Mari dapatkan inspirasi dari kisah sukses Iman Usman, pemuda berprestasi, pendiri Ruangguru.com. Simak kisah sukses Iman Usman melalui rubrik berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Mengenal Iman Usman

Muda, berjiwa sosial, memiliki segudang prestasi dan pencapaian. Perkenalkan, dialah Muhammad Iman Usman atau yang kerap dipanggil Iman Usman, pendiri Ruangguru.com.

Jika melihat keberhasilan yang ia capai dengan segudang prestasi akademik bahkan hingga mendapatkan beasiswa S2 ke Amerika Serikat, nampaknya Iman Usman adalah anak seorang yang berada dan berpendidikan dengan segala fasilitas serta kenyamanan yang ia dapatkan.

Kisah Sukses Iman Usman, Pendiri Ruangguru.com 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji UMR, Bagaimana Cara Mengatur Keuangannya dan Cara Investasi?]

 

Namun, anggapan itu salah sepenuhnya. Iman Usman merupakan anak laki-laki bungsu satu-satunya, dimana orangtua Iman Usman tidak pernah mengenyam pendidikan hingga bangku kuliah.

Lingkungan masa kecilnya bahkan pendidikan yang ia peroleh di kota Padang, Sumatera Barat, tergolong tradisional dan sederhana.

 

Jiwa Sosial Tinggi Sejak Usia Masih Terbilang Mini

Pemuda asli kelahiran kota Padang ini memiliki jiwa sosial yang tinggi sejak ia masih berusia sangat kecil.

Tak disangka, Iman Usman adalah anak yang unik.

Anak bungsu dari 6 bersaudara ini mengawali tulisan blog-nya sejak ia masih duduk di bangku SD.

Jiwa sosialnya yang tinggi muncul sejak kecil, ketika ia meluncurkan sebuah organisasi nirlaba pertamanya di usia 10 tahun.

Organisasi itu bertujuan mengajar teman sebaya tanpa memungut biaya. Sungguh anak yang langka bukan?

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Iman Usman, Jiwa Sosial Tinggi dengan Segudang Prestasi

Iman Usman kecil memang dikenal sebagai anak yang sangat peduli dengan sesama.

Bagaimana tidak?

Saat masih kecil, ia sangat prihatin dengan teman seusianya yang tidak memiliki buku.

Iman Usman kecil memiliki ide untuk membantu teman-teman yang kurang mampu membeli buku dengan menyimpan rak bukunya di depan teras rumah.

Ia dengan sengaja meletakkan rak buku dengan setiap koleksi buku bacaannya di teras depan rumah agar teman-temannya dapat membaca buku tanpa harus membeli.

Sungguh perbuatan yang mulia, bukan? Anak usia 10 tahun sudah memiliki keterbebanan sosial yang mendalam terhadap sesama, dialah Iman Usman.

Kisah Sukses Iman Usman, Pendiri Ruangguru.com 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Liliane Bettencourt, Pendiri L’Oreal]

 

Selain itu, ia juga menerima sumbangan buku dari teman-temannya agar dapat dibaca oleh anak-anak yang tinggal di sekitar rumah Iman Usman.

Oleh karena idenya yang sangat mulia itu, Iman Usman mendapatkan penghargaan bergengsi oleh karena mempromosikan dan juga memperjuangkan hak-hak anak.

Berbagai penghargaan serta pencapaian yang ia raih selama di bangku sekolah dan kuliah, diantaranya adalah:

  • Penghargaan sebagai Pemimpin Muda Indonesia tahun 2008 dari Presiden Republik Indonesia.
  • Penghargaan United Nations Youth Assembly Recognition on Humanitarian Development.
  • Penghargaan Mandialogo Junior Ambassador for Intercultural Dialogue oleh DAIMLER dan UNESCO.
  • Peraih nilai Ujian Nasional tertinggi jurusan IPS di kota Padang.
  • Siswa berprestasi di provinsi Sumatera Barat pada tahun 2008.
  • Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Indonesia tahun 2012.
  • Mahasiswa Berprestasi Utama Tingkat Nasional tahun 2012.

 

Torehan prestasi dan semangat membara untuk menggapai ilmu seakan tak kunjung padam.

Setelah lulus dari pendidikan di FISIP jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Indonesia, Iman Usman melanjutkan pendidikan magister di Columbia University dan meraih IPK tinggi, yaitu 3,99.

Kisah Sukses Iman Usman, Pendiri Ruangguru.com 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial]

 

Sambil menyelesaikan kuliah S2 nya yang dirampungkan hanya dalam waktu 10 bulan, Iman Usman juga bekerja aktif sebagai perwakilan Amerika Serikat pada Yayasan Cinta Anak Bangsa Internasional.

 

Inspirasi Dari Dunia Maya Dimutasi ke Dunia Nyata

Berawal dari kesenangannya pada tokoh Harry Potter, perjalanan hidup Iman Usman di dunia nyata nampaknya dipengaruhi oleh film yang mendunia karya J.K. Rowling ini.

Iman Usman kecil merupakan penggemar berat Harry Potter. Demi membaca buku novel Harry Potter, ia memaksa dirinya untuk belajar Bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan ia tidak sabar menunggu buku terjemahan novel tersebut dalam Bahasa Indonesia.

Selain itu, Iman Usman juga memanfaatkan internet untuk browsing dan juga melakukan chatting dengan komunitas Harry Potter di berbagai belahan dunia serta memainkan game yang merupakan adaptasi dari novel Harry Potter.

Kisah Sukses Iman Usman, Pendiri Ruangguru.com 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Gibran Rakabuming Raka, Pendiri Markobar]

 

Layaknya film dan novel Harry Potter, game tersebut mengisahkan tentang sekolah bernama Hogwarts yang berisi para penyihir fiksi. Game tersebut mengharuskan pemainnya untuk meningkatkan level permainannya.

Dalam game tersebut, Iman Usman yang tadinya memiliki level seorang murid, kemudian meningkatkan level-nya hingga pengajar bergelar professor Astronomi.

Melalui game inilah, Iman Usman menemukan passion sebagai seorang pengajar.

Setelah ia merampungkan gelar master bidang pendidikan di Columbia University dengan pencapaian IPK 3,99 yang sangat membanggakan, Iman Usman mendirikan Ruangguru.com bersama dengan sahabatnya, Adamas Belva Devera untuk membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Startups Ruangguru.com merupakan sebuah perusahaan digital di bidang pendidikan dan juga teknologi – Edtech.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Berdirinya Ruangguru.com

Kepeduliaannya terhadap dunia pendidikan membuat Iman Usman ingin meningkatkan taraf pendidikan di negeri tercinta, Indonesia.

Keyakinan Iman Usman yang kuat bahwa pendidikan merupakan kendaraan mencapai impian sekaligus keterbebanannya terhadap kondisi pendidikan di Indonesia membuatnya mendirikan sebuah Edtech, Ruangguru.com.

Ketika siswa tidak mendapatkan pendidikan yang dirasa berkualitas di sekolah umum, mereka akan mencari sumber pendidikan lain di luar sekolah.

Selain itu, ujian yang seringkali membuat para siswa tertekan malah membuat mereka menginginkan waktu untuk belajar tambahan melalui les privat.

Kisah Sukses Iman Usman, Pendiri Ruangguru.com 06 - Finansialku

[Baca Juga: Call Center BPJS Ketenagakerjaan 1500910, Jawab Cepat Pertanyaan Anda Seputar BPJS]

 

Di sinilah Ruangguru.com hadir untuk memberikan solusi terhadap kebutuhan akan guru privat online.

Salah satu peluang yang ditangkap oleh Iman Usman untuk membangun marketplace bagi guru privat ini terbersit ketika ia menemukan hanya sedikit tempat bimbingan belajar yang terdaftar di Indonesia.

Di samping itu, hanya 3 tempat bimbingan belajar ternama di Tanah Air yang hanya memiliki sekitar 200-300 ribu siswa yang tergabung.

Oleh sebab itu, ia membangun marketplace bagi guru privat bernama Ruangguru.com dengan proses yang lebih transparan dan cara pemberian rating, review serta mempermudah prosedur dalam pembayarannya.

 

Cara Kerja Ruangguru.com

Ruangguru.com menawarkan varian paket bimbingan belajar. Salah satu paket yang ditawarkan adalah paket regular berisi 8 jam dengan biaya Rp100 ribu per jamnya.

Siswa yang terdaftar diberikan kesempatan untuk mencoba free trial untuk pertemuan pertama.

Dengan adanya free trial tersebut, siswa dapat memutuskan apakah mereka akan melanjutkan pelajaran dengan pengajar yang telah ia pilih atau beralih kepada pengajar lainnya.

Kebanyakan siswa yang terdaftar di Ruangguru.com memiliki minat les privat di bidang mata pelajaran matematika dan Bahasa Inggris. Tak tanggung-tanggung, setidaknya 65% pasar Ruangguru.com didominasi oleh permintaan les privat 2 mata pelajaran tersebut.

Kisah Sukses Iman Usman, Pendiri Ruangguru.com 07 - Finansialku

[Baca Juga: Terbaru! TKI Malaysia dan TKW Hong Kong Bisa Terima Jaminan Hari Tua, karena Mereka Bakal Ikut BPJS Ketenagakerjaan]

 

Dari harga paket Rp800 ribu yang ditawarkan kepada siswa, sebesar 20% dari setiap nilai transaksi akan dimasukkan ke dalam kas Ruangguru.com.

Jika siswa membayar Rp800 ribu, maka Ruangguru.com akan mengambil Rp160 ribu saja dan sisanya akan diserahkan sebagai honor bagi guru privat yang bersangkutan.

Retention rate Ruangguru.com terbilang tinggi, sebesar 70%.

Dengan kata lain, para siswa yang mendaftarkan diri dan mencoba paket bimbingan belajar merasa sangat cocok dengan kualitas pembelajaran yang diberikan oleh guru privat online dari Ruangguru.com. Oleh sebab itu, mereka memutuskan untuk berlangganan.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Inovasi Startup Ruangguru.com

Ruangguru.com merupakan sebuah platform bimbingan belajar privat yang berkembang pesat di ranah teknologi pendidikan.

CEO Ruangguru.com, Iman Usman berambisi untuk meningkatkan mutu dari platform pendidikan bangsa ini dengan menyempurnakan mobile dan fitur-fitur terbaru dari Ruangguru.com.

Salah satu inovasi yang merupakan ide cemerlang Iman Usman adalah siswa dapat mengirimkan hasil jepretan foto dari soal yang mereka sedang kerjakan, misalnya soal PR (Pekerjaan Rumah) mereka.

Kisah Sukses Iman Usman, Pendiri Ruangguru.com 08 - Finansialku

[Baca Juga: Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus: Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja)]

 

Foto soal tersebut dikirimkan melalui aplikasi oleh siswa dan algoritma pencocokan akan mencari guru privat yang mungkin dapat menyelesaikan soal tersebut serta mengirimkan notifikasinya.

Selain itu, inovasi penting lainnya yang dikembangkan oleh Ruangguru.com adalah pertumbuhan platform persiapan ujian para siswa.

Persiapan ujian seperti tes TOEFL dan juga tes persiapan Ujian Nasional dapat dilakukan dengan menyelesaikan setiap soal yang diberikan secara online.

 

Investasi Ventura Capital untuk Ruangguru.com

Melihat gagasan cemerlang dari pendiri Ruangguru.com dalam mengembangkan kualitas pendidikan melalui Edtech membuat Ventura Capital menginvestasikan dananya.

Dikabarkan dana yang diinvestasikan menembus angka US$2 juta – US$5 juta atau sekitar Rp27,5 miliar – Rp68,7 miliar.

Ventura Capital yang berfokus di Asia Tenggara terhubung dengan Lippo Group, konglomerat Indonesia, dimana salah satu partner-nya adalah John Riady, Direktur Lippo Group.

 

Anak Bangsa Bikin Bangga

Iman Usman memang salah satu anak bangsa yang mengharumkan negeri dan berdedikasi untuk mengembangkan pendidikan di Tanah Air.

Tekad, semangat, jiwa sosial dan rasa kepeduliaannya memang patut untuk diacungi jempol.

 

Inilah kisah sukses Iman Usman. Bagaimana dengan kisah sukses Anda? Bagikan pengalaman inspiratif Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

Anda juga dapat membagikan artikel di atas kepada rekan-rekan dan kenalan Anda agar mereka terinspirasi melalui kisah sukses Iman Usman.

 

Sumber Referensi:

  • Esa Putra Tanjung. 1 April 2017. Biografi Singkat Iman Usman, Pendiri Ruangguru.com. Waktuku.com – https://goo.gl/YxfvcZ
  • Nadine F. 29 Januari 2016. Bagaimana Harry Potter Menginspirasi Iman Usman Menjadi Entrepreneur. Techinasia.com – https://goo.gl/RiWwuN
  • Nike Putri. Iman Usman: Membangun Startup itu Susah. Skystarventures.com – https://goo.gl/zzfeq4

 

Sumber Gambar:

  • Iman Usman, Pendiri Ruangguru.com – https://goo.gl/ZqXaXC dan https://goo.gl/NFKXdW
  • Iman Usman – https://goo.gl/jUMMuC dan https://goo.gl/BgBNkF
  • Kisah Sukses Iman Usman – https://goo.gl/RURwLR dan https://goo.gl/Z9uFHq
  • Iman Usman di Columbia University – https://goo.gl/ZYfjQx
  • Pendiri Ruangguru.com – https://goo.gl/BLUoY4

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang