, kamu bisa ikuti pelatihan ‘Traders Lab’ yang akan dipandu oleh para professional trader yang ahli di bidangnya. 

Info lebih lanjut, klik banner di bawah ini.

Banner Traders Lab - Desktop
Banner Traders Lab - Mobile

 

#6 Investor Muda

Komunitas saham satu ini didirikan oleh empat pemuda yang memiliki visi yang sama dalam mengembangkan investor saham muda, yang memiliki semangat untuk terus belajar di pasar modal.

 

#7 Sahamku Investasiku

Komunitas saham ini merupakan channel Telegram dengan 107.635 pengikut yang didedikasikan khusus untuk trader saham online.

Channel ini memungkinkan pengikutnya untuk mendapatkan wawasan tambahan serta informasi terkait saham secara gratis.

[Baca Juga: Mohon Sabar, Transaksi Saham Bakal Kena Pajak 11% Mulai 1 April 2022]

 

#8 Ilmusaham.com 

Ilmu Saham adalah salah satu komunitas saham yang didirikan oleh Belvin VVIP, di mana komunitasnya membahas tentang analisis fundamental dan teknikal.

Selain menyediakan channel Telegram, komunitas ini juga menyediakan channel Telegram, yang memberikan analisis-analisis yang dilakukan Belvin kepada para anggotanya.

 

#9 Saham Pemenang

Saham pemenang adalah channel yang menawarkan rekomendasi, edukasi, dan inspirasi dengan paradigma menang (untung).

Selain channel gratis, Saham Pemenang juga memiliki channel keanggotaan berbayar, dengan nama Saham Pemenang Premium untuk anggota yang ingin mendapatkan informasi lebih mendalam tentang saham.

 

#10 Kapten Saham 707

Kapten saham merupakan komunitas saham dan grup belajar saham yang banyak memberikan rekomendasi dan analisis saham goldchip yang mempunyai fundamental yang baik.

Grup belajar saham ini memiliki channel telegram dengan jumlah anggota kurang lebih 129.526 orang.

Selain saham, Kapten Saham 707 juga menyediakan Channel Telegram cryptocurrency dengan nama @kaprencrypto707 dengan 78,168 orang.

 

Nah, itu dia daftar komunitas saham dan grup belajar saham yang bisa kamu coba untuk mendaftarkan diri. Apakah kamu punya informasi tambahan terkait ini? Kalau ada, segera tuliskan informasinya di kolom komentar, ya!

Agar investor pemula lainnya tahu, kamu bisa bagikan informasi ini lewat pilihan platform yang tersedia di samping. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Rafki Fachrizal. 19 April 2021. Inilah Sepuluh Komunitas Saham di Telegram yang Banyak Diikuti Trader. Infokomputer.grid.id – https://bit.ly/36aHJwa
  • Admin. 03 Mei 2021. 10 Grup Channel Telegram Belajar Saham, Cara Mudah Dapat Cuan Melimpah. Jateng.idntimes.com – https://bit.ly/3uArIJ4
  • Admin. 11 Maret 2018. Ingin Nambah Teman Dan Ilmu Saham? Yuk Gabung Ke Komunitas-Komunitas Saham Ini. Irfan.id – https://bit.ly/37cEftm