Adalah seorang Dick Gelael, seorang pebisnis dibalik berhasilnya KFC Indonesia yang disukai masyarakat. Simak kisah beliau meritis usaha ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Gigih di Usia Muda

Kentucky Fried Chicken atau lebih dikenal dengan KFC memulai debut pertamanya di Indonesia pada bulan Oktober 1979.

Saat itu seorang Dick Gelael yang sebelumnya sudah memulai bisnis yang bergerak di pasar swalayan mulai merambah ke restoran cepat saji, setelah ia berhasil mendapatkan hak lisensi waralaba asal Amerika itu.

Nama Dick Galael sendiri dikenal sebagai pebisnis legendaris Indonesia.

Dirinya tercatat telah mendirikan empat perusahaan besar semasa hidupnya; PT Gelael Supermarket, PT Fast Food Indonesia Tbk, PT Finindo Foods Indonesia, PT Aneka Satwitra Sari Food.

Kegigihan sosok Gelael terlatih sejak beliau masih berumur 23 tahun. Mulanya, Gelael membuka pasar swalayan dengan jasa pengantaran barang ke rumah, di mana pasar swalayan itu dikelola oleh sang istri.

Lewat pengalamannya itu, Gelael bersama dengan kedua kerabatnya yakni Rudy Tanudjaja dan Rasjid Thamrin sepakat mendirikan sebuah pusat perbelanjaan bernama Gelael Supermarket.

Gelael Supermarket adalah sebuah perusahaan yang menawarkan model market baru yang menyediakan produk-produk segar, di mana pelanggan dapat mengambil sendiri barang-barang yang dipajang dengan bebas.

Kisah Sukses Keluarga Gelael, Pemilik KFC Indonesia 02

[Baca Juga: Kisah Sukses Shinta Widjaja Kamdani, CEO Sintesa Group Yang Termasuk CEO Terbaik Indonesia]

 

Rupanya, konsep baru yang ditawarkan ini dapat diterima masyarakat dan menjadi keunggulan dari Gelael Supermarket.

Tidak sampai disitu, keberhasilan Gelael dan sahabatnya terbukti dengan tersebarnya supermarket ini di beberapa lokasi strategis di Jakarta.

Dick juga terus melaju dengan membeli sebuah franchise es krim Swensen’s yang cukup populer pada masanya.

Es krim asal Singapura ini diboyong ke Indonesia di bawah naungan PT Multi Food Indonesia, yang merupakan anak perusahaan Gelael Supermarket.

Kiprah bisnis Dick Gelael semakin melejit setelah ia membawa brand KFC masuk ke tanah air dibawah naungan PT Fast Food Indonesia.

Beliau menempatkan sang istri, Elizabeth, dan anaknya sebagai pengelola di perusahaan tersebut, dengan Anthoni Salim menjadi presiden komisarisnya dan Dick sendiri menjabat sebagai Presiden Direktur.

Meskipun pada akhirnya Gelael Supermarket kalah bersaing dengan munculnya banyak supermarket, tidak demikian dengan KFC Indonesia yang terus berkembang.

Kisah Sukses Keluarga Gelael, Pemilik KFC Indonesia 03

[Baca Juga: Melvin Mumpuni, CFP dan Kisah Sukses Finansialku]

 

Hal ini dikarenakan KFC Indonesia tidak menggunakan fasilitas pinjaman bank atau pun berutang, sehingga mereka dapat terus bertahan walaupun iklim ekonomi tanah air tidak menentu.

Selain itu, KFC Indonesia memanfaatkan keuntungan yang didapat untuk dikelola sebagai modal pengembangan usaha selanjutnya.

Sehingga berkat usahanya ini, Dick tercatat menjadi salah satu jajaran orang terkaya di Indonesia menurut majalah Forbes.

Pada tahun 2013 beliau menduduki posisi ke-96 orang terkaya dengan jumlah kekayaan mencapai US$350 juta.

 

Dick Gelael Sebagai Seorang Ayah

Menurut Ricardo Gelael yang tak lain adalah anak dari Dick dan Elizabeth Gelael, dalam sebuah wawancara, ayahnya dikenal sebagai sosok kepala rumah tangga yang penuh tanggung jawab dan menyayangi anak-anaknya.

Meskipun begitu Dick tetap mendidik anaknya dengan keras. Beliau juga dikenal memiliki kepercayaan diri yang tinggi serta ulet dalam usaha.

Tidak hanya hanya memikirkan keuntungan tetapi juga berani membuat inovasi dan ide-ide baru pada masanya.

Kepribadian ini juga yang sepertinya diturunkan pada Ricardo yang kini menjadi penerus waralaba KFC Indonesia yang telah didirikan oleh ayahnya.

Meskipun sebagai penerus, bukan dengan gampang Ricardo mempertahankan KFC Indonesia menjadi restoran cepat saji yang terus berinovasi seperti sekarang ini.

Kerja kerasnya dilatih sejak ia mengawali kariernya sebagai seorang pelayan di Supermarket Gelael. Di mana ia bekerja di sana dengan tuntutan dan tekanan yang sama dengan karyawan lainnya.

Ricardo perlu belajar sebagai seorang karyawan biasa yang perlu melayani pelanggannya dengan baik, ramah dan juga dapat mengenal produk-produk dengan baik.

Dalam sebuah penuturan, bahkan Ricardo pernah melayani hingga membawakan pelanggannya.

Kisah Sukses Keluarga Gelael, Pemilik KFC Indonesia 04

[Baca Juga: Kisah Sukses John D Rockefeller, Pebisnis Industri Minyak AS]

 

Ayahnya pun mengajarkan nilai-nilai kehidupan mengenai kejujuran dan loyalitas yang tidak ada sekolahnya, sebab menurutnya orang pintar itu banyak tetapi orang jujur dan punya loyalitas akan semakin sulit didapat.

Oleh karena itu ayahnya juga mengajarkan untuk menghargai karyawan yang sudah bekerja puluhan tahun.

Nilai inilah yang menjadi pegangan untuk terus membawa KFC Indonesia selama lebih dari 30 tahun sebagai perusahaan terpercaya, bukan hanya oleh pelanggan namun juga karyawan yang merupakan aset penting bagi Ricardo.

Di bawah tangan Ricardo, kini KFC Indonesia memiliki kurang lebih 714 gerai yang tersebar di berbagai kota dan wilayah di Indonesia, termasuk tanah Papua.

Sama seperti ayahnya, kelihaian Ricardo dalam berbisnis terbukti setelah ia berhasil memberi inovasi dengan menjadikan KFC tidak hanya sebagai restoran cepat saji tetapi juga menjadi tempat berkumpul anak-anak muda.

KFC juga menjadi pelopor paket bundling CD musik musisi-musisi ternama Indonesia. Dan langkah ini membuat KFC secara tidak langsung memopulerkan artis sekaligus juga nama perusahaan itu sendiri.

 

Cetak Prestasi Tiga Generasi

Sama seperti Ricardo yang menggemari dunia balap mobil, sang anak, Sean Ricardo Gelael, juga memiliki ketertarikan yang sama, bahkan menekuninya hingga saat ini.

Sean mulai terjun di lintasan balap dengan menggunakan baju balap kuning bertuliskan KFC. Ide kreatif ini muncul dari Ricardo dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis tetapi sekaligus dapat mendukung karir sang anak.

Hal ini rupanya langkah baik untuk menaikkan brand awareness KFC bukan hanya di Indonesia tetapi juga di kelas internasional.

Dengan tagline “Jagonya Ayam” yang merupakan kalimat jargon KFC Indonesia, Sean melenggang maju sejak usia 16 tahun.

Di usianya yang masih belia, ia telah mengikuti ajang balap Formula 3 di Eropa yang berlangsung 10 putaran dan berhasil mencetak rekor sebagai pembalap termuda yang naik ke podium Formula 3.

Kini Sean bersama Pertamina Prema Theodore Racing berhasil masuk lima besar Formula 2 klasemen 2018 dan masih berharap untuk bisa menembus masuk lintasan Formula 1.

Demikian kisah sukses perjalanan keluarga Gelael, bagaimana dengan kamu?

Kamu bisa mulai kisah suksesmu dengan teratur mencatat dan merencanakan keuangan pribadimu. Gunakan aplikasi Finansialku yang bisa memudahkan kamu mencatat dan merencanakannya. Ayo cetak kisah suksesmu sendiri!

 

Itu dia kisah sukses keluarga Gelael, sosok dibalik berjayanya KFC Indonesia saat ini. Apa kamu terinspirasi dari kisah ini? Kamu bisa membagikannya dalam kolom komentar di bawah atau bagikan artikel ini pada teman-temanmu agar lebih menginspirasi.

 

Sumber Referensi:

  • Aulia Akbar. 27 Agustus 2018. Dari Supermarket ke KFC, Begini Cerita Keluarga Gelael. Moneysmart.com – https://bit.ly/34JwOTI
  • Fajri. Napak Tilas Kesuksesan Keluarga Gelael, Ricardo Gelael. Anakdagang.com – https://bit.ly/2Cvfhma
  • Sri Wiyanti. 2 November 2013. Ricardo Gelael, jaya putra sang taipan era Soeharto. Merdeka.com – https://bit.ly/2WYpz7I
  • Erlangga Djumena. 27 Januari 2015. Ricardo Gelael, Menghargai Kejujuran dan Loyalitas Karyawan. Money.kompas.com – https://bit.ly/2K78Z0i
  • Siska Amelie F Deil. 8 September 2014. Perjalanan Bisnis Dick Gelael, sang Pendiri KFC Indonesia. Liputan6.com – https://bit.ly/2NUD8AY

 

Sumber Gambar:

  • KFC Indonesia – http://bit.ly/2s8nZVs
  • Dick Gelael – http://bit.ly/38j7NBf
  • Ricardo Gelael – http://bit.ly/2Eb5JOd
  • Sean Ricardo Gelael – http://bit.ly/2LBLHQW