Kisah Sukses Rishi Shah Bersama Startup Besutannya

Bagaimana kisah sukses Rishi Shah bersama dengan startup besutannya?

Rishi shah menjadi seorang miliarder berkat kepintarannya membaca peluang usaha. Outcome Health, sebuah perusahaan rintisan (startup) yang digawangi oleh Rishi Shah telah berhasil menjadikannya kaya dan terkenal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Berkat Startup Miliknya, Rishi Shah Jadi kaya Raya

Rishi Shah merupakan pria kelahiran tahun 1985 yang memiliki kekayaan sebesar US$3,6 miliar (Rp47,88 triliun) dan menjadi pria terkaya nomor 69 versi Forbes dari bisnis teknologi kesehatan.

Kekayaannya tersebut bukan berasal dari warisan, melainkan dari perusahaan startup miliknya yang dinamai Outcome Health.

Perusahaan ini membuat aplikasi kesehatan berbasis layar sentuh seperti tablet dan iPad di ruang tunggu dokter.

Outcome Health telah membawa Rishi Shah menjadi salah satu pria yang menginspirasi banyak orang. Di perusahaan Outcome Health, Rishi merupakan pendiri sekaligus chief executive officer (CEO).

Kisah Sukses Rishi Shah Bersama Startup Besutannya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Jimmy Wales, Pendiri Wikipedia]

 

Seperti dilansir oleh Kontan.co.id, Selasa (10/10/17):

“Perusahaan ini membuat aplikasi konten kesehatan berbasis layar sentuh seperti tablet atau iPad untuk ruang tunggu dokter dan rumahsakit.”

 

Aplikasi Outcome Health ini bermanfaat bagi pasien yang tengah menunggu giliran pemeriksaan dokter.

Dengan demikian, sebelum diperiksa oleh dokter, sedikit banyak pasien menjadi tahu penyakitnya dari hasil diagnosis Outcome Health.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Terbiasa dengan dunia kesehatan melatarbelakangi Rishi untuk membuat Outcome Health. Rishi Shah merupakan anak seorang dokter penyakit dalam atau endokrinologi dari India bernama Upendra Shah.

Seperti dikutip Suntimes.com, Sonal Shah, ibu Rishi Shah mengatakan, anaknya sejak kecil terbiasa mengenal dunia kedokteran. Dia juga dikenal sebagai seorang pemasar yang baik.

Rishi tidak tumbuh besar di India, tetapi di Chicago, Amerika Serikat. Rishi menyelesaikan SMA di Hinsdale Central High School, Illinois.

Setelah itu, pria kelahiran 1985 ini melanjutkan kuliah di kota yang sama yaitu Northwestern University. Namun karena terlalu fokus berbisnis, Rishi tidak menuntaskan kuliahnya.

Kisah Sukses Rishi Shah Bersama Startup Besutannya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Dwayne Johnson, “The Rock”]

 

Puutus kuliah bukan membuat Rishi hidup terpuruk, justru setelah tak ada beban kuliah, Rishi semakin piawai membaca peluang bisnisnya. Rishi terinspirasi mengembangkan perusahaan startup kesehatan ini karena saudara perempuannya menderita diabetes.

Rishi kemudian berpikir harus ada informasi yang tepat agar kesehatan pasien terus terjaga. Dan terciptalah ide untuk mengembangkan aplikasi kesehatan yang menyediakan informasi kepada pasien, berbasis tablet layar sentuh yang ditempatkan di ruang tunggu dokter.

 

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Outcome Health. Aplikasi besutan Rishi sangat bermanfaat. Aplikasi ini membuat interaksi antara dokter dan pasien menjadi lebih baik.

Selain itu, teknologi perangkat lunak yang dikembangkan Rishi bisa menghasilkan keuntungan dari iklan yang ditampilkan.

Mengutip Forbes, pada 2016 lalu, salah satu pendapatan terbesar Outcome Health berasal dari iklan industri farmasi yang mencapai US$ 200 juta (Rp2,66 triliun).

Rishi tak menyangka pencapaiannya bisa seperti saat ini, setidaknya aplikasi Outcome Health sudah ada tersedia di 40.000 ruang tunggu dokter. Itu artinya aplikasi ini sudah ada di 20% total ruang dokter di Amerika Serikat.

 

Outcome Health Besutan Rishi Shah Semula Sempat Tak Dilirik

Pada awal pembuatan aplikasi Outcome Health, Rishi sempat pesimis karena tidak banyak orang yang meliriknya, seiring berkembangnya informasi mengenai manfaat aplikasi besutannya ini, semakin banyak pula Investor yang berinvestasi di perusahaan Rishi.

Dengan motto mengembalikan kesehatan pasien, Outcome Health berhasil menarik banyak pengiklan dari pengelola rumah sakit, produsen makanan sehat, perusahaan asuransi, dan perusahaan farmasi.

Tak sampai disitu, saat ini, saham total dari para investor telah mencapai 80% saham Outcome Health, menjadikan kekayaan Rishi terus bertambah seiring peningkatan valuasi perusahaan startup besutannya.

Kisah Sukses Rishi Shah Bersama Startup Besutannya 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Iman Usman, Pendiri Ruangguru.com]

 

Seperti dilansir oleh Kontan.co.id, Selasa (10/10/17):

“Outcome Health tercatat sudah mendapatkan beberapa pembiayaan dari investor. Beberapa investor yang telah menanamkan dananya di perusahaan Rishi di antaranya Goldman Sachs, Capital G, Pritzker Group.”

 

Investor tersebut tercatat telah menyuntik dana sebesar US$600 juta (Rp7,98 triliun). Tak cukup sampai di situ, pendanaan lain juga telah diguyurkan oleh Groupon pada 2011 silam dengan nilai US$950 juta (Rp12,635 triliun).

Dari beberapa pendanaan tersebut, Outcome Health saat ini tercatat merupakan salah satu perusahaan teknologi kesehatan dengan valuasi mencapai US$ 5,6 miliar (Rp74,48 triliun).

Dari perkembangan bisnis yang dilakukan plus suntikan dana dari investor, bisnis Rishi semakin berkembang.

Tercatat pada Agustus 2017 lalu, berdasarkan hitungan Forbes, Rishi merupakan miliarder dengan kekayaan senilai US$3,6 miliar (Rp47,88 triliun).

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Terus Update Menjadi Rahasia Rishi Shah Dalam Mengembangkan Startup Besutannya

Teknologi menjadi kunci utama Rishi Shah untuk meningkatkan layanan dan bisnis. Selalu melakukan update pada teknologi yang dimiliki menjadi salah satu faktor pendorong berkembangnya startup milik Rishi.

Mengutip pemberitaan Forbes pada awal tahun 2017, Rishi mengembangkan program interaktif untuk meningkatkan waktu riset dan seleksi dalam uji klinis. Sebab pada saat itu, proses riset uji klinis untuk kepentingan medis membutuhkan biaya yang cukup besar.

Kisah Sukses Rishi Shah Bersama Startup Besutannya 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Justin Bieber, Penyanyi Internasional (Plus Rahasia Sukses)]

 

Aplikasi Outcome Health membantu proses pemberian obat dan layanan kepada agar lebih cepat.

Manfaat besar lainnya dari aplikasi ini yaitu mampu menekan biaya yang harus dikeluarkan rumah sakit untuk proses uji klinis.

Penerapan teknologi dalam bidang kesehatan ini, menurut Rishi, bisa meningkatkan angka harapan hidup pasien.

Manfaat lainnya, Outcome Health menawarkan materi edukasi mengenai kesehatan yang sangat dibutuhkan pasien yang bersangkutan. Hal ini dapat menghemat waktu bagi sang dokter untuk memberikan penjelasan kepada pasiennya.

 

Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Galvan Yudistira. 10 Oktober 2017. Kaya Raya Berkat Aplikasi Informasi Kesehatan. Kontan.com – https://goo.gl/VA7QCL
  • Galvan Yudistira. 11 Oktober 2017. Bisnis Rintisan yang Awalnya Tak Dilirik. Kontan.com – https://goo.gl/M9dByz
  • Galvan Yudistira. 13 Oktober 2017. Terus Update Teknologi Untuk Mudahkan Konsumen. Kontan.com – https://goo.gl/TvWYhH

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Rishi Shah – https://goo.gl/CyNJKr dan https://goo.gl/GeQBNA
  • Rishi Shah – https://goo.gl/cUwKxT dan https://goo.gl/CJbois
  • Rishi Shah Outcome Health – https://goo.gl/D1uk9S

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-10-21T12:04:13+00:00 October 21st, 2017|Categories: Tokoh|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download