Kenapa klaim asuransi mobil saya ditolak? Tentunya proses klaim asuransi mobil yang cepat dan mudah jadi pertimbangan saat memilih asuransi.

Namun, jangan lupakan juga prosedurnya agar proses lancar.  Mari kita simak bagaimana cara klaim asuransi mobil agar cepat dan mudah.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Klaim Asuransi Mobil Ditolak? Kok Bisa?

Para pembaca, pada kesempatan kali ini Finansialku akan mengajak Anda melihat kasus klaim asuransi mobil yang ditolak. Belum lama ini Finansialku menerima curhatan dari Bapak D berbunyi sebagai berikut:

“Finansialku, saya D dari Jakarta. Mau tanya kalau klaim asuransi mobil itu sebenarnya harus gimana sih? Kok saya selalu kesulitan setiap klaim? Rasanya prosesnya dibuat ribet dan bertele-tele, belum lagi ujung-ujungnya ditolak. Tolong pencerahannya.”

Nah, untuk menjawab pertanyaan Bapak D di atas, Finansialku ingin menjabarkan beberapa alasan klaim asuransi mobil bisa ditolak. Adapun beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut:

 

#1 Dokumen Klaim Tidak Lengkap

Nah, ini nih alasan paling umum saat terjadi penolakan klaim. Alasannya sederhana, dokumen klaim tidak lengkap. Jadi, jika ingin proses klaim asuransi mudah dan cepat, sebaiknya periksa kembali dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Pastikan dokumen harus lengkap, mulai dari fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan STNK, dan tentu saja formulir pengajuan klaim.

Surat keterangan dari polisi juga dibutuhkan bila terjadi kerusakan berat. Selain itu, foto juga menjadi salah satu bukti saat hendak mengajukan klaim ke asuransi.

Inilah Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak, Siapkan Dokumennya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Keliling Eropa? Ketahui Dahulu Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen]

 

#2 Polis Sedang Tidak Aktif (Lapse)

Alasan kedua yaitu karena polis sedang tidak aktif. Polis asuransi bisa berada dalam keadaan tidak aktif karena beberapa kondisi, misalnya saat pembayaran premi asuransi jatuh tempo karena telah melewati masa tenggang.

 

#3 Klaim Dilakukan Setelah Lewat dari Batas Waktu yang Ditetapkan

Kesalahan lainnya yang menyebabkan klaim ditolak adalah tidak segera melaporkan kerusakan/kerugian yang diderita terhadap perusahaan asuransi.

Perhatikan bahwa perusahaan asuransi selalu memberikan batas waktu tertentu untuk pengurusan klaim (misalnya 3×24 jam). Lewat dari batas waktu tersebut, klaim bisa ditolak.

 

#4 Pengemudi Melakukan Pelanggaran Hukum

Alasan lain yang mungkin menyebabkan klaim asuransi mobil ditolak adalah bila pemegang polis melakukan tindakan melanggar hukum.

Misalnya, bila ia memiliki asuransi jenis comprehensive kemudian mobilnya kecelakaan karena mengemudi ugal-ugalan atau melanggar lalu lintas.

Hal yang sama juga berlaku bila pemegang polis tidak memiliki SIM saat berkendara, parkir di sembarang tempat, dan mabuk.

Inilah Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak, Siapkan Dokumennya! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

#5 Wilayah Kejadian di Luar Kontrak

Polis asuransi mungkin saja memasukkan klausul mengenai wilayah ke dalam kesepakatan. Jika demikian, maka klaim hanya dilayani bila kejadian terjadi di wilayah tertentu saja.

Bila seseorang mengasuransikan kendaraannya di Indonesia dan polis menyatakan klaim hanya bisa diajukan bila ia kecelakaan di Indonesia, berarti klaim akan ditolak bila ia mengalami kecelakaan di luar negeri.

 

#6 Ada Unsur Kesengajaan

Klaim yang jelas akan ditolak adalah klaim yang mengandung unsur kesengajaan.

Misalkan tertanggung sengaja menabrakkan mobilnya ke mobil lain, memukul kendaraannya agar penyok atau sengaja menerjang banjir yang dapat membuat mobilnya mogok akibat mesin mengalami kemasukan air (water hammer).

 

#7 Kerusakan Terjadi Sebelum Diasuransikan

Saat tertanggung mengajukan klaim, perusahaan asuransi akan melakukan survei dan foto sebagai bukti.

Namun jika mobil sudah mengalami kerusakan sebelum diasuransikan, maka dipastikan klaim akan batal atau tidak ditangguhkan perusahaan.

 

#8 Tidak Melaporkan Tambahan Aksesori

Perlu Anda ketahui, setiap penambahan aksesori mobil harus dilaporkan ke perusahaan asuransi dan melampirkan nilai pertanggungan aksesori tersebut, agar jika terjadi klaim maka aksesori tersebut dapat di-cover oleh perusahaan asuransi.

Untuk penambahan NSA (Non Standard Accessories) akan dikenakan rate yang sama dengan yang dikenakan pada kendaraan dan akan dikalikan dengan nilai NSA tersebut untuk mendapatkan nilai premi yang perlu ditambahkan.

Penambahan premi sebatas sisa periode yang belum dijalani.

 

Kesimpulan

Asuransi mobil atau kendaraan lainnya akan berguna dalam perjalanan sehingga Anda bisa menikmati perjalanan dengan tenang dan nyaman.

Namun Anda harus tahu betul beberapa penyebab klaim asuransi mobil ditolak agar bisa memanfaatkan asuransi dengan baik dan benar.

Dengan mengetahui berbagai penyebab klaim asuransi mobil ditolak di atas, kini Anda bisa menikmati benefit asuransi mobil secara maksimal.

Inilah Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak, Siapkan Dokumennya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, Anda bisa konsultasikan dengan ahli keuangan mengenai asuransi mobil Anda. Terhubunglah dengan perencana keuangan melalui aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini adalah aplikasi perencanaan keuangan pertama di Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Download aplikasinya sekarang, ya.

playstore icon
appstore icon

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara klaim asuransi perjalanan? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga membutuhkan informasi serupa. Terima kasih!

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Administrator. 04 Januari 2019. Alasan Umum yang Membuat Klaim Asuransi Mobil Anda Ditolak. Gardaoto.com – https://bit.ly/2FvyfxN
  • Administrator. 29 November 2016. Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak. Asuransiastra.com – https://bit.ly/3h2c67X
  • Dini Arining Tyas. 02 April 2019. 9 Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak. Tosia.com – https://bit.ly/3kRz6sD

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://bit.ly/2PYwuew
  • Asuransi 2 – https://bit.ly/2PUmAdV
  • Asuransi 3 – https://bit.ly/344QWCH