Bagaimana cara kamu mengatur keuangan sehari-hari? Apakah kamu sudah mengatur keuangan sehari-hari dengan benar? Yuk ikuti diskusi keluarga Ronald.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

3 Cara Mengatur Keuangan Sehari-Hari Tanpa Repot

Suatu hari Papa Ronald dan Mama Glory sedang berdiskusi apakah selama ini cara mereka mengatur keuangan sehari-hari sudah benar atau belum? Yuk ikuti diskusi keduanya:

 

Papa Ronald

Ma, kemarin papa bicara sama teman papa si Andre. Dia nanyain gimana cara mengatur keuangan sehari-hari yang benar?

Mama Glory

Ow, emang papa jawab seperti apa?

Papa Ronald

Ya jawab sesuai dengan kebiasaan kita aja di keluarga, mulai dari punya anggaran, memprioritaskan kebutuhan yang produktif (contoh: menabung, berinvestasi, membayar premi), mencatat pengeluaran harian

Mama Glory

Ingat ga pa, 8 tahun lalu saat kita masih muda dan mau menikah. Kayanya keuangan kita sangat berantakan ya?

Papa Ronald

Ha.. ha.. ha.., iya ma. Dulu kita pas muda berantakan banget ya. Cara mengatur keuangan sehari-hari kita absurd sekali. Kita seenak-enaknya memakai uang, karena merasa masih single.

Mama Glory

Iya betul Pa, tahunya abis menikah ternyata banyak sekali pengeluaran. Jadi kita ga bisa mengatur keuangan sehari-hari dengan gaya seenaknya?

Papa Ronald

Dulu kita tidak memiliki anggaran dan kita tidak tahu, berapa budget untuk liburan, berapa budget untuk makan, berapa budget untuk belanja dan lain sebagainya

Mama Glory

Ya Betul, untung kita sudah mulai membuat budget. Dulu mama bikinnya semua di Ms. Excel. Zaman dulu kita harus rekap satu persatu dan repot banget. Sekarang mama pakai aplikasi Finansialku.com

Berikut ini video tutorial, kalau kamu kesulitan membuat anggaran:

 

Kalau kamu mau tahu mengenai anggaran, yuk langsung aja buat anggaran pertama kamu!

Papa Ronald

Yup betul Ma, betul banget. Anggaran adalah penolong kita berdua. Sekarang ini kita berdua sudah bisa tahu batasan maksimal untuk setiap pengeluaran kita. Jadi papa tidak lagi over budget.

Mama Glory

Pa ingat ga dulu, saat awal-awal kita menikah. Saat itu kita selalu kesulitan menabung, karena kita selalu menyisakan uang untuk ditabung atau diinvestasikan.

Papa Ronald

Ya betul, jadi seringnya tidak ada sisa untuk ditabung atau diinvestasikan.

Mama Glory

Untung saat itu mama tahu dari internet, bagaimana seharusnya kita mengatur keuangan sehari-hari. Khususnya bagaimana kita mendahulukan menabung dan berinvestasi.

Papa Ronald

Ya betul, untung kita sadar di awal. Jadi kita tidak terlambat berinvestasi, dan sekarang kita bisa mulai menyekolahkan anak-anak.

Mama Glory

Papa masih ingat ga, apa investasi pertama kita.

Papa Ronald

Ingat donk, papa waktu itu belajar mengenai investasi reksa dana. Soalnya gampang sih produknya. Tinggal buka akun dan mulai belanja. Belanja reksa dana online, semudah belanja di toko online.

Kalau kamu belum tahu gimana caranya berinvestasi reksa dana, maka kamu dapat download ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG


Mama Glory

Selain itu kita juga selalu yang namanya mencatat pengeluaran. Jadinya mama tahu kalau biaya belanja bulanan kita kemahalan, terus ada biaya berlangganan majalah, gym, koran yang sebenarnya bisa dihemat.

Papa Ronald

Yoi dong, kita kan keluarga yang jago mengatur keuangan sehari-hari. Khususnya mama, sebagai menteri keuangan di rumah. :D

 

 

Berikut ini video tutorial, kalau kamu kesulitan membuat catatan keuangan:


Mama Glory

Ya pa, semoga keluarga kita terus dapat mengelola keuangan dengan benar dan bisa mewujudkan satu per satu mimpi kita.

Papa Ronald

YES!!!, papa ingin ini pinjaman rumah bisa cepet selesai, anak-anak bisa sekolah lulus SD, SMP, SMA sampai kuliah. Papa ingin datang, foto bareng di acara wisudaan anak-anak.

Mama Glory

Mama juga Pa, mama pingin lihat anak-anak pakai toga.

Papa Ronald

AMIN….

Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Sehari-Hari  Dapat Menjadi Masalah Besar!

Kenapa mengatur keuangan sehari-hari menjadi hal yang penting?

Coba bayangkan, setiap hari kamu bangun pagi, siap-siap berangkat kerja, macet-macetan di jalan dan menjalankan hari-hari di kerjaan. Setelah akhir bulan, baru dapat gajian.

Masa gaji kamu dihabiskan dengan sia-sia?

Masa gajimu habis cuma dalam waktu 1 minggu setelah gajian?

Masa sudah kerja lebih dari 2 tahun dan masih belum punya apa-apa?

Masa ga malu, mau menikah tapi tidak punya tabungan?

 

Kesalahan dalam mengatur keuangan sehari-hari dapat menjadi masalah besar, jika didiamkan.

 

Sebagai perencana keuangan saya banyak menemui keluarga yang memiliki masalah terkait cash flow (pengeluaran lebih besar daripada pemasukan) dan akhirnya terjebak dengan utang.

Coba bayangkan, sebuah keluarga dengan penghasilan (gabungan suami dan istri) sebesar Rp30 juta dengan cicilan bulanan mencapai Rp25 juta. Wow, gimana cara mereka mengatur keuangan dan bisa hidup?

3 Cara yang Benar Mengatur Keuangan Sehari-Hari Tanpa Repot 02 Pasangan - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia Besar Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Perlu Dilakukan]

 

Pada saat itu, saya mencoba membuat 8 paket kebijakan untuk menyelamatkan keuangan pasangan tersebut dengan:

  1. Membantu membuat anggaran keuangan yang harus ditaati kedua pasangan.
  2. Masing-masing saya minta untuk mencatat pengeluaran, setidaknya lakukan selama utang belum lunas.
  3. Saya minta untuk mengurangi atau mengirit pengeluaran yang tidak perlu.
  4. Mulai susun kebutuhan dana darurat, agar dapat digunakan saat kebutuhan darurat.
  5. Mulai menambah penghasilan untuk mempercepat pelunasan utang.
  6. STOP utang-utang baru, terlebih utang konsumtif.
  7. Mulai fokus melunasi utang dengan sisa pokok yang nilainya terkecil.
  8. Lakukan langkah-langkah 6 dan 7 sampai utang-utang terlunasi.

 

Setelah jalan dengan rencana kami, pasangan muda ini dapat mengurangi 30% pinjamannya. Sekarang ini mereka fokus untuk melunasi sisa utang, dengan cara yang sama.

 

Setiap Orang Pasti Memiliki Masalah Keuangannya Masing-Masing

Setiap orang pasti memiliki masalah keuangan dan ketakutannya masing-masing.

  • Ada yang merasa minder, membandingkan penghasilan saya dengan penghasilan teman
  • Ada yang stres, melihat tagihan bulanan yang jumlahnya besar.
  • Ada yang bingung, gaji besar tetapi kok ga bisa menabung atau berinvestasi.
  • Ada yang mempertanyakan, apakah saya bisa menyekolahkan anak saya tanpa utang.
  • Ada yang excited ingin mulai berinvestasi, reksa dana atau saham.

 

Jika kamu memiliki masalah keuangan, kamu dapat menghubungi perencana keuangan Finansialku melalui Aplikasi Finansialku.

3 Cara Mengelola Gaji Karyawan Ngepas UMR Tanya Perencana Keuangan

 

Dua hal yang kamu perlu lakukan untuk bertanya dengan perencana keuangan Finansialku:

  1. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store.
  2. Kirimkan pertanyaan kamu melalui aplikasi Finansialku menu TANYA PERENCANA KEUANGAN.

 

Setelah itu pertanyaan kamu akan dijawab langsung oleh para perencana keuangan yang tersertifikasi profesional Certified Financial Planner.

 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu. Jika kamu mendapatkan manfaat dengan membaca artikel ini, jangan lupa share ke WhatsApp atau Telegram.

 

Sumber Gambar:

  • Mengatur Keuangan Sehari-hari 01 – https://goo.gl/bF6LvS
  • Mengatur Keuangan Sehari-hari 02 – https://goo.gl/pZHNd8

 

Summary
3 Cara yang Benar Mengatur Keuangan Sehari-Hari Tanpa Repot
Article Name
3 Cara yang Benar Mengatur Keuangan Sehari-Hari Tanpa Repot
Description
Bagaimana cara kamu mengatur keuangan sehari-hari? Apakah kamu sudah mengatur keuangan sehari-hari dengan benar? Ikut diskusi keluarga Ronald
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo