Simak lika-liku perjalanan sukses Ruben Onsu dalam membangun bisnis kerajaan kulinernya yang bisa menjadi inspirasi. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Dibalik Kisah Sukses Ruben Onsu – Jadi Petugas Kebersihan

Setiap orang punya lika-liku kehidupannya masing-masing, seperti Ruben Onsu. Selebritis tajir yang dikenal masyarakat dengan banyolan dan candaannya yang khas itu ternyata dulu pernah mendapati dirinya sebagai seorang petugas kebersihan.

Dalam sebuah wawancara, Ruben Onsu mengungkapkan pengalamannya sebelum menjadi seorang artis terkenal dan punya kekayaan tajir melintir.

Dia bercerita, sekitar tahun 90-an menjelang tahun 2000, ia sempat bekerja sebagai petugas kebersihan di salah satu hotel berbintang di ibukota, Jakarta.

Kisah Sukses Ruben Onsu, Pemilik Bisnis Geprek Bensu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Gofar Hilman dari Anak Jalanan Hingga Pengusaha Sukses]

 

Dengan penghasilan bersih Rp350.000 satu bulannya, ia tetap bekerja melakukan bagiannya dengan tanggung jawab asalkan itu halal. Menurutnya, ini adalah bagian dari proses hidupnya sebelum dia sukses menjadi seorang artis terkenal.

Dalam proses hidupnya, Ruben pernah memiliki mimpi untuk dapat berguna bagi bangsa dengan mengurangi tingkat pengangguran.

Dan alhasil, seperti yang kita ketahui bersama, kini Ruben bisa mempekerjakan ribuan orang di Tanah Air melalui usaha kuliner yang hingga kini tengah booming dan menjadi tempat mengais rejeki bagi orang-orang yang menjadi karyawannya.

 

Bisnis Geprek Bensu Milik Ruben Onsu

Proses kehidupan dari nol membuat seseorang terus belajar akan pentingnya nilai-nilai hidup dan kesuksesan, demikian juga Ruben, sang artis sekaligus presenter yang sudah dikenal se-antero Tanah Air, bahkan dirinya telah merajai bisnis kuliner melalui bisnisnya Geprek Bensu.

Dengan jerih lelah dan melewati proses jatuh bangun dalam pekerjaannya, kini Ruben mampu membuktikan dirinya sebagai artis ternama yang tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi dengan bisnis kulinernya Geprek Bensu yang dikabarkan mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi ribuan orang.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Ruben bersama dengan sang adik, Jordi Onsu pada awalnya mendirikan tempat kuliner dengan nama Warung Besar yang kemudian namanya meluas dan terciptalah Geprek Bensu.

Nama geprek terinspirasi ketika ia sedang berada di Yogyakarta dan ia melihat ada nama gadai geprek. Itulah kenapa ia menamai bisnis kulinernya ini dengan nama Geprek Bensu.

Kedainya ini sudah tercecer kota-kota besar di Pulau Jawa, di antaranya Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang dan Surabaya.

Dikabarkan bahwa Ruben telah memiliki 7 jenis bisnis kuliner yang semuanya tergabung dalam PT Onsu Pangan Perkasa yang dibangun bersama adik dan istrinya, Sarwendah.

 

Pengalaman Pahit Ruben Onsu Dalam Merintis Bisnis

Sukses merajai dunia kuliner ternyata tak lepas dari berbagai pengalaman pahit, jatuh bangun yang menyakitkan. Ruben sempat diterpa kabar miring soal isu pesugihan memakan korban sehingga ia harus rela kehilangan banyak karyawannya.

Menurut kabar, ada karyawannya yang dijadikan tumbal.

Selain itu, dikabarkan juga bahwa salah satu tempat kulinernya yang berada di daerah Fatmawati sempat mengalami kebakaran pada bulan Juli 2019 silam.

Insiden kebakaran tersebut berasal dari kebocoran gas dan sang api tak bisa dipadamkan sehingga merembet ke tempat lain.

Kisah Sukses Ruben Onsu, Pemilik Bisnis Geprek Bensu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Via Vallen, Penyanyi Beken Indonesia]

 

Alhasil kerugian yang besar pun ditanggung oleh Ruben. Tak hanya itu, ada 1 orang korban dalam insiden si jago merah yang melahap gerai Geprek Bensu miliknya.

Banyak kejadian mistis juga yang mewarnai perjalanan bisnis Ruben di mana banyak karyawannya yang mengalami kesurupan massal.

Belum lagi insiden pemukulan yang dilakukan oleh salah seorang pegawai Geprek Bensu kepada seorang pengendara ojek online yang terjadi karena kesalahpahaman.

Itu semua menjadi pengalaman serta duka yang dialami Ruben dari sekian banyak pengalaman suka duka dalam membangun kerajaan bisnisnya.

 

Impian & Harapan Ruben Onsu Memberi Lapangan Pekerjaan

Kerajaan bisnis keluarga Ruben Onsu pun semakin membesar, pasalanya sang istri, Sarwendah juga membuka bisnis kulinernya dengan nama Resep Sarwendah dan Sarwendah Juice yang dipasarkan via akun Instagram.

Bisnis kopi pun tak ketinggalan dijamah keluarga Ruben Onsu termasuk bisnis kue di kota Semarang yang ia namai Semarang Thal Cake.

Ruben Onsu berharap setiap bisnis yang ia jalankan ini dapat menjadi sarana untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat menolong orang-orang yang membutuhkan seperti impiannya sebelum sukses dulu.

 

Itulah cerita kehidupan bisnis Ruben Onsu yang kini menjadi inspirasi bisnis kuliner di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share, ya. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Warta Ekonomi. 18 Juli 2019. Lika-Liku Hidup Ruben Onsu, dari Sengsara Kini Raja Bisnis Kuliner Indonesia. Wartaekonomi.co.id – https://bit.ly/35l3dmY
  • Astri Agustina. 17 November 2019. Deretan Kisah Penuh Perjuangan Ruben Onsu Bangun Bisnis Kuliner dari Nol. Merdeka.com – https://bit.ly/3m4Iav3
  • Tribun Style. 22 Mei 2020. Ruben Onsu Ternyata Hanya Ambil Untung Rp 1.000 Dari Bisnis Ayam Geprek, Ini Alasan Suami Sarwendah. Tribunnews.com – https://bit.ly/3k0kiqt
  • Kompas. 02 Oktober 2018. Sebelum Sukses seperti Sekarang, Ruben Onsu Pernah Jadi Petugas Kebersihan. Entertainment.kompas.com – https://bit.ly/32eMct0

 

Sumber Gambar:

  • Ruben 1 – https://bit.ly/366ofWX
  • Ruben 2 – https://bit.ly/2RVx8um