Sebagai tuan rumah Indonesia tentu punya agenda yang akan diangkat pada pertemuan IMF-WB atau International Monetary Fund-World Bank.

Pada pertemuan IMF-WB 2018 yang digelar di Bali setidaknya terdapat lima isu utama yang akan diangkat oleh Indonesia. Kira-kira apa saja isu utama tersebut? Simak artikel berikut untuk mengetahuinya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Lima Isu Utama Indonesia pada IMF-WB 2018

Ditunjuk sebagai tuan rumah, Indonesia akan memanfaatkan pertemuan IMF-WB ini sebagai kesempatan unjuk diri di hadapan negara lainnya. Momentum ini akan menjadi titik balik bagi Indonesia menunjukkan capaian perekonomian mereka.

Sempat dihantam krisis moneter pada 1998, Indonesia perlahan bangkit dan menunjukkan perekonomian yang lebih stabil. Bahkan Indonesia saat ini telah memasuki tahap baru dalam perekonomian.

Indonesia boleh berbangga diri karena saat ini telah mencapai kemajuan sebagai negara yang perekonomiannya telah bereformasi (reformed), memiliki daya tahan (resilient), dan progresif (progressive).

Sebagai penyelenggara, Indonesia akan banyak mendapat manfaat dari pertemuan ini. Mulai dari meningkatnya jumlah wisatawan, promosi wisata Indonesia, hingga menggerakkan roda perekonomian di Bali.

Selain itu, pertemuan ini digelar pada periode yang cukup genting. Yaitu tengah tidak stabilnya perekonomian global. Indonesia yang cukup merasakan dampaknya bisa memanfaatkan pertemuan kali ini.

Pada 13-14 Oktober mendatang, setidaknya Indonesia akan mengangkat lima isu utama pada IMF-WB 2018 nanti. Apa saja kira-kira isu yang akan diangkat nanti?

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#1 Penguatan International Monetary System (IMS)

Salah satu penyebab tidak stabilnya perekonomian global adalah normalisasi kebijakan moneter negara maju. Alhasil sistem keuangan dunia menjadi goyah dan negara berkembang terkena dampaknya.

Permasalahan ini harus segera dicari solusinya agar negara berkembang tidak terhantam terus perekonomiannya.

Salah satu hal yang harus dibahas adalah cara negara berkembang memahami langkah kebijakan normalisasi tersebut.

Lima Isu Utama yang Akan Diangkat Indonesia pada IMF-WB 2018 Finansialku 1

[Baca Juga: 6 Realita Kehidupan di Negara Termiskin di Dunia]

 

Dengan demikian, negara berkembang dapat melakukan mitigasi potensi risiko yang mungkin timbul.

Salah satu mitigasi yang menjadi pokok bahasan adalah sinkronisasi kebijakan normalisasi dengan respon yang harus dilakukan oleh negara berkembang.

Caranya adalah melalui penguatan Global Financial Safety Net (GFSN) dengan mendorong kolaborasi antara GSFN dan Regional Financing Arrangements (RFA).

 

#2 Ekonomi Digital

Teknologi yang terus berkembang secara pesat akhirnya mendorong pertumbuhan e-commerce dan fintech. Namun perkembangan ekonomi digital juga memunculkan banyak risiko.

Risiko itulah yang akan menjadi perhatian dan akan salah satu pokok bahasan pada pertemuan IMF-WB 2018. 

Beberapa pembahasannya antara lain adalah sistem pembayaran, central bank operation, cross-border arrangement, and collaboration. Bahkan isu ini memang telah termasuk dalam rangkaian pertemuan, bukti seriusnya masalah tersebut untuk dibahas.

 

#3 Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Salah satu proyek nasional yang tengah digenjot oleh banyak negara berkembang adalah pembangunan infrastruktur. Pembangunan ini dilakukan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Kebanyakan negara berkembang belum mampu membiayai pembangunan ini secara mandiri. Oleh karena itu dibutuhkan peran pihak swasta untuk ikut membantu pembiayaan pembangunan tersebut.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store


 

Pengangkatan isu ini diharapkan tak hanya mendapat bantuan dari pihak swasta, namun juga menghasilkan kerangka kebijakan yang jelas dan konsisten, tata kelola yang baik, iklim usaha yang mendukung.

Terakhir, pengangkatan isu ini juga diharapkan dapat menghasilkan inovasi model pembiayaan infrastruktur sehingga peran swasta sebagai investor dapat dioptimalkan.

 

#4 Penguatan Aspek Ekonomi dan Keuangan Syariah

Keuangan syariah secara perlahan namun pasti mulai mendapatkan ruang berkembang dan diminati oleh banyak masyarakat. Bahkan tak hanya oleh masyarakat beragama Islam, masyarakat non-muslim juga mulai melirik keuangan syariah.

Berangkat dari latar belakang itu, keuangan syariah dipercaya mempunyai potensi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, baik untuk negara maju maupun negara berkembang.

Apa Sih Keuangan Syariah Global Itu Bagaimana Tujuannya 4 Finansialku

[Baca Juga: Pertemuan IMF dan Bank Dunia 2018 di Bali, Apa Manfaatnya?]

 

Instrumen keuangan syariah seperti sukuk maupun yang berbasis zakat dan wakaf berpotensi mendukung pertumbuhan ekonomi sebagai sumber pembiayaan infrastruktur.

Indonesia sebagai negara dengan umat muslim terbesar di dunia akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan kemajuan sekaligus mempelajari terkait keuangan syariah.

 

#5 Isu-isu Fiskal

Pokok bahasan lainnya yang akan diangkat Indonesia adalah terkait isu-isu fiskal. Sebuah bahasan yang secara rutin dibahas setiap tahunnya pada pertemuan IMF-WB.

Isu-isu terkait yang menarik untuk dibahas adalah urbanisasi, human capital, manajemen risiko bencana hingga perubahan iklim.

 

Kesempatan Unjuk Diri Sekaligus Pembelajaran

Pertemuan IMF-WB 2018 ini diharapkan dapat menjadi kesempatan untuk pembahasan permasalahan ekonomi yang terjadi di Kawasan Asia.

Tak hanya membahas permasalahan, sebagai tuan rumah, Indonesia punya agenda lain. Menjadikan pertemuan ini sebagai panggung untuk dapat menunjukkan pada dunia perekonomian Indonesia yang reformed dan resilient.

Pada akhirnya pertemuan ini juga diharapkan menghasilkan berbagai solusi untuk meningkatkan ketahanan ekonomi Indonesia.

 

Apakah Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini? Jangan ragu untuk membagikannya pada teman Anda. Agar semua orang bisa mendapatkan manfaat dan merasakan keuntungannya.

 

Sumber Referensi

  • Admin. 05 September 2018. Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 Angkat Lima Isu Utama Indonesia. Bi.go.id – https://goo.gl/p5yjTu

 

Sumber Gambar:

  • IMF-WB Annual Meetings – https://goo.gl/LWjyPN
  • IMF-WB Annual Meetings 2 – https://goo.gl/2RnKFj