Banyak mahasiswa yang mengejar lulus kuliah 3,5 tahun. Kenapa sih harus lulus kuliah 3,5 tahun? Memangnya mudah?

Lulus kuliah 3,5 tahun bagi sarjana sebetulnya bukan hal yang mustahil. Apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan fokus, maka kuliah dalam waktu singkat bisa menjadi peluang untuk mengatur masa depan lebih dini.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah 3,5 Tahun

Zaman dulu, sebelum ada internet, mahasiswa bisa kuliah dalam waktu yang lama, seperti 5-10 tahun, atau bahkan lebih.

Namun, seiring perkembangan teknologi, waktu kuliah pun dapat dipersingkat karena arus informasi yang semakin cepat dan mudah diakses oleh siapapun.

Oleh karena itu, dengan kemudahan teknologi saat ini, kamu bisa lebih cepat lulus kuliah dan lanjut bekerja.

Memutuskan untuk kuliah 3,5 tahun tentunya merupakan pilihan hidup masing-masing individu. Dengan waktu kuliah yang lebih cepat, kamu sebetulnya bisa menghemat uang kuliah dan mempercepat pengalaman kerja.

Tetap Kuliah Meski Tak Punya Dana, Ini Cara Cerdas Mencari Uang 02 Mahasiswa Lulus - Finansialku

[Baca Juga: Tiru Kuliah Ala Mahasiswa Cerdas Untuk Mendapatkan IPK Tertinggi]

 

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi mengenai tips-tips serta pengalaman lulus kuliah selama 3,5 tahun.

Sebetulnya hal tersebut bukanlah hal yang mudah, tapi tentu setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam menyelesaikan kuliah dalam waktu singkat.

Gimana, udah tertarik untuk segera menyelesaikan bangku kuliah? Yuk, cek beberapa tips berikut ini supaya kamu bisa lulus dalam waktu 3,5 tahun dengan prestasi yang membanggakan!

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Tips Menyelesaikan Kuliah Selama 3,5 Tahun Saja

Sebagai mahasiswa, banyak tanggung jawab yang sudah harus dijalani. Dari kepanitiaan, bekerja paruh waktu, hobi, waktu bersama teman-teman atau keluarga, dan lain-lain.

Dengan tips-tips di bawah ini, tentunya kamu masih bisa menikmati hidup, berorganisasi, meluangkan waktu bersama teman-teman dan keluarga, tanpa mengorbankan waktu belajar kamu. Simak poin-poin berikut ini:

 

#1 Tidak Menunda Mengerjakan Tugas

Sebagai mahasiswa, tidak hanya kamu harus rajin hadir pada jam perkuliahan, tapi kamu juga harus mengumpulkan tugas dengan tepat waktu dan hadir saat ujian.

Tugas-tugas yang sudah terlalu menumpuk dan perasaan malas seringkali menjadi alasan untuk tidak menyelesaikan pekerjaan secepatnya.

Mulai Main Saham Untuk Pelajar dan Mahasiswa Dengerin Nasihat Warren Buffett, Investor Saham Tersukses Di Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Orang-Orang Usia Muda, Baru Lulus Kuliah Bisa Jadi Orang Kaya dan Bebas Keuangan]

 

Hal ini menjadi lebih gawat apabila tiba-tiba kamu baru menyadari bahwa deadline datang pada waktu yang sama dan kamu belum mengerjakan apapun!

Nah untuk menghindari hal ini, ada baiknya kamu selalu mencatat waktu pengumpulan tugas dan mengecek jadwal deadline secara berkala.

 

#2 Usahakan Selalu Hadir di Setiap Perkuliahan

Nah, yang satu ini pastinya penting banget! Untuk bisa lulus satu mata kuliah, maka kamu harus memenuhi minimal daftar kehadiran.

Supaya kamu gak perlu ngulang mata kuliah yang sama di semester depan, maka kamu harus pastikan kamu bisa lulus satu mata kuliah hanya dalam satu semester saja.

Catatlah hal-hal penting yang kamu pelajari selama perkuliahan dan jangan pernah membolos, kecuali ada urusan darurat atau sakit. Kehadiran selama perkuliahan juga memperlihatkan komitmen dan tanggung jawab kamu sebagai pelajar, lho.

Lagian, udah bayar kuliah mahal-mahal untuk setiap SKS-nya, yakin masih mau bolos?

 

#3 Fokus dalam Mengerjakan Skripsi

Kalau sudah jadi mahasiswa tingkat akhir, kamu pun mulai dihadapkan dengan yang namanya skripsi. Kebanyakan mahasiswa sudah mengambil skripsi dengan sisa mata kuliah yang sedikit sehingga memiliki waktu luang yang banyak.

Beberapa mahasiswa pun jadi tergiur dengan mengambil kesempatan kerja atau hal-hal lain sambil mengerjakan skripsi.

Sebetulnya, hal ini sah-sah saja, namun apabila kamu sudah mulai membagi pikiran dengan hal lain dan tidak bisa membagi waktu, maka fokus kamu untuk mengerjakan skripsi sungguh-sungguh bisa teralihkan.

Lulus Kuliah 3,5 Tahun - 03 Finansialku

[Baca Juga: Setelah Lulus Kuliah: Pilih Kerja Dulu atau Buka Usaha?]

 

Kerjakanlah skripsi dengan fokus dan tenang, serta konsultasikan perkembangan skripsimu dengan dosen secara berkala. Adanya revisi jangan membuat semangatmu patah, segeralah mengerjakannya, demi cepat mencapai sidang akhir.

 

#4 Menjaga Motivasi Saat Kuliah

Kenapa sih motivasi harus ada saat berkuliah? Jawabannya, karena motivasi adalah hal yang membuat kamu untuk terus terpacu menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Motivasi bagi setiap orang bisa berbeda-beda, ada yang menjadikan orangtuanya sebagai motivasi, motivasi untuk cepat bekerja dan menghasilkan penghasilan sendiri, motivasi untuk melanjutkan S2, dan lain-lain.

Kamu bisa pikirkan, apa hal yang ingin aku lakukan setelah lulus? Bagaimana cara mencapainya? Apa saja yang harus aku siapkan? Dengan begitu, kamu bisa menjadi semangat

 

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#5 Menjalin Relasi yang Baik dan Berorganisasi

Jejaring merupakan salah satu hal fundamental yang harus mulai kamu bina dengan baik sejak bangku kuliah. Kenapa? Karena banyak sekali kesempatan kerja yang akan datang apabila orang-orang, terutama teman-teman terdekatmu sudah tahu dengan kinerja kamu yang baik.

Jangan sia-siakan masa kuliahmu dengan hanya menjadi “kupu-kupu” (kuliah-pulang-kuliah-pulang), karena banyak sekali kesempatan emas yang bisa kamu lewatkan!

Jalin hubungan pertemanan dan relasi yang baik dengan dosen, senior, maupun alumni. Tidak jarang kesempatan kerja datang justru dari orang-orang terdekat.

Kenali 5 Investasi untuk Pemula bagi Para Mahasiswa dengan Modal Minim 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Praktikan Cara Menjadi Pemimpin Sukses Hebat Di Kampus!]

 

Ikut organisasi kerelawanan di luar atau di dalam kampus juga bisa menjadi nilai tambah. Terlebih apabila kamu berniat untuk mendaftar S2 dan beasiswa di masa depan, hal ini bisa menjadi nilai tambah. Oleh karena itu, selalu isi waktu luangmu di kuliah dengan hal positif, ya!

 

#6 Time Management itu Super Penting!

Dengan memiliki segudang tanggung jawab dan pekerjaan, hal yang satu ini nggak boleh terlewatkan, yaitu time management! Yap, sebagai mahasiswa tentunya banyak hal yang bisa mendistraksi perhatian kamu. Pandai membagi waktu bisa jadi modal utama kesuksesan di masa depan.

Lalu, bagaimana sih caranya menjadi orang yang pintar membagi waktu? Sebenarnya hal tersebut tidak sulit, selama kamu berkomitmen untuk memenuhinya.

Lulus Kuliah 3,5 Tahun - 01 Finansialku

Baca Juga: [Lulus S1, Pilih Kerja atau Kuliah S2? Berapa Dana Yang Harus Disiapkan?]

 

Kamu bisa atur pengingat dengan alarm di HP mengenai tanggal, jam dan hal yang harus diselesaikan secara detail.

Kalau konsentrasimu seringkali terbagi dalam mengerjakan sesuatu, maka kamu bisa mencoba sebuah teknik yaitu teknik “konsentrasi dari Jepang”. Teknik tersebut adalah membagi-bagi waktu sesuai dengan interval waktu yang telah diatur, sehingga kamu akan berfokus hanya menyelesaikan satu perihal dalam waktu yang tersedia.

 

Lulus 3,5 Tahun Bukan Hanya Mimpi!

Semua orang bisa lulus kuliah hanya dengan 3,5 tahun. Apabila kamu masih mahasiswa baru, maka kamu sudah bisa memikirkan strategi-strategi apa yang dapat kamu lakukan untuk menyerap ilmu dengan maksimal dalam waktu singkat.

Namun, apabila kamu sudah menuju menjadi mahasiswa akhir, manfaatkanlah waktu-waktu yang tersisa dengan baik.

Lulus kuliah dalam waktu 3,5 tahun berarti kamu bisa menghemat waktu dan biaya. Setiap kali kamu ingin menyerah dalam menyelesaikan skripsimu, ingatlah ada orangtua dan keluarga yang tidak sabar melihatmu di hari wisuda dengan rasa bangga dalam hati.

 

Sudahkah kamu mengerti poin-poin yang telah disampaikan? Kalau kamu punya teman yang memiliki motivasi sama dalam kuliah 3,5 tahun, pastikan dia juga membaca artikel ini. Siapa tahu, kalian bisa wisuda bersama dengan penuh rasa suka cita. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Neal Frankle. Why You Should Graduate From College Early – How It’s Done. Wealthpilgrim.com – https://goo.gl/SXWWkp
  • Lisa Heffernan. 30 Maret 2018. 6 Reasons to Graduate College Early. Toughtco.com – https://goo.gl/uZ4msf

 

Sumber Gambar:

  • Graduation – https://goo.gl/6pLJ2Q
  • Learning – https://goo.gl/37SPF7
  • Time – https://goo.gl/2fSKUV
  • Community – https://goo.gl/9tFDEV

 

Summary
Banyak Mahasiswa Melakukan Hal Ini Supaya Lulus Kuliah 3,5 Tahun Lho! Ini Rahasianya
Article Name
Banyak Mahasiswa Melakukan Hal Ini Supaya Lulus Kuliah 3,5 Tahun Lho! Ini Rahasianya
Description
Banyak mahasiswa yang mengejar lulus kuliah 3,5 tahun. Kenapa sih harus lulus kuliah 3,5 tahun? Memangnya mudah?
Author
Publisher Name
Finansialku
Publisher Logo