Dalam komunitas drone, Anda bisa menemukan banyak orang yang mengoleksi drone. Bagaimana caranya komunitas ini mengatur keuangan?

Yuk… simak artikel berikut ini untuk mendapat inspirasi dari mereka.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Komunitas Drone Mengatur Keuangan

Mengoleksi kamera jenis drone tentu sebuah hobi yang membutuhkan biaya dalam jumlah banyak, sebab untuk satu unit drone dengan kualitas biasa saja bisa memiliki harga jutaan rupiah.

Lalu bagaimana jadinya jika membeli drone dengan kualitas tinggi atau membeli dalam jumlah yang cukup banyak? Tentu akan menguras kantong bukan?

Namun hal ini ternyata tidak menjadi alasan bagi anggota komunitas drone untuk berhenti dari hobinya ini!

Jadi apa sebenarnya rahasia mereka sehingga tetap dapat menggeluti hobi yang termasuk mahal ini? Berikut rahasianya!

 

#1 Pandai Mengatur Keuangan

Tentu tidak ada yang salah jika Anda memiliki hobi yang mahal, selama hobi tersebut tidak merugikan diri Anda sendiri, apalagi sampai membuat keuangan Anda menjadi tidak dapat terkontrol.

Untuk itu, bagi yang mempunyai hobi mahal, Anda sangat perlu mengatur keuangan Anda dengan benar.

Anda perlu memisahkan dana yang akan digunakan untuk memenuhi pembiayaan hobi dengan dana untuk keperluan yang lainnya, sehingga keuangan Anda tidak habis hanya untuk memenuhi satu kebutuhan saja, sedang kebutuhan lainnya menjadi tidak diperhatikan dan malah akhirnya membuat keuangan Anda tidak teratur.

Jangan Diskip! Ini Cara Atur Keuangan Ala Komunitas Drone Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Mengatur Keuangan Meski Gaji Minim, Bisa Banget Lho!]

 

Lalu bagaimana caranya agar keuangan dapat diatur dengan baik? Jawabannya ialah Anda perlu membuat anggaran bulanan mulai dari sekarang!

Dengan adanya anggaran bulanan maka Anda dapat mengontrol berapa jumlah uang yang akan Anda gunakan untuk setiap kebutuhan maupun untuk memenuhi biaya hobi Anda.

Hal ini dapat Anda lakukan pada kertas ataupun komputer, hanya saja media ini kurang efisien untuk dibawa kemana-mana sehingga Anda belum tentu dapat melakukan pengecekan setiap saat.

Maka dari itu, Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi keuangan yang dapat digunakan melalui ponsel Anda.

Gunakan Aplikasi Finansialku! Di sini terdapat fitur anggaran yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan anggaran bulanan Anda.

Tentu saja, Anda juga bisa membuat jenis anggaran lainnya seperti pajak, tabungan dan investasi, cicilan, premi asuransi, sedekah atau donasi, dan juga kebutuhan pokok rumah tangga hingga berbagai jenis pembayaran lainnya.

Bagaimana… Sangat bermanfaat bukan? Maka tunggu apa lagi? Anda bisa langsung download sekarang juga.

playstore icon
appstore icon

 

#2 Jadikan Hobi Sebagai Salah Satu Sumber Penghasilan

Tidak kalah penting dengan tips yang pertama, Anda juga dapat menjadikan hobi Anda sebagai salah satu sumber penghasilan Anda! Sangat menarik bukan? Anda bisa melakukan hal yang Anda senangi sekaligus mendapat uang dari hal tersebut.

Seperti misalnya dengan pengoleksi drone, mereka dapat menggunakan hal ini dalam bidang produksi video, foto, atau bahkan dalam industri perfilman.

Peluang yang dimiliki juga tentu sangat besar, sebab biasanya untuk pengambilan video pada lokasi yang sulit biasanya drone sangat dibutuhkan.

Atau bahkan jika belum ada yang menawarkan untuk menggunakan jasa Anda, Anda dapat berkarya sendiri dengan membuat video-video yang menarik.

Terdapat cara lain yang bisa Anda ambil untuk menghasilkan uang, seperti misalnya menjadi konten kreator di YouTube atau mungkin di sosial media seperti Instagram.

 

#3 Membuat Perencanaan Keuangan

Pengoleksi drone biasanya tidak hanya memiliki satu unit drone saja, tetapi biasanya memiliki beberapa atau setidaknya dua atau tiga, belum lagi atribut-atribut lain yang digunakan agar karya yang dihasilkan menjadi lebih bagus.

Lalu bagaimana caranya agar bisa membeli barang-barang mahal tersebut?

Jawabannya ialah dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik!

Apabila Anda termasuk orang yang memiliki uang banyak, mungkin Anda dapat membelinya dengan mudah, tetapi bagi yang memiliki penghasilan tidak terlalu banyak dan masih memiliki tanggungan lainnya, maka Anda perlu menabung terlebih dahulu.

Namun Anda tidak hanya asal menabung saja, tetapi Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa harga benda tersebut, dan dalam berapa lama Anda akan membelinya.

Dengan demikian, Anda bisa menentukan berapa jumlah dana yang perlu Anda tabung setiap bulannya khusus untuk membeli barang tersebut.

Nah… untuk mempermudah Anda, Aplikasi Finansialku juga memiliki fitur Dana Membeli Barang yang bisa membeli simulasi perhitungan untuk membeli barang tersebut. Itulah alasannya mengapa Anda perlu banget menggunakan Aplikasi Finansialku mulai dari sekarang.

Mau Beli iPhone XS Max 05a Aplikasi 1 - Finansialku

 

Ketahui dan Lakukan

Nah… sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan ala komunitas drone Indonesia.

Selain sekedar mengetahui, alangkah jauh lebih baik lagi jika Anda juga melakukan hal yang sama seperti mereka.

 

Mau tahu lebih lanjut seputar pengaturan keuangan? Finansialku punya nih tipsnya untuk Anda!

 

Sekian pembahasan kita kali ini, dan apabila Anda memiliki pendapat, Anda dapat menulisnya di kolom komentar.

Dan jangan lupa membagikan Artikel ini ke siapapun juga, agar mereka dapat mengatur keuangan dengan baik.

 

Sumber Gambar:

  • Drone Indonesia 01 – https://bit.ly/2TvhdE6
  • Drone Indonesia 02 – https://bit.ly/2WVXqA0