Shinta Widjaja Kamdani adalah CEO Sintesa Group yang mengendalikan 17 perusahaan dalam beragam industri. Ingin tahu kisah sukses Shinta Widjaja Kamdani?

Simak ulasannya dalam melalui artikel Finansialku berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Shinta Widjaja Kamdani & Sintesa Group

Terlahir di keluarga pengusaha, Shinta Widjaja Kamdani belajar bisnis dari ayahnya, Johnny Widjaja, dan sang kakek, Oey Kim Tjiang.

Sintesa Group adalah perusahaan besar yang dimulai dari sebuah perkebunan karet bernama Tigaraksa pada tahun 1919 dan sekarang menjadi salah satu distributor produk konsumen terbesar di Indonesia.

Menurut Majalah Forbes Asia, Shinta Widjaja Kamdani adalah salah satu dari 50 wanita Asia Paling Berpengaruh.

Karena kepemimpinannya yang begitu dominan dan membuat perusahaan menjadi semakin berkembang, Shinta Widjaja Kamdani ditunjuk sebagai pemimpin di berbagai organisasi.

Shinta Widjaja Kamdani 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mewaspadai 3 Masalah Psikologis yang Dapat Merusak Aktivitas Trading Anda dan Diri Anda]

 

Beberapa organisasi yang dipimpin olehnya di antaranya Deputy Chairperson of the Indonesian Chamber of Commerce and Industry – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) untuk periode 2015-2020, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Presiden Dewan Bisnis Berkelanjutan Indonesia (IBCSD), Pendiri Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), Ketua Koalisi Bisnis Indonesia tentang Pemberdayaan Perempuan, dan sebagai Anggota Dewan Internasional dari World Wide Fund for Nature (WWF).

Sebagai Pemilik dan Kepala Eksekutif Sintesa Group, Shinta Widjaja Kamdani bertanggung jawab atas Manajemen dan Perluasan kepentingan bisnis Grup di Indonesia.

Dia juga menjabat sebagai anggota Dewan Penasihat Bisnis APEC (ABAC) Indonesia.

Sebelum membahasnya lebih jauh, yuk atur arus kas Anda dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Anda bisa men-download aplikasi Finansialku melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Jika uang Anda ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuan Anda dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar dalam channel Youtube Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Prestasi & Penghargaan Shinta Widjaja Kamdani

Shinta lulus dari Barnard College di Columbia University New York pada tahun 1989 dan Pendidikan Eksekutif di Harvard Business School, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 2002.

Sebagai bagian dari prestasinya, ia menerima penghargaan sebagai 50 Wanita Bisnis Kuat FORBES Asia (2012, 2013, & 2016) dan Penghargaan sebagai Pengusaha Terbaik Tahun Ini untuk Asia dari Women in Leadership Forum (2013), Pengusaha Wanita Terbaik dari Asia Pacific Entrepreneurship Awards (2014), Women of Power dari Asian Business Leadership Forum (ABLF) Abu Dhabi (2012) ), 30 CEO Terbaik oleh Business Indonesia Award pada tahun 2015. Dan pada tahun 2017, ia mendapat jabatan sebagai Komandan Bintang Kutub oleh Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia dan Komandan Ordo Leopold dari Belgia.

Shinta Widjaja Kamdani 03 - Finansialku

[Baca Juga: Wajib Baca! 11 Kiat Sukses Memiliki Motivasi Bisnis Dimulai dari Disiplin Diri]

 

Pertumbuhan Sintesa Group Sejak 1919

Shinta Widjaja Kamdani, CEO Sintesa Group, menggambarkan evolusi bisnis keluarganya — sejak tahun pendiriannya pada tahun 1919 sebagai perkebunan karet, hingga transformasi dari perusahaan raksasa ini pasca-1999 menjadi perusahaan induk terkonsolidasi dengan membidik pada produk konsumen dan industri, properti, pengembangan dan energi.

Dalam sebuah wawancara, Shinta Widjaja Kamdani merefleksikan perannya yang unik sebagai salah satu dari beberapa CEO wanita di Indonesia.

Dia menggambarkan bagaimana ayahnya mempersiapkannya sejak kecil untuk mengambil alih bisnis keluarga, mengajarkan kepadanya nilai-nilai untuk tetap membumi dan rendah hati, dan selalu memberikan kembali hasil dari kerja kerasnya kepada masyarakat.

Shinta Widjaja Kamdani selalu mewujudkan keyakinan ini dalam perannya sebagai CEO, mempraktikkan apa yang ia sebut “kepemimpinan yang melayani” melalui bekerja dan mendukung karyawannya.

Namun Shinta Widjaja Kamdani mengakui bahwa proses di mana ia menjadi seorang CEO itu tidak mudah, terutama karena statusnya sebagai, apa yang dia sebut, “triple minoritas” di Indonesia: seorang wanita, seorang non-Muslim, dan etnis Cina.

Shinta Widjaja Kamdani menjelaskan dalam sebuah wawancara bagaimana dia harus bekerja keras untuk membuktikan dirinya kepada rekan prianya dan mendapatkan rasa hormat mereka.

Krisis Keuangan Asia pada akhir 1990-an mendorong promosi Shinta Widjaja Kamdani menjadi CEO.

Meskipun waktu suksesnya tidak direncanakan, ia melangkah ke peran ini tidak hanya dengan pengalaman bertahun-tahun bekerja di perusahaan, tetapi juga dengan visi baru untuk pertumbuhan di masa depan.

Shinta Widjaja Kamdani melihat krisis bukan sebagai kemunduran, tetapi sebagai peluang untuk perubahan.

Shinta Widjaja Kamdani mengubah nama perusahaan (sebelumnya Tigaraksa) menjadi Sintesa Group, yang berarti sinergi. Pada saat yang sama, ia juga meluncurkan rencana untuk diversifikasi.

Jika sebelumnya fokus dari dari Sitensa Group berbasis pada bisnis barang konsumen jangka pendek, sekarang ini Sintesa Group lebih memilih lebih banyak lini bisnis jangka menengah dan panjang.

Shinta Widjaja Kamdani 04 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Dalam pengembangan bisnisnya, Sintesa Group juga merambah bisnis di sektor infrastruktur dan energi.

Shinta Widjaja Kamdani sangat bergairah untuk melakukan kontribusi pada pengembangan negara yang sangat bermanfaat sekaligus memberikan tantangan tersendiri melalui berbagai proyek baru dari perusahaan milik negara.

Kepemimpinan Shinta Widjaja Kamdani begitu kental dalam membangun Sintesa Group melalui berbagai strategi yang ia lakukan seperti, manajemen struktur organisasi, perubahan dari manajemen keluarga menjadi profesional, termasuk merevitalisasi tim untuk membuat perubahan semakin positif dalam tubuh Sintesa Group.

Gaya kepemimpinannya lebih cenderung pada mengaktifkan keterlibatan para anggota di semua tingkat karyawan, berbeda dengan gaya kepemimpinan saat ayahnya masih memegang kendali atas perusahaan itu yang mengaplikasikan gaya top-down.

 

Shinta Widjaja Kamdani Aktif Dalam Kegiatan Sosial

Selain aktif dalam pengembangan bisnis, Shinta Widjaja Kamdani juga turut andil dalam berbagai kegiatan sosial di mana ia sebagai pencetus dan pendiri dari Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI), yang berupaya untuk mempromosikan serta mendukung pengusaha di Indonesia dengan memberikan pelatihan, pembiayaan dan bimbingan.

Dia juga memulai Angel Investment Network pertama di Indonesia, yang sekarang memiliki 40 “malaikat” yang berinvestasi di 15 perusahaan baru yang berbeda.

Kedua organisasi ini memberikan contoh atas keyakinan Shinta Widjaja Kamdani bahwa amal bukan hanya soal memberi uang, melainkan sebuah keterlibatan aktif dengan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Shinta Widjaja Kamdani 05 - Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran dari Henry Ford Pendiri Ford Motor Company agar Menjadi Orang Sukses]

 

Kutipan Shinta Widjaja Kamdani

“In my organization, i support [my people]. I am one of them. So the leadership that i create is that i serve and work together with them. And i think that’s part of being humble. You’re the boss, but it doesn’t have to be that you show that you are the boss. Of course the decision-making process is there but, at the end of the day, you are also serving your people.”

“Dalam organisasi saya, saya mendukung [orang saya]. Saya salah satu dari mereka. Jadi kepemimpinan yang saya ciptakan adalah kepemimpinan yang melayani dan bekerja sama dengan mereka. Dan saya rasa, itu adalah bagian dari kerendah hatian. Anda adalah bos, tapi Anda tidak harus menunjukkan bahwa Anda adalah bos. Tentu saja, proses membuat keputusan ada di tangan Anda, tapi pada akhir hari, Anda juga melayani para anggota Anda.”

 

 

Sepak Terjang Karier Bisnis Shinta Widjaja Kamdani

Selain sebagai direktur di perusahaan induk, Shinta Widjaja Kamdani sebelumnya adalah Manajer Penjualan Nasional dan Manajer Promosi & Pembelian di salah satu perusahaan afiliasi, PT Tigaraksa Satria (1989 – 1991), dan kemudian menjabat sebagai Direktur Perusahaan Afiliasi lain, PT Dirsa Ulitra Kosmetika (1991-1993).

Shinta Widjaja Kamdani menyadari sepenuhnya bahwa banyak orang menganggap dia memegang posisi strategis karena dia bekerja di dalam sebuah bisnis keluarga.

Namun melalui kepemimpinannya, Shinta Widjaja Kamdani bertujuan untuk menunjukkan kepada keluarganya dan dunia bahwa potensi yang hebat terpendam dalam dirinya sebagai seorang wanita yang mampu melanjutkan bisnis keluarga.

Sebagai perusahaan raksasa, Sintesa Group menanam banyak investasi, di antaranya investasi pada perusahaan TIRA Group dan berbagai perusahaan independen lainnya yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia.

Shinta Widjaja Kamdani 06 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Cerita Orang Sukses, Kaya dari Masalah Orang Lain dan Jadi Solusi untuk Orang Lain]

 

Shinta Widjaja Kamdani melalui Sintesa Group berhasil meyakinkan perusahaan-perusahaan internasional terkemuka untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan di bawah Sintesa Group dengan menciptakan hubungan kerja sama domestik-internasional yang kuat.

Seperti yang telah dilakukan dengan mitra bisnis internasionalnya, Sintesa Group telah mampu membimbing perusahaan – di mana mereka memiliki ekuitas, melalui lingkungan bisnis Indonesia yang kompleks dan membuatnya berkembang.

Dalam kariernya yang semakin berkembang, Shinta Widjaja Kamdani bisa dikatakan telah mencapai puncak sukses di mana dia telah memperluas visinya.

Bersama 13 pengusaha Indonesia lainnya, ia mendirikan Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) pada Januari 2011.

Di antara para pendiri GEPI muncul nama-nama seperti, Ciputra dan Jacob Oetama, yang memiliki catatan dan pengalaman yang luar biasa dalam upaya mereka untuk mendukung pencapaian dan pengembangan kewirausahaan di Indonesia.

Menurut Shinta Widjaja Kamdani (wakil ketua GEPI), GEPI dibentuk untuk memperkuat pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia dan bertindak sebagai katalisator dalam strategi kewirausahaan di Tanah Air.

Shinta Widjaja Kamdani bersama dengan suaminya, Irwan Kamdani yang juga seorang pengusaha, berpendapat bahwa jika Indonesia ingin menyelesaikan masalah kemiskinan dan pengangguran, solusi paling akurat adalah menciptakan banyak pengusaha sukses.

Oleh karena itu pemerintah harus mengubah pola pikir saat ini bahwa pendidikan formal hanya untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi ada pilihan yang lebih baik daripada hanya bekerja, yaitu membuka peluang bisnis.

Menurut Shinta Widjaja Kamdani, meskipun kewirausahaan di Indonesia telah menunjukkan beberapa tanda cerah, namun tetap saja kewirausahaan di Indonesia masih memiliki jalan panjang karena modal dan dana masih menjadi kendala.

Itulah sebabnya ia tanpa henti mengkampanyekan GEPI yang secara aktif berpartisipasi dalam memperoleh modal dan dana yang dibutuhkan.

Shinta Widjaja Kamdani 07 - Finansialku

[Baca Juga: Telah Dimulai! Bank Syariah Memproyeksi Sukuk Ritel SR-010 Akan Sukses]

 

Sebagai organisasi yang berfungsi sebagai payung kewirausahaan Indonesia, GEPI bekerja sama dengan mitranya dalam membangun kewirausahaan melalui sejumlah kegiatan, seperti:

  1. Mengembangkan kesadaran lebih lanjut mengenai pentingnya kewirausahaan dan berbagai inovasi di Indonesia.
  2. Bersama-sama menciptakan ekosistem yang kondusif untuk pengembangan kewirausahaan.
  3. Berkolaborasi dengan kelompok pengusaha dan pemerintah Indonesia dalam meningkatkan lingkungan untuk penciptaan kewirausahaan.
  4. Bersama-sama menciptakan kepastian untuk ketersediaan akses pendanaan di tingkat nasional maupun global untuk wirausahawan baru.
  5. Membantu para pengusaha dan inovator untuk go internasional.

 

Salah satu tujuan dalam pendirian GEPI adalah untuk mengubah tantangan menjadi peluang bagi pengusaha dan inovator Indonesia.

Untuk mendukung berbagai program kewirausahaan, pada 23-24 Juli 2011 GEPI telah mengadakan KTT Kewirausahaan Regional (RES) di Bali dengan Kementerian Perdagangan sebagai tuan rumah penyelenggara.

Setiap individu tentu memiliki definisi tentang keberhasilan mereka masing-masing.

Shinta Widjaja Kamdani melihat bahwa kesuksesan adalah sebuah tindakan penyeimbang dan cara terbaik untuk menemukan keseimbangan adalah membawa orang lain bersama dan berbagi dalam kesuksesan.

Melihat kesibukan Shinta Widjaja Kamdani, tentu terbayang oleh kita bagaimana padatnya kegiatan beliau dan begitu banyak tantangan yang ia hadapi setiap harinya.

Untuk menyeimbangkan dirinya, ia tak jarang mengambil waktu pribadi seperti cuti dan menari – kegiatan yang paling ia gemari. Pada waktu-waktu tersebut, seringkali ia menemukan solusi dari berbagai tantangan yang ia hadapi.

 

Shinta Widjaja Kamdani Dalam Organisasi Pengembangan Kewirausahaan

Di luar bisnis keluarga, Shinta Widjaja Kamdani sangat peduli dengan lingkungan dan masa depan pengusaha di Indonesia.

Shinta Widjaja Kamdani adalah pendukung kuat dari dunia startup yang berkembang pesat di Tanah Air, dan selalu mencari cara untuk membantu wirausahawan muda yang bercita-cita mencapai tujuan mereka.

Dia adalah pendiri ANGIN, GEPI, dan IBCSD, dan merupakan Wakil Ketua WWF Indonesia. ANGIN telah menjadi jaringan angel investor terbesar di Indonesia, dengan fokus pada pendanaan dan pendampingan startup di Indonesia, sementara GEPI menghubungkan pengusaha lokal dengan perkembangan global dan prospek investasi.

IBCSD adalah asosiasi perusahaan yang berkomitmen untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan melalui pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, keseimbangan ekologis dan kemajuan sosial.

 

Pelajaran hidup apa yang bisa diambil dari Shinta Widjaja Kamdani? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom bawah ini!

Bagikan artikel ini kepada rekan Anda yang membutuhkan inspirasi untuk semakin sukses, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Business Leaders. Marketscreener.com – https://bit.ly/2TJHeP0Admin.
  • Admin. Shinta Widjaja Kamdani. Forbes.com – https://bit.ly/2Z6QzWU
  • Admin. Shinta Widjaja Kamdani. Indonesiatatler.com – https://bit.ly/2zbKPMm
  • Admin. Shinta Widjaja Kamdani – Chief Executive Officer, Sintesa Group. Weforum.org – https://bit.ly/2ZdNGmC
  • Admin. 2 Februari 2018. Ibu Shinta Kamdani: CEO of Sintesa Group and Co-Founder of ANGIN. Angin.id – https://bit.ly/31ONqbe
  • Admin. 9 Juli 2011. Shinta Widjaja Kamdani: Building Capacity And Competitive Edge Through Entrepreneurship. Jakartajive.com – https://bit.ly/2KJw4qH
  • Admin. 25 Maret 2013. Rosa Sekar Mangalandum. Mengonsolidasikan Perusahaan Keluarga Menjadi Grup Sintesa. Swa.co.id – https://bit.ly/2Z5IoKm
  • Gatra. Darah Bisnis Warisan Ayah. Arsip.gatra.com – https://bit.ly/2KJJmDx
  • Rianty Rusmalia. 13 April 2019. Shinta Widjaja Kamdani: Kisah Kepemimpinan CEO Sintesa Group. Elle.co.id – https://bit.ly/2HdGRHa
  • Robert Adhi Ksp. 18 Februari 2014. CEO Sintesa Group Shinta Widjaja Kamdani: Gencar Mengembangkan Ekonomi Hijau. Robertadhiksp.net – https://bit.ly/2ZeMQSz
  • Shinta Kamdani. Owner And CEO, Sintesa Group (Consumer Products, Energy). Hbs.edu – https://hbs.me/2ZemU9E
  • Sutarno. 28 Februari 2013. WANITA EKSEKUTIF ASIA: Shinta Kamdani Paling Perkasa di Indonesia. Entrepreneur.bisnis.com – https://bit.ly/2HdpVAU

 

Sumber Gambar:

  • Shinta Widjaja Kamdani 1 – http://bit.ly/2khWzZI
  • Shinta Widjaja Kamdani 2 – http://bit.ly/2kKQh56
  • Shinta Widjaja Kamdani 3 – http://bit.ly/2mcgFFf
  • Shinta Widjaja Kamdani 4 – http://bit.ly/2lRT8t9
  • Shinta Widjaja Kamdani 5 – http://bit.ly/2lOWYU0
  • Shinta Widjaja Kamdani 6 – http://bit.ly/2lRTb8j
  • Shinta Widjaja Kamdani 7 – http://bit.ly/2mhcbNQ