Apa saja komoditas yang menjadi penyebab inflasi? Yuk, ketahui daftar komoditas penyebab inflasi yang harus diketahui.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Komoditas Penyebab Inflasi

Pembahasan tentang pertanian dalam artian yang luas tidak akan ada habis-habisnya sepanjang waktu, tahun, ataupun masa.

Perspektif yang seringkali muncul terkait dengan hal pertanian tersebut adalah berpusat pada ketersediaan pangan yang menjadi kebutuhan langsung dan pokok masyarakat.

Beberapa komoditas yang menyebabkan inflasi adalah:

  1. Beras
  2. Kedelai
  3. Jagung
  4. Cabai
  5. Bawang merah
  6. Gula
  7. Daging

 

Komoditas-komoditas yang disebutkan diataslah yang menjadi faktor kelangkaan di musim-musim tertentu. Sehingga, hal tersebut memberikan dampak kepada inflasi atau kenaikan harga.

Inflasi dari sudut pandang kepentingan masyarakat merupakan indikator ekonomi yang paling langsung berhubungan dengan masyarakat.

Dengan inflasi yang tinggi maka akan menyulitkan banyak masyarakat. Bahkan, inflasi yang tinggi akan menurunkan daya beli masyarakat khususnya bagi mereka yang memiliki penghasilan rendah.

10+ Komoditi Pertanian Unggulan Indonesia yang Siap Diekspor 03 (2)

[Baca Juga: 10+ Komoditi Pertanian Unggulan Indonesia yang Siap Diekspor]

 

Dengan menurunnya daya beli masyarakat yang memiliki pendapatan rendah maka akan menurunkan kesejahteraan. Hal ini juga dapat meningkatkan kemiskinan.

Selain itu, inflasi yang tinggi juga akan menambah parah ketimpangan pemerataan atau distribusi pendapatan dimana akan membuat orang kaya semakin kaya sedangkan orang miskin semakin miskin.

Bahkan orang kaya biasanya memiliki beberapa aset yang nilainya justru akan naik ketika inflasi tinggi. Beberapa asetnya misalnya tanah dan bangunan. Sedangkan orang miskin biasanya hanya memiliki uang tunai saja yang nilainya malah semakin turun.

Oleh karena itu, orang miskin atau berpenghasilan tetap dan rendah akan semakin dirugikan dengan timpangnya distribusi pendapatan karena inflasi yang tinggi.

Dengan begitu, maka inflasi merupakan indikator ekonomi yang harus dikendalikan dengan baik.

Mengenal Trading Options (Kontrak Opsi) Pasar Komoditas untuk Pemula 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Belajar Trading Komoditi Untuk Pemula? Ingat Saja 4 HAL Penting Ini!]

 

Di sisi lain, faktor kelangkaan 7 komoditas tersebut selalu menjadi masalah nasional yang pada akhirnya mengarah pada komoditas politis.

Namun, sayangnya berbagai pihak masih selalu menyalahkan pemerintah khususnya kementerian tertentu sampai saling lempar tanggung jawab terhadap masalah tersebut.

Gejolak harga serta kelangkaan dari komoditas-komoditas tersebut sekan-akan menjadi sebuah rutinitas yang kemudian menimbulkan reaksi dari kementerian tertentu. Misalnya, dengan melakukan peninjauan ulang tentang kelangkaan dan kenaikan harga tersebut.

Pada akhirnya, debat serta diskusi publik mengarah pada aspek teknis dan non teknis mengapa terjadi kelangkaan terhadap komoditas-komoditas tersebut.

Padahal, secara geografis iklim sudah mendukung serta ketersediaan lahan juga susah sangat luas secara nasional.

 

Untuk diskusi aspek teknis, lebih mengarah pada hal budidaya dan rantai pasar atau pasok komoditas. Sedangkan untuk diskusi non teknis, mengarah pada faktor iklim atau faktor eksternal petani.

Di sisi lain, pada kenyataannya negara-negara lain dapat mengatasi faktor teknis dengan pendekatan pola tanam, introduksi teknologi baik varietas serta paket teknologi. Sedangkan untuk faktor non teknis, bisa diantisipasi dengan penanaman secara berkala.

Dalam kata lain penanaman tidak serentak. Penanaman dilakukan pada lokasi dan waktu yang berbeda.

 

Regulasi Nasional untuk Menyikapi Faktor Teknis

Untuk menyikapi faktor teknis yang sudah disebutkan diatas maka pemerintah melalui Kementrian Pertanian terutama pada Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Dirjen Hortikultura dan Dirjen Tanaman Pangan serta melibatkan Kementerian Perdagangan sudah membuat regulasi nasional. Beberapa regulasi nasional dibuat melalui:

 

#1 Maksimalisasi Penggunaan dan Pemanfaatan Lahan Pertanian

Regulasi pertama adalah maksimalisasi penggunaan serta pemanfaatan lahan pertanian yang optimal dan sub optimal.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi serta produktivitas komoditas-komoditas penyebab inflasi tersebut secara nasional.

 

#2 Meningkatkan Peran dan Kontribusi Riset

Regulasi selanjutnya adalah meningkatkan peran dan kontribusi riset tentang peningkatan produktivitas.

Hal ini dilakukan melalui penciptaan Varietas Unggul Baru (VUB) beserta paket teknologi pendukungnya.

 

#3 Melakukan Koordinasi dengan Seluruh Pihak

Koordinasi dengan seluruh pihak juga perlu dilakukan termasuk koordinasi dengan stakeholder pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta militer.

Hal ini dilakukan untuk mendukung tercapainya kegiatan tersebut terutama pada hal peningkatan produktivitas komoditas.

 

#4 Melakukan Perbaikan dan Revitalisasi Rantai Pasok Atau Tata Niaga Pasar

Regulasi yang terakhir adalah dengan melakukan perbaikan serta revitalisasi rantai pasok atau tata niaga pasar. Langkah yang dilakukan adalah dengan memutus atau merasionalisasi jalur menjadi lebih efektif dan efisien.

Dengan begitu, maka dapat menekan kenaikan harga. Selain itu, juga dapat membantu meningkatkan pendapatan petani.

Golden Rules Penakluk Berbagai Pasar Komoditas 01 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk! Kenalan dengan Investasi]

 

Regulasi–regulasi tersebut dilakukan oleh pemerintah untuk membantu menekan serta mengurangi gejolak harga. Selain itu, regulasi juga dilakukan untuk mengantisipasi langkanya komoditas pada waktu-waktu tertentu.

Setelah melakukan berbagai regulasi-regulasi tersebut, maka beberapa komoditas seperti padi, jagung, bawang, serta cabai sudah menunjukkan hasilnya.

Hasilnya adalah peningkatan produksi secara nasional serta mampu meredam potensi kenaikan harga di masyarakat.

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Kemudian, komoditas yang akan menjadi prioritas selanjutnya adalah kedelai, daging, dan tebu. Dimana komoditas-komoditas tersebut juga memiliki peran yang mendasar terhadap kenaikan harga yang terjadi di pasar.

Oleh karena itu, Kementerian Pertanian melalui grand design dan road map pembangunan pertanian 2045 menjadikan ketiga komoditas tersebut sebagai fokus berikutnya dari tahun 2017.

Mau Belajar Trading Komoditi Untuk Pemula Ingat Saja 4 HAL Penting Ini 2 (1)

[Baca Juga: Pahami Kelebihan dan Risiko Trading Forex ini Sebelum Memutuskan Memulai Trading]

 

Apabila permasalahan utama dari komoditas tersebut sudah teratasi dengan baik maka, ada langkah-langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh pemerintah.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan peran serta kontribusi dari komoditas lainnya terutama yang non pangan.

Beberapa komoditas non pangan yang dimaksud adalah seperti perkebunan, mekanisasi, serta paska panen.

Walaupun dalam operasionalnya, kegiatan tersebut bersamaan atau tidak terpisah tapi dari sisi anggaran yang sudah ada masih difokuskan pada penataan serta peningkatan 7 komoditas penyebab inflasi tersebut.

Diharapkan permasalahan utama dalam pembangunan pertanian mampu terselesaikan satu persatu dengan melalui pendekatan atau regulasi yang sudah ada saat ini.

 

Mengetahui Komoditas Penyebab Inflasi

Sekarang setelah membaca artikel diatas, Anda sudah mengetahui apa saja komoditas yang menjadi penyebab inflasi, serta upaya apa saja yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengantisipasinya.

Dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah diharapkan Indonesia dapat memiliki inflasi yang cukup stabil. Selain itu, diharapkan berbagai permasalahan utama dalam pertanian juga dapat terselesaikan dengan baik.

Tidak perlu jauh ke masalah inflasi, kita juga perlu untuk mengatasi masalah keuangan pribadi. Pengaturan keuangan yang baik bisa mencegah masalah kedepannya.

Aplikasi Finansialku hadir untuk membantu Anda mengatur keuangan Anda. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store segera.

 

Jadi, komoditas mana yang paling sering Anda konsumsi? Yuk, berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang sudah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan sehingga semakin banyak orang yang mengetahui komoditas apa saja yang menjadi penyebab inflasi. Semoga artikel ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Mr. Sae. 2020. Menyiasati 7 Komoditas yang Menjadi Penyebab Inflasi. Kompasiana.com – https://bit.ly/3acuTKt
  • Dr. Nugroho S.BM, M.Si. 28 Januari 2019. Komoditas Penyebab Inflasi. Koran-Jakarta.com – https://bit.ly/2Urahrf