Salah satu cara mendapat rumah adalah dengan mengajukan KPR BRI. Sebelum mengajukan, Anda harus mengetahui tentang syarat dan biayanya.

Sebagai referensi, berikut artikel Finansialku tentang KPR BRI yang Anda butuhkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

KPR BRI Sebagai Salah Satu Pilihan Anda

KPR BRI merupakan sebuah program oleh Bank BRI yang memberikan layanan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Program ini dananya dapat digunakan untuk keperluan pembiayaan pembangunan, renovasi, atau take over rumah.

Dalam pembiayaan KPR BRI ini dapat digunakan untuk jenis properti rumah seperti rumah hunian, apartemen, ruko atau rumah toko, rumah kantor.

Tidak hanya itu, biaya KPR dapat digunakan untuk  mewujudkan impian memiliki properti dengan berbagai kemudahan.

Bahkan dalam metode pembayaran angsuran menggunakan Automatic Fund Transfer (AFT).

 

Ketahui  Syarat, dan Ketentuan Pengajuan

Sebelum mengetahui syarat dan ketentuan apa saja untuk mengajukannya, perlu ketahui terlebih dahulu jenis KPR BRI.

Bersamaan dengan penjelasan mengenai syarat serta ketentuan untuk pengajuan, berikut di bawah ini penjelasannya  jenis KPR BRI.

 

#1 Jenis KPR BRI

Terdapat dua jenis KPR di BRI, yaitu KPR subsidi dan non subsidi. Makna dari KPR subsidi adalah program kredit perseorangan dari bank untuk mempermudah mendapatkan rumah impian. Baik rumah rumah baru atau bekas, tergantung dengan limit tertentu.

Jenis KPR yang pertama ini ditujukan khusus untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) sesuai dengan ketentuan atau aturan pemerintah. Juga memiliki besar bunga KPR yang berbeda sesuai dengan program.

Sedangkan untuk jenis non subsidi, ditujukan untuk MBR dengan ketentuan bunga mengambang atau floating.

Tertarik Ambil KPR BRI Ketahui Dulu Cara, Syarat, dan Biayanya di Sini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pemerintah Kasih Subsidi KPR dan KKB, Ini Syarat dan Jumlahnya]

 

#2 Syarat Dokumen Untuk Pengajuan

Dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pengajuan yaitu fotokopi kartu identitas, fotokopi kartu keluarga, NPWP, serta pas foto pemohon.

Jika sudah memiliki pasangan, dapat juga dilengkapi foto suami atau istri. Dokumen terakhir yang perlu dipersiapkan adalah surat keterangan gaji.

 

#3 Syarat Pengajuan

Saat mengajukan KPR di bank sebaiknya persiapkan dulu dokumen yang dibutuhkan. Yang pasti adalah harus kewarganegaraan Indonesia.

Kemudian langkah selanjutnya adalah mengisi formulir aplikasi KPR, lalu membuka rekening Britama.

Apabila Anda kesulitan untuk mengisinya, libatkan orang-orang yang mengerti atau yang pernah mengambil KPR BRI. Lalu, customer service di sana juga akan membantu Anda melengkapi kebutuhan data.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

13 Ebook Rumah Pertama

 

#4 Biaya Untuk Mengajukan

Tentu saja terdapat beberapa biaya yang nantinya akan ditanggung oleh debitur saat mengajukan biaya KPR di BRI. Adapun biaya tersebut ialah biaya provisi sebesar 1% dari total pinjaman, lalu biaya administrasi sebesar 0,1% dari total dana pinjaman yang telah disetujui.

Kemudian, jenis biaya lainnya yang harus ditanggung debitur adalah biaya asuransi dan akad. Anda harus mempersiapkan biaya tersebut secara lengkap sesuai dengan persyaratan apabila ingin prosesnya cepat dan mudah.

 

#5 Syarat Untuk Pinjaman Pribadi

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya ketahui terlebih dahulu syarat lain yang harus dipenuhi selain kelengkapan dokumen.

Syarat utamanya yaitu besar gaji minimum biasanya  Rp 5 juta atau lebih. Lalu untuk batasan usia minimal berusia 21 tahun dan maksimal usia pemohon 60 tahun.

Ketentuan lainnya yang dapat mengajukan pinjaman pribadi adalah mereka yang bekerja sebagai karyawan, profesional, dan juga wiraswasta.

Sebab, mereka yang memiliki gaji tetap akan dengan mudah untuk menyicil tagihan pinjaman bersamaan dengan pelunasan bunga.

Tertarik Ambil KPR BRI Ketahui Dulu Cara, Syarat, dan Biayanya di Sini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Kecewa Dulu! Ini Penyebab KPR Ditolak dan Penyelesaiannya]

 

Keunggulan Dari KPR BRI

Keunggulan dari KPR di BRI tidak hanya untuk meringankan atau membantu dalam mendapatkan rumah impian bagi debitur.

Namun juga mereka akan mendapatkan kemudahan pada saat mendapatkan properti impian, yaitu prosesnya cukup mudah dan cepat.

Bahkan untuk jangka waktu pinjaman sampai 20 tahun, juga biaya kreditnya ringan. Tentunya, ini akan bisa membantu Anda untuk membeli rumah dengan sistem mencicil yang pastinya dapat membantu perencanaan keuangan keluarga.

Untuk membantu Anda merencanakan keuangan, gunakanlah aplikasi Finansialku. Terdapat berbagai fitur perencanaan keuangan terbaik, seperti Catatan Keuangan, Konsultasi Keuangan, Rencana Keuangan, dan lain-lain.

Unduh aplikasinya di Android atau IOS, dan mulai rencanakan rumah impian Anda.

 

Siap untuk mengajukan KPR di BRI sebagai solusi rumah pertama? Ayo bagikan informasi penting dalam artikel ini untuk orang terdekat, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Lamudi. 05 Maret 2020. KPR BRI – Cara, Syarat & Biaya. Lamudi.co.id – https://bit.ly/37saXVA
  • Admin. BRI KPR. Kreditgogo.com – https://bit.ly/3jdP7qV
  • Admin. Pinjaman. Bco.id – https://bit.ly/35g8jzr

 

Sumber Gambar:

  • KPR 1 – https://bit.ly/34gobmj
  • KPR 2 – https://bit.ly/37saXVA