Kalau kamu sedang mencari pinjaman untuk keperluan mendesak atau butuh modal usaha, coba simak jenis pinjaman di Pegadaian berikut.

Pada artikel kali ini, Finansialku akan memberikan 5+ jenis pinjaman yang bisa kamu ajukan di Pegadaian.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengapa Harus Meminjam?

Meminjam uang adalah hal yang lumrah di masyarakat. Ada saatnya seseorang harus mencari pinjaman untuk memenuhi kebutuhannya.

Contohnya, ketika seseorang yang berkeluarga terkena PHK, otomatis dia tidak memiliki penghasilan lagi. Selagi mencari pekerjaan yang baru, dia menggunakan dana darurat yang sudah disiapkan untuk menafkahi keluarganya.

Tapi, kalau dia masih belum dapat pekerjaan baru dan dana daruratnya sudah habis, mau tidak mau, dia pun harus mencari pinjaman.

Kenali 5+ Jenis Pinjaman dan Syarat Pengajuannya di Pegadaian 02

[Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian]

 

Contoh di atas merupakan contoh pinjaman untuk memenuhi kebutuhan konsumtif atau rumah tangga yang sifatnya penting dan mendesak. Pangan, sandang, dan papan harus terpenuhi.

Selain itu, bagi orang yang ingin membuka usaha, modal adalah hal yang sering menjadi kendala. Maka, terkadang orang juga meminjam uang sebagai modal untuk memulai usahanya.

Pinjaman itu adalah pinjaman yang produktif karena digunakan untuk membiayai usaha yang kelak akan menghasilkan laba. Laba tersebut-lah yang nantinya digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk melunasi pinjaman.

Nah, kalau kamu butuh pinjaman uang, kamu tidak perlu bingung lagi. Saat ini, sudah ada berbagai lembaga yang bisa memberikan pinjaman. Salah satunya adalah Pegadaian.

 

Jenis-Jenis Pinjaman di Pegadaian

Pegadaian adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang keuangan untuk memberikan kredit (pinjaman) kepada masyarakat dengan sistem gadai.

Menurut KBBI, gadai adalah meminjam uang dalam batas waktu tertentu dengan menyerahkan barang sebagai tanggungan, jika telah sampai pada waktunya tidak ditebus, barang itu menjadi hak yang memberi pinjaman.

Jadi, untuk mengajukan pinjaman di Pegadaian, kamu perlu menyerahkan barang kamu sebagai jaminan atau agunan.

Nah, apa saja jenis-jenis pinjaman yang ada di Pegadaian?

 

#1 Kredit Cepat & Aman (KCA)

Sesuai dengan namanya, KCA atau Kredit Cepat & Aman adalah jenis pinjaman Pegadaian yang dapat diajukan dengan mudah, cepat, dan aman.

Untuk barang jaminan atau agunannya, kamu dapat menyerahkan barang gudang, sepeda motor, mobil, emas, berlian, dan barang elektronik seperti HP dan laptop.

Pinjaman KCA bisa didapatkan mulai dari Rp50.000 hingga Rp500 juta atau lebih. Jangka waktu peminjamannya maksimal 4 bulan dan dapat diperpanjang dengan membayar bunga atau angsuran sebagian uang pinjaman.

Bunga (sewa modal) akan dihitung per 15 hari dengan tarif mulai dari 0,75%.

Untuk mengajukan pinjaman KCA, cukup bawa KTP/SIM/Paspor dan barang jaminan kamu ke outlet Pegadaian terdekat.

Kalau kamu menggadai kendaraan bermotor, kamu perlu membawa STNK & BPKB asli. Pihak Pegadaian akan menaksir nilai barang jaminan kamu.

Kamu akan diminta untuk mengisi formulir dan menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK). Setelah itu, uang pinjaman akan kamu terima secara tunai ataupun transfer ke rekening bank.

Kamu juga bisa mengajukan pinjaman KCA melalui aplikasi Pegadaian Digital Service. Caranya sangat mudah, buka aplikasinya, pilih menu Gadai, pilih Booking Service, kemudian pilih barang jaminan kamu dan isi data yang diperlukan.

Setelah itu, kamu tinggal datang ke outlet Pegadaian untuk menyerahkan barang jaminan. Sangat mudah kan?

 

#2 Krasida

Kamu ingin mengajukan pinjaman dengan emas sebagai barang jaminan? Krasida atau kredit dengan angsuran bulanan ini dapat kamu pertimbangkan.

Pinjaman ini dapat diajukan mulai dari Rp1 juta hingga Rp250 juta dan bisa mencapai 95% dari nilai taksiran barang jaminan kamu. Jangka waktu peminjamannya dapat dipilih, antara 6, 12, 24, atau 36 bulan.

Kamu perlu membayar angsuran tetap per bulan dengan tarif bunga (sewa modal) sebesar 1,25% per bulan. Kamu juga bisa mendapatkan diskon tarif bunga atas angsuran yang dibayar.

Nah, untuk mengajukan pinjaman Krasida ini, kamu cukup datang ke outlet Pegadaian dengan membawa fotokopi KTP, KK, dan emas sebagai agunan.

 

#3 Kreasi

Apa kamu butuh pinjaman modal untuk membiayai usaha kamu? Pinjaman Kreasi dari Pegadaian ini cocok buat kamu sebagai pelaku usaha.

Hampir sama dengan Krasida, Kreasi juga merupakan kredit dengan angsuran bulanan. Hanya saja, pinjaman ini diberikan kepada UKM atau usaha mikro sebagai modal usaha.

Pinjaman ini menggunakan sistem Fidusia dimana pelaku UKM cukup menyerahkan BPKP kendaraan sebagai agunan. Jadi, kendaraan masih tetap bisa dipakai untuk kebutuhan usaha.

Kamu dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp400 juta. Pilihan jangka waktu peminjamannya yaitu 12, 18, 24, 36, dan 48 bulan.

Tarif bunganya sangat murah, yaitu hanya 1% per bulan dengan membayar angsuran tetap per bulan.

Kenali 5+ Jenis Pinjaman dan Syarat Pengajuannya di Pegadaian 03

[Baca Juga: Kredit Motor di Pegadaian, Apa Bisa? Simak Persyaratan dan Perhitungannya]

 

Nah, kalau kamu ingin mengajukan pinjaman Kreasi dari Pegadaian ini, ada syarat-syarat yang perlu diketahui dulu.

Pastikan usaha kamu sudah berjalan minimal 1 tahun dan memiliki legalitas (SIUP, SITU, Surat Keterangan Usaha). Syarat agunannya adalah sepeda motor berusia maksimal 15 tahun dan mobil maksimal 20 tahun.

Surat-suratnya harus lengkap, yaitu STNK, BPKB, faktur pembelian, dan kwitansi.

Setelah itu, bawa KTP (suami-istri jika sudah berkeluarga), KK, berkas legalitas usaha, dan surat-surat kendaraan ke outlet Pegadaian terdekat.

Kamu juga bisa mengajukan pinjaman Kreasi melalui aplikasi Pegadaian Digital Service. Tinggal buka aplikasinya, pilih menu Pembiayaan Usaha, dan isi data yang diperlukan. Lalu, datanglah ke outlet Pegadaian untuk menyerahkan barang agunan kamu.

Setelah itu, uang pinjaman kamu akan dicairkan dalam waktu 3 hari.

 

#4 KCA Prima

Pada poin pertama, kamu sudah tau tentang KCA ini kan? Nah, bedanya, dengan KCA Prima ini, kamu bisa mengajukan pinjaman dengan bunga 0%. Pinjaman ini bersifat jangka pendek yaitu 60 hari dan tetap dapat diperpanjang.

Nominal pinjaman yang bisa didapatkan berkisar dari Rp50.000 hingga Rp500 ribu.

Untuk mengajukan pinjaman KCA Prima, kamu hanya perlu membawa KTP ke outlet Pegadaian terdekat.

Namun, ada 1 ketentuan yang perlu kamu ketahui. Peminjam dalam Kartu Keluarga (KK) yang sama hanya dapat memperoleh 1 kali periode kredit.

 

#5 Kreasi Fleksi

Kreasi Fleksi adalah jenis pinjaman yang diberikan kepada masyarakat petani dan non-petani dalam menjalankan usahanya. Agunan yang dapat diserahkan berupa kendaraan bermotor, persediaan, alat produksi, dan emas.

Pinjaman yang bisa kamu dapatkan berkisar dari Rp1 juta – Rp400 juta. Sistem pelunasannya ada 2 yaitu sekali bayar dan angsuran.

Untuk sistem sekali bayar, tarif bunganya sebesar 5,5% untuk tenor 3 bulan, 7,4% untuk tenor 4 bulan, dan 11,3% untuk tenor 6 bulan.

Untuk sistem angsuran, jangka waktu peminjamannya terdiri dari 12, 18, 24, dan 36 bulan.

Untuk angsuran 3 bulanan, tarif bunganya sebesar 3,5%, untuk angsuran 4 bulanan, bunganya 5,05%, dan untuk angsuran 6 bulanan, bunganya 8,6%.

Syarat pengajuannya hanya KTP, KK, dan jika agunannya berupa kendaraan bermotor, jangan lupa membawa BPKP asli, STNK, dan faktur pembelian ke outlet Pegadaian.

 

#6 Gadai Bisnis

Selain pinjaman Kreasi, ada juga pinjaman modal usaha yang lain dari Pegadaian yaitu Gadai Bisnis. Barang jaminan yang diserahkan berupa perhiasan emas dan emas batangan.

Dengan Gadai Bisnis, kamu bisa memperoleh pinjaman mulai dari Rp100 juta sampai Rp1 miliar. Uang pinjamannya sebesar 86,5% dari nilai taksiran barang jaminan.

Tarif bunga (sewa modal) akan dikenakan per 15 hari, yaitu 0,65%.

Untuk mengajukan pinjaman ini, kamu hanya perlu membawa KTP dan barang agunan berupa emas ke outlet Pegadaian terdekat.

 

#7 Arrum Haji

Apa kamu berencana untuk berangkat ke tanah suci? Kabar baiknya, kamu bisa mengajukan pinjaman dana haji di Pegadaian, dengan nominal Rp25 juta ke tabungan haji.

Kamu hanya perlu menyerahkan agunan emas minimal 7 juta, bukti SA BPIH, SPPH, dan buku tabungan haji.

Jika kamu ingin mengajukan pinjaman dana haji ini, kamu harus sah terdaftar sebagai peserta haji.

Kamu perlu datang ke bank untuk memperoleh SA BPIH dulu. Kemudian, datanglah ke kantor Kemenag untuk mendapatkan nomor porsi haji/SPPH.

Setelah itu, datanglah ke outlet Pegadaian terdekat dengan membawa KTP, SA BPIH, SPPH, buku tabungan, dan emas sebagai barang jaminan.

 

#8 Arrum BPKB

Nah, ini dia pinjaman untuk membiayai usaha dengan prinsip Syariah. Sesuai dengan namanya, agunan pinjaman Syariah ini berupa BPKB kendaraan bermotor. Jadi, kendaraan peminjam masih dapat digunakan.

Pinjaman ini memberikan dana mulai dari Rp1 juta hingga Rp150 juta. Jangka waktu pembiayaannya tersedia dalam 12, 18, 24, dan 36 bulan.

Perhitungan tarif ijaroh-nya yaitu Rp700 ribu x (nilai taksiran/Rp100.000). Pembayaran angsuran bisa dilakukan dengan tenor 12 bulan hingga 36 bulan.

Kenali 5+ Jenis Pinjaman dan Syarat Pengajuannya di Pegadaian 04

[Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Pinjol (Pinjaman Online) Mau Disetujui]

 

Untuk mengajukan pinjaman ini, usaha kamu harus memenuhi kriteria kelayakan dan sudah berjalan minimal 1 tahun.

Datanglah ke Pegadaian dengan membawa KTP, KK, berkas-berkas usaha, BPKB asli, STNK, dan faktur pembelian kendaraan.

Nah, itulah 5+ jenis pinjaman di Pegadaian beserta syarat pengajuannya. Pilihlah pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan kamu, baik itu yang Syariah maupun Non-Syariah.

Untuk jenis-jenis pinjaman Pegadaian yang lebih lengkap, silahkan kunjungi link berikut ini ya: https://sahabatpegadaian.com/produk-pegadaian

 

Bijaklah Dalam Mengajukan Pinjaman

Apa yang dimaksud dengan ‘bijak’ di sini? Artinya, ajukanlah pinjaman jika memang ada kebutuhan mendesak atau untuk membiayai usaha yang produktif.

Jangan ajukan pinjaman untuk hal-hal yang tidak penting atau sekadar keinginan duniawi. Ya, untuk saat ini, seseorang bisa mengajukan pinjaman dan menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang dia inginkan. Namun, setelah uangnya habis, apa dia sanggup untuk membayar cicilannya?

Jadi, jangan memberatkan keuanganmu dengan cicilan-cicilan yang tidak penting. Lebih baik menyicil pinjaman untuk aktivitas yang produktif seperti membuka usaha karena ada return berupa laba usaha yang bisa melunasi pinjaman tersebut.

 

Sekarang kamu sudah tau kan, dalam kondisi apa pinjaman itu perlu diajukan? Kamu juga sudah tau jenis-jenis pinjaman yang bisa didapatkan dari Pegadaian.

Nah, mungkin ada sanak saudara atau teman-teman kamu yang butuh pinjaman di luar sana.

Jadi, jangan lupa bagikan artikel ini kepada mereka ya supaya mereka tau jenis pinjaman apa yang bisa diajukan di Pegadaian.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Produk Pegadaian – Sahabat Pegadaian. Sahabatpegadaian.com – https://intip.in/UF5Y
  • Admin. Pegadaian. Pegadaian.co.id – pegadaian.co.id

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://intip.in/63Rw
  • 02 – https://intip.in/QgMN
  • 03 – https://intip.in/gjR6
  • 04 – https://intip.in/tg4s