Apakah kamu sedang melakukan korupsi mahasiswa? Apa saja perilaku mahasiswa yang termasuk dalam korupsi mahasiswa?

Yuk, simak tindakan korupsi mahasiswa!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Korupsi Mahasiswa

Mahasiswa memang dikenal sebagai kalangan yang kreatif. Mereka penuh dengan ide-ide yang cemerlang.

Namun, ternyata ide-ide yang cemerlang tidak hanya ada pada tindakan yang positif saja. Tapi, ide-ide cemerlang mahasiswa juga ada pada tindakan yang negatif.

Padahal, mahasiswa dikenal sebagai orang yang terpelajar. Seharusnya, dengan pendidikan yang baik maka perilakunya juga diharapkan juga lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang kurang terpelajar.

Keuangan Mahasiswa Trik Hemat Bertahan Hidup Sampai Akhir Bulan 02 Mahasiwa - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ini Tips dan Trik Menyisihkan Uang Jajan untuk Berinvestasi]

 

Namun, sayangnya banyak mahasiswa yang secara tidak sadar telah melakukan tindakan yang kurang terpuji. Hal ini juga dapat dikatakan sebagian mahasiswa melakukan tindakan korupsi secara tidak langsung.

Mungkin pada awalnya, tindakan korupsi mahasiswa dinilai sebagai hal yang sepele. Tapi, hal tersebut bisa saja berdampak pada hal yang lebih besar di kemudian hari.

Jika kamu adalah mahasiswa, apakah kamu sudah mengetahui tindakan apa yang termasuk dalam korupsi mahasiswa?

Langsung aja simak tindakan korupsi mahasiswa berikut ya.

 

5 Korupsi Mahasiswa

Kali ini rubrik Finansialku telah merangkumkan tindakan-tindakan yang termasuk dalam korupsi mahasiswa.

Berikut 5 tindakan korupsi mahasiswa!

 

#1 Titip Absen dan Bolos Kuliah

Tindakan korupsi mahasiswa yang mungkin paling sering dilakukan adalah titip absen atau lebih dikenal dengan istilah tipsen, ya kan guys? Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sering melakukan tipsen?

Tanpa disadari ternyata melakukan tipsen juga merupakan tindakan korupsi lho guys. Hal ini menandakan bahwa kamu adalah mahasiswa yang malas.

Hmm, biasanya hal ini dilakukan oleh mahasiswa untuk menghindari dosen yang tidak kamu suka, malas bangun pagi, dan sebagainya.

Tanpa Disadari Kamu Suka Melakukan 5 Korupsi Mahasiswa Ini 02 Titip Absen - Finansialku

[Baca Juga: Tetap Kuliah Meski Tak Punya Dana, Ini Cara Cerdas Mencari Uang]

 

Sayang banget kan guys kalau kamu nggak masuk kuliah. Kamu nggak bisa mendapatkan materi yang diajarkan oleh dosen deh. Padahal kamu udah bayar uang kuliah mahal-mahal. Jangan sampai uang orang tuamu terbuang sia-sia ya guys.

Kalau kamu suka melakukan tipsen, tiba saatnya kamu harus berhenti melakukan kegiatan yang buruk tersebut.

Ayo segera berubah mumpung masih ada waktu.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jika kamu memang tidak bisa hadir di perkuliahan pada waktu tertentu, sebaiknya kamu izin kepada dosen yang bersangkutan. Hindari untuk melakukan tipsen ya. Ayo mulai bertindak jujur!

 

#2 Menyontek Lembar Jawaban Teman

Menyontek merupakan kegiatan yang tidak asing lagi dikalangan pelajar. Mungkin dari SD kalian sudah mengenal apa itu menyontek. Namun, sayangnya budaya menyontek masih ada bahkan hingga duduk di bangku kuliah.

Ternyata, menyontek saat sedang ujian merupakan tindakan korupsi lho guys.

Terdapat beberapa alasan mengapa mahasiswa menyontek saat ujian. Bisa karena tidak belajar, kurang persiapan, terdapat materi yang tidak terduga muncul, dan sebagainya.

Apapun alasannya, tetap saja kegiatan menyontek tidak dibenarkan. Jika kamu memang adalah mahasiswa yang jujur, tentunya kamu akan menjawab soal-soal yang diberikan sebisa kamu dan semaksimal mungkin.

Tanpa Disadari Kamu Suka Melakukan 5 Korupsi Mahasiswa Ini 03 Menyontek - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara yang Benar Mengatur Keuangan Sehari-Hari Tanpa Repot]

 

Namun, masih terdapat sebagian mahasiswa yang mau jalan pintas. Mereka mengandalkan catatan kecil atau bahkan menyalin jawaban orang lain.

Ingat ya guys, penilaian dosen terhadap kamu tidak hanya dilihat dari atas kertas saja lho tapi perilaku serta sikap kamu terhadap orang lain jika menjadi pertimbangan dosen.

Bertindaklah jujur, lakukan yang terbaik. Jika kamu memang sungguh-sungguh belajar, kamu pasti akan mendapatkan hasil yang terbaik. Jangan rusak integritas kamu hanya untuk nilai di atas kertas ya.

 

#3 Copy–Paste Tugas Teman

Sebagai seorang mahasiswa tidak luput dari banyaknya tugas yang tak kunjung usai. Baru ada 1 tugas, beberapa lama kemudian muncul tugas baru, dan begitu seterusnya.

Hal ini sering kali membuat mahasiswa menjadi malas untuk mengerjakan tugasnya. Alhasil, mereka malah mencari jalan pintas dengan copy-paste tugas temannya.

Mereka bahkan tidak peduli apa isinya, yang penting adalah mereka mengumpulkan tugasnya.

Jika kamu salah satunya, maka segera berubah sekarang ya. Jangan suka copy-paste tugas teman.

Plagiarisme merupakan tindakan yang tidak terpuji. Plagiarisme merupakan kegiatan mencatut karya orang lain tanpa mencantumkan sumber tulisan dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas dengan cepat.

Guys, Mau Sukses Keuangan Pelajari Dulu Manajemen Keuangan Mahasiswa 02 Mahasiswa - Finansialku

[Baca Juga: Uang Saku Mahasiswa Rp1 Juta Per Bulan? Siapa Takut! Ini Cara Bertahan Hidup Sebagai Mahasiswa]

 

Walaupun hal ini sudah dianggap sebagai kegiatan yang lumrah di sebagian orang, tapi jika dibiarkan maka dapat menjadi kebiasaan korupsi. Oleh karena itu, mulailah untuk mengerjakan tugasmu sendiri.

Hindari untuk melakukan copy-paste tugas teman.

Jika kamu mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas, kamu bisa menanyakannya kepada teman atau dosen kamu yang lebih paham. So, no copy-paste anymore ya!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#4 Memalsukan Data untuk Beasiswa

Sekarang ini sudah banyak sekali kampus yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi atau mahasiswa yang kurang mampu.

Untuk persyaratan beasiswa, biasanya mahasiswa diminta untuk mengisi berbagai data serta melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan.

Namun, terdapat beberapa mahasiswa yang berani untuk memalsukan data hanya untuk mendapatkan beasiswa. Kamu jangan sampai begitu ya. Jangan sampai memalsukan data yang tidak sesuai dengan kenyataannya.

Misalnya, kamu memalsukan data nilai agar mencapai IPK yang disyaratkan atau mengaku sebagai mahasiswa yang kurang mampu.

Hal ini sebenarnya juga merupakan tindakan korupsi. Jaga integritas kamu ya karena integritas itu penting!

 

#5 Menggunakan Uang Kuliah untuk Kepentingan Pribadi

Biasanya orang tua akan transfer uang kuliah ke anaknya sehingga, nanti anaknya yang akan membayarnya ke kampus.

Namun, sayangnya sering kali hal ini dimanfaatkan oleh sebagian mahasiswa untuk hal pribadi yang tidak berhubungan dengan kuliah.

Guys, Mau Sukses Keuangan Pelajari Dulu Manajemen Keuangan Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

Ada yang menggunakan uang kuliah untuk membeli HP baru, shopping, makan mewah, dan sebagainya. Kalian jangan sampai begitu ya guys. Kamu harus memiliki prioritas.

Jika uang tersebut memang diberikan untuk bayar biaya kuliah maka jangan digunakan untuk hal lain. Belajarlah untuk menggunakan uang yang ada dengan bijak.

Kalau kamu mau, kamu bisa pakai aplikasi Finansialku guys! Aplikasi ini bakalan ngebantu kamu dalam mengelola dan mengatur keuangan. Pokoknya banyak banget deh manfaatnya.

Oh iya guys, kamu bisa pakai voucher POTONG50RIBU lho untuk mendapatkan diskon Rp50.000. Tunggu apa lagi, yuk download dan gunakan aplikasi Finansialku!

 

Jangan sampai benih-benih korupsi tumbuh di dalam diri kamu karena sering menggunakan uang kuliah untuk keperluan pribadimu.

 

Mahasiswa Terhindar dari Korupsi Mahasiswa

Setelah mengetahui tindakan-tindakan apa saja yang termasuk dalam korupsi mahasiswa, tentunya kamu dapat mengevaluasi diri kamu apakah selama ini kamu melakukan korupsi mahasiswa atau tidak.

Jika tidak, maka tentunya sangat baik dan harus kamu pertahankan. Namun, jika ya, maka kamu sebaiknya segera berubah.

Hindari tindakan korupsi mahasiswa. Hal kecil yang negatif dapat berdampak pada hal besar di kemudian hari. Ayo, segera berubah dan hindari korupsi mahasiswa!

 

Apakah kamu siap hidup bebas dari korupsi mahasiswa? Yuk, berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia.

Kamu juga bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu sehingga semakin banyak orang yang mengetahui korupsi mahasiswa dan tentunya menghindarinya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Thank you guys!

 

Sumber Referensi:

  • Gustyan. 5 Maret 2019. Wajib Waspada! Ini 5 Korupsi yang Sering Dilakukan Mahasiswa di Kampus. Idntimes.com – https://bit.ly/2v5xnY6

 

Sumber Gambar:

  • Korupsi Mahasiswa – https://bit.ly/2XGcbnQ
  • Titip Absen – https://bit.ly/2UYZjwg
  • Mencontek – https://bit.ly/2XK9GAX