Sejauh apa pengetahuan kamu mengenai macam sektor ekonomi kreatif, yang digalakkan oleh pemerintah Indonesia? Apakah kamu cukup tahu?

Yuk simak pengertian, ciri, perkembangan macam sektor ekonomi kreatif dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perkembangan Macam Ekonomi Kreatif Indonesia

Perkembangan Macam sektor ekonomi kreatif di Indonesia semakin berkembang sangat baik dan memberikan kontribusi yang besar pada PDB.

Beberapa tahun terakhir ekonomi kreatif di Indonesia menunjukkan hasil yang relatif signifikan. Sektor ekonomi kreatif mampu bersaing karena ide ciptaan yang kompeten.

 

Pengertian Ekonomi Kreatif 

Pengertian dari kata ekonomi kreatif tentunya kita mengacu pada ide jiwa muda. Pengertian dari ekonomi kreatif merupakan suatu pengembangan usaha dengan menerapkan ide kreatif atas peran dari pelaku bisnis yang memiliki SDM berkualitas.

Atau kita dapat sebut juga pengertian ekonomi kreatif suatu konsep perekonomian di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengedepankan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang paling utama.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Karakteristik atau Ciri Sektor Ekonomi Kreatif

Bisnis kreatif yang banyak memberikan sumbangsih bagi perekonomian nasional Indonesia memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

 

#1 Menerima Inovasi Secara terbuka

Usaha bisnis yang telah diciptakan tidak monoton. Namun, selalu terjadi perkembangan dari waktu ke waktu dengan tuangan ide yang kreatif.

Ekonomi Kreatif 1

[Baca Juga: Kisah Sukses Es Cendol Elizabeth Bandung yang Melegenda]

 

Tentunya pengembangan bisnis juga disesuaikan dengan inovasi yang sedang trend agar mampu bersaing. Pembuatannya pun dengan cara yang semakin modern. Jadi pengembangannya bersifat terbuka menyesuaikan dengan keadaan dan menerima inovasi baru.

 

#2 Kerjasama dengan Berbagai Pihak

Sebagus apapun suatu karya, susah untuk mencapai kesuksesan jika tidak dibarengi dengan kerja sama yang baik dari berbagai pihak.

Setiap orang saling membutuhkan dan dapat memberikan kontribusinya masing-masing. Pelaku usaha tidak bisa mensukseskan bisnisnya jika tidak ada bantuan dari kaum intelektual dan pemerintah yang memfasilitasinya.

 

#3 Kreasi Relatif dan Gampang Tergantikan (Produk Terbaru)

Usaha yang kreatif dan berkompeten pasti memiliki strategi pengeksisan produk dengan cara mengganti model keluaran dalam setiap kurun waktu tertentu.

Telah diketahui bahwa permintaan pasar tergantung oleh trend. Jadi produk yang diciptakan harus menyesuaikan selera masyarakat dan menambah kreasi unik yang terbaru.

 

Macam Sektor Ekonomi Kreatif Indonesia

 Terdapat beberapa sektor usaha kreatif di Indonesia yang memberikan kontribusi terbesar sebagai berikut.

 

#1 Macam Sektor Ekonomi kreatif yang Pertama Bidang Kuliner

Indonesia memiliki berbagai macam kuliner, bahkan terdapat makanan khas di setiap daerahnya. Dari Sabang sampai Merauke jumlah kuliner Indonesia seluruhnya ada cirinya tersendiri. Rasa masakan kuliner Indonesia khas dengan rempah-rempahnya yang gurih dan tidak membuat bosan.

Ekonomi Kreatif 2

[Baca Juga: Waspada 7 Penyebab Keuangan Berantakan Ini, Sebelum Terlambat!]

 

Oleh karena itu, macam sektor ekonomi kreatif bidang kuliner di Indonesia sendiri menjanjikan untuk mereka yang bisa bersaing dengan segala kreativitas yang ada. Belum lagi, dengan teknologi saat ini semakin membantu perkembangan kuliner Indonesia.

 

#2 Macam Sektor Ekonomi Kreatif  Bidang Fashion

Macam Sektor Ekonomi Kreatif Bidang fashion di Indonesia ternyata memiliki kontribusi yang cukup tinggi, bahkan bisa mencapai Go International.

Desainer handal yang kreatif yang mampu mencurahkan idenya tentunya akan mampu meningkatkan ekonomi kreatif itu sendiri, pada bidang fashion.


 

#3 Macam Sektor Ekonomi Kreatif Bidang Kriya

Banyak ditemui masyarakat Indonesia yang menciptakan ide kreatif dari bahan yang mungkin tidak disangka-sangka. Seperti halnya dari bahan daur ulang.

Ide kreatifnya pun terjual tembus ke pasar luar negeri. Pasalnya hasil kerajinan tangan orang Indonesia yang unik dan khas ini mungkin tidak ditemui di negara lain, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

 

#4 Industri Televisi dan Radio

Sektor Ekonomi Kreatif bidang Media digital kini menunjukkan kekuatan dalam persaingan ranah teknologi informasi. Walaupun kondisi sekarang demikian, namun industri televisi dan radio masih eksis dan patut dikembangkan.

Perkembangan bisnis kreatif semakin menunjukkan hasil yang menjanjikan. Bahkan, pemerintah mengatakan bahwa kini telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Negara Indonesia pun sudah menargetkan tujuan ekspor pada berbagai negara diantaranya, Amerika Serikat, Jepang, Taiwan, Swiss, Jerman, dan Singapura.

 

Yuk Kembangkan Macam Sektor Ekonomi Kreatif Indonesia!

Investasi terus dibutuhkan untuk mengembangkan lebih banyak lagi macam sektor ekonomi kreatif di Indonesia hingga tembus pasar Internasional.

Sangat disayangkan jika peluang ini tidak dipertahankan dan dikembangkan lebih lanjut. Maka sebagai masyarakat Indonesia harus turut peduli dengan bisnis kreatif dalam perkembangan dan jenis-jenisnya!

 

Setelah membaca artikel di atas, pastinya ada ketertarikan pada sektor ekonomi kreatif bukan? Yuk bagikan artikel ini pada -teman-teman kamu untuk mulai melirik bisnis ekonomi kreatif secara bersama-sama. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Februari 2020. Mengenal Ekonomi Kreatif, Ciri- Ciri dan Perkembangannya di Indonesia. Idcloudhost.com – https://bit.ly/2yQ45Cm
  • Syahid. 30 Agustus 2018. Ada 16 subsektor ekonomi kreatif, apa sajakah itu?. Elshinta.com – https://bit.ly/3eOXWWD

 

Sumber Gambar:

  • Ekonomi Kreatif 1 – https://bit.ly/3dmD4pf
  • Ekonomi Kreatif 2 – https://bit.ly/2ZTo3qS
  • Ekonomi Kreatif 3 – https://bit.ly/36PA4iG