Apakah Anda seorang pekerja yang berminat melanjutkan studi di bangku kuliah sambil bekerja? Tim Finansialku akan memaparkan berbagai suka dan duka sebagai seorang pekerja yang sekaligus menjalankan perannya sebagai mahasiswa beserta berbagai tuntutan yang tanggung jawab yang harus diselesaikan. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Dunia Kerja vs Dunia Kuliah

Dunia kerja dipenuhi dengan berbagai tuntutan dan tanggung jawab yang tidak dapat dipandang sepele.

Target kerja yang ditentukan oleh atasan dengan berbagai persaingan antar karyawan ditambah dengan kerjaan yang menumpuk sehingga mengharuskan penambahan jam dan mengambil waktu lembur.

Belum lagi permasalahan rumah tangga apabila sudah berkeluarga dan problematika dalam keluarga. Keadaan ini ditambah pula dengan keinginan untuk menambah ilmu melalui bangku kuliah sebagai suatu strategi dalam investasi jangka panjang untuk meningkatkan kualitas diri dan intelektual.

Namun, menambah ilmu di bangku kuliah juga memiliki tanggung jawab tersendiri dengan berbagai tugas dan tuntutan untuk meraih gelar yang diinginkan.

Berikut ini, beberapa ulasan bagi Anda para pekerja yang berminat untuk kembali menuntut ilmu di bangku kuliah disamping tuntutan pekerjaan Anda sebagai para karyawan.

Kuliah Kelas Karyawan Ini Cara Mengatasi Kesulitan Kuliah Sambil Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Mahasiswa Sudah Ingin Bebas Keuangan? Bisa Kok Ini Panduannya!]

 

#1 Sesuaikan Waktu Kerja Dengan Jadwal Kuliah

Bagi Anda para pekerja yang berminat untuk mengambil waktu kuliah, Anda perlu menyesuaikan waktu perkuliahan dengan jam kantor Anda. Kelas karyawan sangat disarankan karena kuliah ini menuntut Anda untuk berkuliah pada sore hari setelah Anda pulang dari kantor.

Pertimbangkan juga untuk kelas yang dapat diambil pada hari libur atau hari Sabtu apabila jam kantor Anda hanya 4 hari dalam seminggu. Hal ini dapat menguntungkan Anda sehingga Anda dapat mengambil kelas lebih banyak dan tentu saja akan mempercepat studi Anda di bangku kuliah.

Pertimbangkan juga pembagian waktu Anda untuk belajar, penyelesaian tugas kuliah disamping tugas-tugas dan tanggung jawab pekerjaan di kantor.

 

#2 Pertimbangan Biaya Finansial

Setelah Anda menentukan beberapa perguruan tinggi atau universitas yang akan Anda tuju, pertimbangkan juga setiap biaya yang diperlukan tidak hanya biaya pendaftaran tetapi berbagai biaya dalam proses penyelesaian studi seperti biaya pembelian buku, laptop, biaya fotokopi dan berbagai biaya wisuda saat menjelang akhir dari kuliah Anda.

Apalagi kalau Anda sudah berkeluarga, Anda perlu menyesuaikan berbagai biaya dengan berbagai kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai semangat Anda menjadi padam dan kuliah Anda terbengkalai di tengah jalan hanya karena pembiayaan finansial dan pertimbangan mengenai biaya yang kurang detail.

Kabar baiknya, apabila Anda mengalami kesulitan dalam pengaturan pembiayaan mengenai biaya perkuliahan Anda, Tim Finansialku dengan senang hati akan menolong Anda dalam mengaturnya.

 

#3 Informasikan Kepada Atasan

Beberapa atasan sebuah perusahaan ada yang sangat kooperatif apabila mendengar karyawannya berminat untuk menambah ilmu terutama untuk menunjang pekerjaan yang dilakukan dan meningkatkan performa kerja. Anda dapat menginformasikan minat Anda tersebut kepada atasan Anda.

Siapa tahu atasan Anda sangat mendukung dan bahkan mendukung sebagian pembiayaan finansial untuk kuliah tersebut. Tentu saja ada timbal balik yang harus dilakukan seperti adanya sistem penambahan kontrak kerja dan lain sebagainya yang dapat menguntungkan pihak perusahaan sebagai kompensasi dari pembiayaan finansial untuk kuliah Anda.

Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Belum Punya Penghasilan Tetap dan Masih Bergantung pada Orang Tua 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa: Belum Punya Penghasilan Tetap dan Masih Bergantung pada Orang Tua]

 

#4 Fokus pada Tanggung Jawab dan Kondisi Kesehatan

Bekerja sambil kuliah tentu saja bukan perkara yang mudah. Anda harus pandai dalam pengaturan waktu dan tentu saja waktu untuk makan dan berolahraga. Kesibukan Anda di kantor dan di bangku kuliah dengan berbagai tugas yang memungkinkan Anda untuk begadang karena harus menyelesaikan tugas-tugas kuliah.

Tetap fokus juga untuk menjaga kesehatan Anda dengan pola makan yang teratur dan olahraga rutin untuk menjaga kesehatan Anda. jangan sampai impian Anda malah membuat Anda terbaring lemah di rumah sakit.

Waktu libur pun perlu Anda gunakan dengan bijak karena refreshing di waktu libur dapat memperbaiki mood Anda dan mengistirahatkan sejenak pikiran Anda dari kesibukan kerja dan tugas perkuliahan.

 

#5 Jaga Performa Kerja dan Nilai Kuliah

Kesibukan kerja dan tuntutan tugas perkuliahan jangan dijadikan alasan untuk membuat kinerja Anda di kantor menjadi menurun. Walaupun Anda diperkenankan untuk meningkatkan kualifikasi Anda melalui bangku kuliah, namun perusahaan tetap menuntut performa kinerja Anda. Tetap tunjukkan disiplin kerja yang baik.

Demikian juga tugas-tugas kantor jangan sampai menjadi suatu alasan Anda untuk tidak mengerjakan tugas kuliah dan terlambat untuk datang ke kelas. Anda dituntut untuk mempertanggungjawabkan keputusan Anda untuk menjalankan tuntutan kerja dan tuntutan kuliah.

Usahakan untuk tidak menunda pekerjaan kantor dan tugas kuliah karena setiap harinya akan ada tugas baru yang harus Anda selesaikan. Oleh sebab itu, segera bereskan pekerjaan dan tugas Anda sesegera mungkin karena pekerjaan dan tugas yang baru akan menanti Anda.

Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda]

 

Persiapkan dengan Matang

Dalam menjalani 2 dunia antara kerja dan kuliah diperlukan kesadaran akan disiplin tinggi dan kerja keras disamping usaha mengejar impian dan cita-cita untuk meningkatkan kualitas diri dan juga mendapatkan promosi pekerjaan dan jabatan yang meningkat.

Pekerjaan dan kuliah sama-sama menguras waktu, tenaga dan tentu saja pikiran. Persiapkan mental Anda saat mengambil keputusan untuk kembali belajar di bangku kuliah sambil tetap melakukan rutinitas pekerjaan di kantor.

 

Apakah Anda seorang pekerja yang juga sedang menuntut ilmu di bangku kuliah? Bagikan pengalaman dengan menuliskannya pada kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan juga setiap informasi dari artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Okezone. 21 Juni 2016. Cara Efektif Mengatasi Kesulitan Kuliah Sambil Kerja. Okezone.com – https://goo.gl/tcI0LZ
  • Mercubuana. Tips Bagi Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Bekerja. Mercubuana.ac.id – https://goo.gl/VFWkAA

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa – https://goo.gl/crsrFP dan https://goo.gl/ocA6Qs

 

Free Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana