Apa pengertian ekonomi politik itu? Ternyata, ada beberapa hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam menyikapinya sesuai zaman lho!

Simak ulasan lengkapnya dengan baca artikel Finansialku ini sampai habis ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apakah Ekonomi Politik Itu?

Ekonomi politik menjadi kegiatan sehari-hari dalam kehidupan seperti di mana politik (pemerintahan) mempengaruhi aktivitas sebuah pasar (ekonomi) begitu juga sebaliknya.

Keduanya saling terikat dan memberi kekuatan masing-masing untuk keberlangsungan aktivitas tersebut.

Lalu bagaimana Konsep Ekonomi Politik Indonesia dari Masa orde lama dan baru sampai dengan sekarang? Mari kita simak mendalam.

 

Informasi Penting Tentang Ekonomi politik

Ekonomi politik adalah mengaitkan seluruh penyelenggaraan politik, yang dikaji lebih spesifik yakni menyoroti interaksi antara faktor-faktor ekonomi dan politik, namun istilah ekonomi politik selalu merujuk pada adanya interaksi antara aspek ekonomi dan politik.

Lebih lanjut lagi, berikut adalah timeline ekonomi politik di Indonesia.

 

#1 Saat Orde Lama

Kondisi ekonomi saat itu sangat kritis ditandai dengan tingginya inflasi saat itu, berkisar 732% pada tahun 1964-1965 dan 697% pada tahun 1965-1966.

Karena terjadinya hal tersebut akhirnya Bank Dunia memberikan pinjaman untuk pertama kalinya kepada negara di luar Eropa pada tahun 1948.

Negara berkembang yang ingin menjadi negara maju kala itu sudah berencana dalam membentuk sebuah rencana ekonomi terpusat dan tahun 1950 rasa antusias meninggi untuk melakukan perencanaan yang ekstensif.

Negara Indonesia mulai melakukan pinjaman kepada Bank Dunia atau bisa disebut juga dengan IMF (International Monetary Fund) pada tahun 1950-an dan pertengahan 1953 Indonesia resmi menjadi anggota.

Ekonomi Islam Definisi, Prinsip, Manfaat dan Contohnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Sistem Ekonomi Fasisme yang Dianut Saat Perang Dunia I]

 

Pada bulan November 1945 Indonesia mendapati masalah blockade ekonomi dari Belanda untuk menutupi aktivitas perdagangan luar negeri RI dengan tujuan agar Indonesia terjadi kerusuhan dan kekacauan karena rakyat yang tidak percaya lagi dan menekan Indonesia agar bisa dikuasai kembali.

Di zaman itu, sempat dialami juga kas Negara yang kosong. Hal ini diakibatkan kegiatan ekonomi di masa penjajahan.

 

#2 Orde Baru

Pada Orde ini pemerintahan Indonesia berusaha pada upaya penyelamatan ekonomi nasional terutama pada usaha yang mengendalikan naik turunnya inflasi, penyelamatan dan pengamanan keuangan negara serta keperluan pokok rakyat.

Oleh karena itu dilakukan sistem etatisme (Segalanya diatur oleh pemerintah) dengan harapan akan membawa kemakmuran bersama di segala aspek social, politik, dan ekonomi.

Ekonomi Global 02 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Kapitalisme Adalah]

 

Namun, kebijakan ekonomi yang dipilih pemerintah di masa itu belum membuahkan hasil yang memuaskan, antara lain:

  • Devaluasi pada 25 Agustus 1959 menurunkan nilai uang
  • Pembentukan Deklarasi Ekonomi (DEKON)
  • Devaluasi pada 13 Desember 1965 membuat uang senilai Rp 1.000 menjadi Rp 1.
  • Pelita I-V
  • Kebutuhan dasar dan infrastruktur bidang pertanian.
  • Meningkatkan pembangunan di luar Jawa, Bali, dan Madura.
  • Menekan bidang industri padat karya untuk ekspor.
  • Menciptakan lapangan kerja baru dan industri.
  • Menekankan bidang transportasi, komunikasi dan pendidikan.

 

Ebook Perencanaan Keuangan Untuk MAHASISWA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

#3 Dari Reformasi Hingga Presiden Megawati Soekarnoputri

Pada masa Presiden B.J. Habibie, Ia berusaha untuk mendapatkan kembali komunitas negara-negara penyumbang untuk pemulihan ekonomi.

Pada masa Presiden Abdurrahman Wahid, dibentuk Dewan Ekonomi Nasional (DEN) dengan tugas memecahkan masalah ekonomi Indonesia yang belum pulih sepenuhnya.

Pada masa Megawati Soekarnoputri, mulai mengalami kemajuan walau masih ada beberapa kebijakannya yang jadi kontroversi.

 

#4 Masa Presiden SBY Sampai Joko Widodo

Pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sudah mulai membaik dengan rata-rata 5% per tahun. Namun bencana alam dan beberapa kebijakan menjadi kontroversial.

Pada masa Presiden Jokowi Widodo, tahun 2015- 2018 mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi sampai 5,17%, namun pada tahun 2019 menjadi 5,02%. Dan saat ini nilai uang Indonesia menjadi Rp 14.712 dari 1$.

 

Menyikapi Kebijakan Ekonomi Pemerintah Sebagai Warga Negara

Ternyata, kebijakan ekonomi politik dari periode ke periode sangat berbeda-beda. Oleh karena itulah, maka kita yang hidup di zaman pemerintahan mana pun harus lebih luwes dan terus meng-update ilmu pengetahuan.

Tujuannya adalah agar tetap bisa mendapatkan kecukupan finansial dan tidak sampai melakukan pekerjaan yang melanggar kebijakan politik sesuai zamannya.

Dengan demikian, kesuksesan pun mudah diperoleh dan lebih banyak hal bisa dilakukan untuk membantu orang banyak.

 

Bagaimana dengan pendapat Anda tentang informasi penting di atas? Sebarkan ilmu bermanfaat ini pada orang terdekat agar bisa melek sejarah ekonomi, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Faisal basri. Ekonomi Politik. Faisalbasri.com – https://bit.ly/31t0sOp
  • Admin. Ekonomi Politik. Mapcorner.wg.ugm.ac.id – https://bit.ly/31nBSOO