Banyak pemandangan indah yang ditawarkan oleh film layar lebar Black Panther. Keindahannya pun membuat banyak orang ingin liburan ke Wakanda.

Salah satu pemandangan yang mengagumkan adalah air terjun tempat Raja T’Challa dinobatkan. Ternyata air terjun tersebut terinspirasi dari pemandangan nyata di Argentina, lho!

Artikel ini akan membahas mengenai air terjun tersebut dan tips-tips liburan ke air terjun indah ala Wakanda, Air Terjun Iguazu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Berlibur ke Wakanda

Film karya Marvel berjudul Black Panther yang dirilis di awal tahun 2018 merupakan salah satu film yang menjadi fenomena dunia.

Tidak hanya karakternya yang kuat, pemandangan yang ditawarkan di dalam film ini pun luar biasa indah.

Anda akan diperkenalkan dengan sebuah kota bernama Wakanda, sebuah kota yang dikisahkan berada di Afrika.

Namun, sayang seribu sayang, kota ini hanyalah fiksi atau buatan tim produksi.

Liburan-ke-Wakanda-Air-Terjun-Iguazu-1-Finansialku

[Baca Juga: 26 Tempat Wisata di Jepang yang Harus Kamu Datangi Saat Liburan ke Negeri Sakura]

 

Padahal, banyak adegan yang menampilkan keindahan kota Wakanda, salah satunya adegan di sebuah air terjun di mana para raja memperebutkan tahta.

Tapi jangan kecewa dulu, ternyata pemandangan tersebut diinspirasi oleh Air Terjun Iguazu, sebuah air terjun yang berada di antara perbatasan Argentina dan Brasil, dan memang di kenyataannya, air terjun ini menawarkan pemandangan yang luar bisa menakjubkan.

Liburan-ke-Wakanda-Air-Terjun-Iguazu-4-Finansialku

[Baca Juga: 35 Tempat Wisata di Malaysia yang Asik Buat Liburan dan Bagus Buat di Instagram]

 

Air Terjun Iguazu

Air Terjun Iguazu sebenarnya sering muncul di berbagai film layar lebar seperti Indiana Jones, The Kongdom of the Crystal Skull, Captain America: Civil War, tetapi masih belum cukup untuk mendapatkan perhatian penonton hingga penampakan terakhirnya Black Panther.

Air Terjun Iguazu ini merupakan salah satu air terjun yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai World Heritage List.

Air Terjun Iguazu adalah kumpulan air terjun dari sungai Iguazu di perbatasan Misiones, Argentina dan Parana, Brasil. Ketinggian Air Terjun Iguazu bervariasi, mulai dari 60 meter hingga 82 meter. Untuk diameter Air Terjun Iguazu membentang sepanjang 2,7 km dan Air Terjun Iguazu memiliki 275 anak air terjun.

Kumpulan air terjun ini membuat Air Terjun Iguazu menjadi sistem air terjun terbesar yang ada di dunia. Debit air yang mengalir di air terjun ini mencapai 300 meter kubik setiap detiknya. Nama Iguazu sendiri diambil dari bahasa Tupi-Guarani yang mana “y” berarti air dan “uasu” berarti besar.

Di sekitar air terjun ini terdapat hutan hujan tropis yang masih terawat dengan sangat baik dan merupakan habitat dari lebih dari 2000 spesies flora dan fauna khas Amerika Latin, seperti Howler Monkeys, buaya Cayman dan jaguar.

Salah satu pemandangan yang menarik perhatian adalah “Devil’s Throat” atau “Tenggorokan Setan” yang mana terdapat bagian dari Air Terjun Iguazu yang memiliki aliran air berbentuk huruf ‘U’ yang sempit dengan diameter 150m – 170m dan debit air yang sangat deras.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Tips Berlibur ke Air Terjun Iguazu

Jika Anda ingin berlibur ke Air Terjun Iguazu untuk menikmati pemandangannya yang menakjubkan, ikuti tips-tips di bawah ini agar perjalanan Anda menyenangkan:

 

#1 Waktu Kunjungan yang Tepat

Air Terjun Iguazu berada tidak jauh dari garis ekuator sehingga udara di daerah tersebut membuat lokasi wisata ini dapat dikunjungi di setiap musim.

Pada musim panas, volum air akan meningkat dan langit akan menjadi lebih biru. Tetapi di musim ini, kelembaban dan temperatur akan sangat tinggi serta harga hotel akan meningkat.

Liburan-ke-Wakanda-Air-Terjun-Iguazu-5-Finansialku

[Baca Juga: 45 Tempat Wisata di Singapura yang Seru dan Asik untuk Liburan]

 

Bulan yang paling ramai adalah bulan Januari dan Februari, ketika musim liburan negara Brasil dan Argentina. Bulan September dan Oktober dianggap paling nyaman untuk mengunjungi Air Terjun Iguazu karena suhu udara yang sejuk, serta harga tempat penginapan yang lebih murah dan pengunjung yang tidak terlalu ramai.

 

#2 Siapkan Dana Liburan

Sebelum pergi berlibur, jangan lupa untuk mempersiapkan dana liburan. Jika Anda sudah menentukan akan berlibur kemana, tentu budget liburan harus disesuaikan.

Banyak orang tidak memahami betapa pentingnya memperhitungkan dan merencanakan dana liburan. Kebanyakan orang hanya akan mempersiapkan sejumlah besar uang dan berangkat begitu saja. Padahal lebih baik jika semua direncanakan terlebih dahulu agar semua dana dapat dikendalikan.

Anda bisa menggunakan fitur Dana Liburan dari Aplikasi Finansialku yang dapat menolong Anda dalam menghitung dana liburan yang Anda butuhkan untuk pergi ke Air Terjuan Iguazu.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Visa dan Perizinan

Setelah memiliki dana liburan, tentu selanjutnya yang harus Anda sediakan adalah visa untuk mengunjungi kedua negara tersebut (Brasil atau Argentina).

Cari tahu bagaimana pengurusan visa ke salah satu negara tersebut dan buatlah aplikasi permohonan visa.

Pastikan bahwa paspor Anda dicap pada saat masuk dan keluar dari negara tersebut.

 

#4 Bandara Ketibaan

Terdapat 2 bandara yang dekat dengan Air Terjun Iguazu, yang pertama adalah bandara Argentina, Cataratas del Iguazú International dan bandara Brasil, Foz do Iguaçu International.

Jarak bandara Argentina adalah 25 km dari kota Iguazu tetapi lebih dekat dengan tempat penginapan. Pilihan lain adalah dengan transit di ibukota Argentina, Buenos Aires dan menggunakan penerbangan lokal untuk menuju ke bandara internasional Iguazu, Karuse.

 

#5 Menuju Air Terjun Iguazu dan Tempat Penginapan

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Iguazu, Anda dapat melalui 2 kota, yaitu Puerto Iguazu di Argentina atau Foz do Iguacu di Brasil.

Puerto Iguazu merupakan sebuah pedesaan kecil dan tidak begitu luas. Anda akan jarang menemukan kendaraan di pedesaan ini. Untuk menjelajahi Puerto Iguazu, Anda harus siap berjalan kaki dan dalam waktu sehari, Anda sudah dapat menjelajahi seluruh pelosok Puerto Iguazu.

Liburan-ke-Wakanda-Air-Terjun-Iguazu-2-Finansialku

[Baca Juga: Tips Liburan Menyenangkan dan Tidak Khawatir Mengenai Keuangan (Lihat Checklist-nya)]

 

Di Puerto Iguazu, Anda akan menemukan tempat penginapan murah (Rp300 ribu – Rp500 ribu). Foz do Iguacu adalah kota yang lebih besar dibandingkan Puerto Iguazu, dan memiliki lebih banyak pilihan penginapan yang cukup baik dan kotanya tergolong aman.

Kedua pilihan penginapan ini akan lebih murah dibandingkan menginap langsung di dalam Taman Nasional yang dapat berharga lebih dari Rp4 juta untuk satu malamnya.

 

#6 Komunikasi

Sebelum menuju ke tempat Air Terjun Iguazu, sebaiknya Anda membeli kartu SIM di bandara atau di perkotaan agar Anda dapat tetap terhubung dengan internet untuk memudahkan perjalanan Anda.

Memang Anda masih dapat menemukan kartu SIM di swalayan tetapi harganya akan lebih mahal dibandingkan di ibukota.

 

#7 Metode Pembayaran

Kebanyakan transaksi harus menggunakan uang tunai dan hanya sebagian yang menerima kartu kredit. Misalnya untuk biaya transportasi (dari Puerto Iguazu ke Air Terjun Iguazu), Anda harus membayar sekitar Rp78 ribu. Sedangkan untuk menikmati pemandangan Air Terjun Iguazu dari Argentina, Anda harus membayar 260 ARS (atau Rp250 ribu), sedangkan dari kota Brasil, Anda harus membayar 47 BRL (atau Rp170 ribu).

 

#8 Wisata yang Berbeda dari Masing-masing Sisi

Karena Air Terjun Iguazu terletak di antara Argentina dan Brasil, masing-masing wisata yang ditawarkan berbeda. Dari sisi Argentina, Anda dapat menikmati wisata dengan mengelilingi hutan Iguazu dengan menggunakan perahu, melihat lokasi “Tenggorokan Setan” serta berjalan mengelilingi Air Terjun Iguazu di jalur pejalan kaki yang telah disediakan.

Sementara dari sisi Brasil, Anda dapat menikmati taman nasional menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh Macuco Safari, bahkan anda dapat mengelilingi taman dengan menggunakan helikopter. Di ujung jalur pejalan kaki, anda dapat menikmati santapan sepuasnya dengan harga kurang lebih Rp 170 ribu.

 

#9 Siapkan Mantel Hujan atau Jaket

Karena Anda akan menikmati pemandangan air terjun, maka Anda harus memastikan bahwa Anda memakai mantel hujan ketika mengunjungi tempat tersebut agar pakaian Anda tidak basah terkena percikan air terjun.

Selain itu, cuaca di dekat Air Terjun Iguazu cukup dingin, pastikan bahwa Anda berpakaian cukup tebal. Anda pun sebaiknya membawa kantong plastik untuk melindungi kamera atau handphone Anda pada saat mengambil gambar.

 

Tetap Waspada

Warga di daerah Puerto Iguazu, terkenal ramah dan sopan. Bahkan pemerintah Argentina pun menyatakan bahwa tingkat kriminalitas di daerah tersebut tergolong rendah. Begitu pula di Foz do Iguacu, yang juga terkenal akan keamanannya.

Walaupun begitu, sebagai turis asing, Anda harus tetap berwaspada dengan barang bawaan Anda dan tetap berhati-hati akan penipuan yang mengatasnamakan tempat wisata.

 

Apa Anda sudah tidak sabar mengunjungi Air Terjun Iguazu? Apakah tips di atas sudah cukup jelas? Silakan berikan pertanyaan dan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Emily Cass. 2 April 2016. The Ultimate Guide to Visiting Iguazu Falls. Justglobetrotting.com – https://goo.gl/ZRNwhL
  • Syanti Mustika. 23 Februari 2018. Air Terjun di Wakanda Ada di Dunia Nyata. Travel.detik.com – https://goo.gl/CwyDKJ
  • Rosita A. 5 Maret 2018. 7 Hal yang Harus Kamu Siapkan saat Liburan ke Wakanda Black Panther. Travel.idntimes.com – https://goo.gl/CwyDKJ

 

Sumber Gambar:

 

  • Wakanda – https://goo.gl/z6JVvz
  • Iguazu – https://goo.gl/fqKBVz
  • Wakanda 2 – https://goo.gl/hJeBMW
  • Iguazu 2 – https://goo.gl/hbwqBz