Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi perjalanan, salah satunya adalah asuransi perjalanan Sinarmas.

Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan informasi seputar asuransi perjalanan Sinarmas. Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Perjalanan Sinarmas

Asuransi perjalanan merupakan salah satu asuransi yang memberikan beragam manfaat yang dapat digunakan untuk mengurangi atau meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Dapat Anda bayangkan, waktu dan dana yang terbuang akibat keterlambatan pesawat, bagasi hingga kecelakaan yang terjadi selama perjalanan.

Untuk itu, diperlukan sebuah asuransi perjalanan yang dapat kredibel, salah satunya adalah asuransi perjalanan Sinarmas.

Asuransi Sinarmas memiliki 2 produk asuransi perjalanan, yang pertama adalah Simas Travel Overseas dan Simas Travel Domestic. Sesuai dengan namanya, asuransi perjalanan tersebut berbeda dari destinasi tujuan.

Asuransi Perjalanan Sinarmas Layanan Hingga Tingkat Prioritasnya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Klaim Asuransi Perjalanan Sinarmas yang Bikin Liburan Nyaman]

 

Pada Simas Travel Overseas, asuransi perjalanan mencakup perjalanan ke luar negeri, sedangkan pada Simas Travel Domestic, asuransi perjalanan mencakup perjalanan dalam negeri.

Pilihan plan yang ditawarkan oleh kedua asuransi perjalanan ini pun beragam. Simas travel overseas menawarkan 7 pilihan plan dengan limit pertanggungan mulai dari Rp 50 juta hingga maksimum Rp 1 miliar.

Sedangkan untuk Simas Travel Domestic, terdapat 4 pilihan plan dengan limit pertanggungan mulai dari R p50 juta sampai dengan maksimum Rp 400 juta.

Yang menarik, kedua asuransi perjalanan Simas ini tidak membatasi jumlah negara/kota yang dikunjungi oleh tertanggung dalam 1 kali perjalanan selama negara/kota tersebut disebutkan dalam formulir aplikasi asuransi perjalanan Simas Travel.

 

Jaminan Asuransi Perjalanan Simas

Kedua asuransi perjalanan Sinarmas memberikan beberapa jaminan yang cukup lengkap, beberapa di antaranya adalah:

 

Jaminan Kecelakaan Diri

Memberikan jaminan berupa ganti rugi uang, yang limitnya disesuaikan dengan plan yang dipilih oleh tertanggung jika meninggal dunia ataupun cacat tetap akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.

Pada asuransi Simas Travel Overseas, apabila kecelakaan terjadi pada perjalanan pesawat komersal dan terjadwal, maka limit jaminan kecelakaan diri bertambah dua kali lipat.

Asuransi Perjalanan Sinarmas Layanan Hingga Tingkat Prioritasnya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Perjalanan Saat Liburan?]

 

Jaminan Pengobatan dan Perawatan Medis

Tertanggung berhak mendapatkan penggantian biaya rawat inap di rumah sakit ketika di luar negeri akibat dari kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.

Selain itu, pihak asuransi juga wajib membayar biaya perawatan lanjutan untuk kasus yang sama dalam waktu 1×24 jam setelah kembali ke Indonesia akibat penyakit/cedera yang diderita ketika di luar negeri dan maksimum perawatan 7 hari.

Disesuaikan dengan plannya, tertanggung juga berhak mendapatkan santunan tunai harian selama melakukan rawat inap di rumah sakit hingga limit maksimum plan yang dipilih.

Tertanggung juga berhak atas biaya evakuasi medis darurat dan biaya repatriasi serta biaya kunjungan perjalanan, dengan keterangan:

  • Biaya evakuasi medis darurat: Transportasi darurat dan perawatan medis untuk memindahkan tertanggung (dalam kondisi medis kritis) ke rumah sakit terdekat.
  • Biaya repatriasi: biaya pengembalian jenazah ke Indonesia/kota domisili Tertanggung apabila Tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan dalam perjalanan.
  • Kunjungan perjalanan: satu anggota keluarga tertanggung berhak dibayarkan tiket pulang pergi serta biaya penginapan hotel (yang wajar) selama 6 hari berturut-turut dengan catatan evakuasi tidak mungkin dilakukan dan tidak ada anggota keluarga yang sudah dewasa yang menemaninya.

 

Jaminan Ketidaknyamanan Selama Perjalanan

Pemilik polis asuransi Simas Travel berhak atas penggantian biaya-biaya pembelian darurat untuk pakaian dan peralatan mandi atau kosmetik ketika berada di kota tujuan karena bagasi terlambat 6 jam (12 jam untuk Simas Travel Overseas) atau akibat salah pengantaran.

Untuk setiap 12 jam keterlambatan, tertanggung akan mendapatkan Rp1 juta sebagai biaya penggantian. Jika bagasi atau barang pribadi hilang, maka tertanggung berhak atas penggantian tersebut dengan limit sebesar Rp 1,25 juta untuk setiap item/set.

 

Jaminan Perluasan

Asuransi perjalanan Simas juga memberikan jaminan perluasan perlindungan isi rumah akibat kebakaran ketika tertanggung bepergian. Selain itu, jaminan perluasan tanggung jawab hukum pribadi juga diberikan.

Jaminan perluasan ini, menjamin tertanggung dari tuntutan hukum atas cidera yang diderita pihak ketiga atau kerusakan harta benda pihak ketiga yang dikarenakan oleh kelalaian tertanggung.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

Syarat Asuransi Perjalanan Simas

Usia minimal pemegang polis adalah 17 tahun hingga maksimal 70 tahun dan untuk usia anak adalah maksimal 18 tahun. Peserta tambahan (bukan pemegang polis) memiliki batas usia minimum 0 tahun dan maksimum 69 tahun.

Peserta asuransi haruslah WNI (Warga Negara Indonesia) atau WNA (Warga Negara Asing) yang memegang KIMS/KITAS (Kartu Izin Menetap Sementara/Kartu Izin Tinggal Terbatas).

Biasanya tujuan perjalanan yang mendapatkan jaminan asuransi bukanlah untuk mendapatkan perawatan medis. Periode maksimum pertanggungan untuk satu kali perjalanan adalah 90 hari.

Asuransi Perjalanan Sinarmas Layanan Hingga Tingkat Prioritasnya! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Berikut Klaim Asuransi Perjalanan Terunik Sepanjang Masa]

 

Persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah, tertanggung harus menggunakan pesawat terbang komersial dan terjadwal untuk perjalanan awal ke destinasi tujuan dan kepulangan kembali ke tempat awal.

Namun, SIMAS Travel tetap memberikan perlindungan perjalanan darat dan laut di destinasi tujuan.

Misalnya: Tn A menggunakan pesawat dari Jakarta menuju Denpasar kemudian selama di Bali tertanggung melakukan perjalanan darat dan juga melakukan penyebrangan ferry ke Lombok, setelah beberapa hari di Bali & Lombok tertanggung kembali ke Jakarta menggunakan pesawat.

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda mengenal lebih dalam asuransi perjalanan Sinarmas. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Travel Insurance. Sinarmas.co.id – https://bit.ly/3iJ4AzS

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://bit.ly/343Z9oX
  • Asuransi 2 – https://bit.ly/30a4E4f
  • Asuransi 3 – https://bit.ly/33azqMB