Dalam perusahaan, KPI adalah salah satu aspek penting karena menyangkut tujuan perusahaan dan rencana masa depan. 

Nah, untuk mengetahui informasi lengkapnya, silakan simak artikel berikut sampai habis!

 

Summary:

  • Key Performances Indicators (KPI) menjadi aspek penting untuk perusahaan dalam menentukan target masa depan dan mengukur kinerja karyawan.
  • Selain itu, instrumen satu ini juga bisa menjadi bahan evaluasi karena memiliki data yang jelas untuk membuat strategi perusahaan.

 

Mengembangkan Bisnis Melalui Parameter yang Tepat

Banyak orang sudah membuktikan bahwa berbisnis merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapat kesuksesan finansial. Cara ini memungkinkan seseorang memiliki penghasilan tak terbatas.

Karena merupakan salah satu kegiatan ekonomi, bisnis dibangun untuk mendapat keuntungan. Pebisnis juga memiliki tujuan jangka panjang. Misal, mengenalkan produknya di luar negeri.

Dalam mengembangkan perusahaan, ada banyak aspek yang perlu kita perhatikan, salah satunya Key Performances Indicators

KPI adalah salah satu bagian penting yang menentukan kesuksesan perusahaan di masa mendatang.

Di perusahaan, KPI bersama aspek lain bekerja sama mewujudkan perusahaan mencapai tujuan. Dengan begitu, bisnis dapat berkembang dan meluas.

Lantas, bagaimana KPI berperan dalam perusahaan? Sobat Finansialku bisa menyimak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya.

 

Definisi Key Performances Indicators

KPI adalah salah satu instrumen yang penting bagi sebuah perusahaan. Perannya berkaitan dengan masa depan perusahaan tersebut. 

KPI membantu orang-orang di perusahaan untuk berkontribusi di bidangnya dengan cara paling tepat.

Key Performances Indicators atau KPI adalah alat atau sistem yang digunakan untuk membangun tujuan perusahaan serta melacak pertumbuhan dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut. 

KPI akan bertanggung jawab untuk memeriksa kinerja karyawan dari waktu ke waktu.

Dalam banyak hal, peran KPI adalah sebagai tolok ukur kemajuan. Hal ini membuat orang-orang di dalamnya bisa membandingkan hasil kerja hari ini dan kemarin. 

Dengan begitu, petinggi perusahaan bisa membuat rencana strategis untuk kebutuhan perusahaan.

Beberapa karakteristik KPI adalah diukur dengan skala non finansial, sering digunakan, diketahui manajemen, dipahami anggota organisasi, tanggung jawab ke tim serta individu, berefek besar, dan positif. 

Jika setiap karakteristik terpenuhi, tujuan perusahaan akan tercapai.

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan Perusahaan: Tujuan, Manfaat, Hingga Cara Membuatnya]

 

Fungsi KPI bagi Perusahaan

Sebagai salah satu aspek sentral, KPI adalah alat yang memiliki banyak fungsi. Divisi manajemen membutuhkan informasi dari KPI untuk membuat rencana baru.

Beberapa fungsi KPI adalah sebagai berikut:

 

#1 Menjadi Pendorong Semangat

Fungsi pertama adalah penyemangat kerja karena bagian manajemen telah menentukan job desk sesuai porsi setiap karyawan. 

Mereka juga menyusun peraturan dengan transparan sehingga tidak ada pihak yang rugi. KPI dalam perusahaan akan membuat karyawan semangat kerja berkat porsi kerja yang jelas. 

Selain itu, perusahaan juga dapat mengantisipasi kemungkinan resign atau belum terpenuhinya hak karyawan.

 

#2 Mengukur Kinerja

Parameter ini juga jadi salah satu alat untuk menilai kinerja karyawan, misalnya efektivitas waktu kerja terhadap produktivitas, dan sebagainya. 

Di saat yang sama, instrumen ini juga bisa melihat tingkat perkembangan bisnis atau organisasi.

 

#3 Meningkatkan Kompetensi

Fungsi selanjutnya adalah meningkatkan kompetensi perusahaan atau karyawan di dalamnya. 

Dengan tujuan yang terukur, setiap bagian di perusahaan akan berusaha meningkatkan hasil kerja. Memiliki tenaga kerja yang kompeten adalah salah satu investasi perusahaan.

 

#4 Menentukan Tujuan

KPI berperan untuk mengukur target atau tujuan. Contohnya, instrumen ini bisa menilai bahwa penjualan produk hanya sebesar 25% dari target 30%.

Dari sana, bagian manajemen akan melakukan perbaikan strategi sehingga target yang bisa tercapai dengan sesuai keinginan. Manajer juga menyusun rencana agar tidak ada kejadian serupa di masa mendatang.

 

#5 Membangun Suasana Belajar

KPI akan membuat karyawan saling mengobrol untuk sesuatu yang penting. Kebiasaan ini baik untuk menciptakan lingkungan kerja yang suportif di perusahaan.

Kemudian, perusahaan akan mengukur efektivitas KPI.

[Baca Juga: Menelusuri Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Performa Karyawan]

 

Manfaat KPI bagi Perusahaan

Selain memegang banyak fungsi penting, instrumen ini juga memiliki manfaat untuk perusahaan. Beberapa manfaat KPI adalah sebagai berikut:

  1. Salah satu landasan untuk membantu petinggi perusahaan melakukan evaluasi kinerja individu maupun departemen.
  1. Salah satu landasan untuk memberi insentif maupun motivasi karyawan.
  1. Salah satu proses manajemen bisnis yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja karyawan sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.
  1. Salah satu cara untuk menilai kinerja karyawan secara transparan.

 

Jenis-jenis KPI

KPI adalah parameter atau indikator penting di perusahaan. Peran sentral tersebut membuatnya berguna untuk berbagai keperluan. 

Saat ini ada beberapa jenis parameter yang perusahaan buat untuk mengejar target. Beberapa jenisnya adalah sebagai berikut:

  1. Operasional. Jenis ini mengukur kinerja dalam jangka waktu yang pendek serta fokus dengan efektivitas organisasi. Contohnya adalah rerata biaya transportasi bulanan, dan biaya per akuisisi.
  1. Leading dan tertinggal. Kedua KPI ini berkolaborasi dalam mengidentifikasi informasi. KPI leading bertugas memprediksi hasil yang akan dicapai di masa mendatang. Sedangkan KPI tertinggal bertugas mencari tahu apa yang sudah terjadi
  1.  Strategis. Jenis KPI ini bertujuan untuk memantau tujuan organisasi. Biasanya, petinggi perusahaan menggunakan lebih dari KPI untuk mengukur perbandingan efektivitasnya di waktu tertentu. Misalnya adalah laba investasi, pangsa pasar, serta pendapatan.
  1. Unit fungsional. Jenis KPI berikutnya bekerja di divisi tertentu, misalnya keuangan. KPI jenis ini memiliki tugas terspesialisasi.

[Baca Juga: FMCG Adalah: Pengertian, Produk, Hingga Contoh Perusahaannya]

 

Indikator KPI Bagi Perusahaan

Beberapa indikator KPI bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

 

#1 Dukungan Karyawan

Dukungan karyawan merupakan indikator pertama untuk Key Performances Indicators

Aspek ini perlu untuk melihat persepsi karyawan terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Dukungan mereka akan terlihat dari kinerjanya.

 

#2 Keterlibatan Karyawan

Berikutnya, indikator Key Performance Indicators adalah keterlibatan karyawan. Jika karyawan aktif dalam kegiatan perusahaan, dapat diprediksi kesuksesan perusahaan sangat mungkin tercapai.

 

#3 Nilai Plus untuk SDM

Indikator selanjutnya adalah nilai plus SDM melalui kinerjanya

Jika karyawan mengalami peningkatan hasil kerja, perusahaan bisa memberi penghargaan.  Jika menurun, perusahaan bisa membuat pelatihan atau surat peringatan (jika berlebihan).

 

#4 Absen Karyawan

Jumlah karyawan yang tidak hadir menjadi indikator di perusahaan. Karyawan yang kerap tidak masuk tanpa izin tidak sepenuhnya loyal ke perusahaan.

 

#5 Feedback 360 Derajat

Indikator terakhir adalah feedback 360 derajatDengan umpan balik yang setiap orang lakukan, maka perusahaan dapat meningkatkan kinerja melalui strategi baru.

[Baca Juga: Daftar 10 Aplikasi Keuangan untuk Perusahaan dan Personal, Cek!]

 

Mengatur KPI Perusahaan

Penyusunan Key Performance Indicators adalah proses yang lama. Tetapi, jika berhasil perusahaan buat akan berjalan sesuai tujuannya. Berikut adalah cara mengatur KPI perusahaan:

 

#1 Identifikasi Kinerja Bisnis

Langkah pertama untuk mengatur KPI adalah mengidentifikasi kinerja. Petinggi perusahaan dapat memantau kinerja karyawan, keuangan, serta penjualan.

 

#2 Menetapkan Tolok Ukur

Selanjutnya, perusahaan harus menetapkan tolok ukur yang jelas. Perusahaan bisa melibatkan divisi tertentu untuk bertanggung jawab. 

Contoh KPI dengan tolok ukur adalah target bulanan, target pendapatan, dan sebagainya.

 

#3 Membedah Key Performance Indicators ke Peran-peran Kecil

Berikutnya, cara mengatur KPI adalah dengan membedahnya ke peran kecil. Perusahaan dapat merinci tugas untuk divisi, kemudian ke individu. 

Dengan begitu, setiap orang akan merasakan beban kerja yang sama. Tahap ini juga menentukan orang-orang yang layak bertanggung jawab untuk Key Performance Indicators yang lebih besar.

 

#4 Melakukan Evaluasi Kinerja atau Perubahan Target

Melakukan evaluasi dalam mengatur Key Performance Indicators adalah hal wajib. Ini bisa digunakan untuk meningkatkan hasil.

Kalaupun belum berhasil, perusahaan masih bisa mengidentifikasi penyebabnya.

 

#5 Mengatur KPI dari Awal

Setelah paham cara mengatur Key Performance Indicators, kamu bisa membuatnya dari awal untuk perusahaan.

Pastikan kamu mempertimbangkan banyak aspek agar tidak ada yang rugi perusahaan.

 

Cara Menerapkan Key Performance Indicators yang Efektif

Perusahaan perlu melakukan beberapa langkah agar Key Performance Indicators berjalan dengan efektif. Beberapa hal yang perlu perusahaan terapkan adalah:

  1. Membuat strategi perusahaan dengan jelas dan realistis.
  1. Memiliki sistem yang suportif.
  1. Membentuk komunikasi melalui KPI.
  1. KPI adalah sarana yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, serta berbatas waktu.

 

Penting Menyusun Strategi untuk Perusahaan

KPI adalah salah satu aspek penting di dalam perusahaan. Instrumen ini bisa kita pakai untuk mengukur kinerja karyawan, bahan evaluasi, serta merancang strategi masa depan.

Selain bisnis, kamu juga bisa membuat KPI untuk keuangan pribadi, salah satunya melalui anggaran keuangan. Meski sederhana, pencatatan terbukti ampuh untuk mencegah perilaku impulsif.

Untuk mengetahui cara membuat yang terstruktur, yuk, baca ebook gratis dari Finansialku Cara Membuat Anggaran Dengan Tepat.

Selanjutnya, kamu pun bisa langsung menyusun anggaran secara lebih praktis di Aplikasi Finansialku melalui fitur Anggaran. Selamat mencoba…

Banner Iklan Fitur Anggaran

 

Itulah ulasan tentang Key Performances Indicators. Yuk bagikan artikel ini ke teman-temanmu. Pasti mereka butuh. Terima kasih!

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi: 

  • Admin. 14 November 2021. KPI Adalah Singkatan dari Key Performance Indicator, Begini Penjelasannya. Kumparan.com – https://bit.ly/3W5CEJe
  • Mabruri Pudyas Salim. 14 September 2022. KPI Adalah Key Performance Indicator, Ketahui Fungsi dan Cara Membuatnya. Liputan6.com – https://bit.ly/3CHegqw
  • Rifda Arum. Pengertian Key Performance Indicator dan Fungsinya. Gramedia.com – https://bit.ly/3XrW9g7
  • Shirley Candrawardhani. 12 Juli 2022. KPI adalah: Pengertian, Fungsi, Indikator dan Cara Penerapannya. Kitalulus.com – https://bit.ly/3GYadsB