Apakah Anda pernah berpikir bagaimana cara atau strategi untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dengan mudah?

Bagi para pengusaha, pasti dibutuhkan banyak strategi yang inovatif dan kreatif untuk melakukannya bukan? Karena itu, pastikan untuk membaca artikel Finansialku ini sampai habis ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Proses Panjang dalam Membangun Perusahaan

Membangun sebuah perusahaan atau bisnis bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan waktu dan proses panjang untuk bisa berkembang pesat. Apalagi mendirikan bisnis atau perusahaan benar-benar dari nol.

Anda harus belajar dan bekerja keras guna mengenalkan perusahaan atau bisnis tersebut. Meskipun tidak selalu mudah, proses panjang inilah yang akan membentuk karakter perusahaan.

 

Keuntungan Jadi Indikator Perkembangan

Semua pengusaha tentu ingin bisnis atau perusahaannya berkembang. Salah satu caranya dengan meningkatkan nilai jual dan keuntungan perusahaan.

Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan harus mengenali konsumen produk atau jasa yang jadi target pasar.

Diawali dengan value proposition atau komposisi nilai yang membantu perusahaan menggandeng konsumen. Kesadaran konsumen akan menuntun mereka untuk mengkonsumsi produk atau jasa perusahaan.

Meskipun keuntungan jadi salah satu indikator kemajuan perusahaan, bukan berarti jadi tujuan utama. Pasalnya, perusahaan akan memutar keuntungan sebagai biaya operasional, premi resiko atau dana darurat, dan persiapan di masa depan.

Hal ini jarang disadari oleh para pengusaha, sehingga menghambat perkembangan perusahaan di masa mendatang.

Keuntungan sendiri didapatkan perusahaan dari selisih biaya produksi dan penjualan produk atau jasa.

Sebagai contoh, perusahaan memproduksi mesin dengan modal Rp100 juta. Ketika dijual ke pasaran, harganya menjadi Rp125 juta.

Selisih harga jual dan produksi inilah yang dihitung sebagai keuntungan perusahaan. Pemilik perusahaan harus bijak dan paham cara mengelola keuntungan dengan tepat.

 

5 Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Indikator perusahaan sukses adalah mampu mendapat keuntungan besar. Di masa sekarang, indikator tersebut mengalami pergeseran. Sebuah perusahaan dinilai berkembang, jika mampu berekspansi atau merambah bisnis lain.

Tentunya usaha baru tersebut berkaitan sektor usaha sebelumnya, seperti kuliner, jasa ekspedisi, atau travel. Guna meningkatkan keuntungan dan mengembangkan perusahaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut.

 

Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan #1 Mengembangkan Bisnis

Seperti yang telah disebutkan di atas, perusahaan harus mampu berekspansi atau memperluas jaringan perusahaan.

Dengan membuka bisnis baru yang berkaitan dengan perusahaan sebelumnya diketahui efektif meningkatkan keuntungan.

5 Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan Dengan Mudah 01 - Finansialku (1)

[Baca Juga: Contoh Business Plan dan Cara Membuat Rencana Bisnis]

 

Memilih lini perusahaan yang selaras dengan usaha sebelumnya dapat meminimalisasi faktor risiko. Kemungkinan terburuk tentunya dapat dihindari sedini mungkin, seperti bangkrut atau salah langkah.

Anda juga dapat menghindarkan bisnis Anda dari risiko dengan melakukan pengaturan keuangan dengan baik.

Pelajari e-book berikut yang akan memberikan Anda pengetahuan akan cara mengelola keuangan bisnis dan pribadi Anda berikut ini.

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan #2 Melirik Peluang Bisnis Lain

Pengusaha yang berani mengambil risiko dapat memilih bisnis lain diluar sektor perusahaan. Mereka dapat melirik usaha lain yang prospeknya jauh lebih besar, misalnya kuliner kekinian.

Jika Anda sulit mengelola bisnis baru tersebut, cobalah mempekerjakan tenaga profesional. Minta mereka melakukan kontrol dan pengawasan terhadap bisnis baru Anda.

Tapi bukan berarti Anda lepas tangan sepenuhnya, tetap harus diawasi perkembangannya secara berkala. Strategi ini sering dipilih oleh para pengusaha besar untuk melebarkan sayap perusahaan.

Pasalnya, mereka meyakini ekspansi di sektor berbeda dapat membantu perkembangan usaha lebih cepat. Bisa dipastikan pula pengusaha lebih mudah menguasai sektor usaha lainnya dalam waktu singkat.

 

#3 Memproduksi Layanan atau Jasa Tambahan

Sebelum menerapkan strategi ini, pastikan Anda telah melakukan survei pasar terlebih dahulu. Anda harus mengenali kebutuhan dan permintaan pasar pada saat ini.

Jangan sampai Anda menambah layanan jasa atau produk yang tidak begitu populer. Langkah tersebut dapat menghambat kemajuan perusahaan, bila tidak ingin dianggap merugi.

5 Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan Dengan Mudah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Strategi-strategi Dasar Trading Komoditas]

 

Lantas, mengapa strategi ini turut dianjurkan? Mengingat tingginya permintaan pasar, tentu produksi barang atau jasa akan terus meningkat. Penambahan kuantitas akan mempengaruhi keuntungan yang masuk ke kas perusahaan.

Semakin banyak produk atau jasa baru yang digunakan oleh konsumen, tentu makin meningkat pula angka penjualannya. Secara langsung, keuntungan yang didapat juga meningkat tajam.

Setelah keuntungan meningkat, keuangan Anda akan terus bertambah. Pengaturan keuangan yang baik sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari hal-hal tak terduga dalam masalah keuangan Anda.

Aplikasi Finansialku membantu Anda dalam mengelola keuangan pribadi maupun bisnis. Dengan bergabung dengan aplikasi, Anda bisa mendapatkan konsultasi dengan Perencana Keuangan Bersertifikat kami.

Ayo gabung sekarang! Download aplikasinya secara gratis di Google Play Store dan rasakan manfaatnya! Anda bisa klik banner di bawah ini.

 

#4 Memperluas Jangkauan Pasar

Setiap usaha tentu memiliki pangsa pasar masing-masing, contohnya saja mobil sport untuk kalangan pecinta mobil dan ekonomi atas. Mengenali target pasar membantu perusahaan menjangkau konsumen yang tepat.

Hal ini turut mempengaruhi media promosi yang kerap dilirik oleh target pasar. Selain memperkenalkan produk, promosi juga bertujuan menjangkau konsumen baru.

Perusahaan tentu tidak hanya terpaku pada pelanggan lama saja, namun perlu peningkatan konsumen.

Penambahan jumlah konsumen akan membantu meningkatkan jumlah keuntungan. Hanya saja tidak semua konsumen loyal, sehingga butuh penanganan lebih lanjut.

Di sinilah peran semua lini perusahaan dibutuhkan. Tidak hanya para karyawan marketing dan public relation, tetapi seluruh karyawan perusahaan.

 

#5 Targetkan Penjualan Besar

Promosi masih jadi cara efektif menarik perhatian para pelanggan. Anda harus memanfaatkan betul promosi untuk meningkatkan penjualan setiap bulannya.

Bila perlu, promosikan barang atau jasa melalui media sosial atau internet. Cara promosi ini jauh lebih efektif di zaman sekarang. Mengingat kemajuan teknologi mampu menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

5 Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan Dengan Mudah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Selain itu, lakukan inovasi terkini pada produk atau jasa perusahaan. Kreativitas mutlak dibutuhkan bagi para pengusaha baru maupun lama.

Sebagian besar perusahaan ternama mampu bertahan dengan cara-cara inovatif. Contohlah strategi tersebut untuk menjual produk atau jasa dalam angka tinggi.

 

Cobalah Strategi di Atas untuk Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Untuk para pengusaha pemula, jangan pernah bergantung pada salah satu strategi saja. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk meningkatkan keuntungan.

Di awal, keuntungan tidak harus jadi patokan utama. Fokus pada pengembangan perusahaan yang dapat mempermudah Anda mencapai tujuan.

Dengan begini, Anda tidak lagi merasa sulit mencapai target tertentu ke depannya. Biar tidak merasa sulit menjalani semua strategi tersebut, tetapkan niat dan konsisten dalam memajukan perusahaan.

Bagaimanapun, Anda butuh fokus pada tujuan awal membangun perusahaan.

Jika perlu, lakukan semua strategi dan upaya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Jangan mudah putus asa, sebab semua usaha memang butuh proses dan perjuangan yang tidak mudah.

 

Jadi, strategi manakah yang akan Anda lakukan terlebih dahulu? Untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel bermanfaat ini kepada sesama pengusaha. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rishna Maulina. 15 Agustus 2019. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan Dengan Mudah. Jurnal.id – http://bit.ly/2me2L5P

 

Sumber Gambar:

  • Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan 01 – http://bit.ly/2lIe7yx
  • Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan 02 – http://bit.ly/2kIsjYf
  • Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan 03 – http://bit.ly/2kcnje3
  • Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan 04 – http://bit.ly/2lPmQ28