Apakah Anda sudah siap menyambut harbolnas? Sudahkah Anda mengetahui mengetahui konsep flash sale yang benar?

Agar Anda tidak menjadi konsumtif saat flash sale, mari simak artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Konsep Flash Sale

Harbolnas (hari belanja online nasional) merupakan hal yang paling di tunggu-tunggu oleh banyak orang. Apakah Anda salah satunya? Pada bulan ini harbolnas akan jatuh pada hari rabu tanggal 12/12/2018.

Pada harbolnas ini biasanya hampir semua market place seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, OLX, Lazada, dan lain-lain memberikan tawaran yang sangat menarik kepada shoppers.

Tawaran yang sangat menarik tersebut dapat berupa promo, diskon besar-besaran, cash back, voucher belanja, free ongkir, flash sale, dan tawaran-tawaran menarik lainnya.  

Tips Belanja di Supermarket yang Aman Saat Pandemi Corona 03

[Baca Juga: Ketahui Dulu Sejarah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)]

 

Oleh karena itu, banyak orang yang tergiur oleh tawaran yang sangat menarik tersebut. Bahkan karena suatu barang diskon, bisa jadi orang tetap membelinya walaupun ia tidak membutuhkannya. Alhasil ia menjadi orang yang konsumtif.

Sebenarnya, boleh-boleh saja kok jika Anda mau belanja ketika sedang ada promo atau tawaran menarik lainnya. Justru ketika sedang ada promo, flash sale, atau tawaran menariknya merupakan waktu yang tepat untuk Anda berbelanja.

Ketika Anda berbelanja pada saat promo atau flash sale tentunya Anda dapat mendapatkan produk yang Anda inginkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau kan?

Namun, ada baiknya jika Anda tetap bisa mengontrol diri Anda. Yang tadinya mau hemat, bisa menjadi boros karena Anda menjadi kalap untuk berbelanja semua barang-barang diskon yang belum tentu Anda butuhkan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Oleh karena itu, kontrollah diri Anda, jangan membiasakan diri untuk membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan. Bersikaplah dengan bijaksana terhadap terhadap tawaran-tawaran menarik yang ada.

Seperti yang kita ketahui, saat ini flash sale menjadi tawaran yang trending saat ini. Namun, sebenarnya apa itu flash sale? Sudahkah Anda mengetahui apa itu flash sale?

Flash sale adalah sebuah konsep promosi produk kepada konsumen dengan diskon besar dalam waktu yang singkat. Dikarenakan waktu flash sale yang singkat, biasanya flash sale hanya terjadi dalam beberapa jam saja.

Dalam waktu yang singkat inilah para konsumen akan tergerak untuk membeli produk saat itu juga. Selain waktu yang singkat, biasanya jumlah produk yang dijual ketika flash sale juga relatif terbatas.

Oleh karena itu, mau tidak mau jika konsumen mau mendapatkan produk tersebut, mereka harus bersaing dengan konsumen lainnya. Bisa dikatakan siapa cepat dia dapat.

Agar Anda tidak menjadi konsumen yang sangat konsumtif ketika harbolnas tiba, Anda harus memahami beberapa konsep flash sale yang benar. Tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak lanjutan artikel ini ya!

 

5 Konsep Flash Sale yang Benar Agar Anda Tidak Terjerumus Menjadi Konsumtif

Kali ini rubrik Finansialku akan membagikan beberapa konsep flash sale yang benar agar Anda tidak terjerumus menjadi konsumtif. Berikut 5 konsep flash sale yang benar.

 

#1 Mencari Tahu Jadwal Flash Sale

Setelah Anda membuat daftar barang apa saja yang Anda perlukan, Anda bisa mencari tahu kapan jadwal flash sale untuk barang yang Anda butuhkan tersebut.

Biasanya, para e-commerce sudah memiliki jadwal pasti untuk setiap minggunya. Jika Anda ingin mengetahui jadwal spesifik hanya untuk 1 e-commerce saja, Anda bisa langsung masuk kedalam aplikasi tersebut atau mengunjungi website nya.

Siap Menyambut Harbolnas, Begini Konsep Flash Sale yang Benar 02 Flash Sale 2 - Finansialku

[Baca Juga: Promo Harbolnas: Tips Belanja Harbolnas Agar Tetap Hemat]

 

Namun, jika Anda mau mengetahui flash sale hampir di semua e-commerce, Anda bisa melihat jadwalnya di Shopback. Anda dapat melihat jadwal flash sale e-commerce dengan mudah melalui Shopback.

Dengan mengetahui jadwal flash sale, maka Anda bisa mempersiapkan diri ketika flash sale tiba.

 

#2 Memasukkan Produk Flash Sale ke WishList

Biasanya produk flash sale yang spesifik akan diinformasikan beberapa waktu sebelum flash sale tiba.

Dengan mengetahui produk yang Anda butuhkan, maka Anda bisa memasukkan produk-produk di flash sale tersebut dalam kolom wishlist.

Dengan memasukkan produk-produk tersebut ke dalam wishlist, maka Anda hanya akan membeli barang -barang tersebut. Anda menjadi tidak tergiur dengan barang-barang lainnya yang sedang flash sale juga.

728x90 hitung sekarang Catat Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Catat Keuangan

 

#3 Stand by Beberapa Menit Sebelum Flash Sale Dimulai

Anda harus bergerak cepat pada saat flash sale jika Anda mau mendapatkan barangnya. Anda harus stand by 15-20 menit sebelum flash sale dimulai. Biasanya, pihak e-commerce akan memulai flash sale 1-2 menit lebih cepat. Selain itu, sebaiknya Anda tidak masuk ke situs e-commerce saat jam ramai.

 

#4 Straight to he Plan

Jika Anda sudah memilih barang-barang yang berada pada kolom wishlist Anda, maka jangan lihat-lihat barang yang lain lagi ya. Anda harus straight to the plan. Anda harus fokus pada barang yang harusnya Anda dapatkan.

Kalau Anda tidak fokus, bisa-bisa barang yang Anda inginkan malah sudah habis duluan. Selain itu, dengan tidak melihat barang-barang lainnya maka akan membantu Anda agar terhindar dari impulse buying.

Apa itu impulse buying? Secara singkat impulse buying adalah sebuah keputusan tidak terencana untuk membeli barang atau jasa. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang impulse buying Anda bisa membaca artikel Finansialku tentang impulse buying.

Kelas Menengah Indonesia adalah Investor Keuangan Baru - Disposable Income Pengeluaran Buruk Berbelanja - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Impulsive Buying (Pembelian Impulsif) + Solusinya]

 

#5 Memilih Metode Pembayaran yang Tercepat

Ketika flash sale, bukan hanya harus cepat memilih barang, namun Anda juga harus cepat dalam melakukan pembayaran. Jangan sampai pesanan Anda dibatalkan karena Anda telat membayar.

Sudah menunggu-nunggu, sudah rebutan, eh tiba-tiba dibatalkan karena Anda telat bayar, tidak mau begitu kan? Oleh karena itu, Anda harus langsung melakukan pembayaran setelah ­check out.

Anda dapat menggunakan mobile banking (m-banking) atau internet bangking (i-banking) ke virtual account Anda misalnya agar Anda dapat membayar dengan cepat.

Jika Anda masih bingung bagaimana merencanakan pembelanjaan dan keuangan Anda, Anda dapat membaca ebook dibawah ini secara gratis, sehingga Anda dapat merencanakan keuangan Anda lebih tepat dan tidak konsumtif.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Belanja Saat Flash Sale dengan Tepat

setelah mengetahui konsep flash sale yang benar, tentunya Anda dapat memanfaatkan flash sale dengan lebih bijak dan terhindar dari konsumtif. Ingat, usahakan untuk membeli barang yang Anda butuhkan saja.

Jangan mudah tergiur dengan barang-barang yang sedang flash sale lainnya. Jika bukan Anda yang mengontrol diri Anda, lalu siapa lagi? Jadilah pribadi yang bijak saat berbelanja ya.

 

Apakah Anda sudah siap menghadapi harbolnas? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan agar semakin banyak orang yang tidak menjadi konsumtif saat harbolnas tiba. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Andriyani. 11 November 2018. Harbolnas Hari Ini, Pahami Konsep Flash Sale Biar Kamu Nggak Konsumtif. Tribunnews.com – https://goo.gl/jTDFHb
  • Bank Sinarmas. 12 Juli 2018. Flash Sale: Konsep Belanja yang Wajib Kamu Pahami Biar Nggak Konsumtif. Banksinarmas.com – https://goo.gl/9Tggud

 

Sumber Gambar:

  • Flash Sale 1 – https://goo.gl/NmzSge
  • Flash Sale 2 – https://goo.gl/ic5qeh