Praktik lintah darat atau rentenir sepertinya hampir selalu ada diseluruh daerah di Indonesia, dan kerap menjadi topik perbincangan yang hangat.

Lalu selain dikenal merugikan, apakah ada juga lintah darat yang menguntungkan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengenal Kegiatan Lintah Darat

Berbicara soal lintah darat, maka hal utama yang harus kamu ketahui terlebih dahulu mekanisme kerja dari lintah darat.

Lintah darat atau rentenir merupakan suatu bentuk usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang ataupun perorangan. Rentenir menyediakan pinjaman dana namun dengan suku bunga yang jauh lebih tinggi dari nilai pasar pada umumnya.

Meskipun suku bunga dari lintah darat termasuk tinggi, masih banyak masyarakat di negara kita yang tetap mau meminjam uang darinya.

Hal ini karena meminjam dana melalui rentenir cenderung lebih mudah proses pencairannya dan juga lebih cepat dari pada mengusulkan peminjaman uang di bank.

Maka dari itu, mereka yang membutuhkan pinjaman dana dalam waktu yang cepat, menjadikan rentenir sebagai pilihan utama mereka.

Saat ini, ada begitu banyak tawaran yang menggiurkan dari rentenir, sehingga masyarakat merasa santai ketika sedang meminjam uang.

Meskipun suku bunga yang diberikan oleh lintah darat lebih tinggi dari pada lembaga keuangan yang resmi dan bank, namun dalam pasal 1765 KUHAP (Kitab Undang-undang Hukum Acara Perdata) kegiatan semacam ini tidaklah dikategorikan sebagai sesuatu yang melanggar hukum.

Ternyata Ada Lho Lintah Darat yang Menguntungkan 02

[Baca Juga: Pahami Ini Sebelum Terlilit Hutang Kredit Tanpa Agunan Berbunga Tinggi!]

 

Hal ini karena kegiatan pinjam dan meminjamkan telah disepakati oleh kedua pihak, sehingga debitur tidak memiliki payung hukum untuk melindunginya.

Untuk itu, masyarakat sebaiknya sangat berhati-hati sebelum meminjam uang dari rentenir, terlebih dari rentenir yang bahkan sampai menetapkan suku bunga hingga 40% per bulan atau bahkan menghitung suku bunga per jam.

Namun dalam pasal 335 KUHAP tercatat bahwa rentenir akan terjerat sanksi penjara jika lintah darat tersebut terbukti telah melakukan kekerasan pada debitur.

Namun, selama rentenir tidak kedapatan melakukan tindak kekerasan, maka tidak ada alasan baginya untuk diberi sanksi penjara ataupun denda.

 

Cara Membedakan Lintah Darat yang Menguntungkan dan yang Merugikan

Setelah membaca pembahasan yang sebelumnya, maka bagi kamu yang ingin menggunakan jasa dari lintah darat harus ekstra hati-hati sebelum mengambil keputusan.

Cara terbaik untuk membedakan rentenir yang menguntungkan atau merugikan ialah dengan membedakan suku bunga yang sehat dengan suku bunga yang tidak sehat.

Sebab meskipun pada umumnya rentenir menetapkan suku bunga yang sangat tinggi, tidak tertutup kemungkinan juga jika ada rentenir yang memberi pinjaman dengan suku bunga normal seperti di bank.

Berikut ini contoh perhitungan suku bunga yang tidak sehat dan yang sehat.

 

#1 Suku Bunga yang Tidak Sehat

  • Nilai uang yang dipinjam = Rp5 juta
  • Tenor atau masa peminjaman = 1 bulan
  • Suku bunga yang telah ditetapkan dalam 1 hari = 1,3% atau setara dengan 40% per bulan
  • Jumlah bunga yang harus dibayar = Rp2 juta
  • Total utang yang harus dibayar (pinjaman pokok + bunga) = Rp7 juta

 

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#2 Suku Bunga yang Sehat

Nilai dari suku bunga yang sehat ialah nilai suku bunga dasar kredit yang telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebuah lembaga yang bertugas dan memiliki wewenang untuk mengatur, melakukan pengawasan, menyelidiki dan melakukan pemeriksaan dalam sektor jasa keuangan.

Berikut cara menghitung nilai suku bunga yang sehat:

  • Nilai uang yang dipinjam = Rp5 juta
  • Tenor atau masa peminjaman = 1 bulan
  • Suku bunga yang ditetapkan dalam 1 hari = 0,1% atau setara dengan 3% per bulan (suku bunga ini sesuai dengan yang ditetapkan oleh OJK)
  • Jumlah bunga yang harus dibayar = Rp150 ribu
  • Total utang yang harus dibayar (pinjaman pokok + bunga) = Rp5,150 juta

Ternyata Ada Lho Lintah Darat yang Menguntungkan 03

[Baca Juga: Sebelum Pinjam Uang, Kenali Dulu 7 Risiko Pinjaman Online yang Mungkin Terjadi]

 

Dari perhitungan nilai suku bunga di atas, dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang besar antara jumlah bunga yang sehat dengan yang tidak sehat.

Untuk itu, saat meminjam dana dari Rentenir sebaiknya kamu harus bisa menghitung suku bunganya terlebih dahulu.

 

Bolehkah Saya Meminjam Dana Dari Lintah Darat?

Salah satu alasan meminjam dari lintah darat ialah prosesnya yang lebih cepat dan juga mudah.

Namun meskipun demikian, sangat disarankan untuk Anda agar tidak sampai mengajukan pinjaman pada rentenir, mengingat nilai dari suku bunga yang ditetapkan biasanya sangat tinggi.

Namun jika saat itu Kamu sedang dalam posisi yang sangat perlu untuk meminjam uang, maka jangan lupa untuk mempertimbangkan banyak hal, seperti mencari rentenir yang menetapkan suku bunga rendah atau sesuai ketetapan OJK.

 

Setelah membaca informasi ini, Anda dapat memilih pinjaman dari rentenir yang menguntungkan. Anda memiliki pertanyaan lain? Silakan tinggalkan di komentar di bawah ini.

Anda juga bisa menjadi pahlawan bagi teman-teman Anda agar terhindar dari lilitan utang akibat lintah darat dengan membagikan artikel ini.

Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Clara Naomi. 26 Agustus 2019. Bedakan Lintah Darat yang Menguntungkan dan Merugikan. Lifepal.co.id – https://bit.ly/2PQ54bu

 

Sumber Gambar:

  • Lintah 01 – https://bit.ly/36o8gAT
  • Lintah 02 – https://bit.ly/2QnwwOa
  • Lintah 03 – https://bit.ly/39BbB1o