Sudahkah Anda mengetahui kisah sukses Tiger Woods hingga menjadi pemain golf ternama Amerika Serikat seperti sekarang?

Yuk semua yang penasaran, cari tahu perjalanan sukses Tiger Woods yang pastinya bisa menjadi inspirasi sukses Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Awal Kesuksesan Tiger Woods

Siapa yang tidak kenal dengan pemain golf ternama Amerika Serikat, Tiger Woods?

Tapi meski namanya sudah sangat dikenal terutama di dunia golf profesional, masih belum banyak yang pernah mendengar kisah kesuksesannya. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, jangan lewatkan kisah hidupnya berikut ini.

Woods mulai menekuni olahraga golf sejak umur 6 tahun. Ketika menginjak usia 8 tahun, Woods mulai diundang ke banyak acara TV buat menampilkan kemampuan dan tekniknya dalam bermain golf.

Salah satu acara TV yang mempopulerkan namanya adalah Good Morning America.

Semenjak itu bakat Woods mulai terlihat dan barulah pada saat menginjak jenjang kuliah ia memulai karier golfnya secara profesional.

Selama menjadi mahasiswa di Stanford University pada tahun 1994 hingga 1996, Woods banyak mengikuti turnamen golf tingkat pemula dan berhasil membawa pulang gelar juara.

Hal ini membangkitkan kepercayaan dirinya dan Woods memilih untuk menekuni bidang olahraga ini setelah lulus dari pendidikannya di universitas.

Bakat Woods dalam golf profesional pun tidak diragukan lagi karena hanya dalam kurun waktu setahun, tepatnya tahun 1997, ia menjadi juara turnamen bergengsi dunia The Masters dengan rekor poin 270.

Ini sekaligus mencatatkan dirinya sebagai juara termuda di turnamen profesional tersebut sejak pertama kali digelar pada tahun 1934.

Kisah Sukses Tiger Woods, Pemain Golf Ternama Amerika Serikat 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan!]

 

Pada tahun 2000, Woods meraih enam kemenangan berturut-turut, kemenangan terpanjang sejak 1948. Salah satunya adalah US Open tahun 2000. Pada usia 24, ia menjadi pegolf termuda yang mencapai karier Grand Slam.

Pada akhir 2000, Woods telah memenangi sembilan dari dua puluh Tur PGA, dalam peristiwa tersebut ia masuk dan telah memecahkan rekor untuk rata-rata skor terendah dalam sejarah tur.

Dia juga memenangi empat gelar Major berturut-turut dimulai dari US Open 2000 hingga Masters 2001; peristiwa ini disebut “Tiger Slam”, karena bukan diperoleh “dalam satu musim”.

Cerita selanjutnya adalah catatan sejarah yang pastinya diketahui seluruh penggemar golf di seluruh dunia. Pada era 1997- 2010, Tiger Woods menjadi kekuatan yang sangat dominan di dunia golf.

 

Jatuh dalam Keterpurukan

Tiger Woods merupakan pemain golf yang mendominasi tahun 1990 an hingga 2000 an dengan prestasinya.

Woods berhasil memegang rekor 15 shot ketika memenangkan AS Open tahun 2000. Ia juga menjadi pegolf dengan peringkat atas dunia selama 281 minggu berturut-turut untuk pertama kalinya.

Namun bukan berarti kesuksesan terus mengikuti langkah Woods, dirinya pun pernah mengalami keterpurukan hingga memutuskan untuk hiatus dari dunia golf pada tahun 2009.

Kisah Sukses Tiger Woods, Pemain Golf Ternama Amerika Serikat 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Hendy Setiono Pendiri Kebab Baba Rafi, 2 Outlet di 2003 Jadi Lebih Dari 1200 Outlet di 2015]

 

Apa yang terjadi pada Woods hingga menghancurkan karier yang sudah dibangunnya berpuluh-puluh tahun?

Finansialku akan mengajak Anda semua untuk belajar bangkit dari keterpurukan dan masalah hidup melalui kisah sukses Tiger Woods ini.

Masalah Tiger Woods bermula dari permasalahan rumah tangganya. Kilas balik rumah tangganya adalah saat Woods menikah dengan model asal Swedia bernama Elin Nordegren di tahun 2004.

Pernikahan mereka dikaruniai 2 orang anak bernama Sam Alexis yang lahir pada tahun 2007 dan Charlie Axel di 2009.

Awalnya rumah tangga dan karier Woods seolah sejalan. Namun pada tahun 2009, karier Woods hancur seketika saat skandal perselingkuhannya diketahui oleh istrinya.

Kasus ini sangat terekspos oleh media akibat reaksi sang istri saat mengetahui perselingkuhan Woods. Seperti Anda ketahui, Elin Nordegren berusaha mengejar suaminya yang hendak pergi dari rumah dengan membawa tongkat golf.

Woods yang membawa mobil akhirnya tidak sengaja menabrak bagian depan rumahnya sendiri. Saat tabrakan terjadi dan mobil terhenti, tanpa pikir panjang Elin langsung memecahkan kaca mobilnya.

Kejadian bagai drama ini langsung menjadi santapan media saat itu. Keadaan semakin memburuk saat satu per satu selingkuhannya bersedia bersaksi di beberapa media Amerika Serikat.

Per tahun 2010, pernikahan keduanya pun berakhir di meja hijau akibat isu perselingkuhan. Woods langsung hancur di mata dunia dan hal ini tentunya mempengaruhi karier golf profesionalnya.

Selain kariernya yang rusak, Woods juga mengalami depresi karena mengalami kecanduan seks dan narkoba.  Beberapa kali ia terlihat tengah berada di klinik kesehatan untuk mengatasi kecanduannya ini.

Pasca kejadian tersebut, namanya langsung tenggelam dan popularitasnya memudar seiring waktu.

Lebih buruknya lagi pada pertengahan 2017, nama Tiger Woods kembali mencuat. Bukan dengan alasan yang baik, melainkan dengan sesuatu yang lebih buruk.

Dia ditahan kepolisian lalu lintas karena dianggap menyetir dalam keadaan mabuk. 

Saat dibebaskan dengan jaminan, Tiger Woods merasa perlu membela diri. Dia mengaku tidak ditahan karena mengendarai mobil setelah minum minuman keras atau narkotika. Tiger Woods membela diri:

“Obat-obatan pereda nyeri di punggung saya terlalu keras dan efeknya masih terasa ketika saya mengendarai mobil.”

 

Kisah Sukses Tiger Woods, Pemain Golf Ternama Amerika Serikat 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Steve Chen, Salah Seorang Pendiri Youtube]

 

Namun setelah diusut, ternyata Woods mengkonsumsi banyak obat pereda sakit. Tiger Woods pun diketahui memiliki penyakit saraf terjepit sehingga menyebabkannya harus menjalani berkali-kali operasi tulang belakang.

Ini yang menyebabkan dia terlihat seperti orang mabuk ketika ditahan polisi.

Tidak ada yang tahu dan peduli apa yang menjadi langkah selanjutnya bagi Woods pasca keterpurukannya. Dunia seolah melupakannya dan tidak mencari tahu lagi tentangnya.

Namun siapa sangka Woods bukanlah seorang yang mudah menyerah. Dirinya berhasil bangkit dari keterpurukan ini meski membutuhkan waktu cukup lama, yakni mulai tahun 2018.

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Woods Bangkit dan Berdiri Kembali

Pemilik nama asli Eldrick Tont Woods yang lahir pada tanggal 30 Desember 1975 di kota Cypress, California ini memang seorang “tiger”.

Woods membuktikan bahwa vonis dokter serta pandangan masyarakat akan kariernya tidak bisa menghentikannya untuk bangkit berdiri dari segala masalah yang menghantuinya.

Pada tahun 2018 silam, Woods berhasil menjadi juara turnamen tingkat dunia The Masters yang berlokasi di wilayah Georgia, Amerika Serikat. Hadiah yang diterimanya mencapai US$2 juta atau Rp28 miliar.

Berita ini pun sontak menjadi halaman utama di beberapa media seluruh dunia dan disambut baik oleh para penggemarnya.

Kisah Sukses Tiger Woods, Pemain Golf Ternama Amerika Serikat 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia!]

 

Ini menandakan kemenangan ke-80 milik Woods setelah paceklik selama 5 tahun.  Ia merebut gelar ke-80 dalam kariernya dengan mengungguli Rory McIlroy dan Bryson DeChambeau.

Tiger kini hanya terpaut dua gelar juara dari Sam Snead, yang memegang rekor gelar PGA terbanyak.

Saat ditanya mengenai perasaannya kembali memperoleh gelar juara, Tiger dengan rendah hati menjelaskan:

“80 adalah angka yang besar. Saya telah duduk di 79 selama sekitar lima tahun yang lalu, sekarang untuk mendapatkan 80 rasanya sangat baik.”

 

Woods juga yakin bahwa kemenangannya tidak berakhir di angka 80. Saat ditanya mengenai peluangnya mengejar Sam Snead, Woods berujar:

“Mungkin saya bisa terus menang dan mengunggulinya.”

 

Armen Keteyian, penulis biografi Tiger Woods, mengatakan, sulit memang mengharapkan Tiger Woods kembali merajai lapangan golf.

Namun Armen menjelaskan, kehebatan Woods bukanlah karena bisa kembali menjuarai sebuah turnamen, namun bagaimana Woods bisa bangkit dari kondisi terburuknya. Armen mengatakan:

“Tapi, setidaknya dia berhasil memenangi cobaan kehidupan. Dia sekarang sudah banyak berubah dibanding saat saya menulis buku biografinya. Dia lebih tersenyum dan terbuka, terlihat mencoba mencintai setiap momen hidup ini.”

 

Woods juga belajar bahwa mengatasi masalah bukan hanya dengan mencoba melupakannya.

Tiger Woods harus berupaya berdamai dengan segala problem yang dia jalani sebelumnya, mulai kekacauan rumah tangga, kegilaan seks, hingga cedera yang tiada berakhir dengan sebuah tindakan.

Hal ini dipertegas dengan ucapan dari legenda NBA Michael Jordan:

“Dia memang berusaha keras untuk menghapus semua problem itu. Dia mencoba tidak mengingatnya lagi, cuma memang bukan itu caranya.”

 

Anda juga bisa menonton video tips sukses dari Michael Jordan melalui channel Youtube Finansialku berikut:

 

Anda juga Bisa Sukses!

Bagaimana? Apakah kisah sukses Tiger Woods berhasil menginspirasi Anda? Jika Woods yang pernah jatuh ke titik terendah dalam hidupnya pun bisa kembali bangkit berdiri dan menapak langkah kesuksesan kembali, mengapa Anda tidak?

Kita semua bisa sukses, selama kita tekun dan cerdas dalam menjalaninya. Jadi, penting untuk membekali diri Anda selalu dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi minat Anda.

Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus online dari Aplikasi Finansialku.

Jadi, disini Anda akan memperoleh kursus online, artinya Anda dapat mengakses pelatihan manajemen keuangan Finansialku melalui smartphone dan langsung dapat dipraktikkan.

Pelatihan ini menggabungkan antara konsep dan cara praktis dalam penerapannya.

Adapun tujuan dari kursus online ini adalah sebagai berikut:

  1. Anda dapat mengetahui dan mempraktikkan cara mengurus keuangan yang benar.
  2. Anda dapat mulai merencanakan keuangan untuk tujuan jangka pendek, menengah dan panjang.
  3. Anda dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan dengan perencanaan keuangan. 

 

Bagaimana dengan cara kerjanya? Cara kerja kursus online-nya gampang sekali kok, yaitu sebagai berikut:

  1. Selesaikan Video: Tonton seluruh video (34 video, 2 jam 38 menit) pelatihan manajemen keuangan dan pelatihan perencanaan keuangan.
  2. Selesaikan Tugas: Selesaikan setiap tugas yang terdapat di masing-masing materi sub bab. 
  3. Dapatkan Sertifikat: Dapatkan sertifikat digital setelah Anda menyelesaikan pelatihan tersebut.

Anda dapat mengakses 34 video dengan tema pelatihan manajemen keuangan dan pelatihan perencanaan keuangan dalam bahasa Indonesia dengan durasi hingga 2 jam 38 menit.

Anda juga akan memperoleh membership Aplikasi Finansialku versi full premium untuk 1 tahun.

Dan seperti yang banyak ditanyakan orang, bagi Anda yang sudah memiliki membership di Aplikasi Finansialku, maka membership Anda akan di upgrade dan/atau diperpanjang masa aktifnya.

Semua itu dapat Anda peroleh dengan harga Rp350.000 saja loh! Dijamin worth it deh dengan semua benefit yang bisa Anda dapatkan.

Anda juga bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU sehingga Anda hanya perlu membayar Rp300ribu rupiah untuk upgrade Aplikasi Finansialku versi premium tahunan.

Yuk langsung ikuti kursus online-nya!

 

Apakah Anda mengetahui kisah sukses entrepreneur lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda juga ya! Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Christantio Utama. 26 April 2019. 10 Tahun Berlalu Skandal Perselingkuhannya, Ini Kisah Tiger Woods Juarai The Masters. Moneysmart.id – http://bit.ly/2XS4eMJ
  • Admin. 9 Agustus 2018. Langkah Tiger Woods Memenangi Cobaan Kehidupan. Sports.sindonews.com – http://bit.ly/2XhzKqF
  • Admin. 25 September 2018. Kisah Tiger Woods Kembali Juara Setelah 5 Tahun Paceklik Gelar. Sport.tempo.co – http://bit.ly/31BqLA1
  • Admin. Tiger Woods. Id.wikipedia.org – http://bit.ly/2Zs07aP

 

Sumber Gambar:

  • Tiger Woods 1 – http://bit.ly/2MRvI45
  • Tiger Woods 2 – http://bit.ly/2IO4sOS
  • Tiger Woods 3 – http://bit.ly/2KmMBBP
  • Tiger Woods 4 – http://bit.ly/2ZzUEPl
  • Tiger Woods 5 – https://econ.st/2RpiHxA