Pernahkah kamu berpikir untuk kredit kendaraan di Pegadaian?

Yuk simak artikel berikut ini, dan temukan syarat serta kelebihan kredit kendaraan di Pegadaian. Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Syarat Kredit Kendaraan di Pegadaian

Di masa sekarang ini, kendaraan tentu sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar orang, mulai dari pelajar yang ke sekolah ataupun kampus, maupun bagi karyawan yang perlu alat transportasi untuk ke tempat kerja.

Terlebih lagi jika dibanding dengan menggunakan alat transportasi umum, menggunakan kendaraan pribadi jauh lebih nyaman.

Sayangnya masalah biaya kerap menjadi penghalang bagi seseorang untuk memiliki sebuah kendaraan pribadi.

Ayo Terus Untung Dengan Investasi Emas Pegadaian! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Lho Definisi, Syarat, Cara Kerja Tabungan Emas Pegadaian]

 

Sebagai jawaban atas permasalahan itu, maka muncullah perusahaan perkreditan atau leasing yang bisa membantu kamu untuk memiliki kendaraan pribadi, dengan pembayaran berupa cicilan. Salah satunya ialah Pegadaian.

Namun sebagaimana leasing pada umumnya, Anda perlu memenuhi persyaratan untuk bisa mengajukan kredit kendaraan di Pegadaian.

Adapun syarat-syarat tersebut ialah:

 

#1 Memenuhi Usia Minimal

Untuk bisa mengajukan kredit kendaraan di Pegadaian, maka seseorang harus memenuhi batas usia minimal yang telah ditetapkan oleh Pegadaian, yakni 21 tahun.

 

#2 Bekerja Sebagai Pegawai Tetap Pada Sebuah Instansi

Syarat utama selanjutnya ialah kamu harus berstatus sebagai pegawai tetap pada sebuah instansi, baik itu pada instansi pemerintah maupun pada instansi swasta.

Selain itu, kamu juga perlu menyerahkan bukti bahwa kamu telah bekerja setidaknya selama 2 tahun pada instansi tersebut.

Tabungan Emas Pegadaian - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Terus Untung Dengan Investasi Emas Pegadaian!]

 

Tujuan pihak Pegadaian menetapkan persyaratan ini ialah untuk memastikan apakah yang mengajukan kredit bisa melakukan pembayaran angsuran atau tidak.

Sedangkan bagi kamu yang saat ini tidak bekerja sebagai seorang pegawai tetap pada instansi manapun, maka pihak Pegadaian akan memberikan persyaratan tambahan agar kamu bisa mengajukan kredit kendaraan.

 

#3 Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Persyaratan selanjutnya ialah mempersiapkan dokumen pribadi yang dibutuhkan oleh Pegadaian. Dokumen ini hanyalah berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk dan fotokopi Kartu Keluarga.

 

#4 Melampirkan Surat Keterangan dari Atasan atau Instansi

Sebelumnya telah diberitahukan bahwa untuk mengajukan kredit kendaraan pada Pegadaian kamu harus bekerja sebagai pegawai tetap.

Nah… untuk memastikan bahwa kamu memang benar-benar bekerja pada sebuah instansi, maka Pegadaian mewajibkan agar kamu melampirkan fotokopi surat keterangan kerja ataupun surat rekomendasi dari atasan.

Khususnya untuk karyawan yang bekerja pada instansi swasta.

 

#5 Melakukan Pengisian Formulir

Apabila ke-4 syarat sebelumnya telah kamu penuhi, maka terakhir kamu perlu mengisi formulir pengajuan kredit yang bisa kamu dapatkan dari Pegadaian.

Pengisian formulir ini tentu saja agar kamu terdaftar sebagai pengaju kredit di Pegadaian.

Proses yang perlu dilakukan sebenarnya sangat mudah, selama kamu telah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh Pegadaian.

 

Alasan Memilih Pegadaian untuk Kredit Kendaraan

Hingga saat ini Pegadaian memang lebih banyak dikenal sebagai tempat untuk menggadaikan barang, bahkan sepertinya masih banyak yang belum mengetahui bahwa kita dapat mengajukan kredit kendaraan di Pegadaian.

Namun dengan program Amanah dari Pegadaian, kamu bisa memperoleh pinjaman guna pembelian kendaraan dengan berprinsip syariah.

Karena berprinsip syariah, maka produk Amanah tidak menerapkan bunga, dan kamu hanya perlu membayar biaya pembelian barang sebesar 0.9% x harga kendaraan, dan dibayarkan per bulan.

Kenali 5+ Jenis Pinjaman dan Syarat Pengajuannya di Pegadaian 03

[Baca Juga: Kenali 5+ Jenis Pinjaman dan Syarat Pengajuannya di Pegadaian]

 

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh produk ini ialah:

  • Uang muka terjangkau

Uang muka yang ditetapkan oleh Pegadaian relatif terjangkau, yakni 10% untuk pembelian sepeda motor, dan 20% untuk pembelian mobil

  • Transaksi Sesuai Prinsip Syariah

Dengan diberlakukannya prinsip syariah, maka proses transaksi akan berlangsung dengan lebih adil dan tentunya akan menentramkan

  • Cepat dan Mudah

Pengajuan kredit kendaraan berlangsung dengan cepat dan mudah, selama kamu memenuhi persyaratan yang diberikan

  • Biaya Administrasi yang Murah

Biaya administrasi untuk kredit kendaraan di Pegadaian sangatlah murah dan tidak akan membuat kamu merasa terbebani. Selain itu angsuran yang perlu kamu bayar tiap bulannya juga memiliki nominal yang tetap dari waktu ke waktu.

  • Tenor yang Lama

Tenor atau jangka waktu untuk melakukan cicilan di Pegadaian relatif beragam, dan tersedia dalam kurun waktu yang berbeda-beda, mulai dari 12 bulan atau 1 tahun hingga 60 bulan atau 5 tahun.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Persiapkan Mulai dari Sekarang!!

Adanya kredit memanglah mempermudah kita untuk memiliki sebuah kendaraan, namun meski demikian kita masih harus memikirkan dana yang akan kita gunakan untuk membayar cicilan.

Dengan demikian, kamu harus mulai mengatur keuangan kamu dengan lebih baik lagi.

Inovasi Baru Pegadaian Demi Gaet Milenial Finansialku 1

[Baca Juga: Tidak Mau Kalah, Kini Pegadaian Kembali Gelar Gadai Saham]

 

Kamu harus bisa membagi penghasilan yang kamu miliki agar biaya kebutuhan dan biaya cicilan dapat terpenuhi.

Nah… untuk membantu kamu dalam mengatur keuangan, kamu bisa menggunakan Aplikasi Finansialku.

Dalam satu aplikasi ini saja, kamu sudah bisa melakukan budgeting, pencatatan keuangan, hingga merencanakan tujuan keuangan kamu.

Selain itu, dengan berlangganan paket premium kamu bisa berkonsultasi mengenai masalah keuangan kamu kepada perencana keuangan yang ahli di bidangnya.

Karena itulah kamu perlu mendownload Aplikasi Finansialku sekarang juga, yaitu agar kamu bisa melakukan pembayaran cicilan tanpa mengalami kendala. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

 

Nah… bila kamu memiliki tanggapan seputar pembahasan pada artikel ini, kamu bisa meninggalkannya pada kolom komentar. Dan jangan lupa untuk membagikannya agar semakin banyak yang tau.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Amanah. Pegadaian.co.id – https://bit.ly/2zHcFDX