Bagaimanakah manajemen keuangan untuk siswa SMA?

Masa-masa SMA merupakan waktu yang tepat untuk mempelajari keterampilan mengatur keuangan. Hal ini akan sangat bermanfaat nantinya saat kamu menginjak usia 20 atau 30 an.

Apa yang dipelajari sekarang akan menjadi kebiasaan baik yang bermanfaat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Persiapkan Masa Depan dengan Baik

Bagi mayoritas siswa-siswi SMA, hidup hanyalah untuk hari ini. Bagaimana dengan besok? Gimana besok aja deh!

Namun, nyatanya kamu sedang berada dalam masa persiapan menuju kehidupan pekerjaan dimana biasanya kamu dituntut untuk mengatur keuangan secara mandiri serta mempersiapkan masa depanmu.

Ini Dia Tips Mudah dan Kegunaan Belajar Manajemen Keuangan Untuk Siswa SMA 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang: Anda Bisa Kaya]

 

“Saya kan masih muda, ngapain mikirin manajemen keuangan? Nanti-nanti aja deh.” Berikut merupakan alasan yang banyak diberikan mereka ketika ditanya mengenai manajemen keuangannya.

Padahal sebenarnya ini adalah saat yang tepat untuk memulai, dimana kamu secara tidak langsung mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Manajemen keuangan membantumu membuat dasar yang solid bagi kesuksesan di masa mendatang.

Jangan takut untuk memulai, karena kini sudah banyak tools yang dapat membantu kamu mengatur keuanganmu. Salah satunya adalah aplikasi Finansialku yang dapat kamu akses di Finansialku.com atau kamu bisa langsung download aplikasinya di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Nah, selain menggunakan bantuan aplikasi, kamu juga bisa mengaplikasikan beberapa tips mudah dari Finansialku berikut ini untuk belajar manajemen keuangan:

 

#1 Belajar Membuat Prioritas

Langkah pertama dalam manajemen keuangan yang baik adalah memahami pentingnya membuat prioritas. Berlatihlah membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang keinginan.

Kebutuhan merupakan yang lebih penting dan perlu dipastikan bahwa hal itu bisa dipenuhi sebelum kamu memikirkan mengenai pemenuhan keinginan.

Pada waktu yang sama, kamu juga harus membuat prioritas mengenai “membayar diri sendiri” di masa depan. Dengan kata lain, menabung atau berinvestasi.

6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: Masalah Adalah Perjalanan Hidup Untuk Mendapatkan Kekayaan]

 

Hal ini sangatlah penting jika kamu ingin masa depan finansialmu lebih aman dan terjamin.

Cobalah membuka rekening baru untuk memulai kebiasaan menabung ini dan kamu juga akan diuntungkan dengan perolehan bunga dari tabungan atau investasi tersebut.

 

#2 Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Apakah kamu punya pekerjaan sampingan? Atau kamu punya penghasilan bulanan?

Bagaimanapun kasusnya, kamu harus tahu berapa pemasukan dan pengeluaranmu setiap bulan.

Hal ini akan sangat membantu untuk melacak kemana uangmu pergi setiap bulannya.

Dengan cara ini Anda bisa mengetahui bagian mana yang menghabiskan banyak uang dan mencari cara untuk memperbaikinya.

Penting untuk selalu mengelola keseimbangan arus kas Anda dengan baik, jangan sampai pemasukan Anda tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dengan kata lain, bahaya kalau arus kas Anda negatif.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Finansialku untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran lho! Untuk ilustrasinya, cobalah simak video berikut ini:

 

Kamu akan merasakan bahwa tips ini sangat sederhana, tapi sangat penting dalam manajemen keuangan yang akan membantumu terhindar dari utang-utang yang buruk.

 

#3 Kelola Akun Rekeningmu

Jika kamu sudah memiliki akun rekening di bank, tentunya kamu bisa dengan mudah melihat pemasukan dan pengeluaranmu melalui buku tabungan. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui berapa biaya yang dikenakan bank, misalnya biaya administrasi.

Dari sini kamu bisa melihat apakah pengeluaranmu lebih besar dari pemasukan, atau mungkin kamu memiliki sisa uang yang dapat dialokasikan lagi.

Checklist Keuangan untuk Mahasiswa! Bagaimana Dengan Kamu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Bagaimana Cara Ahli Keuangan Mengatur Keuangan Pribadinya]

 

Kamu juga sebaiknya membandingkan rekaman buku tabungan ini dengan catatan pemasukan pengeluaran pribadimu. Jika ada perbedaan, cek kembali dan perbaiki kesalahannya.

Mengecek arus kas dan mencari tahu kesalahannya akan membuatmu belajar untuk mencegah hilangnya uang tanpa sepengetahuanmu.

 

#4 Rencanakan Pengeluaranmu

Tahukah kamu salah satu kebiasaan dari orang yang sulit mencapai kesuksesan? Jawabannya adalah kebiasaan untuk memperoleh gratifikasi instan.

Gratifikasi instan adalah kebiasaan untuk selalu menikmati saat ini tanpa sabar menunggu keuntungan di masa depan.

Pada akhirnya, orang-orang seperti ini terbiasa menghabiskan uang lebih banyak dari investasinya. Ciri lainnya adalah mereka cenderung memboroskan uangnya untuk memperoleh gratifikasi instan, seperti membeli mobil baru, perhiasan mewah, atau TV layar lebar termahal.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Mereka lebih memilih untuk mengubah gaya hidup daripada memikirkan masa depannya dengan cara membeli asuransi, menambah pengetahuan, atau dengan berinvestasi.

Karena alasan inilah biasanya mereka hanya menjadi miliarder instan juga, dimana kekayaannya bisa saja habis dalam sesaat.

Orang yang sukses merupakan kebalikannya. Mereka lebih suka menunda gratifikasi dan memiliki kesabaran yang besar demi masa depan.

Mereka berinvestasi lebih banyak dan mereka tahu bahwa pemborosan sesaat hanya akan menghancurkan segala upaya mereka.

5 Tips Memilih Taka atau Tabungan Pendidikan Anak 01 - Finansialku

[Baca Juga: 15+ Cara Menghemat Uang Di Usia 20 an. Mudah Bukan?]

 

Kamu juga bisa mempelajari tips mudah ini, kuncinya adalah kesabaran. Sehingga saat kamu menginginkan sesuatu, kamu tidak akan langsung membelinya, melainkan merencanakan pengeluaranmu sesuai dengan prioritas yang sebelumnya telah dibuat.

Cara ini akan sangat membantumu untuk berpikir dua kali setiap kali akan melakukan pembelian, mengetahui apakah betul kamu membutuhkannya atau tidak.

 

#5 Bandingkan Harga dan Pilih yang Sepadan dengan Nilainya

Tidak lama lagi kamu akan bertanggung jawab sepenuhnya akan keuanganmu. Artinya kamu akan menentukan apa saja yang sebaiknya dibeli untuk kebutuhan sehari-hari, pakaian, dan lain-lain.

Nah, disinilah kamu harus belajar membandingkan harga dan nilai barang. Ingatlah bahwa harga barang bervariasi, tergantung dari mereknya, kualitasnya, bahan bakunya, dan sebagainya.

Konsultasi Apa Saja Tips Praktis Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki]

 

Pelajari cara untuk memperoleh harga terbaik dengan nilai yang terbaik pula, sehingga kamu tidak memboroskan uang untuk sesuatu yang tidak baik dan tidak sepadan.

Dengan perkembangan teknologi, kamu bisa dengan mudah membandingkan beberapa benda sejenis di smartphone-mu, sehingga kamu bisa memilih produk atau jasa yang sepadan dengan nilainya.

 

Meraih Kesuksesan Dimulai dari Mengubah Kebiasaan

Bagaimana dengan hasil checklist-mu? Apakah kamu sudah mengaplikasikan mayoritas dari tips di atas?

Jika belum, tips tersebut bisa kamu gunakan untuk selangkah lebih maju dalam mempersiapkan masa depanmu.

Ubah pola pikirmu bahwa manajemen keuangan hanya untuk orang dewasa, dan mulailah mencoba mengatur keuanganmu. Kamu akan dengan cepat terbiasa melakukannya dan kemudian bisa merasakan manfaatnya di masa yang akan datang.

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai tips mudah dan kegunaan belajar manajemen keuangan untuk siswa SMA lainnya? Tinggalkan komentar kamu di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan kamu pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantumu, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Miranda Marquit. 10 April 2017. Essential Financial Skills to Learn Your Senior Year of High School. Discover.com – https://goo.gl/HnNxY7

 

Sumber Gambar:

  • Manajemen Keuangan Untuk Siswa SMA 1 – https://goo.gl/C3B1hJ
  • Manajemen Keuangan Untuk Siswa SMA 2 – https://goo.gl/1NkaE2

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg