Kehabisan Ide? Ini Dia Konsep Pernikahan Murah yang Tidak Akan Terlupakan

Apakah benar Anda kehabisan ide? Ada beberapa konsep pernikahan murah yang tentunya tidak akan pernah Anda dan pasangan lupakan.

Apa saja konsep pernikahan murah itu?

Simak pembahasan ini pada rubrik berikut ini. Semoga bermanfaat!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ide Konsep Pernikahan Murah

“Benarkah biaya pernikahan tidak perlu mahal? Apakah benar ada beberapa ide konsep pernikahan murah yang tidak akan merusak parah keuangan Anda?”

 

Begitulah pemikiran dan kegalauan hampir sebagian pasangan orang yang ingin menikah.

Mereka dikhawatirkan dengan biaya pernikahan yang begitu besar ditambah lagi banyaknya tuntutan dari berbagai pihak untuk mengadakan pesta pernikahan yang “harus“ mengundang banyak sanak saudara keluarga dan kerabat atau rekan kerja.

Anda harus mempertimbangkan dan memikirkan semuanya itu. Semuanya kembali lagi kepada anggaran keuangan Anda! Oleh sebab itu, Anda perlu mencari jalan solusi yang terbaik bagi Anda, pasangan dan keluarga Anda.

Kembali lagi kepada makna pernikahan dan esensi pernikahan itu sendiri, Itulah hal yang perlu Anda catat baik-baik dalam memori Anda bersama pasangan.

Pada intinya, pernikahan itu adalah sebuah pembuktian cinta, yaitu cinta kepada Tuhan, cinta kepada keluarga dan cinta kepada pasangan. Hal ini merupakan momen sakral yang perlu dijaga oleh setiap pasangan, termasuk Anda.

Menyiapkan-Biaya-Pernikahan-Setahun-01-Finansialku

[Baca Juga: Cara Menyiapkan Biaya Pernikahan Dalam Waktu 1 Tahun]

 

Untuk melakukan pernikahan sebenarnya, Anda dan pasangan tidak perlu mengeluarkan uang yang besar. Anda bisa menghemat dalam berbagai hal, misalnya undangan, souvenir pernikahan, katering, dekorasi dan penghematan lain sebagainya.

Di zaman sekarang ini, perkembangan zaman semakin bergeser, orang semakin kreatif dan teknologi semakin maju pesat. Hal inilah yang membuat pernikahan tidak perlu menggunakan konsep pernikahan identik dengan proses yang panjang nan mewah.

Siapa sangka, kini pesta pernikahan bisa disaksikan dari jarak jauh tanpa harus datang ke tempat berlangsungnya acara. Ada juga pasangan yang hanya ingin menyelenggarakan pernikahan hanya dengan keluarga terdekat saja. Sebagian pasangan lain yang menyukai travelling, mereka melakukan pernikahan tamasya ke luar daerah bahkan ke luar negeri.

Semuanya itu mungkin sekali untuk dilakukan, bukan?

Selain Dana Pernikahan, Siapkan Juga Dana Perjalanan Bulan Madu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Budget Pernikahan Terbatas? Ketahui 14 Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

 

Sekali lagi! Untuk menggelar pernikahan di usia muda, Anda dan pasangan harus pintar dan cerdas dalam mengelola keuangan dana pernikahan agar sesuai dengan anggaran.

Anda perlu berperan aktif dalam mengontrol semua perencanaan keuangan dari awal perencanaan hingga menjelang hari pernikahan.

Jangan khawatir! Kami akan memberikan beberapa saran dan masukan untuk pasangan muda yang akan menikah, yaitu dengan ide konsep pernikahan murah.

Tanpa panjang dan lebar lagi, berikut ini ada berbagai konsep pernikahan murah yang pastinya tidak pernah Anda lupakan bersama dengan pasangan Anda.

 

#1 Menikah Tamasya

Ada istilah baru yang akhir-akhir ini muncul saat menjelang bulan-bulan pernikahan, yaitu Menikah Tamasya. Pernahkan Anda mendengar istilah itu sebelumnya?

Apa yang dimaksud dengan menikah tamasya? Apa benar menikah sambil tamasya? Ya benar sekali! Istilah unik ini memang menggabungkan dua kata yaitu menikah dan tamasya.

Pasangan yang hendak menikah akan mengajak keluarga mereka untuk menyelenggarakan pernikahan di suatu daerah. Daerah yang dipilih biasanya daerah yang memiliki kenangan bagi pasangan tersebut.

Sambil menikah, Anda bisa merasakan suasana tamasya ke sebuah tempat yang memang Anda dan pasangan sukai. Pengalaman menikah pun tentunya akan lebih berkesan dan lebih bermakna.

Selain itu, prosesi pernikahan Anda akan lebih terasa privat, khusus, dan intim. Pastinya, pernikahan Anda menjadi lebih menyenangkan karena pernikahan Anda diselenggarakan bersama keluarga terdekat di tempat yang memang memiliki kenangan tersendiri bagi Anda dan pasangan.

Kehabisan Ide Ini Dia Konsep Pernikahan Murah 02 Menikah Tamasya - Finansialku

[Baca Juga: 10 Inspirasi Undangan Pernikahan Digital Unik untuk Pasangan Muda]

 

Ternyata konsep pernikahan yang satu ini sedang diminati oleh banyak orang lho. Siapa sih yang tidak suka liburan? Kebanyakan orang lebih menyukai pergi bertamasya ke sebuah tempat sambil berlibur.

Nah, sambil menyelenggarakan pesta pernikahan, konsep ini bisa mengakomodasi keluarga yang ingin berwisata. Ditambah lagi, pasangan pun bisa sekalian bulan madu.

Dengan mengadakan pernikahan dengan konsep unik ini, Anda bisa memangkas anggaran biaya pernikahan yang besar.

  • Pertama, Anda dan pasangan hanya akan mengajak keluarga inti saja. Jadi, dana yang dikeluarkan lebih sedikit. Berbeda halnya jika Anda mengajak orang yang lebih banyak.
  • Kedua, Anda bisa sekalian berbulan madu. Jadi, untuk ongkos tiket dan biaya penginapan beberapa hari bisa diminimalisasi.

 

Kehabisan Ide Ini Dia Konsep Pernikahan Murah 03 Menikah di Bali - Finansialku

[Baca Juga: Selain Dana Pernikahan, Siapkan Juga Dana Perjalanan Bulan Madu]

 

Di Indonesia sendiri, destinasi favorit untuk mengadakan pernikahan tamasya adalah Bali, Lombok, Nusa Tenggara dan beberapa wilayah timur Indonesia.

Ada beberapa artis Indonesia bahkan artis Hollywood yang melangsungkan pernikahannya dengan menggunakan konsep ini. Salah satu contohnya adalah pasangan Hollywood, Chris Hemsworth dan Elsa Pataky yang menikah di Sumba tahun 2010.

 

#2 Mengadakan Pesta di Taman Rumah

Konsep pernikahan murah kedua yaitu mengadakan pesta pernikahan di taman rumah.

Memang, konsep pernikahan ini agak sulit dilakukan di Indonesia, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan.

Beruntung jika Anda memiliki halaman rumah yang cukup luas, tempat ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyelenggaraan acara pernikahan.

Pastinya, Anda akan memangkas biaya sewa gedung yang cenderung mahal. Anda bisa menghemat belasan juta bahkan puluhan juta. Sangat menguntungkan, bukan?

Coba Anda pertimbangkan lagi! Misalnya, untuk menyewa sebuah gedung pernikahan di Jakarta, Anda perlu menghabiskan dana puluhan juta bahkan hingga ratusan juta. Padahal dengan jumlah uang tersebut, Anda dan pasangan bisa menggunakan untuk keperluan lainnya, seperti biaya katering dan biaya lain sebagainya.

Kehabisan Ide Ini Dia Konsep Pernikahan Murah 04 Pesta di Taman - Finansialku

[Baca Juga: Siapkan Biaya Lamaran Pernikahan (Bonus: Tips Menghemat Biaya Lamaran)]

 

Jika Anda tidak punya taman di halaman rumah, maka rumah Anda pun bisa menjadi venue atau tempat untuk resepsi pernikahan Anda.

Anda bisa mengatur barang-barang dan beberapa perabotan rumah Anda supaya dijadikan hiasan dan dekorasi unik di pernikahan Anda. Buatlah dekorasi semenarik mungkin agar resepsi pernikahan Anda lebih meriah dan lebih mewah.

Kembangkan daya kreativitas dan imajinasi Anda untuk membuat pesta pernikahan Anda lebih berkesan.

 

#3 Menyiarkan Langsung Pesta Pernikahan dengan Internet Streaming

Apakah Anda tahu bahwa ada beberapa pasangan selebriti dan orang terkenal di Indonesia yang mengadakan prosesi dan resepsi pernikahan yang disiarkan secara langsung?

Ya, beberapa bulan yang lalu, Indonesia sempat dihebohkan dengan pesta pernikahan pasangan Hamish-Raisa dan Bobby-Kahiyang. Pernikahan mereka disiarkan secara langsung. Akibatnya, banyak orang Indonesia yang dapat melihat dan turut merasakan kebahagiaan mereka.

Pasangan tersebut menggunakan layanan internet streaming untuk menyiarkan proses pernikahan mereka.

Bagi tamu undangan yang tidak bisa hadir dan bagi mereka yang tidak diundang pun masih bisa menyaksikan pesta pernikahan pasangan tersebut.

Kehabisan Ide Ini Dia Konsep Pernikahan Murah 05 Live Recording - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cincin Pernikahan Termahal di Dunia. Tertarik Memilikinya?]

 

Anda dan pasangan pun bisa menggunakan cara ini untuk menghemat anggaran pernikahan. Unik bukan? Cara ini memang jarang sekali orang lakukan. Tapi jika Anda ingin menghemat anggaran pernikahan, kenapa tidak untuk mencobanya?

Anda bisa mengundang tamu sebanyak mungkin untuk menyaksikan proses pernikahan Anda dan pasangan melalui siaran langsung internet streaming.

Selain itu juga, jika ada teman, sahabat, dan kerabat yang tidak bisa hadir di acara pesta pernikahan Anda pun, mereka tetap masih bisa melihat Anda dan pasangan mengucapkan janji suci di pelaminan.

Namun, pastikan juga hal teknis ini dapat berjalan dengan lancar. Jika Anda memilih menggunakan konsep live streaming (siaran langsung) ini, maka di tempat pernikahan Anda harus tersedia internet yang super kencang.

 

Sebelum lanjut ke penjelasan berikutnya, apakah Anda sudah menyiapkan dana pernikahan? Apakah Anda mempersiapkan dana tersebut?

Jika belum, silakan download aplikasi Finansialku untuk merencanakan dana pernikahan. Aplikasi ini akan sangat membantu Anda dalam menghitung dengan akurat biaya yang diperlukan.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Menggunakan Sepeda Sebagai Kendaraan Pernikahan

Berapakah anggaran kendaraan sebagai transportasi Anda dan pasangan menuju lokasi pernikahan? Apakah cukup besar? Mau lebih menghemat biaya ini?

Ada cara lain yang perlu Anda ketahui untuk menghemat biaya sewa kendaraan yang cukup besar ini lho.

Perlu Anda ingat ya. Bukan hanya biaya sewa saja, tapi Anda perlu mengeluarkan dana untuk biaya jasa sopir, biaya bahan bakar, biaya parkir serta biaya hias mobil.

Memang, biasanya pengantin akan menyewa mobil sebagai kendaraan menuju lokasi pernikahan. Nah, untuk Anda yang anti-mainstream, Anda bisa menyewa sepeda atau kendaraan tradisional lainnya, seperti becak atau delman.

Kehabisan Ide Ini Dia Konsep Pernikahan Murah 06 Delman - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Pakai Aplikasi Finansialku Untuk Persiapan Pernikahan Tanpa WO!]

 

Tentunya, alternatif ini memberikan pengalaman berbeda yang tidak akan pernah Anda dapatkan sebelumnya.

Saat di perjalanan, Anda akan menjadi sorotan publik, bak raja dan ratu yang sedang berbahagia melangsungkan pernikahannya dengan konsep unik ini.

Ditambah lagi, Anda dapat memotong anggaran dan menghemat dana yang dikeluarkan untuk keperluan lain yang lebih Anda perlukan.

Penasaran bukan, tidak salahnya lho Anda menggunakan konsep ini!

 

#5 Memilih Gerobak Jajanan Sebagai Katering

Biaya katering merupakan salah satu biaya yang sangat besar dalam anggaran Anda.

Jumlah katering pastinya akan disesuaikan dengan jumlah tamu yang akan Anda undang. Jika Anda mengundang 500 tamu, maka setidaknya Anda perlu menyediakan makanan untuk lebih banyak dari 500 tamu.

Misalkan saja, biaya katering untuk 1 orang tamu adalah Rp50.000. Jika Anda mengundang 500 tamu, maka Anda harus menyediakan dana Rp25 juta. Dana yang cukup besar bukan?

Nah, daripada memesan katering yang mahal, ada alternatif unik yang dapat Anda coba yaitu dengan menggandeng pemilik gerobak makanan berat, cemilan maupun gerobak minuman.

Konsep pernikahan ini bakal membuat pernikahan Anda dan pasangan lebih berkesan dan menarik. Hal ini dikarenakan masih jarang orang yang melakukan ide dari konsep ini.

Kehabisan Ide Ini Dia Konsep Pernikahan Murah 07 Gerobak Makanan - Finansialku

[Baca Juga: Pergi ke Pameran Pernikahan, Apakah Menguntungkan? Temukan Alasannya!]

 

Anda dan pasangan bisa menghubungi pedagang gerobak makanan yang sudah menjadi langganan Anda. Misalnya gerobak ayam bakar, gerobak soto ayam, gerobak mie, gerobak es campur, gerobak aneka jus, dan gerobak lainnya.

Pastikan dulu Anda sudah mengenal pedagang tersebut. Jangan sampai Anda dikecewakan olehnya. Selain itu, silakan cicipi dulu aneka makanan yang akan Anda pesan untuk pesta pernikahan Anda.

Buatlah konsep pernikahan Anda dan pasangan dengan tema pesta rakyat. Pedagang gerobak ini akan menambah suasana yang lebih erat dan lebih mendukung acara pernikahan Anda.

Jangan lupa juga untuk menghias gerobaknya semenarik mungkin agar semakin cantik, semakin indah dan semakin ciamik.

 

#6 Menikah Tanpa Proses Adat

Tidak bisa kita pungkiri bahwa pernikahan dengan prosesi adat cukup menyita banyak dana jika dibandingkan dengan pernikahan dengan resepsi nasional atau internasional.

Ada berbagai macam ritual yang perlu Anda dan pasangan lakukan ditambah dengan biaya yang perlu Anda siapkan.

Beberapa suku di Indonesia, ada yang mengharuskan adanya pesta pernikahan adat ketika menyelenggarakan pernikahan.

Kehabisan Ide Ini Dia Konsep Pernikahan Murah 08 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menabung untuk Menikah? Ikuti Langkah-Langkah Berikut Agar Pernikahan Segera Dilangsungkan]

 

Jika pernikahan adat memang bukan suatu keharusan, maka Anda bisa menerapkan pernikahan dengan resepsi nasional saja.

Namun, untuk memutuskan hal tersebut, Anda dan pasangan harus melakukan musyawarah dulu dengan keluarga besar. Pastikan keluarga kedua belah pihak sudah setuju untuk tidak melakukan pernikahan adat.

 

Konsep Pernikahan Murah nan Unik

Itulah 6 konsep pernikahan murah yang tidak akan menyakiti keuangan Anda. Konsep pernikahan ini juga disebut sebagai konsep pernikahan yang unik.

Anda bisa mempertimbangkan dan berdiskusi bersama dengan pasangan Anda. Pilihlah konsep pernikahan yang sesuai dengan Anda dan pasangan!

Buat momen pernikahan Anda menjadi lebih berarti dan lebih bermakna!

 

Dari 6 konsep yang sudah dijelaskan, konsep mana yang menjadi andalan untuk Anda lakukan?

Silakan beri jawaban dan pendapat Anda pada kolom yang sudah disediakan di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Helda. 5 Januari 2018. 6 Ide Konsep Pernikahan yang Dijamin Unik dan Gak Ngabisin Duit. Duitpintar.com – https://goo.gl/sEFReJ

 

Sumber Gambar:

  • Konsep Pernikahan Murah – https://goo.gl/xPQgyV
  • Menikah Tamasya – https://goo.gl/zfuhu9
  • Menikah di Bali – https://goo.gl/zbWtBc
  • Pesta di Taman Rumah – https://goo.gl/m9JUw7
  • Live Recording Pernikahan – https://goo.gl/1DXF21
  • Delman Pernikahan – https://goo.gl/48DpJC
  • Gerobak Makanan – https://goo.gl/n4BmFx
  • Menikah Adat – https://goo.gl/94cn28

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

Summary
Kehabisan Ide? Ini Dia Konsep Pernikahan Murah yang Tidak Akan Terlupakan
Article Name
Kehabisan Ide? Ini Dia Konsep Pernikahan Murah yang Tidak Akan Terlupakan
Description
Apakah benar Anda kehabisan ide? Ada beberapa konsep pernikahan murah yang tentunya tidak akan pernah Anda dan pasangan lupakan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment